KFC vs McD, Mana yang Lebih Enak Menurutmu?

3 min read

Restoran Fast Food sekarang ini sudah banyak macamnya. Namun, kebanyakan menu utama dari restoran tersebut adalah ayam goreng. Dua restoran yang terkenal akan ayam gorengnya adalah KFC dan McD. Akan tetapi, walaupun memiliki persamaan menu, ada banyak yang membedakan mereka. Yuk, simak beda KFC vs McD berikut!


Perbedaan KFC dan McD

Sebelum kamu pilih KFC atau McD, ada baiknya kamu melihat perbandingan kedua gerai ini dari 10 aspek berikut ini, yaitu:

1. Sejarah

KFC pertama kali didirikan oleh Kolonel Harland Sanders pada 1930 dengan cara berjualan dari rumah ke rumah. Restoran ini membuka toko pertamanya pada tahun 1952 di Utah, US. Karena semakin besar, restoran KFC pun mendunia dan masuk ke Indonesia pada Oktober 1979.

Sementara itu, McD pertama kali ada pada tahun 1955 di kota California, Amerika Serikat, oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald. Mulai sejak itu, masyarakat mulai membandingkan produk KFC vs McD, karena persamaan menu mereka. Pertama kali McD masuk ke Indonesia adalah pada tahun 1991.

2. Ayam Goreng

Seperti yang kita ketahui, baik KFC maupun McD memiliki menu utama, yaitu ayam goreng. Namun dari segi pengalaman customer, ternyata ada perbedaan yang sangat jelas pada ayam goreng KFC dan ayam goreng McD.

Ayam goreng KFC memiliki bumbu yang lebih otentik dengan rempah-rempahnya, renyah yang cukup konsisten, dan masih enak disantap saat sudah dingin. Ayam goreng KFC pun memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan ayam goreng McD.

3. Kentang Goreng

Jika KFC menang dalam hal ayam goreng, McD menjadi juara untuk menu kentang goreng menurut survey sebagian besar pengalaman pelanggan. Kentang goreng McD akan selalu tersaji panas, renyah, dan gurih, karena bumbu-bumbunya yang pas di lidah orang Indonesia.

Baca Juga:  Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

Selain itu, kentang goreng McD pun tidak pernah tersaji dengan kondisi yang tidak fresh. Hal ini karena shelf life atau durasi waktu makanan ada dalam rak saji maksimal 15 menit, lebih dari waktu tersebut, pegawai harus mengganti kentang goreng dengan yang baru.

4. Sajian Menu Burger

Apakah kamu pernah bingung pilih KFC vs McD untuk urusan menu burger? Nah, menurut survey, McD memiliki menu burger yang lebih unggul. Hal ini karena pada dasarnya McD adalah restoran yang memfokuskan diri pada menu ala barat, seperti burger dan kentang goreng.

Pilihan menu burger McD juga lebih banyak, seperti Big Mac dan selebihnya. Banyak pelanggan juga lebih suka dengan daging isi yang McD sediakan, karena dagingnya yang tebal, lembut, dan gurih. KFC memang menyediakan menu burger, namun pilihannya tidak banyak.

5. Saus

Saus memang hal krusial dalam sebuah restoran, karena dapat mengubah rasa makanan. Untuk urusan saus, baik KFC vs McD memiliki teknik pengambilan saus yang sama, yaitu pelanggan dapat mengambil sendiri sebanyak mungkin. Namun, ada perbedaan, baik itu dari tempat saus dan rasanya.

Banyak pelanggan pada media sosial mengatakan bahwa mereka lebih menyukai saus KFC dibanding McD, karena beberapa hal, yaitu:

  • Tempat saus KFC lebih besar, sehingga kita dapat mengambil saus sesuka hati, sementara tempat saus MCD hanyalah sebuah wadah kecil.
  • Rasa saus KFC digadang-gadang lebih segar dan lebih unik. Tidak seperti saus McD yang rasanya hampir sama dengan saus-saus yang terjual pada supermarket.

6. Dessert atau Side Menu

Side menu adalah menu yang dapat kamu beli jika tidak terlalu lapar. Nah, untuk pilihan dan variasi menu dari dessert ini, pemenangnya adalah McD. Contoh side menu yang paling populer dari KFC vs McD adalah :

  • Apple Pie McD
  • Rice Box KFC
  • Paket Goceng (Rp5.000,00) milik KFC, seperti es krim dan lain-lain.
  • Es krim
  • KFC Coffee
  • McD Café
Baca Juga:  11 Minuman Khas Riau yang Segar dan Bikin Nagih!

7. Hadiah

Pernah mendapat hadiah dari kedua gerai fast food ini? Pilih KFC atau McD, keduanya memiliki hadiah masing-masing untuk para pembelinya. Tentunya hadiah ini memiliki ketentuan dan syarat tertentu yang harus kamu lakukan sebelumnya. Berikut ini adalah perbedaan bentuk hadiah mereka:

  • KFC

KFC sendiri berfokus untuk melebarkan sayap dengan membawa banyak artis tanah air, agar dapat berkolaborasi dengan gerai ini. Keuntungan yang akan kamu dapat adalah kamu bisa membeli album artis tersebut dengan harga yang murah, jika membeli menu spesial mereka.

Contoh artis yang albumnya pernah terjual di KFC adalah Afghan, Wali, Rossa, Ari Lasso, SMASH, dan sebagainya.

  • McD

Sementara itu, MCD sendiri berfokus pada kolaborasi brand yang aktif memberikan hadiah mainan ataupun perlengkapan dari karakter yang sedang booming. Uniknya, mainan ini memiliki target pasar yang sangat luas, karena orang dewasa pun suka mengoleksinya.

Kolaborasi McD dengan berbagai gerak minuman, seperti Sosro juga menjadi tambahan nilai plus yang mendatangkan banyak pelanggan. Hal ini karena tidak selamanya para pelanggan menyukai minuman soda sebagai teman makan siang mereka.

8. Special Menu

Berbeda dengan side menu atau dessert, special menu adalah menu yang muncul saat periode-periode tertentu. Biasanya, ini sering dilakukan untuk mencari target pasar sebelum meluncurkan produk. Dari pengalaman pelanggan, menu spesial KFC terbilang aneh dan tidak menarik.

Contoh menu spesial KFC yang tidak mendapat perhatian lebih dari para masyarakat Indonesia adalah ayam coklat dan ayam saus telur asin. Sementara itu, McD berhasil mengambil perhatian dengan Burger Rendang dan Szechuan sauce mereka.

9. Pelayanan

Untuk pelayanan, pemenang dari pengalaman pelanggan dalam membandingkan KFC vs McD adalah McDonald’s (McD). Dibanding dengan para pesaingnya, karyawan McD terbilang lebih efisien, efektif, dan bekerja secara cepat.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Sehat untuk Diet yang Rupanya Menjanjikan

Sementara banyak orang yang memiliki pengalaman buruk tentang kasir KFC yang gemar memberikan promosi untuk menjual album artis mereka dan membuat banyak orang merasa tidak nyaman.

10. Suasana Tempat

Terakhir yang perlu kamu pertimbangkan sebelum pilih KFC atau McD adalah suasana tempat. Memang pada dasarnya restoran fast food tidak bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong, karena sistemnya yang serba ‘cepat’. Namun, setelah berjalannya waktu, banyak orang yang menjadikannya tempat nongkrong.

Restoran KFC sendiri memiliki sistem promosi yang mengulang-ulang music dari album artis yang sedang mereka jual. Hal ini membuat pelanggan merasa kurang nyaman, karena suasana yang kurang kondusif.

Sementara itu, untuk kamu para pelajar ataupun karyawan yang ingin mengerjakan tugas dengan tenang dan mencari suasana yang lebih kondusif, McD adalah pilihan terbaik. Sebagai tambahan, McD memiliki WIFI yang lumayan cepat dan gratis.


Jadi, Kamu Lebih Pilih KFC atau McD?

Dari semua perbandingan yang telah disebutkan sebelumnya, pemenangnya adalah McDonald’s (MCD) untuk bagian keseluruhan. Sementara, jika kamu hanya ingin menikmati rasa ayam otentik tanpa perlu tempat nongkrong, maka KFC lah juaranya.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.