Cara Promosi Restoran Baru, Kunci Sukses untuk Pemula!

4 min read

cara promosi restoran baru

Bagaimana cara promosi restoran baru yang efektif untuk menarik pelanggan? Setiap pebisnis pasti ingin usahanya selalu lancar, terutama ketika memulai usaha baru. 

Bagaimanapun ketika banyak pelanggan yang datang ke tempatnya tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Termasuk ketika kamu tengah menjalankan usaha bidang kuliner seperti restoran. Kamu pasti ingin setiap hari restoranmu tidak pernah sepi dari pelanggan. 

Akan tetapi, untuk bisa melakukan hal tersebut tidaklah mudah. Ada banyak proses yang harus kamu lalui. 

Pentingnya Promosi Restoran Baru untuk Pemula

Sebagai pemilik restoran, kamu harus benar-benar memahami bagaimana cara mengelola restoranmu dengan baik. Kamu harus fokus untuk selalu menghadirkan sesuatu yang mampu memuaskan para pelangganmu. Caranya pun sangat beragam termasuk mempromosikan bisnis restoranmu kepada masyarakat luas.

Banyak cara promosi restoran yang bisa kamu lakukan. Ada juga yang melakukan promosi dengan memanfaatkan produk restoran tersebut. Maksudnya, kamu menghadirkan menu makanan yang berbeda serta mempunyai cita rasa unik.

Secara tidak langsung, ini bisa menjadi salah satu contoh promosi restoran yang efektif. Rasa yang kamu hadirkan akan meresap dan terkenang di pikiran para pelangganmu. Akhirnya mereka akan terus datang ke restoranmu dan bisa jadi mengajak teman atau orang-orang terdekatnya.

Cara Promosi Restoran Baru untuk Menuju Kesuksesan

Adapun, beberapa cara promosi restoran baru yang juga bisa kamu terapkan.

Berikut ulasannya.

1. Membuat Website untuk Restoran

Berdasarkan studi yang dilakukan METRO, setidaknya ada 22% konsumen yang tidak akan mengunjungi sebuah tempat makan jika tidak mempunyai website dengan informasi menu makanan di dalamnya. Ini bisa menjadi bahan evaluasi dalam membuat website untuk restoranmu.

Apalagi sekarang eranya sudah digital. Banyak orang yang jika ingin memesan makanan tidak harus datang ke tempat makan. Mereka tinggal memanfaatkan jasa GoFood, GrabFood, dan sejenisnya. Untuk itu, mulailah membuat website dengan tampilan yang menarik.

Pastikan terdapat menu secara lengkap. Bahkan jangan segan untuk mencantumkan diskon atau promo menarik. Selain itu, untuk membuat para pengunjung bisa menemukan website restoranmu, maka kamu perlu mengoptimalkannya melalui SEO.

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Riset Kompetitor dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

2. Buat Akun Media Sosial

Selain website, kamu juga harus memiliki akun media sosial seperti Instagram. Cara promosi restoran baru ini juga terbilang efektif karena jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak. Kamu dapat memposting konten tentang menu makananmu di media sosial tersebut.

Selain itu, informasikan seputar promo menarik untuk semakin menarik minat beli pelanggan. Selanjutnya, penting juga bagi kamu untuk membuat lebih dari satu media sosial. Jadi, buatlah akun media sosial untuk Facebook dan Instagram. 

Keduanya merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak dari berbagai kalangan. Biasanya ketika para pelanggan sudah datang ke tempatmu, mereka akan berfoto sambil menandai akun atau lokasi restoranmu.

Cara ini juga bisa menjadi media promosi. Orang lain akan penasaran lokasi restoranmu tersebut. Kemudian mereka mulai membuka akun media sosialmu dan tertarik untuk datang dan menikmati kelezatan makanan di tempatmu.

3. Cara Promosi Restoran Baru, Menerapkan Soft Launching Kreatif

Launching dari sebuah restoran merupakan momen yang penting untuk mengetahui seberapa menarik restoranmu di mata masyarakat. Ketika launching, kamu dapat mengamati seperti apa respon serta antusiasme para pengunjung. Selain itu, kamu juga dapat membuat testimoni dari mereka.

Maka dari itu, perlu adanya soft launching sebagai strategi promosi bisnis kuliner baru. Tujuannya untuk membuat restoranmu semakin dikenal oleh banyak orang. Lakukanlah soft launching secara kreatif. Misalnya dengan mengundang komunitas blogger atau lainnya agar datang ke tempatmu.

Pada momen ini, kamu juga bisa mengadakan kompetisi untuk review makanan. Fasilitasi para undangan tersebut agar dapat makanan gratis ketika soft launching. Dari sini kamu akan memperoleh impact yang positif dari berbagai review para blogger tersebut melalui artikelnya. 

Secara tidak langsung, mereka juga akan mempromosikan restoranmu secara online. Ternyata, cara seperti ini sudah sering diterapkan banyak restoran dan berhasil memperoleh dampak positif.

4. Memancing Pelanggan Melalui Strategi Menarik

Kamu harus berpikir bagaimana caranya agar orang-orang datang ke restoranmu. Kemudian berpikirlah bagaimana juga cara agar mereka datang lagi lalu menjadi pelanggan tetap. Untuk mewujudkannya, maka kamu harus mempunyai strategi yang mampu memancing mereka agar tertarik.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan. Misalnya, kamu dapat memberikan penawaran menarik. Berikan diskon atau gratis memesan menu tertentu dengan syarat harus foto selfie ketika makan di tempatmu. Melalui cara seperti ini, maka restoran barumu akan berkembang.

Baca Juga:  Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Banyak orang yang berfoto selfie kemudian menandai akun media sosial restoran. Melalui cara ini perlahan akan bertambah banyak orang yang penasaran dan datang ke tempatmu. Jadi, mereka yang mengunjungi restoran bukan hanya merasa kenyang melainkan juga keseruan yang tidak mereka dapatkan di tempat lain.

5. Beri Fasilitas yang Mendukung

Fasilitas yang mendukung juga menjadi cara promosi restoran baru yang efektif. Jadi, para pengunjung bukan sekadar datang dan makan. Biasanya mereka juga akan nongkrong serta menghabiskan waktu yang cukup lama untuk bercengkrama dengan teman atau keluarga.

Untuk itu, penting menghadirkan beberapa fasilitas penting di restoranmu. Salah satunya adalah akses WiFi. Ini adalah hal yang sangat penting karena semua orang memerlukan internet, apalagi internet gratis. Lalu kamu juga bisa menghadirkan taman bermain anak, mushola, mini karaoke, dan sebagainya.

Tidak kalah penting, kamu juga harus mengatur seperti apa desain restoranmu. Buat sekeren mungkin dan pastikan kamu menghadirkan restoran yang instagramable

Jadi, mereka yang datang ke restoranmu bukan hanya akan mencicipi makanan yang lezat melainkan juga mengabadikan momen mereka dengan berfoto di spot foto yang telah kamu sediakan.

6. Cara Promosi Restoran Baru Lewat Bagi-Bagi Stiker Promosi

Untuk cara yang keenam mungkin terkesan biasa saja. Mungkin juga sebagian orang menganggap cara ini tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan. 

Namun, tak ada salahnya untuk mencoba strategi promosi yang kerap orang remehkan ini. Siapa tahu ini akan jadi cara promosi yang paling efektif untuk restoranmu.

Kamu dapat membagikan stiker promosi kepada para pelanggan yang datang. Bisa juga dengan menempelkannya di tempat tertentu untuk memudahkan orang lain mengetahui restoranmu.

Untuk membuat pelanggan mau menyimpan dan menempel stiker tersebut, buatlah desain stiker promosi sebagus mungkin. Sebagai tambahan, jika kamu berencana untuk menempelkan stiker tersebut ke mobil orang lain maka penting untuk meminta izin. Selama mobil tersebut berjalan, saat itu restoranmu sedang dipromosikan.

7. Manfaatkan Pencarian ‘Near Me’

Jika kamu menelusuri tempat makan di sekitar lokasimu melalui Google, maka akan muncul tempat makan yang dekat lokasimu. Inilah yang dinamakan penelusuran “Near me”. Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu cara promosi restoran baru.

Namun di sini kamu perlu mengoptimalkan websitemu terlebih. Hal terpenting lainnya, faktor SEO punya pengaruh sangat besar supaya kamu bisa menjaring lebih banyak orang agar datang ke restoranmu. 

Baca Juga:  10 Fasilitas Cafe Yang Harus Ada untuk Menarik Pelanggan

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan profil Google Bisnis. Sebuah cara yang mudah serta gratis untuk memastikan seluruh informasi tempat makanmu mendapat pembaruan secara online seperti detail kontak, alamat, serta nomor telepon. 

Kamu juga dapat menambahkan beberapa foto restoran atau menu makanan andalan untuk membuat restoranmu semakin menonjol pada pencarian “Near me”.

Dorong para pelanggan agar memberikan ulasan melalui Google Review baik dalam bentuk komentar atau rating. Semakin bagus ulasan yang mereka berikan serta semakin tinggi rating restoranmu, memungkinkan semakin banyak orang yang datang ke tempatmu. Ulasan positif dari para pelanggan merupakan iklan terbaik. 

8. Merambah Ke Email Marketing Melalui Buletin

Cara lainnya untuk memperkenalkan restoran barumu yaitu dengan memanfaatkan email marketing. Pemasaran email merupakan cara yang jitu, terutama untuk mendapatkan pelanggan dengan memberikan penawaran eksklusif.

Kamu bisa menginformasikan pelanggan tetap terkait berita terbaru serta event yang akan datang melalui buletin. Beri pengingat bahwa kamu memiliki penawaran menarik dan inilah waktunya mereka harus mampir lagi ke tempatmu.

Sudah Siap Mencoba Cara Promosi Restoran Baru?

Jadi itulah beberapa cara promosi restoran baru yang dapat kamu terapkan. Untuk bisa membuat restoranmu terkenal harus melalui serangkaian tahapan. Jangan mengharapkan cara-cara instan karena biasanya tidak bertahan lama.

Selain itu, kamu juga harus fokus terhadap kualitas pelayanan di restoranmu. Meskipun nanti restoranmu sudah terkenal dan selalu ramai, kualitas pelayanan dan menu makanan tetap harus menjadi prioritas. Ini sangat berguna untuk membuat usahamu tetap bertahan dan semakin berkembang.


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman dan juga tips lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.