17 Makanan Terenak di Indonesia yang Menggoda, Wajib Coba

7 min read

makanan terenak di Indonesia

Berbicara tentang makanan terenak di Indonesia tentu sangat beragam dan banyak jumlahnya. Sebab Indonesia adalah negeri yang kaya akan rempah dan setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri dengan rasa yang lezat dan menggoda. Tak heran bila hampir semua makanan di Indonesia penuh dengan cita rasa. Kira-kira apa saja kah itu?


17 Makanan Terenak di Indonesia

Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja makanan terenak asli dari Indonesia!

1. Bakso

bakso

Pada umumnya, bakso terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging sapi giling. Selain daging sapi, ada juga bahan yang dapat menggantikannya seperti ikan, daging ayam, kerbau, hingga udang. Nama bakso dalam Bahasa Inggris adalah meatball karena bentuknya bulat seperti bola. 

Hidangan bakso biasa disajikan dengan kuah kaldu, mi, bihun, dan campuran sayur seperti taoge atau kailan. Kemudian, ada tambahan pelengkap seperti taburan bawang goreng dan seledri. Hampir di seluruh Indonesia, kamu dapat menemukan bakso dengan mudah. Mulai dari pedagang kaki lima, pedagang keliling, hingga di restoran besar.

Kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Malang dan Wonogiri. Selain itu, pusatnya bakso di Indonesia sendiri adalah daerah Solo. Tak heran bila terdapat variasi bakso Malang dan bakso Solo yang cukup terkenal di Indonesia. Variasi lainnya dari makanan terenak di Indonesia ini adalah bakso urat,  bakso beranak, hingga yang sedang viral saat ini yaitu bakso mercon.

2. Bebek Betutu

bebek betutu
YouTube Channel Devina Hermawan

Kuliner kebanggaan Bali yaitu bebek betutu memiliki cita rasa yang gurih nan pedas. Tekstur daging bebeknya sangat empuk karena teknik khusus dalam memasaknya. Cara memasak makanan terenak di Indonesia yang satu ini adalah memanggangnya dalam api sekam. Olahan betutu sendiri tidak hanya menggunakan daging bebek, tetapi juga ada yang menggunakan daging ayam.

Dengan rempah-rempah dan bumbu merah khas Bali, aroma dari bebek akan menjadi sangat harum. Semua bumbu yang sudah ditumis akan digunakan untuk melumuri bebek. Selanjutnya, masyarakat Bali biasa membungkusnya dengan daun pisang. Lalu, mereka memasukkan bungkusan tersebut ke dalam potongan tanduk rusa. Bebek betutu kerap hadir dalam upacara besar di Bali.

3. Bubur Sagu

bubur sagu papeda
YouTube Channel Ratu Rachman

Makanan terenak di Indonesia selanjutnya berasal dari Maluku dan Papua, yaitu bubur sagu. Nama lain dari bubur sagu adalah papeda. Hidangan bubur sagu seringkali disajikan bersama dengan ikan tongkol bumbu kunyit atau mubara. Kebanyakan masyarakat Papua dan Maluku menjadikan bubur sagu ini sebagai makanan pokok.

Bubur sagu merupakan makanan yang sering hadir dalam acara penting atau tradisi masyarakat adat di Maluku dan Papua. Bentuknya sendiri menyerupai gel dengan cita rasa yang kenyal dan unik. Cara memakannya pun menggunakan dua garpu khusus atau sumpit yang menggulung bubur hingga melingkari sumpit. 

Selain rasa dan cara memakan bubur sagu yang unik, rupanya bubur sagu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Melansir dari Jurnal Sejarah, bubur sagu adalah sumber utama karbohidrat yang dapat mengatasi sakit ulu hati, kembung, hingga pengerasan pembuluh darah.

4. Gado-Gado

gado gado
YouTube Channel Yongki Gunawan

Salad van Java atau saladnya orang Indonesia yaitu gado-gado adalah makanan terenak di Indonesia asli Jakarta. Kombinasi beragam sayuran yang bersatu padu dengan tempe, tahu, dan bumbu kacang menghasilkan cita rasa gurih manis yang lezat. Bumbu kacang atau saus kacang ini yang menjadi kunci utama cita rasa gado-gado.

Baca Juga:  Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Perlu Kamu Tahu

Sayuran yang biasa terdapat dalam gado-gado adalah irisan kecil sayuran hijau seperti kacang panjang, kubis, selada, taoge, dan bunga kol. Kemudian, tambahan kentang rebus, telur rebus, tempe, dan juga tahu. Untuk pecinta rasa pedas, dapat menambahkan cabai agar menghasilkan rasa pedas yang hangat di lidah. Kamu bisa menemukan gado-gado dengan mudah di pagi hari melalui pedagang kaki lima.

5. Gudeg

gudeg
YouTube Channel Ika Mardatillah

Makanan terenak di Indonesia selanjutnya datang dari Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, yaitu gudeg. Hidangan kuliner yang identik dengan nangka muda yang memiliki rasa manis ini seringkali menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung terutama ke daerah Malioboro.

Saking populernya, gudeg sudah diproduksi secara industri dalam bentuk makanan kalengan. Baik di dalam maupun di luar negeri, gudeg cukup mudah untuk kamu temukan. Untuk menyantap hidangan gudeg ini ditemani dengan nasi, kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tempe, tahu, hingga sambal goreng krecek.

6. Mie Aceh

mie aceh
YouTube Channel Devina Hermawan

Selanjutnya, olahan mie terfavorit di Indonesia yaitu mie Aceh. Olahan mie pedas yang berwarna kuning biasa disajikan dengan daging maupun makanan laut lengkap dengan irisan bawang goreng, potongan bawang merah, perasan jeruk nipis, dan mentimun. Cita rasa mie aceh sendiri berasal dari kuahnya yang cukup kental. Kuahnya tersebut terpengaruh dari hidangan kari kental dari India.

Variasi makanan terenak di Indonesia ini terdiri dari dua macam, yakni kuah dan goreng. Mie Aceh kuah akan memiliki sup kental sedangkan yang goreng bentuknya kering dan digoreng sehingga tidak terdapat kuah kental yang banyak di dalamnya. Hidangan ini mudah sekali untuk kamu temukan di semua daerah Indonesia. Khususnya di malam hari, banyak pedagang kaki lima yang menjualnya lengkap dengan kerupuk atau emping.

7. Nasi Goreng

nasi goreng

Bukan nama makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia karena nasi goreng adalah salah satu menu makanan yang populer di Indonesia. Selain populer, nasi goreng juga termasuk makanan terenak asli Indonesia yang masuk peringkat kedua dalam 50 Makanan Terenak di Dunia versi CNN tahun 2017. 

Bumbu dasar yang kerap ada di setiap nasi goreng Indonesia adalah adanya kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan juga telur. Dengan cita rasa yang manis nan gurih ini, nasi goreng sangat cocok menjadi menu hidangan makan malam. Banyak pedagang kaki lima hingga restoran besar yang menyediakan menu nasi goreng Indonesia.

Selain kecap manis, tambahan sedikit terasi atau kecap ikan kerap digunakan sebagaimana kebanyakan hidangan di Asia. Kamu bisa menambahkan sambal untuk menambah cita rasa pedas pada nasi goreng. Selain itu, terdapat juga bahan pelengkap nasi goreng seperti daging ayam, daging sapi, hingga makanan laut. 

8. Nasi Kuning

nasi kuning
YouTube Channel TheHasanVideo

Penuh dengan makna, nasi kuning seringkali hadir dalam acara-acara besar atau syukuran di Indonesia. Sebagai salah satu makanan terenak di Indonesia, nasi kuning termasuk salah satu pilihan terfavorit untuk sajian sarapan di pagi hari. Sajian ini berasal dari pulau Jawa namun tersebar di beberapa daerah Indonesia dengan keunikannya masing-masing.

Nasi kuning melambangkan ucapan rasa syukur yang mana warna kuningnya sendiri bermakna emas atau kekayaan. Warna kuning pada nasi berasal dari pewarna alami yaitu kunyit. Biasanya nasi kuning pada perayaan dibentuk kerucut seperti gunung yang kita kenal sebagai tumpeng. Beragam lauk seringkali menemani nasi kuning seperti tempe, tahu, telur, hingga abon.

Baca Juga:  Peluang Usaha Bisnis Gado-Gado dan Berapa Modalnya

9. Nasi Lengko

nasi lengko
YouTube Channel Ceceromed Kitchen

Sega lengko atau nasi lengko adalah makanan khas masyarakat pesisir di Cirebon, Jawa Barat. Nasi lengko menjadi unik dan banyak peminatnya karena sajian ini rendah kalori dan 100% tanpa bahan hewani. Meskipun demikian, kandungan protein dan karbohidratnya dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Bahan utama yang terdapat pada sega lengko adalah nasi putih, tempe, tahu, mentimun, tauge, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis. Cita rasa manis dan gurih berasal dari bumbu kacang dan kecap manis. Semakin nikmat bila kamu menikmati nasi lengko dengan kerupuk aci putih yang berbentuk bulat atau oval.  

10. Opor Ayam

opor ayam
YouTube Channel Chalistaa Kitchen

Makanan terenak di Indonesia selanjutnya berasal dari hidangan yang sering muncul saat lebaran tiba, yaitu opor ayam. Berdasarkan sejarawan kuliner, opor muncul pada abad 15 hingga 16 masehi di Jawa. Kuah opor cenderung lebih encer daripada kuah pada gulai dan kari yang sudah ada lebih dulu di Nusantara.

Terdapat makna ketika menyantap opor ayam bersamaan dengan lontong atau ketupat yang sudah dipotong-potong. Sunan Kalijaga mengenalkan istilah ketupat yang berasal dari bahasa Jawa ngaku lepat atau mengakui kesalahan. Oleh karena itu, hidangan opor ayam dan ketupat seringkali hadir pada saat lebaran karena menjadi simbolisasi permintaan maaf.

11. Pempek Palembang

pempek palembang
YouTube Channel CR Cook

Kudapan kapal selam dengan kuah cuko asal palembang ini merupakan salah satu jajanan terfavorit asli Indonesia. Pempek Palembang adalah hidangan dari Sumatera Selatan yang kaya akan cita rasa asam, manis, dan pedas. Banyak sekali pedagang kaki lima maupun restoran bintang lima yang menyediakan menu pempek ini.

Variasi pempek sendiri cukup banyak, yaitu:

  • Kapal Selam
  • Bulat
  • Lenjer
  • Kulit
  • Adaan
  • Keriting
  • Pistel

Bahan dasar pempek adalah ikan laut seperti ikan tenggiri ataupun ikan sungai seperti ikan putak. Penyajian pempek biasa ditemani dengan siraman kuah cuko. Kuah cuko berwarna hitam kecokelat-cokelatan yang berasal dari gula merah, cabai rawit, bawang putih, ebi, dan garam. Fungsi cuko bagi masyarakat Palembang asli adalah untuk menambah nafsu makan.

12. Rawon

rawon
YouTube Channel Willgoz Kitchen

Selanjutnya, makanan terenak di Indonesia berupa sup daging berkuah hitam khas Jawa bagian timur yang bernama rawon. Bahan dasar kuahnya berasal dari kluwek dan potongan daging sapi bagian sandung lamur atau dada bawah. Dalam bahasa Inggris, nama Rawon adalah black soup.

Hidangan yang sudah ada sejak sekitar seribu tahun lalu ini awalnya bernama rarawwan pada prasasti Taji. Kini, hidangan tersebut terkenal dengan nama rawon. Kamu bisa dengan mudah menemukan rawon di kedai makan maupun restoran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Di beberapa daerah yang memiliki sajian rawon, biasanya rasa rawon menyesuaikan selera masyarakatnya. Misalnya rawon di Jawa Timur akan sangat kental dan cenderung manis. Berbeda dengan rawon di Jawa Barat yang kuahnya tidak terlalu kental dan rasanya lebih asin dan gurih. 

13. Rendang

rendang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rendang adalah makanan terenak di Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia berkali-kali. Salah satunya bersamaan dengan nasi goreng versi CNN. Sajian daging sapi khas orang Minangkabau dari Sumatra Barat ini biasa disajikan dalam suhu panas.

Bahan utama dalam memasak rendang adalah daging sapi, bumbu, santan, dan cabai. Dengan begitu, cita rasa dari rendang yang kuat adalah gurih dan pedas. Uniknya, rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minangkabau, yaitu simbol dari musyawarah dan mufakat. Kamu bisa menemukan rendang di setiap rumah makan padang yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga:  Franchise Makanan Ringan Paling Laris yang Ada Saat Ini

14. Rujak Cingur

rujak cingur
YouTube Channel Budiono Sukses

Kemudian, makanan terenak di Indonesia selanjutnya adalah kudapan asal Surabaya yang bernama rujak cingur. Nama cingur berasal dari bahasa Jawa yang berarti mulut. Alasannya karena bahan irisan yang terdapat dalam rujak cingur adalah irisan mulut atau moncong sapi. Lalu, terdapat irisan beberapa jenis buah di dalamnya seperti bengkuang, mangga, hingga nanas.

Rasa asam, manis, dan pedasnya berasal dari saus atau bumbu rujaknya yang berasal dari gula merah, cabai, kacang tanah, bawang goreng, garam, dan petis udang. Selain itu, penyajian rujak cingur berada di atas daun pisang dan terdapat tambahan kerupuk. Kamu dapat menemukan hidangan ini di banyak rumah makan, pedagang keliling, hingga restoran besar.

15. Sate
sate
Berdampingan dengan nasi goreng, biasanya sate menjadi salah satu pilihan menu makan malam masyarakat Indonesia yang mudah sekali kamu temukan di jalanan. Umumnya sate adalah potongan daging kecil yang ditusuk pada lidi dan dipanggang menggunakan arang. Nama sate sendiri berasal dari bahasa Jawa Sak Beteng yang berarti satu tusuk.

Bumbu yang digunakan pun tergantung pada variasi sate itu sendiri. Namun, bumbu saus sate yang sering terdapat di pedagang kaki lima adalah bumbu kacang dan bumbu kecap. Tak lupa acar yang berasal dari perpaduan mentimun, cabai rawit, irisan bawang merah, dan wortel. Sate nikmat untuk kamu nikmati di atas nasi hangat atau dengan lontong.

Hidangan yang satu ini kerap menjadi kontroversi karena beberapa negara tetangga mengklaim sate sebagai masakan nasional mereka. Namun, pada faktanya, sate berasal dari tanah Jawa di Asia Tenggara dengan pengaruh Timur Tengah. Pada abad ke-19, barulah sate menyebar ke seluruh Nusantara hingga ke negara tetangga.

16. Seblak

seblak
YouTube Channel MGDALENAF

Selanjutnya, kudapan favorit generasi muda dan cukup kekinian, yaitu seblak dari Bandung, Jawa Barat. Pada umumnya, makanan khas sunda ini berasal dari kerupuk basah dengan telur orak arik dengan cita rasa pedas gurih. Hingga saat ini, semakin banyak kedai makanan yang menyajikan seblak dengan variasi topping

Meskipun pada awalnya hanya menggunakan kerupuk dan telur, kini mulai banyak yang menambahkan topping lain seperti ceker ayam, daging ayam, makanan laut, sosis, hingga beragam sayuran. Cita rasa seblak sendiri berasal dari bumbunya yaitu kencur, bawang putih, dan bawang merah. 

17. Soto Ayam

soto ayam

Terakhir, makanan terenak di Indonesia berupa makanan berjenis sup yaitu soto ayam. Bahkan baru-baru ini, soto ayam termasuk dalam daftar sup terenak di dunia versi CNN. Hampir di seluruh pelosok Indonesia memiliki soto ayam versi daerahnya masing-masing, sehingga banyak sekali macam soto ayam di Indonesia. Kamu dapat menikmati soto sebagai lauk nasi.

Makanan khas Indonesia yang satu ini biasanya memiliki kuah berwarna kekuningan yang berasal dari salah satu bumbunya yaitu kunyit. Selain ayam, terdapat juga beberapa bahan lainnya di dalamnya seperti telur rebus, irisan kentang, hingga bihun dan taoge. Tak lupa terdapat tambahan taburan seledri, bawang goreng, dan juga koya.


Tertarik Mencicipi Makanan Terenak di Indonesia?

Terlepas dari daftar makanan terenak yang terdapat pada artikel ini, masih banyak makanan asli Indonesia lainnya yang juga enak untuk kamu cicipi. Mengingat Indonesia adalah negeri yang kaya rempah, tak heran bahwa Indonesia memiliki banyak masakan Indonesia dengan cita rasa yang beragam. 

Dengan membeli makanan melalui pedagang kecil, kamu dapat menikmati makanan Indonesia sekaligus mendukung UMKM di sekitarmu.