Ketahui Jenis Kemasan Makanan dan Minuman untuk Usaha Kuliner!

5 min read

jenis kemasan

Food and beverage (F&B) layak untuk kamu lirik karena usaha ini tidak ada matinya. Supaya makanan dan minuman yang kamu jual lebih menarik perhatian, maka pilihlah jenis kemasan yang tepat. 

Kemasan yang bagus akan menambah nilai tersendiri. Jika kemasan atau wadah terlihat menarik dan unik, tentu akan menggugah selera dan semakin penasaran dengan isi di dalamnya.

Inspirasi Jenis Kemasan Makanan & Minuman

Supaya kamu lebih mudah untuk menentukan jenis kemasan makanan maupun minuman untuk usaha F&Bmu, yuk kita lihat bersama beberapa rekomendasinya di bawah ini!

1. Pizza Box

Jika kamu berminat menjual pizza, pizza box bisa menjadi opsi jenis kemasannya.

Box pizza biasanya menggunakan material karton lumayan tebal dengan ukuran tinggi sekitar 5-7 cm. Kamu bisa memilih ukuran sesuai dengan diameter pizza yang kamu buat. Supaya lebih mudah ketika mengambil pizza dari box, sebaiknya gunakan ukuran sedikit lebih besar dari diameter pizza.

Jenis kemasan box pizza biasanya memiliki beberapa pilihan warna. Kamu bisa memilih warna merah atau warna cerah lainnya agar semakin menggugah selera. Selain itu, tambahkan pula desain tertentu supaya kemasan terlihat lebih menarik.

2. Muffin Box

Jika kamu pandai dalam membuat berbagai macam kue, kamu tentu bisa membuka toko kue sendiri. Beberapa jenis kue memerlukan kemasan khusus agar bentuknya tidak rusak karena berdesakan dengan yang lainnya.

Kue muffin misalnya, harus menggunakan box khusus yang memiliki sekat dan lubang untuk menaruh masing-masing kue. Nah, jika kue memiliki tempat dudukan masing-masing, maka krim hiasan kue akan tetap aman ketika dibawa pulang oleh pembeli.

Umumnya, box kue menggunakan jenis kemasan kertas dengan ketebalan sedang dan bagian dalam sudah ada lapisan laminasi. Kamu perlu menyediakan beberapa box dengan jumlah lubang yang berbeda sehingga bisa memenuhi semua jenis pembelian.

3. Paper Packaging

Jika kamu ingin menggaet pasar dari banyak lapisan, maka gorengan adalah opsi jualan yang tepat. Supaya gorengan terlihat sedikit lebih premium kamu bisa menggunakan jenis kemasan paper packaging untuk membungkusnya.

Lain dengan kertas bekas ulangan umums yang biasa kamu temukan di abang gorengan. Penggunaan paper packaging ini tentu akan lebih aman. Terlebeih jika dibandingkan dengan menggunakan plastik. Selain terlihat lebih beda, kemasan kertas bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Inovasi Bisnis Makanan dan Minuman yang Perlu Dilakukan

4. Paper Bowl

Belakangan, dunia kuliner marak dengan kemunculan rice bowl. Menu ini biasanya terdiri nasi dan beberapa pilihan lauk pendamping. Rice bowl yang dikemas menggunakan paper bowl ini juga membuat produk makanan jadi lebih praktis dan nyaman ketika menghidangkannya.

Bentuknya yang lumayan kaku dan mampu menahan air, bisa kamu gunakan pula untuk wadah makanan berkuah. Pelanggan take away atau yang memesan secara online tidak perlu lagi memindahkan makanan tersebut ke wadah yang baru sehingga lebih praktis dan terlihat elegan.

5. Food Pail

Usaha kuliner tidak selalu harus menyajikan makanan berat. Kamu juga bisa menjual camilan street food kekinian. Para remaja dan anak muda biasanya menyukai jajanan dengan citarasa gurih dan pedas seperti kentang goreng, ayam, bakso goreng, dll.

Nah, supaya bisa tetap menikmati jajanan sambil jalan-jalan maka gunakan jenis kemasan makanan yang handy tapi juga unik dan menarik. Kemasan jenis food pail akan menjadi pilihan tepat karena bisa dibuka-tutup. 

Kamu bisa memanfaatkan jasa percetakan untuk mencetak logo dan desain produkmu sehingga kemasan tidak polos dan terlihat lebih profesional.

6. Bento Box

Memulai bisnis kuliner juga tidak harus langsung memiliki restoran lho karena kamu bisa menjualnya secara online. Layanan ini juga sudah banyak didukung oleh aplikasi pesan makanan online.

Kamu bisa membuka usaha nasi bento yang cocok untuk menu makan siang. Nah, supaya bento tidak berantakan dan tetap tertata rapi, kamu bisa menggunakan box khusus bento. Kamu pun akan lebih mudah menata makanan sesuai dengan sekat-sekat yang disediakan.

7. Snack Box

Kamu yang masih kuliah juga bisa loh membuka usaha sampingan untuk menambah uang jajan. Usaha jualan kudapan ringan ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup prospek karena di kampus sering mengadakan acara seminar, rapat, atau acara formal lain.

Para peserta biasanya akan mendapatkan snack berupa kue basah, buah, roti, atau air mineral. Nah, supaya kemasan terlihat elegan dan menarik maka pilihlah jenis kemasan box dengan bahan kertas yang bagus dan warna yang menarik.

8. Standing Pouch

Jenis kemasan standing pouch akan menjadi pilihan tepat untuk kamu yang menjual makanan ringan seperti keripik. Keripik atau snack tidak akan mudah melempem karena kemasan ini kedap udara. Standing pouch sudah dilengkapi dengan klip pada bagian atas sehingga lebih praktis.

Kamu bisa mempercantik tampilan kemasan menggunakan stiker logo usahamu. Jika kamu menggunakan plastik pouch bening, orang bisa melihat isi di dalamnya dengan jelas. Namun jika ingin lebih elegan bisa memilih pouch warna lain.

Selain bisa untuk mengemas makanan, kamu juga bisa menggunakan plastik pouch untuk mengemas minuman. Supaya lebih mudah minum dari standing pouch, maka bisa gunakan sedotan.

Baca Juga:  Apa Itu Croissant? Begini Cara Membuatnya, Simpel Banget!

9. Botol Plastik

Maraknya minuman kekinian seperti es kopi, boba, es susu, dan lain-lain sayang jika sampai kamu melewatkannya. Kamu bisa mengambil kesempatan ini dengan menjual minuman kemasan ready to go. Gunakan kemasan botol plastik minuman supaya tidak mudah tumpah dan bisa dinikmati nanti lagi.

Sebaiknya kamu memilih jenis kemasan minuman dengan desain botol yang unik sehingga orang pun tertarik untuk memiliki botol tersebut. Kamu bisa menambahkan stiker menarik pada tipe botol standar. 

10. Hot Paper Cup

Kamu yang lebih tertarik untuk memulai bisnis minuman bisa mempertimbangan wadah hot paper cup. Kemasan ini biasa digunakan di afe maupun restoran ketika ada yang memesan minuman panas untuk pembelian take away.

Kertas untuk gelas minuman panas sengaja dibuat sedikit lebih tebal agar kopi atau teh di dalamnya tidak cepat dingin. Selain itu, kertas yang tebal membuat tangan tidak merasa kepanasan saat memegangnya.

11. Plastic Cup

Jenis kemasan untuk usaha minuman lebih banyak menggunakan gelas plastik. Penggunaan gelas plastik juga membuat minuman tidak mudah tumpah karena akan ditutup menggunakan mesin pres cup sealer. Selain untuk minuman, gelas plastik juga bisa kamu manfaat untuk jualan jus. 

Kamu bisa memilih model dan ukuran gelas sesuai dengan kebutuhan. Gelas plastik biasanya memiliki desain bening polos sehingga memudahkanmu untuk mencetak desain sendiri.

12. Thinwall

Penggunaan jenis kemasan thinwall bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menjual berbagai macam makanan, baik kering maupun berkuah. Bahan plastik thinwall lumayan lentur sehingga tidak mudah pecah atau hancur. 

Thinwall memiliki bentuk persegi panjang dengan kapasitas isi mulai dari 500ml hingga 1000ml. Warnanya yang transparan akan membuat orang lebih mudah mengetahui isi makanan di dalamnya.

13. Food Tray

Street food atau restoran cepat saji lebih banyak menggunakan food tray untuk tempat makanan. Penggunaan food tray juga harus menyesuaikan dengan jenis makanan misalnya corndog, hotdog, kentang goreng, dan lain sebagainya. 

Bentuk food tray itu sendiri cukup minimalis karena fungsinya hanya sebagai tatakan makanan. Umumnya, food tray menggunakan material kertas tahan minyak dan agak tebal supaya bisa menahan panas.

14. Besek Bambu

Jika kamu ingin menghadirkan kesan tradisional dan ramah lingkungan, maka bisa menggunakan besek bambu untuk kemasan makanan. Lapisi besek dengan daun pisang supaya makanan tetap higienis dan menambah kesedapan makanan.

Rumah makan yang menjual menu tradisional masih banyak yang menggunakan kemasan besek. Selain itu, hasil dari anyaman bambu ini juga menambah nilai estetika tersendiri. Jenis makanan yang cocok dengan jenis kemasan ini yaitu nasi uduk, nasi sambal, dll.

Baca Juga:  10 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Perencanaan Usaha Minuman

15. Box Hand Held

Kamu yang menjalan usaha kue tart akan lebih tepat jika memilih kemasan box hand held. Box yang sudah dilengkapi dengan tentengan ini akan lebih mudah kamu bawa sehingga kue tart tidak mudah bergeser. 

Kue atau makanan yang menggunakan kemasan ini akan terlihat lebih mewah dan menarik karena desain box yang unik. Selain menambah kesan estetik, pemilihan box juga dapat menambah nilai jual.

16. Styrofoam

Banyak pengusaha makanan yang memilih styrofoam karena murah dan membuat makanan terlihat lebih rapi. styrofoam juga tahan terhadap air sehingga bisa untuk makanan berkuah.

Tidak sulit untuk menemukan kemasan makanan dari styrofoam ini. Selain itu, variasi ukuran dan model kemasan juga sangat beragam sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan.

17. Plastik Mika

Jenis kemasan serbaguna berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk makanan atau kue yaitu plastik mika. Untuk menghadirkan kesan elegan, kamu bisa menggunakan plastik mika yang menggunakan tray coklat pada bagian bawahnya.

Umumnya, plastik mika dengan tray coklat lebih cocok untuk kue tart. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk wadah nasi tumpeng mini. Sedangkan model kemasan mika persegi panjang lebih cocok untuk makanan seperti nasi uduk, nasi kuning, nasi campur, atau lalapan.

Sudah Menemukan Jenis Kemasan yang Sesuai untuk Bisnis Kulinermu?

Itu dia rekomendasi jenis kemasan makanan & minuman yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisnis F&B kamu.

Setiap jenis wadah memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Hampir dari semua rekomendasi di atas sudah menggunakan bahan sesuai dengan standar food grade sehingga aman untuk kesehatan.

Jika kamu peduli terhadap kelestarian lingkungan sebaiknya pilihlah bahan yang mudah terurai.

Jangan lupa menambahkan logo atau desain pada untuk branding produk yang kamu jual.\

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips, bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.