Resep Opor Ayam Kuning yang Mudah untuk Dicoba

4 min read

Resep Opor Ayam Kuning Yang Cocok untuk Lebaran

Berbicara tentang makanan khas Indonesia, makanan yang memiliki banyak penggemar dan sering menjadi menu hidangan saat hari raya salah satunya adalah opor ayam. Baik itu opor ayam putih dan opor ayam kuning, keduanya tetap menjadi incaran. Nah, untuk itu, inilah resep opor ayam kuning yang dapat kamu coba.

Sejarah Opor Ayam Kuning

Sebelum mengetahui resep opor ayam kuning, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah singkat bagaimana makanan ini bisa ada dan terkenal sampai sekarang.

Makanan yang biasa ada dan menjadi menu andalan para ibu untuk Lebaran ini memang seringkali bersanding dengan makanan khas lainnya seperti ketupat, rendang, sambal hati, dan lain-lain.

Sejarawan kuliner pernah mengatakan bahwa resep opor ayam kuning sepertinya berasal pada awal abad 15 dan 16. Berbeda dengan sejarah kari dan gulai yang menyebar dari wilayah sumatera, opor ayam ini disebut sebagai sebuah makanan modifikasi dari kari yang pada kala itu sudah ada di Indonesia.

Opor ayam ini mulai berkembang pada wilayah Jawa, dengan meracik bumbu yang sesuai selera orang jawa pada umumnya, yaitu tidak terlalu menyukai rasa rempah-rempah yang terlalu menyengat ke dalam mulut.

Biasanya, pada proses pembuatan opor ayam ini, para pemasak akan mencampur beberapa bumbu seperti bawang putih, kunyit dan tidak ketinggalan, kemiri. Bumbu-bumu tersebut akan tercampur dan ditumis dengan santan yang gurih hingga menghasilkan wangi harum yang khas.

Sebagai makanan modifikasi, opor ayam ini mempunyai tekstur kuah santan yang lebih encer dan “tidak berlemak” seperti kari dan gulai yang kita ketahui memiliki warna dan rasa kuah yang lebih pekat.

Tentunya, seperti yang kita ketahui, sekarang ini opor memiliki dua perbedaan yang berdasarkan warna kuahnya. Ada opor dengan kuah putih, ada pula opor dengan kuah kuning yang akan kita bahas pada resep opor ayam kuning berikut ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Wedang Uwuh Sederhana dengan Mudah

Pada dasarnya, kedua perbedaan opor tersebut adalah hasil dari dua kebudayaan berbeda dalam cara memasak makanan satu ini. Kuah opor ayam berwarna putih disebabkan oleh pemakaian santan yang lebih banyak daripada rempah-rempah lainnya yang berasal dari kebudayaan Jawa dan Tionghoa.

Sedangkan kuah opor ayam yang berwarna kuning seringkali berasal dari warna kunyit yang tercampur sedemikian rupa dengan bumbu-bumbu lain. Memasak opor ayam kuning yang satu ini sering disebut sebagai hasil dari kebudayaan kuliner India yang memang gemar memasak dengan menggunakan kunyit dan pewarna makanan alami lainnya.

Selain daging ayam, sebenarnya opor bisa kamu masak dengan menggunakan daging-daging lainnya sesuai selera seperti daging sapi atau bahkan daging bebek. Beberapa daerah bahkan menyukai memadukan opor ini dengan menggunakan ikan gurame yang masih segar sehingga menimbulkan rasa gurih yang cukup menggelitik lidah.

Resep Opor Ayam Kuning

Setelah mengetahui sejarah opor ayam kuning, kamu pasti tertarik untuk membuatnya, bukan? Berikut ini adalah cara membuat opor ayam kuning yang pas dan gampang untuk kamu buat saat lebaran nanti.

Bahannya:

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini agar waktu memasakmu akan lebih singkat dan lebih teratur.

  • 1 KG Daging Ayam

siapkan ayam untuk membuat opor ayam kuning

Sumber : Youtube CR Cook

Kamu boleh membeli daging ayam kampung atau daging ayam potong sesuai dengan seleramu. Namun, untuk lebih merasakan kuah dan daging yang lebih gurih dan lebih lezat, belilah daging ayam kampung. Pastikan juga untuk membeli daging ayam yang masih segar.

  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • Kemiri sesuai keinginan
  • Kunyit 2 ruas jari
  • Jahe
  • 2 Sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica
  • Daun salam
  • Serai
  • Lengkuas
  • Santan
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 setengah sendok teh gula pasir

resep dan persiapan membuat opor ayam

Sumber : Youtube CR Cook

Cara Membuat Opor Ayam Kuning

Setelah menyiapkan beberapa bahan-bahan yang kamu perlukan sesuai dengan apa yang tersebut sebelumnya, selanjutnya kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengolah bahan menjadi makanan yang enak dimakan saat lebaran ini.

Baca Juga:  Resep Nasi Rawon Enak Yang Dapat Kamu Coba Di Rumah

1. Siapkan Blender atau Ulek Bahan

siapkan blender atau ulekan

Sumber : Youtube CR Cook

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan bahan yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, kemiri dan merica menjadi halus. Kamu dapat menggunakan ulekan tangan atau memblender bahan-bahan tersebut agar mempersingkat durasi memasak.

2. Berikan Minyak Pada Bumbu

berikan minyak pada bumbu

Sumber : Youtube CR Cook

Untuk memperlancar proses penghalusan beberapa bahan sesuai dengan langkah pertama, kamu dapat menambahkan minyak atau air pada bumbu sesuai dengan selera. Jika kamu ingin resep opor ayam kuning buatanmu lebih berminyak, silahkan menggunakan minyak, sebaliknya jika kamu tidak ingin, silahkan gunakan air.

3. Tumis Bumbu

tumis bumbu

Sumber : Youtube CR Cook

Setelah bumbu tersebut halus, silahkan tumis bumbu dengan minyak yang telah dipanaskan. Jika kamu memblender bumbu dengan menggunakan minyak, kamu dapat menumis dengan sedikit minyak, begitupun sebaliknya.

4. Masukkan Daun Salam, Serai dan Lengkuas

masukkan daun salam serai dan lengkuas

Sumber : Youtube CR Cook

Sembari menumis bumbu yang telah halus tersebut, masukkanlah daun salam, serai dan lengkuas ke dalam tumisan hingga bahan-bahan dapat tercampur rata. Masaklah bumbu sampai matang, harum dan tanak. Pastikan bumbu benar-benar matang sebelum masuk ke tahap berikutnya.

Hal ini karena resep opor ayam kuning berikut ini memakai kunyit, sehingga jika kamu memasak bumbu yang masih belum matang sempurna, masakanmu akan berbau kunyit yang sedikit membuat tidak nyaman.

Tips : Aduk terus bumbu tumisan agar bumbu tidak gosong dan dapat matang secara merata.

5. Masukkan Air

masukkan air dalam membuat opor ayam kuning

Sumber : Youtube CR Cook

Setelah bumbu tumisan sudah mengeluarkan bau harum dan telah berubah warna menjadi coklat keemasan, masukkan air ke dalam bumbu tumisan tanpa mematikan api. Kamu dapat memasukkan air sekitar 1000 ml (dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan).

6. Masukkan Ayam

masukkan ayam untuk membuat opor

Sumber : Youtube CR Cook

Setelah air sedikit panas (sekitar 1 menit setelah memasukkan air ke dalam panci), kamu dapat memasukkan 1 kg ayam yang telah kamu cuci dan potong sesuai keinginan. Pastikan semua potongan ayam terendam secara sempurna.

Tips : Jika ayam belum terendam, kamu dapat menambah air, namun jangan terlalu banyak.

7. Masukkan Garam, Kaldu Ayam dan Gula Pasir

masukkan garam kaldu dan gula pasir

Sumber : Youtube CR Cook

Baca Juga:  Macam-Macam Inspirasi Resep Sambal Paling Enak

Setelah ayam telah terendam sempurna, masukkan bahan bumbu selanjutnya yaitu garam dan kaldu ayam bubuk yang telah kamu siapkan ke dalam panci masakan. Setelah kedua bahan bubuk tersebut telah masuk, tambahkan gula pasir yang telah kamu sediakan agar menambah rasa gurih dan manis terhadap resep opor ayam kuning milikmu.

Tips : Kamu dapat menyesuaikan penggunaan kaldu ayam bubuk, garam dan gula sesuai dengan keinginanmu.

8. Tunggu Sampai Air Sedikit Menyusut

tunggu sampai air menyusut

Sumber : Youtube CR Cook

Tutup dan tunggu sampai air masakanmu sedikit menyurut dan daging ayam telah empuk.

Tips : Jika kamu bingung bagaimana melihat apakah airmu sudah menyusut dengan pas, silahkan tekan daging ayam menggunakan garpu. Jika ayam sudah lembek, kamu dapat masuk ke tahap berikutnya.

9. Masukkan Santan

masukkan santan untuk resep opor ayam kuning

Sumber : Youtube CR Cook

Tahap berikutnya dalam resep opor ayam kuning berikut adalah memasukkan santan. Masukkanlah sekitar 100 ml santan ke dalam masakan dan aduk terus sehingga santan tersebut tidak “pecah”.

Tips : Pilihlah santan yang masih fresh. Jika kamu memakai santan peras bukan santan instan, tanyakan pada penjual kapan ia memeras santan tersebut. Santan yang segar akan sangat berpengaruh pada rasa opor.

10. Taburi dengan Bawang Goreng

taburi opor dengan bawan goreng

Sumber : Youtube CR Cook

Jika kamu merasa opor ayam kuning buatanmu telah matang (rasa, tekstur, dan wangi telah sempurna) silahkan matikan api dan taburkan bawang goreng ke atas opor untuk menambah cita rasa masakan.

Kamu dapat melewati langkah yang satu ini dan menggantinnya dengan yang lain sesuai dengan selera kamu.

11. Sajikan Selagi Hangat

Resep opor ayam kuning milikmu telah siap. Kamu dapat memindahkannya ke piring saji dan silahkan sajikan dengan nasi hangat agar lebih nikmat.

Menjadi Menu Wajib Saat Lebaran!

Itulah cara membuat opor ayam kuning yang dapat kamu buat dan masak saat lebaran nanti. Tentunya, selain ayam, kamu dapat menggantinya dengan daging sesuai selera kamu seperti daging sapi, kambing ataupun daging bebek. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan dan minuman, franchise, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.