Panduan Lengkap dan Mudah untuk Membuat Profil Restoran

5 min read

profil restoran

Santernya perkembangan teknologi, membuat banyak perusahaan developer yang menciptakan berbagai macam aplikasi untuk memesan makanan. Layanan ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha kuliner tanpa harus memiliki restoran fisik. Kamu hanya perlu membuat profil restoran dan memajangnya di aplikasi.

Lantas, bagaimana bisa memesan makanan jika tidak mempunyai restoran fisik? Jadi, kamu hanya melayani pembelian secara online sesuai dengan aplikasi pesan makanan yang kamu gunakan. 

Cara Kerja Layanan Restoran Online

Cara kerja dari pelayanan restoran yang tidak memiliki bangunan fisik yaitu konsumen memesan makanan menggunakan aplikasi, kemudian kamu juga akan mendapatkan notifikasi pemesanan. 

Kamu wajib menyiapkan makanan sesuai dengan detail pesanan yang masuk melalui aplikasi. Selanjutnya, akan ada driver yang mengambil pesanan tersebut dan mengantarkannya kepada konsumen yang memesan melalui aplikasi. 

Jika konsumen membayar menggunakan uang elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi, maka secara otomatis akan masuk ke akunmu. Namun, jika membayar secara manual, maka driver yang mengambil pesanan tersebut yang akan membayarkannya.

Gimana, mulai paham dan tertarik menggeluti usaha kuliner? Jika iya, kamu perlu membangun profil restoran terlebih dahulu. Profil ini sebenarnya sama-sama diperlukan baik untuk bisnis kuliner online maupun offline. Sebelum mempelajari cara pembuatannya, kamu perlu pahami dulu terkait pengertian dan manfaatnya.

Apa Itu Profil Restoran?

Profil dalam Bahasa Indonesia memiliki makna yang sama dengan gambaran. Dengan demikian, profil rumah makan atau restoran merupakan gambaran atau citra yang ingin ditampilkan kepada para konsumen. Konsumen pun akan lebih mudah untuk mengenali jenis-jenis makanan yang ditawarkan.

Pembuatan profil ini penting untuk promosi dan juga branding, baik untuk kamu yang memiliki restoran fisik maupun virtual. Hanya dengan melihat foto-foto makanan yang terpajang, maka konsumen pun bisa mengetahui spesifik menu makanan yang kamu jual. 

Contoh profil restoran Jepang, menu yang mereka pajang pada profil yaitu sushi, sashimi, ramen, udon, dll. Sedangkan jika restoran yang kamu miliki fokus menyajikan menu lalapan, foto yang mendukung yaitu ayam goreng, ayam bakar, ikan bakar, aneka sambal, dll.

Kamu juga bisa menyebut bahwa profil restoran merupakan identitas atau jati diri. Oleh sebab itu, penting untuk membuat profil yang menarik dan juga otentik sehingga konsumen yang belum mencoba akan merasa penasaran.

Sebaiknya, memasang profil tidak hanya pada aplikasi online, namun juga bisa pada website dan berbagai media sosial. Orang-orang yang penasaran bisa dengan mudah mencarinya menggunakan mesin pencarian. 

Baca Juga:  Strategi Membuat Menu Makanan dan Minuman untuk Cross Selling

Meskipun tidak memiliki restoran fisik, namun jika memiliki website akan terlihat lebih menjanjikan dan profesional.

Apa Manfaat Membuat Profil Restoran?

Agar kamu lebih semangat untuk memulai usaha kuliner online, simak manfaat membuat profil restoran yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. Meningkatkan Branding

Branding memegang peranan vital dalam usaha apapun. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menciptakan kesan yang melekat pada konsumen. Supaya bisa memenangkan hati banyak konsumen, tentu perlu menggunakan cara-cara natural dan tidak memaksa.

Jika kamu membuat profil menarik dan menggiurkan, setiap konsumen yang melihat gambar-gambar sajian makanannya tersebut akan penasaran dan ingin membuktikan rasa makanan yang kamu jual.

Agar tidak mengecewakan konsumen, pastikan menggunakan foto-foto asli dan bukan hasil mencari dari internet. Jika konsumen mendapatkan pengalaman pertama yang menyenangkan dan mengesankan, tentu mereka akan memesan kembali dan menjadi pelanggan setia. 

Semakin banyak konsumen puas dengan menu makanan yang kamu sajikan karena sesuai dengan tampilan pada profil restoran, maka akan semakin meningkatkan branding restoranmu. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka juga akan merekomendasikan kepada kerabat atau orang terdekat.

2. Media Promosi Tanpa Batas

Promosi merupakan ujung tombak dalam setiap dunia usaha karena berperan untuk mendatangkan pembeli. Nah, jika kamu membuat profil rumah makan, maka kamu memiliki kesempatan untuk melakukan promosi tanpa batas. 

Konsumen yang ingin mengetahui restoranmu bisa langsung mengunjungi website tersebut selama 24 jam.

Jika kamu juga melayani jasa katering baik skala kecil maupun besar, bisa mencantumkan informasi tersebut pada website. Jangan lupa untuk menyertakan kontak sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan. 

Supaya lebih meyakinkan dan menggiurkan, kamu bisa mencantumkan menu-menu khusus katering

Agar website profil restoran kamu juga mudah ditemukan, pastikan selalu merawat dan mengelolanya dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan jasa SEO untuk memaksimalkan traffic website pada mesin pencarian.

3. Meningkatkan Penjualan

Sesuatu yang besar bermula dari yang kecil. Jika saat ini kamu masih belum memiliki restoran fisik karena kendala modal, tidak perlu khawatir. Kamu bisa memaksimalkan profil rumah makan tersebut pada semua media sosial dan website untuk meningkatkan penjualan.

Semakin gencar kamu melakukan promosi profil usahamu, tentu akan semakin meningkatkan penjualan. Jika kamu sudah bisa merasakan kenaikan penjualan yang signifikan, maka bisa mulai menaikan kapasitas jalan. 

Misal, awal membuka bisnis kamu hanya membuat 50 jualan dalam sehari, coba naikkan menjadi 75 porsi. Sebaiknya lakukan proses kenaikan porsi jualan secara bertahap untuk menghindari kerugian. 

Selanjutnya, jika sudah mendapatkan rata-rata penjualan harian, kamu pun lebih mudah untuk mengatur porsi jualan.

Profil restoran yang dikelola dengan sangat baik dan telaten ini, juga mendukung adanya kenaikan jumlah pesanan dan dapat memungkinkanmu kamu untuk segera membuka restoran fisik. 

4. Mudah Menemukan Restoran

Bagi kamu yang sudah memiliki restoran fisik, manfaat dari profil rumah makan ini yaitu memudahkan konsumen yang mencari rekomendasi rumah makan wilayah setempat. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mendaftarkan restoranmu di Google agar bisa masuk rekomendasi pencarian.

Baca Juga:  20 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba dan Bikin Nagih

5. Meningkatkan Daya Saing

Persaingan bisnis kuliner sangat ketat karena hampir setiap waktu ramai dengan makanan kekinian. Selain itu, banyak orang yang menggeluti usaha kuliner karena makanan merupakan kebutuhan utama, sehingga akan selalu dicari orang.

Jika kamu memiliki branding profil restoran yang kuat, maka tidak perlu gentar dengan kompetitor lama maupun pendatang baru. Restoranmu akan tetap eksis dan ramai karena sudah mempunyai pelanggan setia.

Cara Membuat Profil Rumah Makan dengan Aplikasi

Masyarakat yang hidup di era digital dituntut segalanya harus cepat, sehingga mereka akan menyukai hal-hal instan, termasuk urusan memesan makanan.

Atas dasar alasan ini pula, sekarang menjamur aplikasi pesan makanan. Agar profil rumah makan di aplikasi terlihat menarik, ikut cara di bawah ini.

1. Mengambil Foto dengan Benar

Sebelum membuat profil, kamu perlu mengambil foto beberapa menu makanan yang akan kamu tawarkan pada konsumen. Jika kamu tidak terlalu paham dengan fotografi, bisa mempelajari sedikit tentang teknik pengambilan gambar yang menarik. 

Gunakan peralatan makan yang estetik dan elegan agar membuat makanan terlihat lebih menggoda. Tata dengan porsi sedikit agar bisa menghasilkan foto yang bagus. Jangan terlalu banyak menggunakan properti supaya gambar lebih jelas dan bersih.

2. Edit Foto

Lakukan proses editing sebelum mengunggah foto profil restoran pada aplikasi pesan makanan. Proses ini mutlak perlu kamu lakukan agar foto makanan terlihat lebih meyakinkan dan menarik secara visual. 

Kamu bisa menghapus atau menghilangkan bagian yang tidak penting. Selain itu, atur kecerahan dan kontras pada foto. Jika foto terlalu gelap, maka makanan akan terlihat kurang menarik. Sebaliknya, jika terlalu terang juga akan membuat warnanya kurang jelas. Edit hingga mendapatkan kontras yang baik dan warna menggoda.

3. Unduh Aplikasi Pesan Makanan

Jika kamu sudah menyediakan foto-foto tersebut, sekarang silakan unduh aplikasi yang ingin kamu gunakan. Buka aplikasi, lakukan aktivasi, dan pilih menu “Profil Restoran”. Selanjutnya, aplikasi akan mengarahkan pada tahap berikutnya yaitu mengunggah foto-foto makanan.

Kamu harus mengunggah foto sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh aplikasi. Umumnya, kriteria tersebut meliputi:

  • Menggunakan foto asli dari menu yang kamu sajikan.
  • Menggunakan rasio foto sesuai dengan kolom yang disediakan, biasanya 4:3.
  • Foto fokus hanya pada makanan, jangan menggunakan foto yang terdapat penampakan orang atau watermark.
  • Kamu bisa melengkapi foto dengan logo restoran.

4. Unggah Foto

Cara membuat profil restoran selanjutnya yaitu mengunggah ke aplikasi. Mengingat kamu sudah menyiapkan foto-foto tersebut, maka bisa langsung mengambil dari galeri. Namun, jika kamu belum memiliki koleksi foto, maka bisa menggunakan fitur kamera pada aplikasi.

Kamu bisa langsung membuka kamera yang disediakan aplikasi, dan mengambil gambar makanan yang sudah tertata. Ikuti panduan dari aplikasi agar gambar atau foto tersimpan pada galeri.

Baca Juga:  Peluang Usaha Bisnis Gado-Gado dan Berapa Modalnya

Meskipun aplikasi menyediakan fitur kamera, sebaiknya kamu tetap mengambil foto terlebih dahulu seperti step di atas. Hal ini akan membuat hasil foto lebih bagus dan menarik karena kamu sudah menyiapkannya dengan matang.

Jika kamu langsung mengambil foto dari kamera, tentu hasilnya kurang sempurna. Foto tersebut akan langsung diunggah tanpa melalui proses editing. Alhasil, tampilan menu yang kamu sajikan pada profil rumah makan menjadi kurang menarik.

5. Buat Kategori Menu Makanan

Umumnya, aplikasi pesan makanan akan memberikan beberapa pilihan menu pada setiap restoran. Nah, jika kamu memiliki variasi menu, bisa membuat kategori masing-masing sehingga menjadi lebih rapi.

Cari menu “Tambahan” pada aplikasi yang kamu gunakan untuk membuat kategori. Setiap aplikasi memiliki ketentuan yang berbeda mengenai jumlah maksimal kategori untuk setiap restoran.

Klik dua atau tiga kategori sesuai dengan menu yang kamu sajikan, lalu klik simpan. Contoh kategori menu misalnya, aneka ayam, aneka lauk, cepat saji, jajan, minuman, dll. 

6. Cek Ulang & Simpan

Jika kamu sudah melaksanakan rentetan cara di atas, jangan lupa untuk memeriksa kembali foto-foto menu makanan. Pastikan semua sesuai dan memberikan deskripsi yang jelas dan tepat.

Apabila kamu sudah merasa yakin dan tidak ada kekeliruan, maka bisa klik “Simpan”. Profil restoran pun selesai dibuat. 

Namun demikian, langkah ini belum sepenuhnya selesai karena kamu perlu mengisi informasi tambahan. Isikan pula jam operasional restoran agar pembeli bisa tahu ketika kamu buka dan tutup.

Yuk, Buat Profil Restoran Pertamamu!

Itu dia ulasan tentang cara membuat profil restoran.

Dengan membuat profil ini akan sangat menunjang kelancaran usaha kulinermu karena menjadi salah satu faktor untuk menarik konsumen.

Cara membuat profil pun tidak susah dan tidak memerlukan waktu lama.

Namun, usaha yang kamu lakukan tentu akan memberikan pengaruh yang signifikan.

Selamat mencoba!


Temukan ulasan lainnya mengenai bisnis makanan, bisnis minuman dan tips bisnis kuliner lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.