Cara Membuat Jus Bayam untuk Jualan dengan Rasa Enak

4 min read

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sering menjadi bahan masakan di dapur. Selain karena rasanya yang enak, alasan para ibu-ibu rumah tangga memilih bayam karena bayam memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Apalagi jika bayam dikonsumsi secara rutin, maka kamu pasti akan bisa merasakan khasiatnya yang luar biasa. 

Kandungan Bayam

Menurut beberapa penelitian bayam mentah atau bayam yang tidak diolah itu mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungannya yaitu beta karoten, zat besi, vitamin, kalium dan magnesium, asam amino, serta yodium. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung mineral yang bisa bersifat basa sehingga mampu menyeimbangkan tingkat ph dalam tubuh kamu.

Selain itu bayam juga mengandung protein yang tinggi. Bahkan faktanya sepotong bayam mengandung protein setara dengan sepotong daging. Menakjubkan bukan?

Nah salah satu cara terbaik dalam mengkonsumsi bayam agar kamu bisa merasakan manfaatnya yaitu dengan membuat jus. Ada banyak manfaat jus bayam untuk kesehatan.


Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan

Adapun manfaat bayam untuk kesehatan yaitu:

1. Kaya antioksidan

Minum jus bayam adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan antioksidan. Sehingga asupan antioksidan tubuhmu bisa tercukupi. 

Bayam adalah sumber terbaik untuk antioksidan Lutein, beta karoten, violaxanthin, asam romaric, dan asam ferulat. Semua jenis antioksidan tersebut baik untuk tubuh.

Antioksidan seperti yang diketahui sendiri memiliki manfaat dalam menetralkan racun dan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Bahkan dengan antioksidan ini dipercaya juga dapat melindungi tubuhmu dari berbagai penyakit kronis berbahaya.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Bagi kamu yang mempunyai masalah pada penglihatan. Kamu bisa mencoba bayam sebagai salah satu pengobatan alami untuk mata kamu.

Bayam itu memiliki kandungan Lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini sangat baik untuk menjaga penglihatan agar tetap sehat.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Jawa yang Populer, Cocok untuk Wedangan

Bahkan penelitian yang telah dilakukan dalam senyawa ini bisa membantu untuk melindungi terhadap degenerasi makula akibat dari usia. Degenerasi makula ini berkaitan dengan kondisi umum yang menyebabkan penglihatan berkurang. 

Selain itu menurut sebuah penelitian peningkatan asupan dari kedua zat ini dapat mengurangi risiko katarak. Risiko katarak sendiri merupakan suatu kondisi dimana mata mengabur akibat dari lensa mata yang terganggu.

Tidak hanya karena kedua zat ini, bayam juga mengandung vitamin A yang diketahui banyak orang bermanfaat untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering dan bahkan kebutaan di malam hari.

Hebatnya lagi meskipun kamu hanya minum satu cangkir jus bayam atau 240 mL jus. Itu sudah menyediakan 63% vitamin a untuk tubuh. Menarik bukan?

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat terpenting lainnya dari bayam adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini berkaitan juga dengan kandungan antioksidan yang ada di bayam. 

Kandungan antioksidan ini juga berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Walaupun saat ini belum terlalu banyak penelitian bahwa bayam dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada manusia. Namun, salah satu penelitian yang memperkuat teori ini yaitu sebuah penelitian yang dilakukan dengan memberikan bayam pada tikus.

Dalam penelitian tersebut, tikus diberikan bayam selama 2 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayam dapat mengurangi volume Tumblr kanker usus sebesar 56%.

Tidak sampai di situ ada satu penelitian lagi yang menunjukkan bahwa senyawa bayam dapat meningkatkan efek terapi radiasi pengobatan sel kanker pankreas. Keren kan?

Kamu tidak perlu khawatir karena penelitian ini juga pernah dilakukan kepada manusia. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa manusia yang makan lebih banyak sayuran hijau seperti bayam dapat menurunkan risiko kanker baik itu kanker payudara, prostat dan sebagainya.

Walaupun memang pada penelitian ini lebih fokus pada tanaman hijau secara keseluruhan. Tapi bayam memang sudah dipercaya dapat menurunkan resiko kanker. 

4. Jus bayam dapat mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tentunya adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Nah bagi kamu yang memiliki penyakit darah tinggi wajib mencoba jus bayam.

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

Bayam mengandung nitrat yang cukup tinggi. Nitrat merupakan senyawa yang dapat membantu dalam proses pelebaran pembuluh darah di dalam tubuh manusia. 

Pelebaran pembuluh darah ini tentunya dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Salah satu penelitian terkait hal ini yaitu penelitian yang dilakukan selama 7 hari pada 27 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan bayam setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kekakuan pada arteri. Tidak hanya itu dalam penelitian lainnya bayam dipercaya dapat meningkatkan status oksigen nitrat yang sangat membantu agar tekanan darah tidak terlalu tinggi.

Satu cangkir bayam bisa mengandung lebih dari 14% kalium. Hal ini sangat bermanfaat dalam mengatur tekanan darah yaitu dengan cara mengontrol jumlah natrium yang dikeluarkan melalui urin.

5. Jus bayam dapat memelihara kesehatan rambut dan kulit

Bagi kamu para wanita yang mempunyai masalah kulit atau rambut bayi yang sangat cocok untuk kamu. Vitamin A yang terkandung dalam bayam membantu mengatur pembentukan sel kulit dan juga dapat membantu menghasilkan lendir untuk melindungi tubuh dari infeksi ketika luka.

Tidak hanya vitamin A pada bayam juga mengandung vitamin C. Bahkan dalam satu cangkir jus bayam mengandung 38% vitamin C yang merupakan vitamin esensial yang larut dalam air serta berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa vitamin C yang terkandung di dalam sayuran atau buah-buahan dapat membantu melindungi kulit dari stress oksidatif. Tidak hanya itu vitamin C juga sangat membantu dalam melindungi kulit dari peradangan atau kerusakan yang semuanya dapat merusak kulit dan mempercepat tanda-tanda penuaan. 

Spesial yang lagi, vitamin C dapat membantu juga dalam sintesis kolagen dan protein jaringan ikat yang membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini tentunya akan membuat kamu awet muda.

Vitamin C sendiri dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Nah dengan meningkatnya penyerapan zat kimia yang dapat membantu dalam mencegah rambut rontok akibat dari kekurangan zat besi. 

Tingginya manfaat dari jus bayam ini tidak membuat orang yang tidak menyukai sayuran akan memilih bayam. Hal ini karena untuk beberapa orang bayam merupakan sayuran yang tidak enak.

Baca Juga:  12 Minuman Khas Bali yang Wajib Dicoba

Hal ini tentunya menjadi masalah untuk kamu para penjual jus bayam. Jus bayam yang biasa saja tentunya tidak akan laku di pasaran.

Oleh karena itulah sangat penting sekali untuk bisa meracik bayam dengan benar agar bisa menjadi jus yang enak dan menyehatkan. Untuk itu saya akan menguraikan cara membuat jus bayam yang enak.


Cara Membuat Jus Bayam yang Enak

Berikut cara membuat jus bayam yang enak sehingga disukai oleh banyak pelanggan.

1. Alat 

Adapun alat-alat untuk membuat jus bayam enak yaitu:

  1. Blender
  2. Pisau
  3. Talenan
  4. Baskom
  5. Gelas

2. Bahan

Adapun bahan-bahan untuk membuat jus bayam enak yaitu:

  1. Bayam
  2. Apel
  3. Pisang
  4. Air
  5. Mentimun
  6. Susu

3. Proses Pembuatan

Adapun proses pembuatan jus bayam enak yaitu:

  1. Siapkan alat dan bahan
    siapkan alat dan baham membuat jus bayam
    Bersihkan bahan-bahan seperti bayam, apel, pisang, dan mentimun terlebih dahulu dengan air mengalir. Setelah itu tiriskan agar air hasil cucian berkurang.
  2. Potong Apel dan mentimun
    potong apel dan mentimun untuk membuat jus bayam
    Mentimun, dan apel dipotong sesuai kebutuhan. Usahakan jangan sampai jumlah mentimun dan apel melebihi jumlah bayam karena bisa mengurangi rasa asli dari bayam.
  3. Blender bahan
    blender bahan untuk membuat jus bayam
    Masukkan bahan-bahan yang sudah siap tadi pada blender seperti mentimun, apel, dan pisang. Kemudian blender sampai sedikit halus. Setelah itu, masukkan bayam dan blender kembali.
  4. Jus Bayam Siap Dihidangkan
    Jus bayam siap dihidangkan
    Jika semua bahan sudah halus, kamu bisa memasukkan susu sesuai selera. Setelah itu, jus pun jadi, kamu tinggal memindahkannya pada wadah untuk jualan. Seperti gelas atau plastik sesuai keperluan saja. Kamu juga bisa mengganti buah-buah lainnya untuk tambahan. Tapi sesuaikan dengan budget dan harga dari jus yang akan kamu jual ya.

Sudah Tahu Cara Membuat Jus Bayam?

Setelah mengetahui cara membuat jus bayam yang enak. Kamu tinggal menerapkannya untuk jualan mu ya. Semoga membantu!

Temukan berbagai tips menarik dan inspirasi ide bisnis minuman sehat lainnya hanya di fnbprenereur.id