8 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Kamu Coba

5 min read

makanan khas kalimantan

Pulau Kalimantan mungkin lebih terkenal akan hutan hujan tropisnya dan ladang pertanian kelapa sawit, namun pernahkan kamu mendengar tentang hidangan asal Kalimantan? Betul, Kalimantan memiliki sejumlah kuliner unik yang patut kamu coba. Ingin tahu hidangan tersebut seperti apa? Mari simak artikel berikut ini.

Macam-Macam Makanan Khas Kalimantan

Apakah kamu tahu jika kuliner yang berasal dari pulau Kalimantan itu banyak sekali ragamnya, apalagi bahan-bahannya? Artikel ini akan membahas delapan makanan khas Kalimantan beserta sedikit resepnya bagi kamu para penggemar kuliner tradisional Indonesia, selamat membaca.

1. Chai Kue

chai kue
Source : Fimela.com

Chai kue atau choi pan adalah makanan ringan dari kota Pontianak di provinsi Kalimantan Barat, yang dulu pernah dikenalkan oleh pendatang asal Tiongkok. Kudapan ini memiliki isian berupa bengkuang atau ebi dengan rasa gurih. 

Meskipun chai kue penampilannya mirip dengan sushi dari Jepang, namun makanan khas Kalimantan ini tidak menggunakan ikan sebagai isiannya.

Secara singkat, bahan-bahan chai kue adalah 200 gram tepung beras, 10 gram sagu, 450 gram air, 1 buah bengkuang, minyak goreng, 1/2 sendok teh garam, dan 2 siung bawang putih cincang. 

Tepung beras, sagu, dan air harus kamu campurkan sehingga menjadi adonan yang agak lengket. Masukkan garam dan minyak pada adonan itu dan masak dengan api kecil. Begitu adonan matang, angkat dan pindahkan ke atas sebuah plastik untuk kamu uleni agar tidak lagi lengket. Ambilah adonan itu sejumput demi sejumput dan pipihkan sebagai kulit chai kue.

Untuk isiannya, kamu perlu menumis bengkuang atau ebi bersama bawang putih dan garam, tetapi boleh kamu tambahkan gula dan merica secukupnya. Setelah matang, letakkan isian tersebut ke dalam kulit chai kue, olesi dengan sedikit minyak goreng, lalu kukus selama 10 menit hingga matang.

2. Soto Banjar

soto banjar
Source : Cookpad.id

Inilah makanan khas Kalimantan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Soto ini tampak mirip dengan soto ayam yang lazim masyarakat pulau Jawa konsumsi, namun soto banjar menggunakan daging ayam kampung, telur bebek, serta bumbu seperti kayu manis dan kapulaga yang memberikan rasa gurih serta manis.

Bahan-bahan utama soto banjar terbilang sederhana, yaitu 1 ekor daging ayam kampung yang dipotong 4 bagian, 2 buah telur bebek rebus, 50 gram bihun rebus, dan 1 buah kentang kukus. Bumbu-bumbunya cukup beragam, mulai dari kayu manis, kapulaga, pala, pekak, bawang putih dan merah, susu bubuk, kunyit, jahe, kemiri, adas merah, garam, dan merica butiran.

Baca Juga:  18 Rekomendasi Makanan Khas Turki yang Halal dan Terkenal

Pertama, potong-potong daging ayam kampung menjadi empat bagian lalu rebus dalam air panas. Kemudian kamu perlu memasukkan bumbu-bumbu kering seperti pekak, kapulaga, dan kayu manis, ke dalam sebuah kantong kain tipis dan rebus kantong itu bersama daging ayam. Jika sudah, haluskan dan tumis semua bumbu halus, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam.

Selanjutnya, angkat daging ayam dan tiriskan lalu suwir-suwir menjadi potongan kecil-kecil. Air rebusan ayam tersebut kamu tambahkan susu bubuk, kentang, dan gula dan didihkan hingga matang. Setelah itu, baru kamu keluarkan kantong rempah dan saring kaldunya sebelum kamu rebus kembali hingga mendidih.

3. Bubur Pedas Kalimantan

bubur pedas kalimantan
Source : Cookpad.com

Siapa bilang orang Kalimantan tidak tahu hidangan bubur? Ya, bubur pedas ini adalah makanan khas Kalimantan Barat, yang dalam bahasa Melayu disebut bubbor paddas. Ternyata, bubur ini tidak memiliki rasa yang pedas, karena dia menggunakan berbagai macam rempah dan sayuran dalam resepnya.

Bahan utama bubur pedas tentu saja adalah beras. Sayur-sayuran tambahan untuk bubur ini ialah 1 ikat kangkung, 1 ikat pakis, kacang panjang polong kecil, jagung, kelapa parut, ubi, dan bunga kol. Rempah-rempah untuk membuat bumbu bubur pedas yaitu berupa ketumbar, lada hitam, kemiri, bawang merah dan putih, jahe, kunyit, lengkuas, bumbu rendang, dan terasi udang.

Langkah pertama ialah mencuci dan menyangrai beras bersama kelapa parut hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan dinginkan. Berikutnya kamu buat daun pengharum bubur dengan cara meletakkan daun kesum di atas daun kunyit dan gulung rapat. 

Haluskan beras yang telah kamu sangrai bersama lada hitam dan ketumbar. Untuk bumbu halus, haluskan bumbu rendang, bawang-bawang, kemiri, dan semua bahan lainnya itu sambil kamu tambahkan sedikit air dan tumis bersama terasi udang dan gulungan daun kesum.

Masukkan beras yang kamu haluskan sebelumnya kedalam tumisan, tambahkan 1 sdt gula pasir dan 2 sdt garam. Jangan lupa merebus sayur-sayuran seperti jagung, ubi, dan kacang panjang. Begitu sayur rebusnya matang, baru campurkan dengan beras dan bumbu tumisan. dan masak hingga mendidih.

4. Sate Payau

sate payau
Source : Cookpad.com

Jika sate di pulau Jawa terbuat dari daging ayam atau sapi, di Kalimantan Timur ada sate yang bahan bakunya daging rusa! Inilah sate payau, makanan khas Kalimantan yang juga favorit penduduk Kutai Kartanegara. Daging rusa mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda dengan daging ayam atau sapi, sehingga perlu ada penyedap berupa kecap dan bumbu kacang.

Baca Juga:  14 Makanan Terenak di Dunia yang Perlu Kamu Coba

Bahan utama sate payau adalah daging rusa sebanyak 1 kilogram. Bumbu halusnya cukup banyak, yaitu 12 butir bawang merah dan 7 siung bawang putih, kecap manis, kemiri, merica bubuk, ketumbar bubuk, garam, dan gula.

Pertama, kamu harus memotong daging rusa tersebut menjadi potongan dadu. Kemudian blender semua bumbu halus tersebut dengan tambahan sedikit minyak goreng, lalu berikan kecap manis sesuai selera. 

Sebelum dimasak, campurkan daging rusa dan bumbu halus lalu diamkan dalam kulkas selama 1 jam. Begitu 1 jam sudah terlewat, sekarang waktunya kamu siapkan tusuk sate dan keluarkan daging tersebut dari kulkas. Susun daging rusa pada tusuk-tusuk sate dan bakar hingga matang.

5. Gudeg Mandai

gudeg mandai
Source : 876fm.com

Kalau di Yogyakarta, kita punya gudeg yang terbuat dari buah nangka. Di Kalimantan Selatan, ada yang namanya gudeg Mandai yang bahan bakunya dari buah cempedak, atau lebih tepatnya kulit buah cempedak. Makanan khas Kalimantan ini dipercaya dapat menggugah selera makan siapa saja yang mencicipinya.

Kamu sebaiknya hanya menggunakan buah cempedak yang sudah mengalami fermentasi dalam memasak gudeg mandai. Buah tersebut memerlukan tambahan berupa 5 buah cabai merah, daun jeruk purut, 1 buah tomat, serai 1 batang, dan daun bawang. Bumbu halusnya ialah 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kunyit dan jahe kecil, dula, dan garam secukupnya.

Sebelum memasak, cuci dulu buah cempedaknya sampai bersih. Berikutnya kamu goreng buah tersebut hingga warnanya kekuningan, lalu angkat dan tiriskan. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang, kunyit, dan jahe, lalu tumis bersama daun purut dan serai hingga harum. 

Jika sudah, baru kamu masukkan buah cempedak yang telah digoreng kedalam tumisan, juga potongan cabai merah dan tomat. Jangan lupa kamu berikan gula dan garam secukupnya agar rasanya pas di lidah sebelum kamu sajikan.

6. Sayur Kalumpe

sayur kalumpe
Source : Pegipegi.com

Bagi kamu yang suka hidangan dari daun singkong, makanan khas Kalimantan ini boleh jadi cocok bagimu. Sayur kalumpe atau karuang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah dan merupakan makanan tradisional suku Dayak. Yang membedakan sayur kalumpe ini sayur daun singkong lainnya ialah daun singkong yang harus ditumbuk sebelum dimasak.

Selain daun singkong sebagai bahan utamanya, sayur ini juga membutuhkan terong kecil atau pipit, daun rawen rungkai, santan encer, dan buah sulur keladi. Untuk membuat kuahnya, kamu memerlukan bumbu halus bawang merah dan putih, 1 batang lengkuas, 3 batang serai geprek, 1 gelas santan kental, kayu manis, dan lombok.

Langkah pertama memasak sayur ini yaitu dengan menumbuk daun singkong, daun rawen, dan terong kecil hingga halus. Haluskan bawang-bawang, lalu siapkan panci besar untuk mencampurkan tumbukan daun singkong beserta bumbu halus, termasuk bawang juga, dan masak dengan api kecil. 

Baca Juga:  11 Makanan Khas Sumatera yang Enak dan Melegenda!

Kemudian masukkan sulur keladi yang dipotong-potong dan santan kental sambil kamu aduk. Setelah matang, kamu bisa menghidangkannya dengan tambahan ikan asin dan terasi pedas.

7. Bingka Barandam

bingka barandam
Source : Cookpad.com

Satu lagi makanan khas Kalimantan dari Banjar, Kalimantan Selatan, ialah bingka barandam. Hanya saja, kali ini hidangannya adalah kudapan mirip tiramisu. Kue bingka barandam ini seringkali tersedia sebagai oleh-oleh makanan manis di kota Banjarmasin.

Untuk membuat bingka barandam, bahan-bahannya yaitu 200 gram tepung terigu, 8 butir telur, gula dan garam secukupnya, 1/2 sendok teh bubuk vanili, dan 1/2 sendok teh ekstrak vanilla. Adapun bahan kuahnya ialah 6 sendok makan gula pasir, 250 ml air, 3 lembar daun pandan, dan sedikit garam.

Langkah pertama ialah mengocok tepung terigu, telur, gula pasir, garam, vanili bubuk dan ekstrak vanilla sampai mengembang. Selanjutnya siapkan cetakan kue dengan mengolesinya pakai margarin. 

Sambil cetakan kue tersebut kamu panaskan, persiapkan adonan kue untuk akmu tuang kedalam cetakan, jangan terlalu banyak. Setelah itu tutup cetakan dan masak hingga matang.

Untuk membuat kuahnya, kamu harus merebus air bersama gula, garam, serta daun pandan sampai mendidih. Jika sudah, dinginkan dan saring kuah tersebut sebelum kamu tuangkan ke bingka barandam.

8. Pepes Kepiting Samarinda

pepes kepiting samarinda
Source : Beritagar.id

Tahukah kamu jika pepes ada yang menggunakan kepiting sebagai bahan utamanya? Ya, pepes kepiting dari kota Samarinda ini adalah makanan khas Kalimantan nomor delapan yang bisa kamu coba jika kamu menggemari hidangan laut.

Kamu memerlukan bahan-bahan utama berupa 500 gram daging kepiting utuh, bawang merah dan bawang putih, selusin kemiri, dan 3 buah tomat. Ada pula jahe dan lengkuas masing-masing 1 ruas, cabai rawit, cabai keriting, dan cabai merah besar. Apakah kamu butuh bahan pelengkap? Silakan gunakan daun kemangi dan salam, 4 potong tahu putih, gula, garam, dan penyedap rasa.

Pertama, rebus dulu kepitingnya sampai warnanya kemerahan. Kemudian haluskan semua bumbu halus seperti cabai-cabai, bawang merah dan putih, jahe, serta lengkuas. Lumuri kepiting yang sudah direbus dengan bumbu halus itu dan tambahkan daun-daun kemangi dan salam serta penyedap. Setelah itu, bungkus kepiting dalam daun pisang dan kukus selama 15 menit, lalu kamu panggang kepitingnya selama 5 menit hingga matang.


Itulah artikel bertemakan delapan makanan khas Kalimantan beserta sedikit resepnya yang bisa kamu coba masak sendiri. Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia hanya di fnbpreneur.id.