Warna Logo Bisnis Kuliner yang Bisa Meningkatkan Penjualanmu

5 min read

warna logo bisnis kuliner

Jika kamu ingin memulai bisnis kuliner, selain memikirkan produk apa yang akan kamu jual, kamu juga harus memperhatikan dari sisi pemasaran produk. Salah satu poin penting dalam memasarkan produk adalah logo. Seperti apa logo yang akan kamu gunakan dan warna logo bisnis kuliner kamu.

Pemilihan logo bisnis kuliner ternyata tidak bisa kamu lakukan dengan gegabah, hal ini karena ternyata warna memainkan peran penting untuk menarik minat konsumen terhadap produk bisnis kuliner kamu.

Selain pemilihan warna, agar dapat menarik minat konsumen kamu juga perlu memperhatikan kombinasi warna yang cocok untuk bisnis kuliner kamu. Seberapa pentingnya pemilihan warna untuk bisnis kuliner kamu, dan apa saja kombinasi warna yang cocok untuk bisnis kuliner kamu? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pentingnya Pemilihan Warna Logo Bisnis Kuliner

Warna logo ternyata merupakan hal yang penting dalam strategi pemasaran. Hal ini karena warna dapat mempengaruhi dan menarik konsumen secara langsung maupun tidak langsung. 

Jika membandingkan dengan bentuk logo, menurut ilmu psikologi hal pertama yang otak manusia bisa terima adalah warna. Melalui warna juga kamu dapat membangun selera makan seseorang, dan berikut ini adalah alasan pentingnya warna untuk logo bisnis kuliner kamu.

1. Membangun Identitas Brand

Merek atau brand adalah hal yang penting dalam bisnis. Melalui pemilihan warna yang tepat, banyak orang akan lebih mudah mengingat brand kamu. Warna dan bentuk logo juga akan menjadi pembeda brand yang kamu miliki dengan pesaing.

2. Mampu Menargetkan Pasar

Fungsi warna logo bisnis kuliner berikutnya adalah mampu menargetkan pasar. Kamu bisa memilih target pasar kamu dengan menyesuaikan warna yang kamu gunakan pada logo. Seperti contohnya menggunakan warna merah muda untuk target market pasar perempuan karena warna ini identik dengan feminim.

3. Mampu Menjadi Petunjuk

Saat menentukan pemilihan warna dan bentuk logo bisnis kuliner yang kamu miliki, kamu juga dapat memberikan petunjuk tentang produk bisnis kamu melalui warna dan bentuk logonya. Petunjuk tersebut seperti apa produk yang kamu jual, rasanya, dan berbagai macam hal lainnya.

4. Mampu Bercerita

Melalui warna pada logo bisnis kuliner kamu dapat bercerita dan memberikan sebuah pandangan atau pesan yang ingin kamu sampaikan kepada konsumen yang membeli produk kamu. Hal ini akan membuat banyak orang mengingat brand kamu dengan lebih mudah.

5. Memberikan Kesan Nyaman

Warna pada logo bisnis kuliner ternyata juga dapat memberikan kesan terhadap pembelinya. Hal ini karena pemilihan warna yang tepat dapat memberikan kesan indah dan nyaman terhadap pembeli. Hal ini juga akan menguntungkan bisnis kamu karena memberikan kemungkinan yang tinggi agar konsumen tersebut membeli kembali produk yang kamu jual.

Baca Juga:  Bagaimana Cara agar Daging Sapi Cepat Empuk? Ini Rahasianya!

6. Membangun Kepercayaan

Warna logo bisnis kuliner yang tepat tentunya akan dapat membangun kepercayaan kepada konsumen. Hal ini penting terutama untuk pembeli yang baru mengenal produk yang kamu jual. Melalui pemilihan warna yang sesuai, kamu juga dapat menjelaskan bahwa produk yang kamu jual itu memanglah untuk mereka.

Kombinasi Warna Logo Bisnis Kuliner yang Cocok

Setelah mengetahui kenapa warna logo bisnis kuliner itu penting, hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah pemilihan warna yang  cocok untuk bisnis kuliner. Dengan memilih warna yang tepat maka bisnis kamu juga akan semakin berkembang. 

Warna-warna ini juga bisa kamu kombinasikan sesuai dengan selera dan pertimbangan lainnya. Apa saja warna yang cocok bisnis kuliner kamu? Berikut ini adalah warna-warna tersebut

1. Merah

Merah identik dengan berani dan kuat. Selain itu warna merah juga identik dengan meningkatkan semangat dan juga mampu menjadi daya tarik tersendiri karena warna ini tergolong dapat menarik pusat perhatian.

Warna ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Warna merah juga identik dengan hal bersifat cepat, seperti diskon atau potongan harga, hal ini dapat kamu manfaatkan pada bisnis kuliner kamu untuk konsumen yang merasa lapar dan ingin segera mendapatkan makanan.

2. Kuning

Warna kuning adalah warna yang cocok untuk logo bisnis kuliner kamu selanjutnya. Warna kuning dapat meningkatkan selera makan seseorang. Hal ini dapat dapat dibuktikan oleh beberapa perusahaan makanan ternama yang menggunakan warna kuning pada logo mereka. 

Warna kuning juga identik dengan beberapa makanan seperti telur dan juga keju. Dengan memberikan warna kuning pada logo dapat memberikan pesan kepada pembeli bahwa makanan kamu mengandung keju.

3. Orange

Berikutnya adalah perpaduan atau campuran dari dua warna sebelumnya, merah dan kuning yang menghasilkan warna orange. Warna orange bisa memberikan kesan yang hampir sama seperti warna merah.

Warna orange dapat memberikan kesan segar seperti layaknya buah jeruk dan juga bisa memberikan kesan makanan matang yang menggugah selera makan banyak orang.

4. Hijau

Warna logo bisnis kuliner berikutnya hijau. Hijau identik dengan alam, organik, dan hal-hal yang bersifat segar dan juga sehat. Warna hijau juga dapat menjadi penyeimbang warna-warna yang telah disebutkan sebelumnya.

Karena identik dengan hal-hal tersebut, maka kamu dapat memberikan warna hijau pada logo bisnis kuliner kamu untuk memberikan bahwa produk kamu adalah produk makanan atau minuman yang sehat dan juga segar.

5. Biru

Warna biru dapat memberikan kesan tenang, bersih, dan juga dapat menstimulasi otak pembeli untuk percaya kepada produk kamu karena identik dengan kepercayaan.

Warna biru sangat identik dan cocok untuk minuman dingin yang segar, es krim dan juga sangat cocok untuk makanan atau minuman yang merupakan bahan olahan dari laut.

Baca Juga:  7 Merk Minyak Goreng Terbaik untuk Makanan Kamu

6. Pink

Pada umumnya warna pink ini identik dengan warna milik kaum perempuan. Namun ternyata bukan hanya itu, warna pink juga dapat memberikan kesan manis pada sebuah makanan dan juga minuman.

Sesuai dengan sifat dasar dari warna ini yang merupakan warna untuk kaum perempuan, kamu dapat menggunakan warna ini untuk menarik perhatian lebih kepada konsumen dari kalangan perempuan usia anak-anak sampai dengan remaja.

7. Toska

Toska adalah salah satu warna yang jarang orang ketahui namun tentunya sering kamu lihat pada beberapa logo makanan. Warna ini dapat mempresentasikan atau memberikan kesan rasa segar dan juga lezat pada sebuah makanan.

Toska menjadi warna yang banyak digunakan oleh makanan-makanan penutup seperti kue. Warna yang satu ini juga sering digunakan untuk bahan-bahan dengan rasa mint.

8. Putih

Berikutnya adalah warna putih. Putih merupakan warna dasar yang pasti sering menjadi warna latar belakang ataupun menjadi warna dari logo itu sendiri.

Penggunaan warna putih pada logo bisnis kuliner kamu dapat memberikan kesan bersih dan higienis pada produk makanan ataupun minuman kamu. Warna putih juga sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam warna

9. Hitam

Selain warna putih, warna dasar berikutnya yang cocok menjadi warna logo bisnis kuliner kamu adalah warna hitam. Warna hitam sering menjadi warna tepian dari suatu logo, hal ini karena pemberian warna hitam pada bagian tersebut dapat membuat konsumen lebih fokus pada sebuah gambar atau logo.

Warna dasar ini memiliki sifat yang kuat dan mendominasi warna lain, karena hal ini penggunaan warna ini harus kamu perhatikan agar tidak mengganggu warna lainnya.

10. Coklat

Warna logo bisnis kuliner yang terakhir adalah warna coklat. Warna ini tentunya identik dengan makanan coklat. Kamu juga dapat menggunakan warna ini sebagai warna untuk latar belakang menggantikan warna hitam ataupun putih.

Sesuai dengan identitasnya, warna coklat dapat merangsang pemikiran bahwa produk kamu adalah sebuah makanan atau minuman yang manis. Penggunaan warna ini juga sangat cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya.

Itulah kombinasi warna logo bisnis kuliner yang dapat kamu aplikasikan pada logo bisnis kuliner kamu. 

Tips Sebelum Menentukan Logo dan Warna Logo

Selain warna-warna logo tersebut kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam menentukan logo dan warna logo untuk bisnis kuliner kamu,  dan hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui Calon Pembeli

Tips sebelum menentukan warna logo bisnis kamu yang pertama adalah mengetahui calon pembeli. Hal ini kamu perlu lakukan agar produk yang kamu jual bisa terjual kepada orang-orang yang tepat.

Sebagai contoh jika target penjualan produk kuliner kamu adalah anak-anak dan juga remaja, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah seperti merah, kuning, pink yang sangat cocok untuk anak-anak dan juga remaja putri dengan komposisi penggunaan warna yang lebih banyak pada warna-warna ini.

2. Perhatikan Budaya Target Pasar

Memperhatikan budaya target pasar juga perlu kamu lakukan sebelum membuat logo dan menentukan warna logo bisnis kuliner yang akan kamu gunakan. Hal ini bermaksud agar dapat mempresentasikan produk kamu dengan lebih baik sesuai dengan identitas budaya yang berbeda-beda melalui warna-warna yang telah mereka ketahui.

Baca Juga:  Apa itu Marinasi? Pengertian, Kelebihan, dan Tips Melakukannya

Sebagai contohnya adalah warna merah pada negara indonesia. Hal ini dapat kamu gunakan untuk presentasikan makanan pedas yang cocok bagi orang-orang yang berani memakan makanan pedas.

3. Berani untuk Tampil Serupa tapi Tak Sama

Tips berikutnya adalah berani untuk tampil serupa tapi tak sama. Hal ini bermaksud agar kamu tetap percaya diri dalam menggunakan logo bisnis kuliner kamu sekalipun sudah ada brand lain yang ternyata memiliki logo dan warna logo bisnis kuliner yang hampir mirip dengan yang kamu miliki

Jangan pernah takut untuk bersaing jika sudah ada logo yang hampir mirip dengan yang kamu miliki. Melalui cara pemasaran yang tetap, kamu akan tetap mendapat pembeli atau bahkan pelanggan yang setiap terhadap produk bisnis kamu sekalipun sudah ada brand lain yang serupa.

4. Padukan Berbagai Macam Warna

Tips terakhir sebelum menentukan logo dan warna logo bisnis kuliner kamu adalah tentunya memadukan berbagai macam warna. Kamu bisa memadukan warna-warna yang telah disebutkan sebelumnya. Selain warna-warna tersebut kamu juga bisa menggunakan warna-warna lainnya yang sesuai dengan selera kamu.

Dalam memadukan berbagai macam warna ini harus kamu lakukan dengan hati-hati. Karena selain agar dapat menarik perhatian konsumen, kamu juga harus bisa memberikan kesan antara logo dan warna logo makan yang sudah dilihat oleh konsumen dengan kesesuaian atau harapan mereka terhadap produk kuliner kamu dengan logo yang kamu buat

Kesimpulan 

Warna logo bisnis kuliner ternyata memiliki peranan yang sangat penting untuk pemasaran bisnis yang kamu lakukan. Selain sebagai formalitas dari sebuah brand saja, warna juga ternyata memiliki peranan penting untuk menarik perhatian konsumen dan memberikan kesan, pesan dan juga deskripsi atau penjelasan seperti apa produk kuliner yang kamu jual.

Dapatkan berbagi strategi, informasi, maupun tips bisnis kuliner untuk diterapkan pada bisnis kuliner kamu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.