Rekomendasi Restoran Claypot Rice Jakarta, Lezat dan Otentik!

4 min read

claypot rice jakarta

Kamu sedang mencari lokasi claypot rice Jakarta? Ternyata hidangan khas Asia ini cukup populer dan mudah untuk kamu temukan di Ibukota. Sebagai informasi, claypot rice tidak sekadar mengacu pada jenis restorannya saja. Istilah tersebut mengacu pada sebuah jenis hidangan.

Garis sejarah makanan bernama claypot rice ini berasal dari kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Maka, tidak aneh rasanya jika kamu bisa menemukan claypot rice tersebar di Ibukota. Nama dari hidangannya sendiri berasal dari proses memasaknya yang menggunakan panci dari keramik tanah liat. 

Proses memasak tersebut sudah jadi tradisi dalam kuliner Cina yang berasal dari 5.000 tahun lalu. Tidak ada sejarah resmi mengenai hidangan satu ini. Hal tersebut terjadi karena proses memasak claypot rice memang umum kamu temukan pada kondisi sehari-hari. Panci berisi nasi, sayuran, dan daging dimasak bersamaan di atas bara api. 

Dari asal usul tersebut dapat kamu temukan bahwa sejatinya hidangan claypot rice bukanlah sebuah makanan mewah. Menu makanan ini lebih cocok masuk ke dalam kategori comfort food. Pasalnya, kamu bisa menemukan hidangan ini tersaji di atas meja makan keluarga kapanpun mereka mau. 

Rekomendasi Restoran Claypot Rice Jakarta 

Nasi claypot jadi salah satu hidangan yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Berawal dari comfort food, kini claypot rice Jakarta menjadi salah satu menu yang hype dan kerap jadi rekomendasi bagi para food lovers Ibukota.

Berikut adalah 10 rumah makan yang menyajikan menu ini yang bisa kamu temukan: 

1. Claypot Popo 

Kamu yang ingin mencicipi claypot rice Jakarta, wajib datang ke Claypot Popo. Restoran yang menghidangkan sajian chinese ini mengedepankan esensi comfort food ke dalam hidangannya. Hal tersebut didasari oleh momen bahagia masakan sang nenek yang terasa oleh pemilik restoran ini. 

Nama Popo sendiri merupakan panggilan untuk nenek dalam budaya Cina. Dengan kata lain, berdirinya restoran ini merupakan sebuah penghormatan dari sang cucu kepada sang nenek. Penghormatan tersebut juga datang dari banyaknya menu rumahan bernilai historis dari sang pemilik rumah kepada para pelanggannya. 

Baca Juga:  6 Tips Sebelum Membuka Cabang Usaha Kuliner

Untuk menu andalannya sendiri, kamu bisa memesan menu claypot misua tahu telur asin yang jadi favorit banyak orang. Selain itu, lokasi restoran ini juga tersebar di berbagai lokasi di Jakarta, seperti Jalan Sabang, Melawai, dan Kelapa Gading. Tidak heran resto ini jadi salah satu rumah hidangan claypot rice Jakarta yang populer. 

2. Uncle Lee 

Jakarta Utara memang jadi salah satu pusat kuliner saat kamu ingin menikmati masakan Cina di Jakarta. Kamu yang tengah mencari alternatif restoran claypot rice, bisa mampir ke Kelapa Gading dan datang ke Uncle Lee. 

Berlokasi di Jalan Boulevard Raya Blok QF1 No. 17, Kelapa Gading, Jakarta Utara, kamu bisa dengan mudah menemukan titik berdirinya restoran ini. Restoran ini memiliki dua menu spesial untuk claypot rice, yaitu chicken atau bakut claypot. Soal rasa hidangan, banyak orang yang tidak meragukan hasil racikan resto ini. 

Selain itu, porsi claypot rice di Kelapa Gading ini tersedia dalam beberapa ukuran. Jadi, kamu bisa memesan untuk diri sendiri atau berbagi dengan teman dan keluarga. Terkait harga, masih relatif terjangkau. Jangan lupa untuk datang ke Uncle Lee saat bertandang ke Kelapa Gading! 

3. Tiger Claypot 

Masih berlokasi di Kelapa Gading, untuk hidangan claypot rice Jakarta lainnya, kamu bisa datang ke Tiger Claypot. Untuk menunya sendiri, hidangan claypot yang tersaji cukup unik dan agak sedikit berbeda dari sisi tradisional. Salah satunya adalah menu chicken katsu claypot yang merupakan perpaduan makanan khas Jepang dan Cina. 

Menu andalan dari Tiger Claypot tersebut menambah cita rasa hidangan jadi lebih nikmat saat disantap. Selain itu, nuansa restoran juga cukup rapi dan bersih. Sehingga, cocok untuk kamu yang ingin mengadakan acara makan siang bersama keluarga. 

4. Loka Claypot 

Bergeser sedikit dari Kelapa Gading, kamu bisa menemukan restoran claypot rice di kawasan Muara Karang. Untuk tempatnya sendiri, restoran ini cukup memiliki nuansa yang sederhana. Namun, menu hidangan resto claypot rice ini jauh dari kata tersebut. 

Ada 3 jenis menu claypot rice yang bisa kamu pilih, mulai dari topping ayam, daging sapi, dan babi. Ketiganya terhidang spesial dengan tambahan telur yang membuat tekstur nasi jadi lebih lembut dan kaya akan rasa serta Harga yang terjangkau. 

5. Iron Fist 

Kamu yang ingin beralih ke kawasan yang ramai dan hype untuk mencari claypot rice di Jakarta, bisa datang ke Iron Fist. Berada di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan, resto ini merupakan hasil kolaborasi antara Lawless dan Po Noodle Bar. 

Baca Juga:  8 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Kamu Coba

Kolaborasi tersebut menyajikan hidangan fusion Asia yang menarik. Salah satunya adalah rangkaian menu claypot rice yang mereka punya. Nuansa yang modern menambah pengalaman makan jadi lebih menarik. Cocok buat kamu yang ingin bermalam mingguan dengan pasangan. 

6. Claypot 369 

Restoran claypot rice yang juga menawarkan menu fusion dan sayang untuk kamu lewatkan adalah Claypot 369. Berada di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, kamu bisa menikmati hidangan claypot rice yang disajikan dengan mie. Namun, kamu yang ingin otentik, di sini juga menyediakan menu nasi claypot chicken yang lezat. 

7. Mr. Bao Claypot Steamboat 

Untuk sajian menu nasi claypot yang lebih eksploratif, kamu bisa datang ke Mr. Bao Claypot Steamboat. Di resto ini, kamu bisa menikmati pengalaman menyantap nasi claypot dan steamboat. Perpaduan menu ini cocok untuk kamu nikmati saat hawa sedang dingin untuk menghangatkan tubuh.

Untuk datang ke resto claypot rice Jakarta ini, kamu hanya perlu datang ke kawasan Muara Karang. Lokasi ini memang cukup terkenal banyak menyediakan hidangan Chinese. Selain itu, resto ini juga menghidangkan menu dalam porsi yang cukup besar, sehingga cocok untuk makan bersama keluarga. 

8. Claypot Oni 

Pantai Indah Kapuk kini jadi lokasi yang cukup populer sebagai destinasi wisata kuliner Ibukota. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan menu nasi claypot di sini. Salah satunya bisa kamu temukan di Claypot Oni. 

Berbeda dengan restoran lainnya yang umumnya menghidangkan topping ayam atau daging babi, di sini kamu bisa menemukan menu seafood. Topping yang tersaji juga cukup banyak dan ukurannya besar. Jadi kamu tidak akan merasa rugi saat datang makan di resto claypot rice satu ini. 

9. MAD Jakarta 

Untuk nuansa yang lebih modern dan sedikit fancy, kamu bisa datang ke MAD Jakarta. Restoran di Lotte Shopping Avenue ini menawarkan menu claypot rice yang berbeda. Resto ini mengusung tema modern Asia food. Cocok untuk kamu yang senang melakukan eksplorasi rasa saat berwisata kuliner. 

Salah satu menu andalannya adalah foie gras and beef claypot rice. Dari namanya sendiri kamu bisa menemukan bahwa ada perpaduan cita rasa kuliner Perancis dalam sajian ini. Selain itu, kamu juga bisa menemukan hidangan Asia fusion lainnya yang tidak kalah menggugah selera. 

Baca Juga:  10 Minuman Khas Portugal yang Populer, Wajib Kamu Coba!

Meskipun jadi restoran Asia fusion, kamu tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, resto claypot rice Jakarta ini menawarkan harga yang relatif terjangkau. Dengan kata lain, kamu bisa memesan banyak menu unik saat berkunjung. 

10. Claypot Rice Lok Lok Wok Penang

Kamu yang ingin makan menu claypot rice dalam situasi yang lebih formal dan berkelas, bisa datang ke Claypot Rice Lok Lok Wok Penang. Resto khas Asia ini memang sudah punya nama dan reputasi besar. Untuk cita rasa sendiri, tidak perlu kamu ragukan lagi.

Berlokasi di kawasan Pluit, kamu bisa menikmati berbagai hidangan dengan cita rasa otentik di resto claypot rice satu ini. Sesuai dengan namanya, cita rasa hidangan restoran satu ini cenderung mengarah ke hidangan Malaysia dan Singapura

Yuk, Coba Deretan Rekomendasi Sajian Claypot Rice Jakarta! 

Itu dia beberapa rekomendasi restoran claypot rice Jakarta yang bisa kamu coba.

Dalam memesan menu claypot rice, kamu perlu memahami bahwa waktu yang diperlukan cukup lama. Pasalnya, dari proses menanak nasi hingga membuat daging dan sayuran matang dilakukan secara bersama. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu datang ke restoran claypot rice Jakarta dalam kondisi yang belum terlalu lapar. Kamu juga bisa cicipi beberapa hidangan pembuka sambil menunggu comfort food ini datang. 


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.