Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Kamu Coba

5 min read

Minuman Khas Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

Banyak makanan khas Asia Tenggara tenggara yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Selain makanan, ada juga beberapa minuman khas Asia Tenggara yang terkenal ke seluruh dunia. 

Ada banyak pilihan minuman khas Asia Tenggara yang dapat kamu nikmati. Minuman-minuman ini mulai dari minuman yang tidak beralkohol sampai yang beralkohol. Soal harga kamu juga tidak perlu khawatir karena beberapa minuman.

Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Dicoba

Berikut ini adalah beberapa minuman khas Asia Tenggara yang bisa kamu nikmati. Minuman-minuman ini pasti akan melepaskan rasa haus kamu karena kesegarannya, dan berikut ini adalah beberapa minuman khas Asia Tenggara tersebut.

1. Lao-lao dari Laos

Lao Lao Laos

Minuman khas Asia Tenggara yang pertama adalah lao-lao dari Laos. Minuman ini adalah minuman beralkohol khas dari negara Laos. Lao-lao merupakan minuman yang sangat unik dan tidak biasa karena merupakan minuman hasil fermentasi beberapa hewan seperti ular, laba-laba, kalajengking, dan ada beberapa hewan lainnya.

Lao-lao terdiri dari dua buah kata. Kata lao yang pertama berarti minuman dan kata lao yang kedua berarti Laos, sehingga dapat kita artikan menjadi minuman Laos. Minuman ini sudah terkenal ke seluruh dunia, dan bahkan mendapat julukan whiskey Laos oleh para wisatawan.

2. Lahpet Yay dari Myanmar

Lahpet Yay Myanmar

Minuman khas Asia Tenggara yang kedua adalah lahpet yay dari Myanmar. Minuman ini adalah merupakan minuman yang terbuat dari daun teh hitam muda yang kemudian difermentasikan. Setelahnya minuman ini kemudian diolah bersama dengan bawang putih cincang, garam, cabai giling, jus lemon, dan minyak kacang.

Lahpet yay merupakan minuman yang dianggap sebagai identitas kelezatan masyarakat Myanmar dan merupakan minuman masyarakat khas Burma. Minuman ini sering disajikan ke dalam makanan lokal dan menjadi minuman untuk disajikan ke tamu bagi masyarakat Myanmar.

3. Cha Phe Sua Da dari Vietnam

Cha Phe Sua Da Vietnam

Vietnam merupakan negara yang sudah terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kualitas kopi Vietnam juga sudah perlu untuk diragukan lagi tentunya. Bagi masyarakat Vietnam kopi adalah sebuah identitas tersendiri bagi mereka. Banyak masyarakat Vietnam memiliki kebiasaan menikmati segelas kopi di pagi hari.

Salah satu olahan kopi yang terkenal di Vietnam adalah cha phe sua da. Cha phe sua da ini adalah kopi yang sederhana namun sangatlah nikmat. Kopi ini adalah kopi yang disajikan dengan menggunakan tambahan susu kental manis dan kemudian diberikan es segar. Karena perpaduan inilah yang membuat kopi ini pastinya sangat segar untuk penikmatnya.

Baca Juga:  Resep Minuman Khas Indonesia yang Gampang Dibuat

4. Nanyang Coffee dari Singapura

Nanyang Coffe Singapura

Nanyang adalah sebuah istilah yang berasal dari Mandarin yang berarti Asia Tenggara. Minuman khas Asia Tenggara yang satu ini terkenal spesial karena memiliki aroma yang nikmat.

Aroma yang kuat ini karena biji kopi yang dipakai adalah biji kopi yang dipanggang menggunakan karamel dan mentega serta diseduh dengan cara yang tradisional. Minuman khas Singapura ini sudah terkenal sejak tahun 60-an dan terkenal di tidak hanya di Singapura bahkan sampai ke luar Singapura.

5. Kopi Cino dari Singapura

Kopi Cino Singapura

Minuman khas Asia Tenggara yang berikutnya dan masih berasal dari Singapura adalah kopi cino. Penampilan kopi cino sekilas memang terlihat seperti latte pada umumnya. Hal yang membuatnya berbeda adalah adanya penggunaan mentega didalamnya.

Mentega digunakan saat bubuk kopi telah diseduh ke dalam campuran air panas dan susu yang kemudian diaduk kencang sebelum disajikan dalam sebuah cangkir. Cara penyajian yang seperti akan memberikan kamu dua buah sensasi yang nikmat, yaitu sensasi di bagian bawah dan kopi di bagian atas. Beberapa tempat yang menyajikan kopi ini juga sering menambahkan bubuk coklat yang nikmat.

6. Teh Tarik dari Malaysia

Teh Tarik Malaysia

Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini. Teh tarik merupakan minuman khas dari Malaysia yang sudah terkenal sampai ke beberapa negara sekitar Malaysia seperti Indonesia dan juga Singapura. Minuman khas Asia Tenggara ini terkenal karena cara pembuatannya yang unik yaitu ditarik sesuai dengan namanya.

Cara membuatnya yang unik ini adalah dengan menuang sebuah gelas dengan jarak yang cukup jauh sehingga terlihat seperti ditarik. Karena cara membuatnya yang unik ini, tidak sembarangan orang bisa membuat minuman ini karena memerlukan teknik khusus. Minuman ini adalah minuman yang terbuat dari campuran secangkir teh dan juga susu segar yang nikmat.

7. Air Mata Kucing dari Malaysia

Air Mata Kucing Malaysia

Minuman khas Asia Tenggara yang selanjutnya juga berasal dari Malaysia. Minuman tersebut bernama air mata kucing. Sekilas penampilan minuman nikmat ini terlihat seperti cincau hitam yang kemudian diseduh.

Nama mata kucing dalam minuman ini sendiri berasal dari lengkeng yang berada dalam minuman ini. Warna biji buah lengkeng yang hitam dan dagingnya yang putih inilah yang dianggap mirip dengan mata kucing. Selain buah lengkeng, minuman segar ini juga terdiri dari lo han kuo atau sejenis buah rambut asal China, buah kundur, gula dan air.

8. Thai Tea dari Thailand

Thai Tea Thailand

Sama seperti teh tarik dari Malaysia, kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan thai tea yang berasal dari Thailand. Thai tea merupakan minuman yang menggunakan bahan dasar teh ceylon, susu dan gula serta disajikan dalam keadaan panas atau dingin. 

Baca Juga:  25 Jenis Minuman Khas Eropa yang Bisa Kamu Coba

Minuman ini juga ternyata memiliki gizi yang cukup bagus untuk kesehatan dan memberikan sensasi yang segar serta meringankan tubuh. Hal ini karena minuman ini kaya akan rempah-rempah seperti air limau, adas bintang, dan asam jawa. Namun kamu juga tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan berbahaya bagi kesehatan kamu nantinya.

9. Kopi Oliang dari Thailand

Kopi Oliang Thailand

Tidak hanya thai tea, ada juga minuman khas Asia Tenggara yang sudah terkenal dan berasal dari Thailand lagi yang bernama kopi oliang. Minuman ini terkenal karena kebiasaan unik orang-orang Thailand dalam menikmati sebuah kopi. Hal unik tersebut adalah karena masyarakat Thailand menambahkan rempah atau biji-bijian ke dalam minuman kopi tersebut.

Dalam segelas kopi oliang ini, kamu akan menemukan tambahan seperti kapulaga, biji wijen, sari beras, sari kedelai, dan juga sari jagung yang digunakan sebagai pemanis alami. Kopi nikmat ini juga akan semakin manis karena ada susu kental manis di dalamnya.

10. Es Teler dari Indonesia

Es Teler Indonesia

Minuman khas Asia Tenggara yang berikutnya berasal dari negara kita sendiri yaitu es teler dari Indonesia. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman nikmat yang satu ini. Es teler sering menjadi pilihan banyak orang terutama ketika masuk ke musim panas di Indonesia.

Es teler ternyata memiliki berbagai macam gizi dan bermanfaat untuk tubuh. Hal ini karena es teler merupakan minuman cocktail berjenis fresh to nature. Semua gizi yang bermanfaat untuk tubuh tersebut berasal dari buah-buahan yang ada dalam es teler seperti nangka, cincau, daging kelapa muda, alpukat, melon dan buah-buahan lainnya.

11. Kopi Jos dari Indonesia

Kopi Jos Indonesia

Minuman khas Asia Tenggara yang sudah terkenal berikutnya juga  berasal dari Indonesia. Minuman tersebut adalah kopi jos asal Indonesia atau lebih tepatnya bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Yogyakarta.

Kopi ini terkenal karena cara pembuatannya yang unik karena menambahkan arang panas sebagai campuran dalam penyajian kopi nikmat yang satu ini. Nama kopi joss sendiri berasal dari beberapa orang yang telah menikmati kopi buatan Lek Man ini.

12. Sekoteng dari Indonesia

Sekoteng Minuman Khas Asia Tenggara dari Indonesia

Minuman dari Indonesia lainnya yang sudah terkenal berikutnya adalah minuman yang berasal dari Jawa Tengah yaitu sekoteng. Minuman nikmat ini memiliki rasa jahe yang khas dan ada beberapa isian pelengkap di dalamnya. Sekoteng biasanya dijual oleh penjual keliling dengan menggunakan gerobak dorong atau pikul.

Minuman lezat ini terkenal karena bisa memberikan sensasi hangat bagi tubuh dan bisa membuat kamu kenyang. Sekoteng sering sekali dinikmati pada saat sore atau malam hari pada saat cuaca dingin. Minuman dengan rasa jahe ini ternyata juga memiliki manfaat menambah daya tahan tubuh. 

Baca Juga:  12 Minuman Khas Perancis yang Terkenal

13. Bir Pletok dari Indonesia

Bir pletok Indonesia Minuman Khas Asia Tenggara

Masih dari Indonesia, ada juga minuman khas Asia Tenggara yang sudah terkenal lainnya yang bernama bir pletok. Minuman tradisional yang berasa dari Jakarta ini sudah populer di Indonesia dan bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda pada masa lalu. 

Meskipun memiliki nama bir, namun jangan salah sangka soal minuman ini. Minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini terbuat dari jahe, serai, kayu secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan pala. Bahan-bahan tersebutlah yang membuat minuman ini termasuk minuman yang menyehatkan bagi tubuh kamu.

14. Halo-Halo dari Filipina

Halo Halo Filipina

Minuman khas Asia Tenggara yang berikutnya adalah halo-halo yang berasal dari Filipina. Minuman ini sekilas memang tampak seperti es campur yang berasal dari Indonesia. Hal yang membuatnya berbeda adalah pada isi yang digunakan dalam minuman tersebut.

Halo-halo dari Filipina menggunakan isian beberapa buah. Buah-buahan seperti nangka, nira, pisang, dan daging kelapa ada dalam minuman ini. Minuman ini juga menambahkan bahan unik lainnya seperti sagu, ketan, jagung, dan susu kental manis kedalamnya yang membuatnya semakin segar dan nikmat.

15. Buko Pandan dari Filipina

Buko Pandan Filipina

Minuman khas Asia Tenggara yang selanjutnya juga berasa dari Filipina dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia, minuman tersebut adalah buko Panda. Buko sendiri dalam bahasa tradisional Filipina yaitu bahasa tagalog memiliki arti kelapa muda.

Sesuai dengan namanya, minuman menggunakan bahan-bahan seperti seperti serutan kelapa muda, krim, susu kental manis, keju, dan agar-agar yang yang menggunakan perisa pandan. Aroma dari minuman akan sangat menggoda kamu dan rasa yang dihasilkan dari minuman ini adalah segar dan manis yang bisa menggugah selera kamu.

16. Mai Chon Hielo dari Filipina

Mai Chon Hello Fillipina

Minuman khas Asia Tenggara yang satu ini cukup terkenal dan orang-orang sering menyebutnya dengan es jagung manis. Sesuai dengan namanya, minuman ini adalah es serut dengan jagung, gula dan juga susu.

Beberapa orang yang menjual minuman ini juga sering mengganti es serut tersebut dengan es krim dengan rasa jagung yang akan membuat rasanya semakin segar. Orang-orang yang menjual minuman ini segar ini juga menambahkan selasih dan jeruk agar minuman ini semakin segar.

Itulah beberapa minuman khas Asia Tenggara yang terkenal dan tentunya unik. Keunikan dari masing-masing minuman tersebut berasal dari bermacam-macam hal yang terdapat dalam minuman tersebut seperti bahan yang ada dalam minuman tersebut, cara penyajian, rasa dan juga tampilannya. Dari beberapa minuman tersebut, yang mana sudah pernah kamu nikmati dan menjadi favorit kamu?


Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis minuman dan makanan hanya di fnbpreneur.id.