Manfaat Inovasi Produk Makanan untuk Perkembangan Bisnis Kuliner

3 min read

inovasi produk makanan

Membuka bisnis kuliner seperti kedai atau restoran bisa menghasilkan keuntungan berlipat bagimu. Apalagi jika kamu melakukan inovasi produk makanan pada bisnismu. Bisnis kuliner ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan sebab banyak orang menyukai kuliner dengan menikmati berbagai menu makanan dan minuman.

Oleh karena itu, agar bisnismu semakin berkembang pesat dan banyak pelanggannya, kamu bisa melakukan inovasi produk makanan melalui jabaran artikel di bawah ini.

Apa Itu Inovasi Produk Makanan?

Sebuah inovasi penting terus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan kualitas pada bisnismu. Bisnis kuliner tanpa inovasi membuat laju pendapatan tidak ada kemajuan bahkan bisa saja merosot karena pelanggan semakin sedikit.

Salah satu inovasi yang penting untuk bisnis kulinermu adalah inovasi produk makanan. Inovasi produk kuliner adalah sebuah usaha untuk meningkatkan kualitas dan keuntungan lewat cara menciptakan produk-produk baru yang memikat. 

Membuat inovasi pada bisnis kamu tidak hanya berbicara soal menciptakan hal baru, namun juga mengembangkan, meningkatkan, dan menyempurnakan produk yang sudah ada.

Melakukan inovasi perlu adanya ide kreatif dan riset pasar yang mendalam. Sebab secara umum, selain bertujuan untuk mendapat keuntungan, juga memberikan pelayanan serta memecahkan masalah yang terjadi pada masyarakat.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan inovasi terhadap produk bisnismu. Inilah manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Inovasi Produk Makanan untuk Bisnis Kuliner

Strategi meluncurkan menu baru melalui inovasi mempunyai berbagai manfaat dan keuntungan bagi pebisnis kuliner seperti kamu. Selengkapnya, berikut manfaat dan keuntungan yang bisa kamu rasakan:

1. Inovasi Produk Makanan untuk Menaikkan Penjualan

Jika keuntungan penjualan bisnis kuliner kamu mengalami penurunan atau tidak ada perubahan sama sekali, kamu bisa meluncurkan menu baru untuk memikat konsumen. 

Baca Juga:  Makanan Khas Hawaii yang Wajib Kamu Coba

Brand kuliner besar ketika mengalami kondisi yang sama akan melakukan cara ini untuk meningkatkan penjualannya. Seperti McDonald’s (McD) dengan inovasi BTS Mealnya atau Hoka-Hoka Bento dengan ayam crispynya.

Keuntungan McD saat mengeluarkan produk baru BTS Meal menjadi naik drastis mencapai 85 triliun rupiah. Ini membuktikan bahwa menciptakan menu baru sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Tentu produk baru ini haruslah kreatif, inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, meluncurkan menu baru, kamu juga bisa meningkatkan APC (Average per Check). APC merupakan pengeluaran rata-rata yang dihabiskan seorang pelanggan dengan membagi total pendapatan dengan total pengunjung setiap harinya.

Produk baru juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic konsumen atau total check. Traffic konsumen adalah pengunjung yang membeli produk yang kamu jual. Semakin naik traffic konsumennya, maka pundi-pundi rupiah kamu juga akan semakin meningkat. 

2. Membuat Pelanggan Tidak Bosan dan Ketinggalan Zaman

Inovasi produk makanan bisa membuat konsumen merasa update dan ketagihan berkunjung di restoran milikmu. Menu makanan yang itu-itu saja membuat konsumen bosan dan perlahan akan meninggalkan restoranmu.

Masa sekarang, kalau apa-apa tidak update akan terlihat kolot dan ketinggalan zaman. Adanya menu baru ini bisa menjadi solusi agar bisnis kulinermu selalu dan semakin terlihat fresh dan banyak orang yang suka.

3. Bisnis Kamu Lebih Maju dari Pesaing

Update soal perkembangan dan memahami kebutuhan pasar membuat konsumen merasa kebutuhannya terpenuhi dan bisnis kamu lebih dekat dengan mereka. 

Konsumen menjadi tidak segan-segan untuk terus membeli produkmu karena mereka menganggap produk tersebut relevan dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Tentu ini bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan kamu melebihi pesaingmu, karena produkmu lebih menjanjikan dan berkualitas di mata konsumen.

4. Inovasi Produk Makanan Bisa Mengganti Produk yang Tidak Laku

Jika kamu mempunyai produk yang tidak laku, kamu bisa menggantinya dengan produk baru yang punya potensi banyak peminatnya. Tidak mengganti produk yang tidak laku dan tetap mempertahankannya membuat kamu tidak untung, bahkan rugi.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Tidak hanya untuk produk yang tidak laku saja. Cara ini bisa kamu lakukan pada produk yang punya profit rendah, produk yang bahan bakunya langka, atau produk yang masih terjual namun punya margin yang rendah.

Cara ini bisa menguntungkan kamu dan menyelamatkan kamu dari kerugian akibat berkurangnya jumlah pembeli. 

5. Inovasi Produk Makanan Bisa Mengundang Konsumen Baru

Sasaran menu baru ini tidak hanya pada konsumen lama, tapi juga untuk konsumen baru yang belum pernah mencicipi produk kulinermu. Hadirnya inovasi produk bisa membuat konsumen baru penasaran dan akhirnya memutuskan membeli produkmu. 

Inovasi produk makanan bisa juga membuat konsumen pesaing pindah menjadi konsumen bisnismu. Terkadang mereka bisa saja tidak sadar sudah memilih dan jatuh cinta pada produkmu. Ini bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.

6. Menghindari Persaingan Harga

Meluncurkan produk baru membuat kamu dan pesaingmu tidak mengalami persaingan harga. Kamu bisa membuat inovasi produk baru tersebut lebih mahal dari harga produk pesaingmu. Sehingga tidak ada yang namanya perang harga antara kamu dan pesaingmu.

7. Menjaga Brand Awareness pada Konsumen

Brand Awareness menjadi sesuatu yang penting bagi pebisnis seperti kamu. Brand awareness berarti kesadaran konsumen akan sebuah produk, apakah mereka mengenali dan mengingat produk yang kamu keluarkan atau tidak. 

Sederhananya, brand awareness berarti pengetahuan konsumen atas sebuah produk. Semakin kamu bisa meningkatkan brand awareness pada konsumen, maka produk kamu akan terus dikenal dan tidak akan hilang di benak masyarakat.

Meningkatnya brand awareness juga membuat konsumen lamamu menjadi mengingat kembali produk-produk yang kamu miliki. Tentu saja ini bisa menjadi solusi agar produkmu tidak terlupakan dan tergerus perubahan zaman. 

Apabila produk barumu tersebut bisa viral, maka bisa saja konsumen lama akan teringat kembali akan brand milikmu. Nah, ini juga bisa membuat konsumen tahu nama brand bisnismu lalu membuat mereka datang, mencoba, dan ketagihan menikmati produk yang kamu tawarkan.

Viralnya produk bisnismu bisa membuat pekerja kreatif seperti content creator tidak mau ketinggalan untuk bisa mencicipi produkmu. Mereka akan membuat produkmu semakin viral dan terkenal, dan dari situlah kamu akan mendapat keuntungan berlipat.

Baca Juga:  12 Jenis Gula Beserta Manfaatnya Untuk Bisnis Minuman

8. Inovasi Produk Makanan Bisa Menciptakan Pasar Baru

Produk baru akan menciptakan pasar dan perkembangan baru yang akan menarik masyarakat untuk membeli. 

Kamu bisa memanfaatkan produk baru untuk keuntungan bisnismu dengan melihat kebutuhan masyarakat lalu membuka pasar baru. 

9. Menguatkan Brand

Inovasi produk makanan juga bisa menguatkan brand yang kamu bangun. Contohnya seperti brand Koktail yang membuka coffee shop. Inovasi ini akan membuat Koktail semakin terkenal dengan brand spesialis perkopian. 

Sudah Tahu Manfaat Inovasi Produk Makanan untuk Bisnismu?

Menciptakan sesuatu yang baru membuat bisnis kamu berkembang pesat pada era yang terus berkembang. Inovasi juga membuat bisnismu siap bersaing dengan produk lain dan bertahan sehingga terhindar dari risiko gulung tikar.

Sekali lagi, tentu untuk membuat inovasi perlu adanya ide kreatif dan riset pasar mendalam agar tujuanmu berinovasi berjalan sesuai target. Jika kamu tidak memahami pasar dan idemu biasa saja, itu membuat kamu rugi dan bisnismu tidak mengalami perkembangan. 

Jadi, silakan berinovasi sekreatif mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dan bisnismu!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips, bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.