14 Makanan Terenak di Dunia yang Perlu Kamu Coba

7 min read

makanan terenak di dunia

Bagi beberapa orang, makanan adalah hal yang dapat meredakan stres. Terutama apabila makanan tersebut nikmat dan dapat memberi perasaan bahagia. Saat melancong ke suatu tempat, satu yang paling dan harus kamu coba adalah kuliner. Tidak hanya di Indonesia, namun makanan terenak di dunia juga harus kamu coba. 

Sebelum menentukan makanan apa yang harus kamu coba saat melancong, ada baiknya apabila kamu mengetahui makanan tersebut. Sebab setiap negara pasti memiliki makanan terbaik yang dapat banyak orang santap dan nikmati oleh semua orang. 

Bahan yang penjual gunakan untuk membuat makanan terenak di dunia pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari daging, namun beberapa terbuat dari sayur atau karbohidrat tertentu. 

Nah, berikut adalah beberapa macam makanan terenak di dunia yang wajib kamu coba saat melancong ke negara tersebut. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Indonesia: Rendang

Rendang Indonesia
(Sumber: foodelicacy.com)

Mari memulai daftar makanan terenak di dunia yang pertama dengan rendang yang berasal dari negara kita, Indonesia. Hidangan satu ini terbuat dari daging sapi yang penjual masak dengan berbagai macam rempah-rempah. 

Membuat masakan satu ini memakan waktu cukup lama, sekitar 5 jam hingga semua bumbu meresap ke dalam daging. Ia juga menjadi makanan favorit yang akan selalu banyak orang rindukan, terutama bagi masyarakat Indonesia yang sedang menetap di luar negeri. 

Kendati demikian, hidangan yang berasal dari suku Minang ini tetap menjadi favorit bagi banyak orang. Dengan cita rasa yang khas dan mendalam, rendang akan lebih nikmat apabila kamu nikmati dengan nasi hangat. 

2. Jerman: Hamburger

Hamburger Jerman
(Sumber: Freepik)

Sedikit berbeda dengan daftar pertama, makanan terenak di dunia yang kedua berasal dari Negara Jerman. Ia adalah hamburger, makanan cepat saji yang terbuat dari roti, daging, dan berbagai macam sayuran. Hamburger dapat menjadi pilihan saat kamu lapar dan tidak sempat untuk memasak.

Walaupun cepat saji, makanan ini populer sebab cara memasaknya yang cepat dan cocok dengan kepribadian orang Jerman yang tidak suka menunggu. Semakin cepat memasak, semakin cepat pula pelanggan dapat memakannya. Makanan satu ini dapat kamu beli di berbagai restoran cepat saji di pinggir jalan. 

Hamburger memiliki berbagai macam topping, mulai dari varian daging yang beragam, tomat, pickles, dan selada. Saat ini ada banyak macam hamburger yang inovatif dan legit, beberapa penjual menambahkan potongan keju maupun keju yang meleleh.  

3. Thailand: Massaman Curry

Massaman Curry
(Sumber: vineandplate.com)

Daftar ketiga yang mengisi makanan terenak di dunia kali ini berasal dari Negeri Gajah Putih. Ia bernama Massaman Curry yang memiliki gabungan rasa yang unik. Saat kamu menyuapkan sesendok hidangan ini, kamu bisa merasakan rasa manis, pedas, dan gurih. 

Makanan ini digadang-gadang sebagai sebagai salah satu makanan favorit Raja Thailand. Massaman curry sendiri berasal dari Thailand Selatan, ia terbuat dari banyak gabungan rempah-rempah yang dimasak menjadi satu. Beberapa rempah-rempah tersebut meliputi kayu manis, adas manis, kapulaga, dan pala. 

Massaman curry merupakan hidangan yang terbuat dengan campuran padu padan makanan Thailand dan India. Selain itu, nama Massaman sendiri berasal dari kata mussulman yang menggambarkan muslim pada abad ke-17. Sebab saat itu, para muslim datang ke Thailand untuk mengenalkan rempah-rempah. 

4. Italia: Napoleon Pizza

Napoleon Pizza
(Sumber: pizzacappucino.com)

Siapa yang tidak suka pizza? Makanan dengan banyak topping yang beragam dengan lelehan keju sudah pasti nikmat dan membuat kita merasakan kenikmatan yang tiada tara. Makanan terenak yang ketiga berasal dari Italia, ia adalah Pizza Neapolitan. 

Baca Juga:  6 Rekomendasi Saus Steak Terbaik dengan Rasa yang Enak

Awal mula terciptanya hidangan satu ini ada di sebuah Kota Napoli, Italia. Cara pembuatan pizza ini cukup unik. Sebab ia dibuat dengan cara khusus dengan keju mozzarella di Bufala Campana dan tomat dari San Marzano atau Roma. Bahan utama dari pizza ini adalah adonan pizza, tomat, minyak zaitun, garam, dan basil.

Yang membuat makanan ini khas adalah cara memasaknya yang harus tepat pada detik 60 hingga 90 dengan temperatur 485 derajat celcius di dalam oven yang berbahan bakar kayu. Sebuah cara masak yang kreatif namun tetap menghasilkan hidangan yang menarik sekaligus unik. 

5. Jepang: Sushi

Sushi
(Sumber: unsplash.com)

Makanan terenak di dunia yang selanjutnya datang dari Jepang. Negara dengan kekaisaran ini memiliki sebuah hidangan yang sungguh nikmat tiada tara. Sushi adalah nasi beras ketan yang dibentuk menjadi bulat dengan ukuran kecil. Di dalamnya terdapat banyak topping, termasuk nori atau rumput laut.

Sushi yang biasa kamu lihat memiliki topping yang beragam, seperti sayuran, ikan, maupun seafood. Sushi yang berasal dari Jepang adalah hidangan yang asli dimana mereka menggunakan makanan mentah sebagai topping. Namun kementahan tersebut telah teruji dan rasanya yang asli akan memberi kesan tersendiri.

Saat ini sushi sudah mengalami inovasi yang banyak dalam penyajiannya. Tidak hanya menyediakan topping ikan atau seafood, namun ada juga yang memiliki topping daging sapi, daging ayam, telur, dan crabstick. Baiknya lagi, ada jenis sushi yang dimasak secara matang dan halal sehingga aman dimakan oleh muslim.   

6. Global: Es Krim

Es Krim
(Sumber: Freepik)

Daftar makanan terenak di dunia tidak hanya diisi oleh makanan yang terbuat dari karbohidrat dan protein semata. Di daftar yang keenam kita memiliki es krim sebagai makanan terenak yang mendapat perhatian dari semua orang di seluruh dunia. Makanan penutup satu ini cocok di semua lidah di semua negera.

Es krim terbuat dari berbagai macam sumber makanan dengan tambahan pemanis. Beberapa ada yang menggunakan pemanis alami, namun ada juga yang membuatnya dengan pemanis buatan. Makanan satu ini memiliki rasa yang unik tergantung dari sumber makanan yang ia buat untuk es krim. 

Bahan utama dari pembuatan es krim adalah krim atau susu. Karena dua bahan utama tersebut kamu dapat menikmati rasa manis yang enak. Selain itu es krim juga telah mengalami banyak inovasi dan rasa yang bermacam-macam. Mulai dari es krim dari buah, bahkan es krim dari kentang maupun ubi.

Kamu bisa menikmati makanan satu ini dengan cara membelinya di berbagai restoran maupun es krim yang sudah terbungkus dan dijual di toko terdekat. Semakin beku es krim milikmu, semakin lama kamu dapat menikmatinya. 

7. Hongkong: Dimsum

Dimsum
(Sumber: Freepik.com)

Tidak kalah dengan hidangan utama yang mengenyangkan, dimsum adalah salah satu makanan terenak di dunia yang berasal dari Hongkong, China. Ada banyak macam dimsum di daratan Kekaisaran Qing ini, sehingga akan lebih baik apabila kamu merasakan semua macam dimsum saat melancong ke Negeri Tirai Bambu ini.

Namun jenis dimsum yang paling terkenal adalah hakau. Ia adalah dimsum yang berisi potongan udang yang terbungkus dengan kulit pangsit. Cara membuatnya pun tidak susah, siapkan tepung dan potongan udang lalu bungkus adonan tersebut di atas kulit pangsit.

Pengolahan dimsum harus menggunakan minyak wijen sebab dari sanalah aroma yang kuat akan muncul. Hakau dapat kamu makan setelah mengalami proses pengukusan yang membuat makanan ini lembut dan meleleh di mulut. 

Baca Juga:  Papeda Makanan Khas Papua yang Terbuat dari Sagu!

8. Amerika Serikat: Donat

Donat
(Sumber: Freepik)

Di daftar yang kedelapan, kita punya donat sebagai makanan terenak di dunia. Makanan satu ini berasal dari Negara Amerika Serikat, ia merupakan makanan penutup yang memiliki banyak kalori. Terbuat dari kentang yang diuleni sampai halus, donat adalah makanan penutup yang layak dipertimbangkan keenakannya. 

Donat juga memiliki berbagai macam rasa yang bisa membuat penggemarnya ketagihan. Terutama apabila ia mendapat kucuran topping manis dari varian yang berbeda-beda. Seperti topping vanilla, coklat, stroberi, mangga, durian, nanas, dan rasa-rasa lain yang dapat membuatmu mendecakkan lidah sebab rasanya nikmat. 

Selain manis dan nikmat, bahan utama kentang adalah karbohidrat yang dapat menahan lapar. Sajikan dengan kopi atau cokelat panas, donat akan menjadi kawan yang tepat untuk menikmati hari sambil menonton film kesukaan. Semakin hangat donat yang kamu makan, semakin meleleh dan nikmat kamu rasakan. 

9. Prancis: Croissant

Croissant
(Sumber: Unsplash.com)

Croissant adalah daftar kesembilan makanan terenak di dunia yang dapat menempati hari penggemar sebab rasanya yang enak dan mengenyangkan. Ia terbuat dari adonan telur, ragi, tepung terigu, dan mentega. Untuk membuatnya, kamu memerlukan keahlian dan keterampilan dengan latihan yang seksama.

Adonan dari croissant berbentuk lapisan yang tipis sebab lemak dari bahan adonan telah tergilas dengan lapisan tepung terigu. Beberapa varian yang makanan terenak di dunia ini tawarkan kepada pembelinya meliputi croissant polos dan croissant yang memiliki rasa. 

Topping tersebut meliputi rasa coklat, keju, dan almond. Tips membeli kue pastry satu ini adalah dengan memilih kue yang berbentuk bulat mengembung. Itulah tanda bahwa adonan croissant telah pembuat uleni secara baik. Menikmati croissant sambil memandangi Kota Prancis yang romantis akan membuatmu merasa hangat. 

10. China: Bebek Peking

Bebek Peking
(Sumber: pinterest.com)

Makanan terenak di dunia yang selanjutnya berasal dari Negeri Tirai Bambu, ia adalah bebek peking. Makanan dengan bahan utama bebek memang sangat menggiurkan, terutama karena bebek memiliki daging yang gurih dan cocok untuk siapa saja. 

Bebek peking adalah makanan khas yang memiliki warna kecoklatan dan cerah secara elegan. Makanan satu ini sangat terkenal sehingga semua turis yang datang ke China pasti ingin mencoba bebek peking yang gurih. 

Cara memasak bebek peking adalah dengan cara dipanggang hingga matang kemudian diberi lapisan sirup maltosa. Kamu akan mendapati hidangan tambahan lain seperti bawang, pancake, dan hoisin atau saus kacang manis. 

Kulitnya yang kecoklatan itu menunjukkan seberapa renyah bebek peking setelah melalui proses pemanggangan yang cukup lama. Namun jangan salah, meski di luar kering dan renyah, dagingnya lembut dan meleleh di dalam mulut. 

11. Inggris: Fish n Chips

Fish n Chips
(Sumber: thesun.ie)

Makanan terenak di dunia yang menempati posisi kesebelas adalah Fish n Chips. Dalam Bahasa Indonesia ia lebih terkenal dengan nama ikan dan kentang goreng. Makanan satu ini berasal dari Inggris, bahkan rakyat Irlandia memanggilnya dengan nama chippies. Ia adalah makanan yang murah meriah untuk makan siang.

Fish n Chips lebih tenar di kalangan para pekerja daripada kalangan elite. Hal ini disebabkan oleh cara membuatnya yang mudah dan bisa para pekerja makan dengan cepat. 

Ikan yang penjual gunakan dalam makanan ini biasanya memiliki bentuk yang berisi, berwarna putih, dan memiliki daging yang meleleh di mulut. Ikan tersebut berupa ikan kod atau ikan dory. Dengan balutan tepung yang renyah, menikmati fish n chips sambil duduk di taman akan membuatmu merasa nyaman dan kenyang. 

12. Turki: Kebab

Kebab
(Sumber: njajan.com)

Turki merupakan sebuah negara dengan sejuta pemandangan dan tempat cantik untuk menyegarkan pikiran. Namun tidak hanya terkenal dengan kota yang indah, Turki juga terkenal dengan salah satu makanan khasnya yang mendunia. Hidangan tersebut adalah kebab.

Baca Juga:  Makanan Khas Tegal yang Harus Kamu Coba!

Kebab berasal dari kata kabbaba yang berarti memanggang atau membakar. Ada banyak macam kebab dari Turki, namun yang paling terkenal adalah shish kebab. 

Untuk jenis yang ini, ia berbentuk seperti tusukan sate dengan isian daging, paprika, mentimun, dan tomat. Cara memasaknya pun hampir sama seperti memanggang barbeque.

Namun menikmati daging saja bisa sedikit berminyak. Maka dari itu kebab biasa disajikan dengan sayuran. Bahkan beberapa kebab dapat kamu nikmati bersama roti atau kulit pangsit tebal dengan isian yang khas. Seperti selada, tomat, dan sayur-sayur yang lainnya. 

13. Malaysia: Laksa

Laksa
(Sumber: taste.com.au)

Makanan terenak di dunia yang selanjutnya berasal dari Negara Malaysia. Ia adalah laksa, sebuah hidangan yang terbuat dari mie gandum kental atau bihun. Laksa adalah makanan tradisional khas Malaysia yang akan melengkapi musim dingin, sebab ia memiliki rasa pedas yang menggoda dan menghangatkan. 

Laksa adalah hidangan sup pedas yang memiliki keharuman yang khas. Kamu akan merasakan pedas, manis, dan asam secara bersamaan. Ia terbuat dari kuah santan yang banyak dan pedas, atau bisa juga terbuat dari kuah asam yang terbuat dari buah asam. 

Pedas ataupun asam. laksa sangat menyegarkan dan menghangatkan. Dengan tambahan topping ayam, udang, dan ikan yang mempercantik hidangan, kamu pasti kenyang dengan satu porsi makanan khas Malaysia ini. 

14. Vietnam: Pho

Pho
(Sumber: hvgtravel.com)

Makanan terakhir yang sudah ada sejak abad ke 19 ini adalah salah satu makanan terenak di dunia. Ia berasal dari Negara Vietnam, namanya adalah Pho. Ia adalah hidangan mie bihun yang disandingkan dengan kaldu dari beberapa bumbu utama. 

Pho memiliki topping daging, kamu bisa memilih daging ayam atau daging sapi. Dengan tambahan tauge panjang dan beberapa sayur segar, pho akan menjadi pilihan terbaik saat ingin makan kenyang. Kaldunya yang bening dan segar pun dapat memberi kehangatan saat musim mudah membuat tidak enak badan.


Jadi, Mana Makanan Terenak di Dunia Favoritmu?

Kuliner memang tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi untuk membuat makanan menjadi lebih baik dan lebih lezat saat kamu nikmati. Setiap negara memiliki budaya yang berbeda, begitu pula dengan makanan khas yang mereka miliki. 

Melancong ke beberapa negara di dunia tidak akan lengkap apabila kamu tidak mencoba berbagai makanan terenak di dunia. Akan ada banyak rasa dan jamuan yang kamu coba, namun jangan sampai mencela makanan tersebut sebab setiap negara punya selera berbeda. 

Pastikan untuk melakukan riset tentang makanan tersebut sehingga kamu dapat menikmatinya. Kira-kira, makanan mana yang akan menggugah seleramu terlebih dahulu?


Dapatkan berbagai informasi makanan kekinian maupun tips seputar bisnis makanan, franchise, hingga resep untuk membantu bisnis kulinermu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.