Tips Foto Hidangan Makanan agar Terlihat Menarik di Social Media

4 min read

foto hidangan makanan

Foto hidangan makanan yang menarik mampu mempengaruhi indera penglihatan bahkan indera pengecap manusia agar ikut tergiur. Sebab, tampilan visual yang tertata cantik, perpaduan saturasi warna, serta sudut pandang pengambilan gambar mampu membuat sebuah hidangan sederhana menjadi luar biasa. 

Tips dan trik supaya hidangan menarik juga menjadi ilmu penting terutama bagi pelaku bisnis waralaba. Lantas, seperti apa tipsnya?

Tips Agar Foto Hidangan Makanan Terlihat Menarik

Alasan sebuah foto hidangan tampak menarik di sosial media adalah karena adanya persiapan yang baik, konsep yang konsisten, serta pemahaman foto yang juga baik.

Sebelum memotret foto makanan, pelajari dulu tips foto makanan aesthetic berikut ini.

1.  Mempersiapkan Perangkat Foto

Sebelum mengambil foto hidangan makanan yang menarik, pertama kali yang perlu kamu persiapkan adalah mempersiapkan berbagai perangkat yang akan kamu gunakan untuk mendukung foto. 

Jika ingin mengambil foto dengan menggunakan kamera, maka kamu dapat mempersiapkan kamera tersebut dengan melakukan penyetingan sesuai yang kamu inginkan.

Apabila menggunakan kamera ponsel, pastikan pula memori kamu cukup dan baterai HP sudah terisi penuh. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan HP atau kamera mati selama sesi foto.

2.  Menggunakan Tripod

Supaya hasil foto tetap fokus, maka kamu bisa menggunakan tripod yang akan membantu perangkatmu tetap statis dalam satu tempat. Tripod juga membantu hasil foto selalu sama, sehingga kamu tidak perlu memastikan sudut pengambilan gambar setiap kali akan memulai sesi foto.

Tripod juga bisa kamu sesuaikan dengan keperluan foto, baik memakai tripod meja, tripod dengan kaki fleksibel, hingga monopod. Pemilihan tripod ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pengambilan gambar dan jenis kameranya.

3.  Memperhatikan Plating Makanan

Hal pertama yang perlu kamu siapkan untuk menciptakan konten foto hidangan makanan yang menarik adalah dengan mempersiapkan makanan tersebut lebih dulu. Sebuah makanan sederhana bisa tampil lebih menawan dengan cara plating yang baik.

Baca Juga:  10 Cara Penyajian Makanan Tradisional Khas Indonesia

Lakukan pemilihan wadah yang cantik, menyusun makanan supaya tampil menggoda, hingga mengatur porsi makanan supaya tidak terlihat terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

Pastikan juga untuk membubuhkan topping yang sesuai dengan jenis hidangan. Misalnya seperti penambahan wijen, peterseli, hingga bawang goreng yang membuatnya tampak lezat.

4.  Menggunakan Properti Foto

Salah satu tips supaya foto makananmu menyita perhatian orang yang melihatnya adalah dengan menatanya agar indah. Foto makanan aesthetic dapat membuat siapa saja yang melihatnya terpana dan ingin tahu tentang makanan tersebut. 

Untuk itu, penambahan properti foto yang berhubungan dengan makanan akan semakin membuat foto kamu terlihat indah bak karya seni.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengambil gambar latte, supaya semakin menarik kamu juga bisa menuangkan elemen beans yang di sekitar cangkir, bubuk kopi, hingga coklat batangan. Penambahan properti foto ini juga berfungsi untuk mendukung objek utama kamu, bukan membuat orang menjadi salah fokus.

5. Foto Saat Makanan Baru Matang

Makanan yang baru saja matang biasanya masih tampak fresh. Mulai dari perpaduan warnanya juga tampilan masakan yang tampak lebih menggiurkan. Oleh karena itu, pengambilan foto makanan akan jauh lebih baik jika dilakukan secepat mungkin setelah matang.

Sebab, beberapa bahan makanan bisa berubah warna dan bentuk apabila dibiarkan terlalu lama. Seperti kentang goreng yang akan menyusut, jus apel yang berubah warna, hingga menu minuman dengan es yang mudah mencair.

Selain itu, beberapa masakan yang baru saja matang bahkan akan mengeluarkan asap hangat. Hal tersebut juga akan membuat foto kamu tampak semakin cantik dan menggugah selera. 

6.  Memanfaatkan Pencahayaan

Lighting menjadi faktor yang sangat penting dalam foto hidangan makanan. Pencahayaan ini akan berdampak besar pada kualitas gambar dan hasil pengambilan gambarnya. Memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari akan membuat foto hidangan semakin tampak menggiurkan.

Kamu bisa mengambil foto di luar ruangan maupun dalam ruangan yang terdapat cukup banyak cahaya masuk. Apabila cahaya yang ada masih kurang, bisa menggunakan lighting tambahan, sehingga meskipun berada di ruang minim cahaya, foto makananmu akan tetap stunning.

7. Menggunakan Background Putih

Penggunaan background juga akan membuat foto makanan semakin aesthetic. Pasalnya background putih ini akan memantulkan cahaya lampu maupun sinar matahari yang membuat setiap sudut masakan menjadi terang. 

Background putih ini bisa menggunakan kertas putih atau kain. Latar belakang warna putih dapat membantu memberikan kesan clean pada objek, serta memudahkan kamu dalam menyeleksi gambar ketika proses editing. Audience juga akan langsung tertuju pada hidangan sebagai satu-satunya objek dalam foto.

Baca Juga:  10 Makanan yang Cocok untuk Sahur Agar Kuat Puasa

8. Pemilihan Latar Belakang Natural

Jika ingin mengangkat tema yang lebih natural, kamu juga bisa memilih latar belakang yang bersifat alami. Sehingga akan memberikan kesan homey yang cocok untuk foto hidangan makanan

Setelah meletakkan hidangan dengan plating cantik di atas meja, kamu bisa menempatkan objek foto dengan latar belakang tanaman hijau atau perabotan dapur rumah.

Latar belakang natural tersebut akan membantu objek fotomu tampak semakin menggiurkan seolah-olah kamu bisa memilikinya di meja makanmu.

9. Memanfaatkan Fitur Bokeh

Jika ingin audience fokus pada foto hidangan saja, kamu bisa mengambil fotonya dengan menggunakan fokus tinggi pada objek tersebut sehingga latar belakangnya akan cenderung samar. 

Namun mengatur fokus secara manual saja tidaklah cukup membuat objek foto menjadi menonjol. Kamu juga perlu memanfaatkan fitur bokeh pada kamera atau HP. Fungsi fitur ini dapat mendeteksi objek dengan mudah hanya dengan satu kali bidikan saja. Hasilnya, fotomu akan terlihat menawan dengan latar yang blur.

10. Mengatur ISO dan Shutter Speed

Setelah mencoba pengambilan gambar tapi hasil foto justru terlalu terang, maka kamu perlu mengatur kembali ISO dan shutter speed pada kamera. 

Semakin tinggi ISO akan mengakibatkan noise yang tinggi pada hasil foto, sedangkan shutter speed akan menentukan seberapa banyak cahaya masuk pada lensa kamu dalam sekali bidikan.

Pengaturan ISO dan shutter speed yang benar akan membuat hasil foto kamu cukup clear tanpa banyak noise.

11. Menggunakan Mode Grid

Adanya fitur grid pada kamera juga membantu kamu saat ingin mengambil foto hidangan makanan supaya presisi. Untuk mendapatkan hasil foto yang aesthetic, sebuah foto sebaiknya memiliki sudut-sudut yang seimbang antara samping dan atas-bawah.

Bagi objek foto yang tidak memiliki komponen lain sebagai frame, akan lebih baik jika objek makanannya berada tepat di bagian tengah. Sehingga kamu dapat langsung melihat objek hidangan dengan nyaman. Lagi pula, mode grid ini juga bisa kamu tampilkan dengan mudah bahkan melalui kamera ponsel.

12. Fitur Kamera Depth

Jika ponselmu memiliki fitur kamera depth seperti yang sudah ada dalam kamera DSLR, maka hal itu akan jauh lebih menguntungkan. Dengan menempatkan titik fokus kamera dalam jarak dekat, kamera depth akan mendeteksi tekstur pada bahan makanan. 

Tekstur alami yang ada pada bahan makanan akan membantu membuat tampilan foto kamu menjadi semakin menggiurkan.

Baca Juga:  Ketahui Ciri-Ciri Tahu Berformalin dan Bahayanya Bagi Kesehatan

13. Mengganti Bahan yang Tidak Memiliki Kontras Tinggi

Ada kalanya saat kamu ingin mengambil foto, beberapa jenis makanan tidak tampak menggiurkan di kamera. Misalnya seperti sirup karamel yang tidak memiliki saturasi warna yang menggugah selera.

Pada kasus ini kamu dapat mengganti beberapa bahan yang memiliki tekstur mirip dengan saturasi warna yang lebih tinggi. Hal ini nantinya akan memudahkan kamu saat mengedit foto.

14. Menggunakan Aplikasi Editing

Setelah serangkaian pengambilan gambar usai, kamu hanya tinggal memperhatikan detail editing supaya hasil fotomu yang sudah indah akan semakin menggiurkan. 

Pada aplikasi editing yang profesional, dapat memungkinkan kamu untuk menyeleksi objek foto dan mengganti background. Meningkatkan saturasi warna-warni pada makanan juga bisa kamu lakukan untuk membuat foto makanan semakin menggoda.

15. Memilih Nuansa yang Senada

Apabila kamu ingin postingan sosial mediamu semakin aesthetic dengan serangkaian foto hidangan makanan yang menggugah selera, kamu bisa mengambil konsep yang senada. 

Konsep senada ini bisa kamu sama ratakan mulai dari tone warnanya hingga temanya. Dengan nuansa yang selaras antara foto satu dengan lainnya membuat koleksi fotomu tampak lebih menawan dan profesional.

Yuk, Coba Tips Foto Hidangan Makanan Agar Menarik!

Tampilan foto yang menarik tidak harus selalu dari jenis makanan mahal saja.

Sebuah hidangan bisa tampak memukau tergantung dari cara pandang fotografer terhadap objek di depannya, serta pemahaman tips foto yang baik. 

Sebab pada dasarnya, sesederhana apapun makanan tetap memiliki daya tariknya masing-masing.


Temukan tips lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.