4 Contoh Bisnis Model Canvas untuk Minuman Boba

3 min read

Bisnis model canvas adalah rencana yang dibuat untuk manajemen strategi bisnis. Meski lebih ringkas, namun BMC memuat gambaran ide bisnis untuk kedepannya. Nah, jika masih seorang pemula contoh bisnis model canvas untuk minuman boba pasti sangat kamu butuhkan.

Tak hanya contoh, tapi juga terdapat tips membuat bisnis model canvas yang bisa kamu terapkan. Sehingga kamu dapat merealisasikan ide bisnis dengan cepat dan efisien. Yuk, cari tahu lewat artikel berikut!


4 Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Boba

Berikut ini 4 contoh bisnis model canvas untuk minuman boba yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Contoh BMC Minuman Boba 1

Source: Kibris Pdr

Dalam membuat bisnis model canvas untuk minuman boba, kamu perlu menyatukan 9 elemen yang ada. Mulai dari customer segment, value propositions, channel, customer relationship, revenue streams, key activities, key resources, key partners, hingga cost structure.

Contoh pertama di atas, pada bagian key partner kamu bisa bekerja sama dengan sumber daya manusia yang tidak kamu miliki. Misalnya, supplier tepung tapioka berkualitas untuk bahan baku pembuatan boba. Kemudian untuk value proposition harus menonjolkan keunggulan bisnis boba milikmu dibanding kompetitor. 

Pada contoh pertama tersebut tertulis value proposition adalah minuman segar kekinian yang menggunakan bahan premium. Tersedia dengan berbagai varian rasa, topping sesuai request pembeli, dan kemasan yang menarik.

Kemudian untuk bisa menjalin hubungan dengan pelanggan kamu harus bisa memenuhi elemen customer relationship. Hal yang bisa kamu lakukan seperti pada bisnis model canvas di atas adalah melayani pelanggan dengan ramah dan memberikan promo serta diskon.

Baca Juga:  Tips Sukses Endorse Produk Makanan dan Minuman dalam Bisnis

2. Contoh BMC Minuman Boba 2

Source: Urbanciaga

Contoh bisnis model canvas minuman boba kedua adalah dari Boba Bee. Ketika ingin mengembangkan bisnis, target pasar harus jelas. Pada contoh di atas, bisa kamu lihat customers segments meliputi generasi milenial usia 20-30 tahun. Meliputi pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar.

Kamu juga perlu memikirkan customers relationship, sehingga hubungan bisnis dengan pelanggan berjalan harmonis. Misalnya, melalui konten media sosial yang menarik dan diskon serta promo pada event tertentu.

Selain itu, kamu perlu untuk mempertimbangkan media untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk boba yang dijual. Pada contoh kedua ini, elemen channels meliputi media sosial dan e-commerce. Selanjutnya, kamu juga tidak boleh melupakan elemen yang membuat key activities dapat berjalan yaitu key resources

Misalnya pada contoh diatas, key activities adalah menjual produk minuman boba madu dan mempertahankan brand boba madu. Oleh karena itu, key resource yang dipilih adalah menggunakan bahan baku boba tanpa bahan pengawet. 

3. Contoh BMC Minuman Boba 3

Source: Daily Social

Selain dua contoh di atas, kamu juga bisa menggunakan contoh bisnis model canvas yang ketiga ini. Tentu saja, 9 elemen yang ada harus tetap kamu pikirkan matang-matang. 

Key activities pada contoh di atas adalah elemen yang menjelaskan aktivitas operasional bisnis boba kamu yang tengah berjalan. Contohnya dengan menjual produk boba dan mempertahankan branding sebagai pelopor boba yang memiliki berbagai varian rasa.

Di samping itu, yang harus kamu pertimbangkan juga adalah cost structure atau biaya pengeluaran agar bisnis berjalan. Pada contoh bisnis model canvas yang ketiga ini, cost structure meliputi biaya bahan baku, biaya sewa tenant, biaya pemasaran, dan gaji karyawan.

4. Contoh BMC Minuman Boba 4

Source: Kibris Pdr

Kamu juga bisa mempertimbangkan contoh bisnis model canvas keempat ini sebagai bahan referensi untuk produk minuman boba. Misalnya, dalam menginformasikan produk boba, kamu bisa melakukannya dengan membuka outlet, mengikuti festival, membuka stand sponsor, dan menggunakan media sosial. 

Baca Juga:  Contoh Label Produk Minuman yang Menarik, Kamu Harus Tahu!

Di samping itu, pada bagian value preparation kamu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pesaing. Contohnya dengan adanya layanan delivery seperti GoFood, produk yang inovatif, dan harga yang terjangkau.


7 Tips Membuat Bisnis Model Canvas untuk Bisnis Minuman

Berikut ini 7 tips membuat bisnis model canvas untuk bisnis minuman yang bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Pahami Tujuan Bisnis Model Canvas

Pertama, kamu harus memahami betul tujuan pembuatan bisnis model canvas. Pada dasarnya, tujuan pembuatan BMC adalah untuk memudahkan kamu dalam menyusun ide bisnis yang ada. 

Sehingga, perencanaan bisnis menjadi lebih praktis. Apalagi bagi pebisnis pemula yang membutuhkan gambaran alur bisnis, mulai dari menyusun ide sampai proses realisasi ide tersebut. 

2. Pelajari Kompetitor dengan Baik

Kamu perlu mempelajari kompetitor terlebih dahulu sebelum membuat bisnis model canvas. Setelah mendapatkan informasi mengenai kompetitor dan menganalisisnya, kamu bisa menemukan peluang lain.

Misalnya, apa yang menjadi kekurangan kompetitor dan dapat kamu manfaatkan sebagai kelebihan bisnis milikmu agar pelanggan merasa lebih tertarik.

3. Pahami Elemen yang Ada

Seperti yang sudah disinggung pada contoh bisnis model canvas untuk minuman boba diatas, ada 9 elemen yang harus kamu pahami. Sebab, 9 elemen tersebut yang akan menjadi kunci untuk menyusun bisnis model canvas.

Secara singkat, value proposition adalah keunggulan serta keunikan produk milikmu dibanding pesaing. Selanjutnya, customer segment adalah potensi pasar atau pelanggan yang kamu tuju. Sedangkan channel adalah media yang digunakan untuk mempromosikan produk minuman milikmu. 

Kemudian ada key resource yang merupakan sumber daya untuk menjalankan operasional bisnis atau key activities. Ada pula revenue stream, yang merupakan sumber pendapatan. Serta cost structure, yaitu biaya yang harus kamu keluarkan supaya bisnis berjalan. 

Selain itu, ada juga  customer relationship, yaitu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Serta key partnership yang merupakan mitra bisnis untuk membantu kamu menjalankan bisnis minuman boba.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Minuman dan Cara Membuatnya (Lengkap)

4. Sesuaikan Urutan Prioritas Elemen

Seperti yang sudah kamu lihat di contoh bisnis model canvas minuman boba sebelumnya, setiap elemen memang penting. Namun, dalam merancang ide bisnis kamu harus mengetahui elemen apa saja yang harus diprioritaskan. 

Karena dengan menyesuaikan urutan prioritas dari 9 elemen, kamu akan lebih mudah dalam membuat strategi dalam mencapai tujuan tersebut serta mengukur keberhasilannya. 

5. Kaitkan Setiap Elemen 

Meskipun ada 9 elemen, tapi mereka sebenarnya saling terkait. Sehingga, dalam menyusun bisnis model canvas tidak boleh ada elemen yang berdiri sendiri. 

Maksudnya adalah kamu harus mengaitkan setiap elemen supaya tujuan bisnis bisa tercapai. Contohnya, value proposition dapat tercapai apabila kamu memiliki customer segments yang jelas pula. 

6. Fokus dengan Keadaan Sekarang

Pebisnis bukanlah seorang peramal. Namun, pebisnis bekerja berdasarkan riset atau data-data yang ada ada keadaan saat ini. Oleh karena itu, kamu harus fokus dengan kondisi sekarang. 

Keadaan akan sangat mudah berbalik apabila kamu lengah. Apalagi kalau ada kompetitor baru. Oleh karena itu, kamu harus fokus pada masa kini untuk bisa menuju masa depan.

7. Lakukan Peninjauan Ulang

Setelah membuat bisnis model canvas, langkah berikutnya adalah evaluasi atau melakukan peninjauan ulang. Pastikan bahwa setiap elemen sudah tepat dan saling terhubung.


Sudah Temukan Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Boba?

Itulah contoh bisnis model canvas untuk minuman boba yang bisa kamu coba serta 7 tips membuatnya. Apabila kamu sedang mengembangkan bisnis boba, cobalah untuk menyusun bisnis model canvas supaya memudahkan dirimu dalam mengembangkan bisnis. Semoga berhasil!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.