Bisnis Minuman Alpukat Kocok: Modal dan Peluang Usahanya

5 min read

Peluang bisnis saat ini bisa dengan mudah kamu cari. Salah satunya dengan menekuni bisnis kuliner yang tidak ada habisnya dan selalu bermunculan ide baru. Seperti bisnis minuman alpukat kocok yang bisa mendatangkan keuntungan. Minuman kekinian yang berbahan dasar buah alpukat ini digemari banyak orang.

Apa Itu Alpukat Kocok?

Minuman alpukat kocok ini merupakan salah satu minuman yang sedang hits dan banyak orang menyukainya. Pembuatan minuman ini tentunya berbahan dasar buah alpukat yang di mix dan terdapat toping seperti susu, parutan keju, dan lainnya. Buah alpukat ini juga cocok untuk kamu yang sedang melakukan proses diet.

Modal Yang Dibutuhkan Bisnis Alpukat Kocok

Sebelum kamu memulai bisnis alpukat kocok ini harus mempersiapkan modal terlebih dahulu. Mulai dari perlengkapan atau peralatannya dan bahan baku pembuatannya. Modal ini tidak jauh berbeda dengan bisnis – bisnis minuman lainnya di luar sana. Untuk modal peralatan dan perlengkapannya, antara lain :

  • Mesin Blender : Rp 700.000
  • Gelas : Rp 500.000
  • Meja dan Kursi : Rp 450.000
  • Peralatan lainnya : Rp 250.000

Dari modal perlengkapan atau peralatan di atas totalnya Rp 1.900.000. Namun perlengkapan tersebut bisa kamu tambah dan rencanakan sesuai dengan kebutuhan nantinya dan harganya bisa berubah. Kemudian kamu bisa menghitung biaya penyusutan. 

Setelah itu kamu menghitung biaya penyusutan dari peralatan tersebut dan totalnya Rp 386.000 dalam satu bulan. Selanjutnya bahan baku membuatnya berjumlah Rp 7.800.000. Bahan – bahan tersebut dapat kamu sesuaikan dan bisa juga berubah setiap bahannya. 

Dengan jumlah masing – masing biaya dalam satu bulan tersebut kamu totalkan dan pengeluaran dalam satu bulan sebesar Rp 8.186.000. Jika dalam satu hari dapat menjual 50 biji maka dengan harga Rp 8000 maka dalam satu bulan hasilnya Rp 12.000.000. Keuntungan bersihnya Rp 12.000.000 – Rp 8.186.00 = Rp 3.814.000.

Cara Melakukan Bisnis Alpukat Kocok

Setelah kamu sudah menghitung dan menentukan modal maka selanjutnya yaitu cara untuk melakukan bisnis tersebut. Terdapat 2 pilihan yang bisa kamu ambil yaitu dengan Franchise atau membuat sendiri. Pertama kita akan membahas dengan cara Franchise sebagai berikut.

1. Melalui Franchise

Franchise merupakan hak khusus yang para pebisnis punya dalam sistem bisnisnya dengan memasarkan produk. Kemudian produk tersebut dapat orang lain gunakan atau memanfaatkan berdasarkan adanya perjanjian waralaba. 

Baca Juga:  Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

Untuk orang yang memberikan hak waralaba untuk orang lain pakai yaitu Franchisor sedangkan yang menerimanya Franchisee. Nah kamu di sini nantinya sebagai Franchisee yang akan memilih produk minuman alpukat kocok. 

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan Franchise maka memulai bisnis tersebut akan lebih mudah. Kenapa begitu?, karena dengan bermodalkan 2,5 – 3,5 juta kamu sudah mendapatkan peralatan dan bahan awalnya. Tidak hanya itu saja, umumnya kamu juga akan mendapatkan booth portable sebagai tempat berjualan. 

2. Buat Sendiri

Namun untuk kamu yang ingin memulai bisnis alpukat kocok ini juga bisa membuatnya sendiri. Tentunya tidak sulit untuk membuat minuman yang sedang hits ini. Jika kamu memang belum paham caranya dapat melihat langkah – langkah pembuatannya berikut ini. 

memulai bisnis alpukat kocok

Langkah pertama yaitu kamu mempersiapkan bahan – bahan untuk membuatnya. Bahan bakunya seperti alpukat 2 buah yang sudah kamu keluarkan isinya, es batu secukupnya, dan krim kental manis. Kamu masih bisa menambahkan bahan – bahan seperti milo, oreo, dan lainnya sesuai dengan selera. 

menumbuk alpukat

Setelah bahan yang kamu siapkan sudah cukup maka selanjutnya tuangkan alpukat tadi ke dalam cangkir lalu haluskan. Kamu harus mengeluarkan sedikit tenaga untuk menghaluskannya. Jika kamu tidak ingin repot – repot menghaluskan sendiri bisa menggunakan blender dan tidak perlu lama menghaluskannya. 

menambah susu kental manis

Jika kamu rasa sudah cukup halus maka selanjutnya bisa mencampur bahan – bahan tadi seperti es batu dan krim kental manisnya. Kamu juga dapat mengganti krim kental manis dengan gula cair atau lainnya seperti sirup sebagai pemanis nantinya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera mana yang cocok. 

mengocok alpukat

Bahan – bahan yang sudah kamu jadikan satu setelah itu tutup cangkir dan kocok hingga menyatu. Jika menggunakan blender bisa mencampurnya pada saat menghaluskan alpukat sebelumnya. Tunggu beberapa saat untuk menghasilkan campuran bahan yang sempurna dan baik. 

memberi topping untuk alpukat

Saat bahan – bahan sudah tercampur atau sedang menunggunya, kamu bisa menyiapkan tempat cup untuk menyajikannya. Cup tersebut diberi susu coklat pada bagian dalamnya agar terlihat menarik. Selanjutnya kamu tuangkan minuman alpukat ke dalamnya dan menambahkan toping serta siap untuk kamu nikmati. 

Apakah Masih Worth It Peluang Bisnis Alpukat Kocok?

Bisnis minuman alpukat kocok ini tentunya masih sangat worth it untuk kamu coba karena masih banyak orang yang suka. Minuman ini bukan hanya sekedar buah alpukat yang diblender begitu saja tapi terdapat toping tambahannya yang membuat ingin mencoba lagi. Manfaat buah alpukat juga baik untuk kesehatan pastinya. 

Baca Juga:  15 Jus Buah Untuk Diet Ini Wajib Dicoba

Kemudian modal untuk memulai bisnis ini tidak terlalu besar tapi memberikan keuntungan yang tinggi. Kamu juga bisa memanfaatkan peluang bisnisnya jika di daerah kamu tinggal belum ada yang menjual minuman ini. Harga jualnya juga terbilang murah yaitu Rp 8000 per cup nya. 

Tips Sukses Bisnis Alpukat Kocok

Kamu yang sudah mengerti berapa modal untuk bisnis alpukat kocok ini dan cara memulainya bagaimana maka terdapat tips agar sukses. Tips ini dapat kamu jadikan referensi dalam mengembangkan bisnis tersebut. Agar nantinya kamu terhindar dari kerugian yang tidak terduga. Apa saja tips tersebut?.

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips yang pertama yaitu dengan memilih lokasi berjualan yang strategis. Hal ini bisa menjadi penentu bisnis kamu apakah akan ramai atau sepi. Kamu tidak bisa berjualan di tempat yang sepi tanpa adanya orang berlalu lalang. Umumnya berjualan alpukat kocok ini dekat dengan fasilitas publik atau pinggir jalan.

Kemudian kamu bisa menentukan tempat di sekitar lingkungan kampus atau kos. Para mahasiswa tentunya ingin mencari minuman murah dan menyegarkan serta mengenyangkan. Tidak hanya lingkungan kampus tapi juga dekat dengan sekolah dan tempat kerja yang saat jam istirahat atau pulang sekolah akan ramai. 

2. Memperbanyak Porsi

Saat kita menjual produk makanan atau minuman akan menyenangkan jika bisa membuat pelanggan kita puas dengan sajiannya. Dalam menjual minuman alpukat kocok ini juga dapat kamu lakukan dengan memberikan porsi setiap cup nya sampai penuh. Orang akan tertarik membeli lagi karena puas dengan porsi yang penuh itu.

Maka dari itu kamu harus mencari cara agar porsi tersebut bisa memuaskan pelanggan seperti pemilihan cup yang lebih besar. Kemudian kamu bisa memberikan alpukat kocok tersebut sampai full atau toping setiap cup nya lebih banyak. Namun kamu tetap memperhitungkan dari bahan mencukupi atau tidak. 

3. Melakukan Promosi Secara Offline atau Online

Berikut ini tips agar produk alpukat kocok kamu dikenal oleh banyak orang yaitu dengan melakukan promosi. Kamu bisa melakukannya secara offline dan online serta mengatur strategi yang dapat menarik para pelanggan. Promosi offline bisa memasang spanduk di dekat lokasi berjualan yang isinya grand opening dan produk.

Selanjutnya secara online yang sekarang ini banyak para pebisnis kuliner lakukan untuk mempromosikan produknya. Kamu bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter dan bekerja sama dengan beberapa akun kuliner. Berikan foto yang menarik dan beberapa video testimoni pelanggan. 

4. Memilih Bahan Baku yang Berkualitas

Tips berikutnya tidak boleh kamu abaikan yaitu memilih bahan baku yang berkualitas. Kamu sudah memilih lokasi strategis dan melakukan promosi dengan maksimal tapi bahan baku yang kurang baik maka hasilnya tidak sesuai. Kenapa begitu?, karena pelanggan ingin merasakan racikan alpukat kocok yang segar. 

Baca Juga:  Inovasi Bisnis Makanan dan Minuman yang Perlu Dilakukan

Jika salah satu bahan seperti buah alpukat tersebut kurang baik atau tidak segar maka bisa mempengaruhi pembuatannya nanti. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dapat membelinya dari pengepulnya langsung yang baru saja panen. Kemudian bahan pelengkap lainnya usahakan beli di toko yang sudah recomended

5. Memberikan Kemasan yang Menarik

Orang – orang yang belum pernah mencicipi minuman alpukat kocok akan melihat produk tersebut dan pertama kali melihat kemasannya. Dari kemasan yang terlihat menarik tersebut bisa menjadi salah satu faktor untuk orang membelinya. Cara tersebut bisa menjadi langkah pertama untuk mencari pelanggan di luar sana.

Kebanyakan produk minuman memberikan tempat minum atau kemasan cup yang terdapat logo produknya. Jadi kamu bekerja sama dengan produsen cup untuk membuat logo pada tempat minum tersebut. Kemudian beberapa menggunakan kantong minuman yang ramah lingkungan dan membuat ciri khas tersendiri. 

6. Memberikan Diskon dan Promo Setiap Pembelian 

Tips ini banyak sekali orang yang menyukainya dan mencarinya. Dengan mengadakan promo dan diskon pada pembelian produk akan memudahkan menarik pelanggan. Saat awal buka atau grand opening biasanya akan menerapkan buy 1 get 1 pada setiap pilihan. Bisa juga memberikan diskon pada pembelian tertentu. 

Tidak hanya pada saat awal pembukaannya untuk memberikan diskon atau promo tapi ketika mengikuti event – event di tempat lain. Berbagai event atau bazar tersebut bisa menjadi ladang untuk menarik pelanggan baru. Kamu yang memilih Franchise alpukat kocok ini biasanya juga akan ada promo saat anniversary produk tersebut. 

7. Memperhatikan Kebersihan 

Hal ini jangan kamu abaikan tentang kebersihan tempat berjualan. Sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan luar dan dalam lokasi berjualan. Pelanggan akan merasa nyaman dan betah dengan kondisi tempat bersih dan rapi. Pada waktu berjualan sudah selesai, sebelum pulang pastikan tidak ada sampah dan kotoran tertinggal. 

Nah untuk kamu yang menyediakan meja dan kursi serta tempat untuk orang lain berkumpul cukup luas maka sediakan tempat sampah. Tidak hanya satu tapi di setiap sudut sehingga mudah orang menjangkaunya untuk membuang sampah.  

Kamu Tertarik Memulai Bisnis Minuman Alpukat Kocok Ini?

Dengan demikian, jangan takut untuk merintis sebuah usaha seperti minuman dan makanan. Adanya strategi dan persiapan yang matang bisa membuat bisnis kamu berjalan lancar dan berkembang. Salah satu bisnis minuman alpukat kocok ini dapat kamu jadikan pandangan karena modal yang tidak banyak tapi menguntungkan.  

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan dan minuman, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.