10 Aneka Makanan dari Tepung Beras yang Gurih dan Lezat, Apa Saja?

3 min read

Tepung beras merupakan salah satu bahan kue yang paling banyak orang gunakan. Ada banyak sekali aneka makanan dari tepung beras yang bisa kamu buat, berikut ini beberapa contoh olahannya.


10 Aneka Makanan dari Tepung Beras

Adapun 10 makanan yang bisa kamu buat dari tepung beras antara lain:

1. Kue Lapis

Fimela.com

Olahan kue beras ini berbentuk agak seperti jelly namun lebih lembut dan lembek. Biasanya makanan ini memiliki banyak varian lapisan warna dalam satu kue. Untuk itulah disebut sebagai kue lapis.

Kue lapis sangat populer dan bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Variasi warna yang cantik dan menarik serta dengan bentuk yang terkadang unik pasti akan menggugah selera kamu untuk memakannya.  

Salah satu keunikan dari kue lapis yaitu proses pengukusan kuenya secara bertahap. Selain itu teksturnya juga kenyal dan lembut di mulut.

2. Putu Mayang

Tastemade

Putu Mayang merupakan salah satu aneka makanan dari tepung beras yang memiliki bentuk dan warna yang cukup unik. Kalau kamu melihat secara sekilas, makanan ini hampir mirip dengan mi, tapi bentuk dan warnanya sedikit lebih menonjol. 

Biasanya varian warna dari kue putu mayang ini hijau, kunin,g dan merah. Untuk teksturnya sangat lembut dan kenyal seperti kue lapis. 

Namun bedanya, putu mayang dimakan dengan mencampurkannya dengan kuah manis. Hal ini karena putu mayang aslinya terasa hambar jadi perlu dimakan dengan kuah manis. 

Cara memakan kue ini adalah dengan memakannya saat masih hangat. Namun tidak menutup kemungkinan jika kue ini juga tetap terasa enak dimakan saat dingin. 

Baca Juga:  11 Makanan Khas Sumatera yang Enak dan Melegenda!

3. Putu Ayu

Sumeks.disway.id

Makanan dari tepung beras ini cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan bisa kamu temukan dengan mudah di pasar ataupun warung-warung kelontong. Seperti namanya, bentuk kue ini sangat ayu atau cantik. Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk mencicipi rasanya. 

Namun, tampilan warna kue ini biasanya perpaduan antara hijau dan putih. Warna putih biasanya karena toping kelapa parut yang ada di atasnya. Jika kamu lihat sekilas, penampilannya seperti bunga yang tertutup salju saat musim dingin.  

Memiliki rasa yang lembut dan manis, membuat kue ini wajib kamu coba. Jika memungkinkan, kamu bisa menjadikannya sebagai ide bisnis dengan memberikan inovasi warna maupun bentuk yang berbeda dari biasanya. 

4. Nagasari

Kompas.com

Nagasari merupakan salah satu dari aneka makanan olahan dari tepung beras. Kue ini berbentuk persegi memanjang dengan lapisan daun pisang pada permukaannya. 

Nah setelah membuka daun pisang tersebut, kamu akan menemukan kue yang kenyal dengan pisang di dalamnya. Memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa gurih dari tepung dan santan serta manis dari pisang membuat kue ini wajib kamu jajal. 

Untuk proses pembuatannya biasanya dengan mencampurkan santan, garam, dan tepung beras menjadi satu, kemudian masukkan pisang. Perpaduan antara pisang dan adonannya ini lah yang bisa memanjakan lidah kamu. 

5. Kue Apem

Kompas.com

Kue yang terbuat dari tepung beras ini bisa kamu temukan dengan mudah di pinggir jalan. Untuk pembuatannya biasanya dengan dikukus dan paling enak jika disantap saat masih hangat. 

Memiliki warna yang lucu dan menarik serta rasa yang gurih dan manis membuatnya kue ini banyak diincar orang. Adapun untuk memakannya lebih enak jika bersama dengan kopi atau teh saat sore ataupun pagi hari. Rasa apem yang khas dengan aroma yang harum tentunya akan membuatmu ingin terus memakannya. 

6. Kue Cucur

cookpad.com

Aneka olahan makanan dari tepung beras selanjutnya yaitu kue cucur. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah serta dengan tambahan daun pandan untuk memberikan kesan harum. 

Baca Juga:  Resep Tempe Kemul Khas Wonosobo Yang Mudah Dicoba

Jika ingin mencoba kue ini, kamu bisa mencarinya di pasar atau toko kue basah di sekitarmu. Namun jika ingin yang lebih menantang, kamu bisa membuat sendiri dengan resep yang sudah banyak di internet. 

Kue cucur dengan rasa gurih dan manis ini sangat cocok kamu makan bersama dengan kopi dan teh. Apalagi jika memakannya bersama dengan orang tercinta, maka pasti bisa menciptakan suasana yang tak terlupakan. 

7. Kue Pancong

Kompas.com

Ini adalah kue jajanan khas Betawi yang terbuat dari olahan tepung beras, santan, dan kelapa parut. Untuk proses pembuatannya biasanya dengan dipanggang sehingga cita rasanya akan sangat unik dan berbeda dari kue-kue lainnya. 

Selain itu, permukaan kue yang ditabur dengan gula akan membuatnya terasa manis dalam satu gigitan. Namun saat ini, kue pancong tidak hanya dengan toping gula, tetapi ada juga yang membuatnya dengan toping keju atau cokelat. Jadi kamu tinggal pilih sesuai yang kamu suka. Resep kue Pancong ini cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Jadi, kamu bisa melakukannya di rumah.

8. Kue Mangkok

Fimela.com

Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak sendiri bagaimana bentuk dari kue mangkok ini. Bentuk kue ini seperti cup dengan bagian atas yang mekar membuatnya tampak cantik dan menarik.

Selain itu, varian warna kue yang beragam membuatnya sering menjadi pilihan banyak orang untuk dihidangkan saat acara-acara tertentu. Namun, kue mangkok asli dari Cianjur biasanya berwarna cokelat karena berbahan dasar gula merah asli. 

9. Semprong

kompas.com

Kue yang berbentuk silinder panjang dengan lubang ditengahnya ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Berbeda dengan aneka makanan dari tepung beras sebelumnya, kue ini lebih kering dan renyah sehingga sering menjadi pelengkap saat acara-acara arisan ataupun lebaran. 

Baca Juga:  19 Rekomendasi Side Menu Steak untuk Bisnis Steakmu

Namun, kue ini tidak hanya terbuat dari kue beras. Ada tambahan telur, gula pasir, santan, dan serbuk kayu manis. Nah dari kayu manis inilah yang membuat kue ini memiliki cita rasa yang berbeda dan lebih harum. 

Biasanya untuk pembuatannya dengan dipanggang dan menggunakan cetakan khusus sehingga berbentuk seperti gulungan. Nah karena bentuknya yang menyerupai pipa inilah yang membuatnya bernama semprong yang berarti pipa dari kayu.

10. Kue Talam

cookpad.com

Kue dari tepung beras ini biasanya dibuat dengan tambahan singkong, ubi, atau kentang. Untuk proses pembuatannya sendiri menggunakan cetakan. Setelah dimasukkan ke cetakan inilah adonan akan dikukus hingga matang dan menjadi kue talam.

Kue yang terasa kenyal saat sekali gigitan ini pasti akan membuatmu ketagihan untuk terus mencobanya lagi dan lagi. Apalagi rasanya yang gurih, manis, dan legit pasti menjadi pilihan camilan terbaik bersama keluarga sambil minum kopi atau teh. 

Jika ingin mencoba olahan kue ini, kamu bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di pasar dan toko kue basah terdekat. Tapi jika ingin lebih praktis, membeli mungkin pilihan terbaik.


Sudah Tahu Aneka Olahan Makanan dari Tepung Beras?

Nah setelah kamu mengetahui 10 olahan makanan dari tepung beras tersebut, selanjutnya bisa tentukan sendiri untuk mencoba yang mana dulu. Jika kamu ingin membuatnya sendiri, bisa dengan mencari resepnya yang sudah banyak tersedia di internet. Semoga bermanfaat!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.