Franchise Murah untuk Pemula, Laris dan Minim Risiko!

5 min read

franchise murah

Terdapat banyak sekali franchise murah untuk pemula dengan harga yang lebih bersahabat.

Jika kamu memiliki modal yang terbatas dan tertarik untuk memulai bisnis franchise, maka mencari franchise murah adalah solusi terbaik.

Lantas apa saja rekomendasi franchise yang memiliki beban harga lebih terjangkau?

Simak di sini!

Apa itu Franchise?

Sebelum mendapatkan rekomendasi franchise murah untuk pemula, kamu sebaiknya memahami lebih dulu pengertian lengkapnya. Dalam Bahasa Indonesia, franchise juga sering disebut sebagai waralaba. Pihak pemberi hak waralaba adalah franchisor, sedangkan penerima hak waralaba adalah franchisee.

Secara umum, franchise adalah hak atau lisensi khusus yang diberikan pada individu atau suatu kelompok untuk memasarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan tertentu. Jenis waralaba di Indonesia sendiri sangat beragam, mulai dari makanan hingga olahraga semuanya dapat kamu temukan.

Franchise juga tidak hanya berasal dari dalam negeri saja. Terdapat pula franchise asing atau berasal dari luar negeri. Contoh franchise tersebut adalah McDonald’s, KFC, Dunkin Donuts, Burger King, dan masih banyak lagi. Namun, umumnya waralaba asing memiliki persyaratan yang jauh lebih sulit dan ketat jika dibandingkan waralaba lokal.

Konsep bisnis ini memang sangat menguntungkan. Apalagi jika dibandingkan dengan memulai bisnis dari nol berrisiko tinggi, franchise memiliki peluang yang lebih menjanjikan. Karena nama dan brand bisnis franchisor sudah memiliki posisi dan telah melekat kuat di benak konsumen sehingga dapat membawa keuntungan lebih cepat.

10 Rekomendasi Franchise Murah untuk Pemula

Setelah memahami pengertian lengkapnya, berikut adalah rekomendasi franchise murah untuk pemula yang dapat kamu pertimbangkan untuk dicoba.

1. Jasuke 

1. Jasuke

instagram.com/franchisejasuke

Rekomendasi franchise pertama adalah Jasuke (Jagung Susu Keju). Camilan satu ini merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, sehingga kepopulerannya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Jasuke sendiri memiliki beberapa pilihan paket waralaba yang dapat kamu sesuaikan sesuai dengan modal. 

Modal yang kamu butuhkan untuk franchise Jasuke adalah mulai dari Rp2.900.000,00. Namun, jika kamu ingin pake dobel, yaitu untuk waralaba Jasuke sekaligus Pentol Millenial, maka modal yang kamu butuhkan adalah mulai dari Rp5.500.000,00. Biaya tersebut akan berbeda pada masing-masing jenis produknya.

2. Bakso Benhil

2. Bakso Benhil

baksobenhil.com

Franchise murah untuk pemula selanjutnya adalah Bakso Benhil. Bisnis satu ini sepertinya sudah tidak lagi asing di telinga banyak orang. Kualitas dari brand satu ini tidak perlu kamu ragukan. Bahkan pada tahun 2021 Bakso Benhil telah meraih penghargaan sebagai Indonesia Most Popular Brand In Digital Media.

Baca Juga:  20 Makanan Khas Perancis yang Bikin Kamu Ketagihan

Setiap mitra dari Bakso Benhil akan mendapatkan pelatihan untuk menentukan layout rumah makan, harga, layanan, strategi promosi, dan juga perhitungan keuangan. Sedangkan untuk modal yang perlu kamu siapkan adalah mulai dari Rp4.000.000,00 saja. Bakso Benhil juga tidak memungut biaya royalti sehingga akan meringankan. 

3. Tahu Gila

3. Tahu Gila

instagram.com/tahugila.id

Tahu berbentuk dadu kecil dengan balutan tepung yang memberikan sensasi renyah saat disantap menjadi daya tarik paling kuat dari tahu krispi. Hal tersebut sukses membuatnya menjadi salah satu dari makanan kekinian yang populer di kalangan anak muda zaman sekarang. 

Merek tahu krispi paling populer yang dapat menjadi pilihan franchise murah untuk pemula adalah Tahu Gila yang telah ada sejak tahun 2013. Paket usaha Tahu Gila adalah mulai dari sekitar Rp8.000.000,00. Dengan modal sekian, kamu bisa mendapatkan booth premium dan bisa langsung melakukan aktivitas berjualan.

4. Pentol Planet

4. Pentol Planet

pentolplanet.com

Jika membicarakan camilan kesayangan masyarakat Indonesia, pentol rasanya tidak bisa kamu lewatkan. Camilan bercita rasa gurih dengan harga sangat terjangkau ini menjadi favorit banyak kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Peluang inilah yang Pentol Planet manfaatkan untuk menjalankan bisnis franchise

Pentol Planet sendiri telah berdiri sejak tahun 2013 dan telah memiliki sekitar 115 gerai hingga saat ini. Dengan target pasar menengah ke bawah, harga jual Pentol Planet sendiri ada di kisaran harga Rp2.000,00-Rp5.000,00 per porsi. Sedangkan untuk harga franchise Pentol Planet adalah mulai dari Rp1.500.000,00 hingga Rp2.500.000,00. 

Franchisee memiliki peluang mendapatkan balik modal dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan. Omzet yang kemungkinan akan franchisee dapatkan adalah sekitar Rp1.000.000,00 per hari. Jadi, keuntungan bersih yang bisa didapatkan adalah sekitar 30% setelah omzet dikurangi biaya lainnya.

5. Yogurt Hai Yo!

5. Hai Yo!

haiyogurt.wordpress.com

Franchise murah untuk pemula dengan keuntungan tak kalah menggiurkan lainnya adalah Yogurt Hai Yo! yang berdiri sejak 2013 dan sudah memiliki kurang lebih 156 gerai. Bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai usaha waralaba dengan target konsumen yang memiliki gaya hidup sehat. 

Paket franchise Hai Yo! yang paling murah adalah sekitar Rp1.700.000,00 saja. Minuman dengan target pasar health conscious ini mampu memikat perhatian dan minat banyak konsumen karena branding yang menarik dan modern. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak bisa meraih keuntungan. 

Selain itu, brand satu ini memiliki banyak sekali pilihan menu seperti plain, strawberry, blueberry, dan masih banyak lagi. Hal unik lain dari Yogurt Hai Yo! adalah mereka merupakan franchise dengan bahan baku termurah dan sudah dikemas dalam sachet. Jadi, yogurt ada dalam bentuk bubuk sehingga penyimpanannya menjadi mudah.

6. Tahu Mafia

6. Tahu Mafia

tahumafia.com

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Riset Kompetitor dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

Tahu sepertinya menjadi olahan yang sangat menarik minat. Karena selain tahu krispi, olahan tahu lain yang juga tengah naik daun adalah tahu pedas. Salah satu merek yang populer dan telah terpercaya sejak tahun 2016 adalah Tahu Mafia. Menu populer merek ini adalah tahu pop dan tahu walik dengan banyak pilihan level kepedasan.

Tahu Mafia sendiri memberikan 3 pilihan paket franchise yang terjangkau dan dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Paket waralaba mereka adalah mulai dari Rp4.900.000,00. Setiap paket memiliki kelengkapan fasilitas yang berbeda-beda. Semakin mahal paketnya, maka semakin lengkap fasilitas yang akan kamu dapatkan.

7. Jamur Crispy Mister R

7. Jamur Crispy

facebook.com/jamurcrispysolo

Franchise murah untuk pemula yang mampu mendatangkan keuntungan besar lainnya adalah Jamur Crispy Mister R. Bisnis yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini sudah berdiri sejak tahun 2008. Hingga saat ini merek camilan jamur ini telah menarik banyak sekali perhatian dan minat masyarakat. 

Buktinya, Jamur Crispy Mister R telah memiliki kurang lebih 95 outlet hingga sekarang. Jamur Crispy Mister R sendiri memberikan penawaran paket bisnis franchise tanpa royalti dengan modal yang tidak besar. 

Terdapat dua paket penawaran, pertama adalah paket booth dengan biaya Rp5.000.000,00. Paket pertama jauh lebih praktis dengan booth yang dapat dilipat dan telah lengkap dengan peralatan, bahan jamur, dan bonus tepung serta packing

Kedua adalah paket gerobak dengan biaya sebesar Rp6.500.000,00 dengan gerobak yang ditarik motor. Selebihnya, kelengkapan lainnya relatif sama seperti jenis paket yang pertama.

8. Es Teh Poci

8. Es Teh Poci

instagram.com/estehpoci

Minuman teh memang tidak ada matinya. Hingga saat ini, teh masih menjadi minuman favorit banyak orang. Salah satu brand minuman teh populer yang telah berdiri bertahun-tahun lamanya adalah Es Teh Poci. Produknya yang enak dan segar namun memiliki harga terjangkau membuat Es Teh Poci sulit ditinggalkan.

Jika kamu tertarik menjadi mitra dari brand satu ini, maka kamu bisa membeli penawaran paket franchise yang terjangkau. Karena hanya dengan biaya kurang lebih Rp5.000.000,00, kamu bisa menjalankan bisnis minuman ini. Dengan biaya tersebut kamu akan mendapatkan booth berukuran 105x65x200 cm. 

Namun, biaya tersebut belum termasuk jika kamu menginginkan booth dengan roda. Kamu harus menambah biaya sebesar Rp700.000,00 untuk mendapatkan roda tersebut. Paket lain dengan booth lebih besar yang juga tersedia memiliki biaya yang lebih mahal yaitu Rp6.400.000,00-Rp7.200.000,00 tergantung wilayahnya.

9. Kimbab Ina

9. Kimbab Ina

kimbabina.com

Budaya Korea semakin populer dan digandrungi oleh masyarakat lokal. Hal tersebut menjadi peluang yang perlu kamu manfaatkan untuk memulai bisnis franchise kuliner khas Korea. Salah satu bisnis yang menyediakan franchise murah untuk pemula dengan bahan berkualitas langsung dari Korea adalah Kimbab Ina. 

Seluruh menu yang Kimbab Ina miliki punya cita rasa asli dari Korea, sehingga kualitas dari makanan tidak perlu kamu ragukan. Cita rasa otentiknya justru akan menjadi kelebihan untuk menarik minat dari konsumen dan semakin menguntungkan bisnis.

Baca Juga:  Resep Bubur Ayam Sederhana, Enak dan Cocok untuk Usaha!

Kimbab Ina memberikan 6 pilihan paket dengan harga dan kelengkapan yang berbeda-beda. Paket paling murah yang bisa menjadi pilihan adalah orini. Modal yang perlu kamu siapkan adalah sekitar Rp6.500.000,00 untuk paket tersebut. Paket ini hanya berlaku untuk daerah khusus Pulau Jawa. 

10. Aku Cendol Kamu

10. Aku Cendol Kamu

akucendolkamu.com

Bisnis franchise murah untuk pemula yang terakhir adalah brand minuman Aku Cendol Kamu. Cendol adalah minuman tradisional dari Indonesia khususnya daerah Jawa yang memiliki banyak penggemar. Kepopulerannya ini membuat bisnis minuman cendol dapat membawa keuntungan yang cukup menjanjikan.

Jika kamu ingin memiliki usaha minuman dawet ini, menjadi mitra brand Aku Cendol Kamu dapat menjadi pilihan terbaik. Aku Cendol Kamu sendiri berdiri pada tahun 2018 dan saat ini telah memiliki kurang lebih 100 gerai. Untuk paket franchise yang mereka sediakan sendiri harga termurahnya adalah sebesar Rp3.900.000,00 saja.

Dengan harga terjangkau tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai peralatan seperti saringan plastik, alat cetak cendol, toples plastik, centong cheese, gelas takar, sendok stainless, dan masih banyak lagi. Keuntungan bersih yang bisa kamu peroleh dapat mencapai Rp5.000.000,00 per bulan, tanpa royalti.

Ingin Coba Franchise Murah untuk Pemula yang Mana?

Nah, itu dia rekomendasi franchise murah untuk pemula. Meskipun beberapa nama belum familiar dan tidak pernah terdengar oleh telinga, rekomendasi franchise di atas juga memiliki peluang untuk berkembang jika di tangan orang yang tepat.

Namun, sebelum memulai bisnis sebaiknya kamu tetap mempelajari bagaimana strategi menjalankan bisnis franchise yang baik.

Dengan begitu, kamu akan memiliki peluang kesuksesan yang lebih besar dengan rencana yang lebih matang.

Jadi, bisnis franchise murah mana yang ingin kamu coba?


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis makanan, makanan kekinian dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.