25 Menu Lebaran Lengkap yang Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

7 min read

25 Menu Lebaran yang Praktis

Momen lebaran identik dengan berbagai hidangan spesial yang tersaji di atas meja. Umumnya, menu khas khas lebaran Idul Fitri seperti ketupat pasti akan ada di sebagian besar rumah umat Muslim di Indonesia.

Namun, tak hanya ketupat, masih banyak sajian makanan atau kue khas lebaran lainnya yang bisa kamu hidangkan di atas meja. Baik sebagai jamuan untuk tamu, maupun untuk di konsumsi sendiri di rumah. 

25 Menu Lebaran yang Praktis

Berikut ini ada 25 menu lebaran sederhana tapi istimewa yang bisa kamu pilih sebagai hidangan lebaran di rumah: 

1. Ketupat  

menu lebaran ketupat

Kupat atau ketupat adalah salah satu makanan khas lebaran yang wajib ada ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Ketupat sendiri terbuat dari beras putih yang terbungkus dengan anyaman daun kelapa muda berbentuk belah ketupat. Umumnya, ketupat disajikan bersama rendang, semur daging, kuah santan, opor ayam, sate ayam, dan lain-lain.       

2. Rendang Daging 

rendang daging

Menu lebaran kedua berasal dari Sumatera Barat yang dikenal dengan nama rendang daging. Menjelang lebaran, umumnya para ibu akan sibuk berbelanja ke pasar untuk membeli daging sapi yang nantinya akan diolah menjadi rendang daging. 

Rendang daging terbuat dari campuran daging sapi, santan kelapa, dan rempah-rempah khas. Sajian khas lebaran ini memiliki cita rasa yang lezat dan wangi rempah-rempah.        

3. Semur Daging

semur daging (1)

Selain rendang, hidangan berbahan utama daging sapi lainnya yang bisa kamu olah menjadi sajian pada saat lebaran adalah semur daging. Menu ini menjadi alternatif bila kamu tidak mau menyajikan rendang di rumah.

Tetapi, bila suka, kamu juga bisa menghidangkan kedua sajian berbahan utama daging sapi tersebut secara bersamaan. Semur daging adalah olahan daging rebus dengan tambahan rempah tertentu dan kecap manis. Sehingga, menghasilkan cita rasa manis yang dominan.

Di Indonesia, cukup banyak kreasi sajian semur daging berdasarkan wilayah tertentu. Misalnya, semur daging Betawi, malbi khas Palembang, dan lain-lain. 

Semur daging Betawi identik dengan penambahan ebi halus dan kentang kering goreng saat penyajiannya. Sehingga, menghasilkan cita rasa asin dan bertekstur renyah.

4. Sayur Pepaya

sayur pepaya sebagai menu lebaran lengkap

Menu lebaran Idul Fitri berikutnya, yakni sayur pepaya muda berkuah merah yang sangat cocok sebagai kuah ketupat. Sayur pepaya adalah makanan yang menggunakan pepaya muda sebagai bahan utamanya dengan campuran kuah santan berwarna merah.

Hidangan yang satu ini menyerupai sayur labu siam yang mempunyai tekstur potongan sayur lembut dengan perpaduan bumbu kuah merah bercita rasa khas.        

5. Sate Ayam

sate ayam

Sate ayam bisa menjadi salah satu hidangan lebaran yang sangat praktis namun lezat. Kamu bisa menghidangkannya bersama lontong atau ketupat dan kuah kacang yang kental.

Sate ayam terbuat dari potongan daging ayam yang dilumuri bumbu marinasi kemudian dibakar di atas bara api. Kamu bisa melumuri sate ayam dengan saus kacang bercita rasa manis dan gurih serta siraman kecap manis. 

Agar lebih kekinian, kamu bisa mengolah sate taichan yang penyajiannya bersama sambal pedas. Sehingga, tampak beda dan istimewa dari sajian sate ayam pada umumnya.  

6. Opor Ayam

menu lebaran idul fitri - ketupat

Opor ayam adalah menu lebaran yang berbahan ayam dan tampilannya seperti kari. Biasanya, opor ayam memakai campuran rempah khas Indonesia seperti serai dan kencur serta santan kelapa.

Baca Juga:  Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Lebih Otentik Mana?

Opor ayam adalah menu favorit sejuta umat di Hari Raya Idul Fitri yang bisa kamu padukan dengan potongan ketupat di atas piring. Tambahan taburan bawang goreng yang kriuk dan gurih akan semakin membuat sajian lebaran menjadi istimewa.

7. Sambal Goreng Kentang Hati

sambal goreng kentang hati

Masakan sederhana yang lezat ini terbuat dari potongan kentang goreng dan juga hati ayam dengan balutan sambal bercita rasa pedas. Apabila tidak suka dengan hati ayam, kamu bisa menggantinya dengan potongan hati sapi.

Sambal goreng kentang hati ini dapat kamu sajikan bersamaan dengan lontong sayur untuk membuat cita rasanya semakin nikmat. Selain untuk hidangan lebaran, sambal goreng kentang hati juga sering kamu temukan di acara pesta pernikahan atau acara penting lainnya.

8. Lontong Sayur

lontong sayur merupakan menu lebaran yang sering dibuat

Lontong sayur umumnya bisa kamu temui dengan mudah ketika pagi hari di tempat makan khusus sarapan pagi. Karena lontong sayur sangat mudah saat penyajiannya dan mengenyangkan.

Tetapi, kamu juga bisa menjadikan lontong sayur sebagai menu lebaran di Hari Raya Idul Fitri yang praktis dan mudah. Hidangan lontong sayur merupakan makanan khas dari Padang yang identik dengan bumbu khas masakan Minang yang berkuah santan.

9. Kentang Mustofa

kentang mustofa (1)

Sebagai menu pelengkap untuk makanan di Hari Raya, kamu bisa menyajikan kentang mustofa. Kentang mustofa adalah olahan makanan yang berbahan dasar kentang parut goreng berbalut bumbu balado yang enak.

Bercita rasa pedas, manis, dan gurih dengan testur yang renyah. Sehingga, sangat cocok kamu sandingkan dengan lontong sayur, nasi uduk, atau ketupat lebaran.

10. Pempek Palembang

pempek palembang

Makanan khas Palembang yang terbuat dari gilingan daging ikan tenggiri ini juga bisa menjadi salah satu menu lebaran yang sederhana tapi mewah. Pempek Palembang memiliki tektur yang kenyal, karena menggunakan campuran tepung kanji atau tepung sagu.

Umumnya penyajian pempek bersamaan dengan kuah cuka bercita rasa asam, pedas, dan juga manis. Perpaduan cita rasa kuah cuka dengan pempek akan menghasilkan cita rasa yang nikmat dan menjadi hidangan favorit para tamu kamu di hari lebaran nanti.

11. Rawon

rawon

Rawon adalah kuliner khas Jawa Timur yang identik dengan kuah berwarna hitam dari kluwek dan bercita rasa segar karena penambahan air jeruk nipis. Kamu bisa menjadikan rawon sebagai hidangan spesial ketika lebaran Idul Fitri nanti.

Rawon terbuat dari potongan daging sapi, dengan campuran tauge dan bahan-bahan lainnya serta siraman kuah hitam yang kaya akan rempah lokal. Kamu bisa menyajikan rawon bersama dengan lontong maupun ketupat lebaran.

12. Soto

soto untuk hidangan menu lebaran

Apabila kamu menginginkan menu lebaran yang berkuah segar di atas meja makan, kamu bisa memilih untuk membuat soto. Indonesia mempunyai berbagai jenis soto yang dapat kamu sajikan ketika lebaran Idul Fitri. Kamu bisa memakai daging sapi, daging kerbau, atau daging ayam untuk kreasi olahan soto.

Contoh varian soto yang ada di Indonesia seperti soto Padang, soto Kudus, soto Betawi, soto Lamongan, dan sebagainya. Cara mengolah soto sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, soto bisa kamu padukan dengan lontong, nasi putih, atau ketupat.

13. Mie Ayam

mie ayam

Pada saat hari lebaran, kedai makanan yang menjual mie ayam pasti sebagian besar tutup. Nah, sebagai solusinya kamu bisa menyajikan mie ayam sendiri di rumah sebagai hidangan unik di hari lebaran.

Pengolahan mie ayam tidaklah susah, bahkan cenderung mudah dan bahan-bahannya juga murah. Hidangan mie ayam dapat menjadi alternatif menu bagi kamu yang bosan dengan ketupat, opor, dan beragam makanan khas Hari Raya lainnya.

14. Bakso

hidangan menu lebaran - bakso

Menu lebaran sederhana tapi mewah selanjutnya adalah bakso. Makanan bercita rasa segar ini akan menjadi hidangan favorit banyak orang di hari lebaran. Apabila tak suka dengan bakso daging sapi, kamu bisa menggantinya dengan bakso ayam ataupun bakso ikan.

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Riset Kompetitor dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

Apabila tidak mau repot mengolah bakso sendiri, kamu bisa membeli bakso frozen di pasar. Jadi, tinggal buat kuahnya saja. Sangat praktis, ekonomis, dan juga enak. Jangan lupa juga untuk menyediakan soun atau mie serta bahan-bahan lainnya supaya bakso lebih nikmat dan komplit. 

15. Pecel

pecel

Bosan dengan makanan yang berbahan daging dan santan, kamu bisa memilih pecel sebagai gantinya sebagai hidangan di hari raya Idul Fitri nanti. Tak hanya cara penyajian dan pengolahannya saja yang mudah, pecel merupakan sajian yang sehat.

Karena menggunakan berbagai jenis sayuran rebus sebagai bahan utamanya dengan siraman kuah kacang yang kental bercita rasa manis dan gurih. Kamu bisa menambahkan ketupat atau lontong pada pecel supaya lebih mengenyangkan.

16. Chicken Shawarma

chicken shawarma

Daging ayam bisa kamu olah menjadi hidangan chicken shawarma untuk menu lebaran yang praktis dan ringan. Tak jauh beda dengan rendang daging, kamu bisa memadukannya dengan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Misalnya roti pita, nasi, hummus, dan sejenisnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bumbu ringan dan sayuran segar sebagai pelengkapnya. Agar tidak merasa eneg ketika menyantapnya.

17. Puding Kurma

puding kurma

Lari sejenak dari makanan berat yang kaya akan karbohidrat, kamu juga harus memikirkan menu pencuci mulut sebagai pelengkap hidangan Hari Raya. Membuat puding kurma yang memiliki cita rasa manis dan sehat, bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kamu juga bisa menambahkan potongan kacang, kurma, ataupun kismis sebagai toppingnya. Bercita rasa manis, namun tetap sehat dan enak untuk kamu konsumsi. Selain itu, cara pembuatannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

18. Shish Kebab

shish kebab makanan lebaran idul fitri

Shish kebab adalah kreasi sajian kebab tanpa balutan roti tortilla. Sehingga, hanya perlu menusuk potongan daging bersama tomat cherry dan paprika pada tusuk sate. Kemudian membakarnya di atas bara api.

Shish kebab bisa kamu jadikan menu lebaran berbahan daging sapi yang unik dan lezat di rumah. Kamu bisa menikmatinya begitu saja atau dengan tambahan bahan makanan karbohidrat lainnya.

19. Salad

salad

Sebagai menu pencuci mulut, kamu bisa membuat salad untuk pelengkap sajian di Hari Raya. Boleh salad buah ataupun salad sayuran. Tapi, lebih baik untuk menyajikan salad buah yang terdiri dari potongan mangga manis dan alpukat yang kaya gizi. 

Kamu bisa memadukannya dengan bahan-bahan lainnya sesuai selera agar menjadi hidangan yang enak dan sehat. Hidangan salad buah pastinya akan menjadi menu favorit para tamu yang sudah bosan dengan makanan berat.

20. Ikan Bakar

ikan bakar

Mau tampil beda di hari lebaran? Kamu bisa menyajikan ikan bakar sebagai menu lebaran yang anti mainstream, praktis, mudah, dan enak. Kamu dapat menggunakan ikan nila, bawal, ataupun gurame sebagai bahan utama ikan bakar.

Jika tidak memiliki alat pemanggang khusus, kamu bisa memanggang ikan di atas teflon anti lengket. Tentunya sangat praktis dan hemat tenaga, karena tidak perlu mengipas-ngipas ikan bakar di atas bara api. Supaya rasanya lebih nikmat, kamu harus mengolesi ikan dengan bahan bumbu saat proses pemanggangan.

21. Tekwan

tekwan saat lebaran

Selain pempek, makanan khas Palembang lainnya yang bisa kamu hidangkan saat lebaran adalah tekwan. Tekwan terbuat dari adonan tepung tapioka dengan campuran daging ikan giling.

Kamu bisa menyajikan tekwan bersama dengan soun, jamur kuping, irisan bengkuang, taburan bawang goreng, dan juga daun bawang. Jangan lupa untuk menambahkan kuah udang bercita rasa khas dan kerupuk.

22. Tongseng

tongseng enak

Menu lebaran sebagai alternatif pengganti opor maupun rendang yang praktis namun lezat adalah tongseng. Tongseng adalah sejenis gulai daging dengan penambahan bumbu beraroma tajam.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba

Kamu bisa menggunakan daging sapi, kambing, atau kerbau bagian iga sebagai bahan utama olahan tongseng. Tambahkan tomat dan kol sebagai pelengkap hidangan agar lebih nikmat.

23. Sop Iga Sapi

sop iga sapi

Sop iga sapi merupakan kreasi hidangan sop yang berbahan dasar iga sapi, yakni bagian daging sapi yang terletak pada tulang rusuk atau tulang iga. Bagian daging sapi tersebut tergolong dalam 8 bagian utama sapi yang dapat kamu konsumsi. 

Daging sapi dapat kamu padukan dengan jagung, wortel, dan paprika, kemudian tumis hingga bumbu meresap. Sajikan bersama kuah kaldu dan nasi putih hangat, pastinya akan menghasilkan sajian yang super nikmat.

24. Sayur Labu

sayur labu

Selain sayur pepaya muda, sayur labu siam lebih populer sebagai menu lebaran untuk kuah ketupat maupun lontong. Terbuat dari potongan labu siam dan bahan sayuran lainnya dengan kuah santan yang gurih dan nikmat.

Labu siam teksturnya tak jauh beda dengan pepaya muda, bertekstur lembut dan terasa segar ketika di gigit. Tidak pahit, sehingga tidak akan membuat anak-anak membenci hidangan sayuran ini.

Kamu bisa menambahkan telur rebus sebagai pelengkap sajian, agar ada lauknya dan lebih mengenyangkan. Sayur labu juga cocok kamu padukan dengan rendang, semur daging, atau sambal goreng kentang hati.

25. Aneka Kue Kering

aneka kue kering

Hidangan lebaran terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah aneka kue kering untuk mengisi toples kosong di rumah kamu sebagai hidangan untuk para tamu. Jenis kue kering yang umumnya ada di hari lebaran adalah nastar, kue bawang, putri salju, kastengel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nastar adalah olahan kue kering yang berbahan utama adonan tepung dengan mentega serta filling selai nanas. Ketika masuk ke mulut, nastar akan terasa pecah dan selai nanasnya lumer di lidah kamu.

Berbeda dengan nastar, kue bawang berbentuk seperti keripik bertekstur renyah dan bercita rasa gurih dengan bahan utama tepung terigu, daun bawang, dan bahan lainnya.

Sementara putri salju adalah kue kering mentega dengan taburan gula halus berwarna putih sehingga tampak seperti salju. Teksturnya sangat lembut dan bercita rasa manis dari topping gulanya.

Sedangkan kastengel adalah kue mentega yang bertoping keju parut. Selain untuk topping, keju juga menjadi salah satu bahan di dalam adonan kue. Sehingga, menghasilkan aroma dan cita rasa keju yang kuat.

Menu Lebaran Manakah yang akan Anda Olah di Hari Raya Idul Fitri?

Nah, seperti itulah 25 rekomendasi menu lebaran yang praktis dan mudah untuk kamu olah sendiri di rumah. Kira-kira, menu manakah yang menjadi pilihan kamu? Apapun pilihannya, pastikan kamu sesuaikan dengan budget dan tenaga. Jangan sampai terlalu fokus mengolah hidangan lebaran sampai ketinggalan sholat tarawihnya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, makanan Indonesia, franchise, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.