Resep Minuman Khas Indonesia yang Gampang Dibuat

5 min read

13 Minuman Khas Indonesia yang Enak

Selain memiliki resep-resep makanan yang sangat nikmat di Indonesia. Resep minuman khas Indonesia juga tidak kalah menarik. Indonesia yang kaya akan rempah rempah selalu menawarkan kuliner yang menarik bagi masyarakat yang datang ke Indonesia maupun masyarakat yang menetap di Indonesia. 

Kekayaan budaya Indonesia dapat tercermin dari kekayaan warisan kulinernya. Beberapa masakan Indonesia yang paling terkenal di dunia, seperti Rendang, Nasi Goreng, Sate Ayam, dan masih banyak lagi. Namun, tidak lengkap jika kamu membahas makanan tanpa ada minuman yang akan menemani kamu ketika menyantap makanan lezat dari Indonesia.

Minuman-minuman khas Indonesia menarik secara looks yang mana membuat mata termanjakan ketika memandangnya dan juga memberikan cita rasa yang fantastis. Tidak kalah dari makanan khas Indonesia, minuman yang ada juga memiliki banyak permintaan bagi masyarakat. 

13 Minuman Khas Indonesia yang Enak

Penasaran apa saja sih minuman Indonesia dan resep minuman khas Indonesia nikmat dan gampang untuk membuatnya? Lihat yuk beberapa minuman Indonesia yang memiliki banyak peminatnya.

1. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional khas Indonesia yang berasal dari Sunda. Minuman ini terbuat dari gula aren, santan, jahe, dan esens vanila. Bajigur dapat kamu nikmati dalam keadaan hangat dan merupakan pasangan yang sempurna pada hari yang dingin seperti ketika malam hari dan juga saat hujan. Jahe yang ada dalam minuman ini juga dapat membantu menyembuhkan demam dan sakit perut.

2. Sekoteng

Minuman khas Indonesia ini berasal dari Jawa Tengah. Untuk kamu yang penasaran resep minuman khas Indonesia ini kamu akan mengetahuinya melalui isi dari Sekoteng ini. Sekoteng biasanya tersaji dalam mangkuk berukuran kecil berisi kacang hijau manis, kacang tanah, dan potongan roti. 

Kemudian untuk menambahkan sensasi hangat bagi tubuh, Sekoteng memberikan air jahe panas yang manis. Aroma jahe yang sangat khas akan memanjakan indera penciuman kamu dan dapat memberikan efek yang menenangkan. Di Indonesia, Sekoteng biasanya dapat kamu temui pada pedagang kaki lima dan juga ada di restoran bintang 5 sekalipun.

3. Bandrek

Bandrek ini sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia khususnya orang-orang Sunda yang menempati dataran tinggi Jawa Barat. Orang-orang yang menikmati Bandrek ini biasanya meminumnya ketika suhu yang ada di luar sedang dingin. Untuk menghangatkan badan kamu bisa meminum Bandrek. 

Resep minuman khas Indonesia ini adalah serai, merica, gula aren, jahe, cengkeh, garam, daun pandan dan juga kayu manis. Bandrek ini rasanya hangat dan sedikit pedas, namun jangan khawatir, Bandrek masih tetap enak dan masih banyak yang menyukainya. Tak jarang juga bagi orang yang ingin menambahkan sesuatu ke dalamnya opsi terbaik adalah susu kental manis.

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

4. Wedang Jahe

Minuman yang mengandung Jahe adalah bahan andalan dari minuman tradisional yang sangat populer dari Indonesia. Resep minuman khas Indonesia ini cukup simple. Wedang Jahe hanya memerlukan jahe yang melewati proses parut dan juga memerlukan air gula. 

Dalam pembuatannya parutan jahe ini akan direbus dalam air gula. Wedang Jahe ini biasa menjadi minuman untuk menaikkan relaksasi. Biasanya pada spa salon kamu akan disuguhkan minuman ini untuk menjaga kehangatan tubuh kamu dan juga merelaksasi tubuh kamu. Aroma dari Jahenya juga mampu menenangkan pikiran dan juga saraf kamu.

5. Es Teler

Kamu sudah mendapatkan resep minuman khas Indonesia yang dapat kamu nikmati dalam keadaan hangat. Cukup dengan kehangatannya sekarang kita akan masuk ke minuman yang menyegarkan tenggorokan. Es Teler ini berasal dari Semarang yang terletak pada pulau Jawa bagian tengah. 

Minuman khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar adalah Es Teler. Resep minuman khas Indonesia ini adalah potongan – potongan buah. Buah yang ada pada Es Teler ini adalah kelapa, alpukat, nangka manis dan tidak lupa ada santan di dalamnya. Selain itu Es Teler ini menggunakan es serut yang akan menghilangkan dahaga dan juga mendinginkan pikiran. 

Jika ingin bervariasi, resep minuman khas Indonesia ini dapat diberi sirup dan juga susu kental manis. Minuman ini akan memanjakan para penikmat makanan dan minuman manis nusantara. 

6. Kunyit Asam

Jika kamu akrab dengan jamu (minuman herbal tradisional Indonesia), kamu mungkin tahu (atau pernah mencoba) Kunyit Asam. Kunyit Asam adalah minuman herbal, resem minuman khas Indonesia ini adalah kunyit dan asam jawa. 

Minuman ini menjadi minuman yang baik untuk usia remaja khususnya wanita remaja, karena dapat melembutkan kulit, menghilangkan bau badan, memperlancar haid, dan membuang lemak yang berlebih. Kunyit Asam juga dapat berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Lebih enak jika tersaji dalam keadaan dingin dengan es batu. Sungguh minuman yang sangat menyegarkan!

7. Es Selendang Mayang

Jika kamu tinggal di DKI Jakarta atau sekedar hanya berkunjung ke ibukota Indonesia ini, kamu dapat menemukan Es Selendang Mayang pada sudut – sudut keramaian Kota Jakarta. Misalnya seperti kawasan Monas dan Kota Tua, Kalian akan menemukan banyak sekali penjual Es Selendang Mayang.

Resep minuman khas Indonesia ini adalah tepung beras serta kue warna – warni yang disajikan dengan sirup gula aren, santan dan es batu. Santan dengan kue tepung beras yang lembut merupakan perpaduan yang sangat cocok. Apalagi ketika kamu menikmatinya pada siang hari sambil melihat bangunan – bangunan Kota Tua. Kepala, mata dan juga lidah kamu akan termanjakan oleh Es Selendang Mayang.

Baca Juga:  Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Kamu Coba

8. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah atau dalam bahasa Inggris yaitu Red Bean Ice adalah makanan penutup khas Indonesia yang berasal dari Manado. Makanan penutup ini terlihat sederhana namun memiliki rasa yang enak dan rasa manis. 

Resep minuman khas Indonesia ini adalah kacang merah sebagai bahan utama dengan tambahan gula putih, air, garam, vanili, gula aren, coklat bubuk, santan atau susu dan tepung maizena. 

Kamu dapat menyajikannya secara dingin dengan es serut dan sentuhan terakhir bisa melakukan variasi dengan sirup dan susu manis. Es Kacang Merah dapat kamu temukan pada sebagian besar wilayah Indonesia terutama rumah makan Manado. Ini juga tersedia di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

9. Es Cendol

Es Cendol adalah salah satu makanan penutup tradisional Indonesia yang terkenal dan juga populer di negara-negara Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunai, Thailand dll. 

Resep minuman khas Indonesia ini adalah Cendol yang merupakan jeli tepung beras berwarna hijau. Jelly tepung beras hijau terbuat dari tepung beras, air dan daun pandan yang dibentuk dengan saringan. Kemudian kamu bisa mencampurnya dengan santan, gula aren, nangka dan es serut atau es batu. 

Di Indonesia, es Cendol biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, food court, troli keliling sederhana, serta restoran. Minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di sebagian besar wilayah Indonesia namun di daerah Jawa Es Cendol dikenal dengan Es dawet. Es Cendol juga bisa disajikan dengan susu kental manis coklat dan potongan daging buah nangka atau durian.

10. Es Pisang Ijo

Satu lagi minuman khas Indonesia yang akan menyegarkan kamu. Minuman ini bernama Es Pisang Ijo. Merupakan dessert dari Sulawesi Selatan. Tepatnya Makassar. Resep minuman khas Indonesia ini adalah pisang raja matang yang dikukus dan akan dibungkus dengan adonan tepung beras hijau.

Es Pisang Ijo disajikan dengan puree yang terbuat dari santan, tepung beras hijau dan juga gula. Pada bagian atas Es Pisang Ijo terbalut dengan sirup, es serti dan juga susu kental manis. Es Pisang Ijo ini akan sering kamu temui pada restoran – restoran khas Indonesia terutama yang menonjolkan makanan Makassar atau Sulawesi Selatan.

Itulah minuman dan resep minuman khas Indonesia yang nikmat jika mengkonsumsinya ketika sesudah makan bersama keluarga atau ingin sekedar menghangatkan diri. 

Baca Juga:  Cara Membuat Jus Bayam untuk Jualan dengan Rasa Enak

11. Jamu Sling

Minuman ini memiliki karakter khas Pulau Dewata atau Bali. Racikan ini membuat wisatawan dari negara lain merasa nyaman ketika berpetualang di Indonesia. Dengan sentuhan ringan dan menyegarkan pada jamu tradisional, mocktail ini mencampur air kelapa dan jamu kunyit asam, dengan tonik untuk menciptakan minuman non-alkohol Indonesia yang menyegarkan.

Resep minuman khas Indonesia ini adalah cengkeh, serai, dan kunyit yang memberikan rasa pedas pada minuman yang lezat ini. Sulit untuk tidak terpesona pada minuman ini karena looks nya juga menarik. kamu bahkan dapat meminta secara khusus kepada bartender untuk menambahkan sedikit rum atau arak. Jangan khawatir minuman ini akan tetap nikmat walaupun dicampuri rum atau arak.

12. Flores Margarita

Jika kamu penggemar margarita tetapi mencari variasi Indonesia, ini mungkin minuman yang tepat untuk kamu. 

Flores Margarita, koktail khas yang terkenal jika kamu berkunjung ke Bali. Flores Margarita menawarkan margarita klasik khas Indonesia. Minuman khas Indonesia ini memadukan bunga rosella (sejenis kembang sepatu) dengan arak jeruk kintamani, yang akan memberikan semangat pada tiap tegukannya. 

Koktail ini mendapatkan namanya dari Pulau Flores, sebuah pulau vulkanik di Indonesia timur yang dipenuhi dengan bunga kembang sepatu dan tak jarang juga kamu akan menemui komodo. Terletak di sebelah timur Pulau Komodo, Flores juga kaya dengan padi dan tebu, yang bersama-sama menciptakan arak asli.

13. Ginger N Rose

Ginger N Rose tidak hanya memanjakan mata. Cita rasa yang diberikan juga akan memanjakan lidah kamu. Hal ini akan memberikan pengalaman yang memanjakan indera kamu atau pengalaman multi sensory experience.

Bahan minuman khas Indonesia ini adalah arak jahe klasik, topping rosemary ini dihidupkan dengan mencampurnya dengan infus butterfly pea flower. Flora asli, butterfly pea flower diyakini dalam pengobatan Ayurveda kuno sebagai sumber peningkatan fungsi kognitif dan peningkatan libido pada wanita.

Nektar butterfly pea flower berubah menjadi ungu cerah saat dicampur dengan jus lemon. Saat kamu meminum koktail agung ini, kamu akan menyaksikan reaksi kimia alami terjadi tepat di depan mata kamu.

Mana Minuman Khas Indonesia Favoritmu?

Inilah deretan minuman dan resep minuman khas Indonesia. kamu wajib mencobanya. Jika kamu penasaran, kamu bisa memulainya dari yang banyak ditemui. Selain itu ada variasi yang dengan mengubahnya menjadi mocktail dan cocktail. Hal itu membuat minuman ini menjadi menarik dan dapat dinikmati ketika sedang nongkrong bersama teman – teman.

Dapatkan berbagai insight bisnis kuliner seperti info franchise, resep makanan hingga minuman indonesia tentunya hanya di fnbpreneur.id.