Ketahui 10 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan!

3 min read

manfaat beras kencur

Manfaat beras kencur sudah dipercaya nenek moyang sejak berabad-abad lalu.

Beras kencur sendiriadalah salah satu minuman jamu populer di Indonesia yang punya banyak manfaat. Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari kencur (Kaempferia galanga) dan beras sebagai bahan utama. 

Kebanyakan jamu rasanya pahit, tetapi beras kencur disajikan dengan gula dan asam, membuatnya rasanya lebih manis dan menyegarkan. Bahkan tak jarang loh anak kecil yang suka minum beras kencur, dan orang tua juga suka memberikannya kepada anak-anak karena berkhasiat meningkatkan nafsu makan. 

Penasaran apa lagi manfaat jamu beras kencur bagi tubuh? 

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Mengenal Jamu Beras Kencur

Beras kencur adalah salah satu minuman herbal yang kaya akan khasiat penting bagi tubuh dan sudah banyak beredar di pasaran. Minuman ini terbuat dari campuran berbagai bahan yaitu beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pandan. 

Jamu beras kencur populer karena khasiatnya untuk meningkatkan nafsu makan. Nah, khasiatnya ini didapat dari penggunaan kencur sebagai bahan utamanya.

Kencur (Kaempferia galanga) juga dikenal sebagai jahe pasir atau jahe aromatik. Di China, masyarakat telah lama menggunakannya sebagai obat tradisional untuk rematik, batuk kering, nyeri otot, dan radang. 

Sementara di Indonesia dan Malaysia, masyarakat juga mengonsumsi kencur karena khasiatnya untuk menyembuhkan osteoarthritis, peradangan, rematik, sakit tenggorokan, hipertensi, serta tumor. Bahan tradisional ini termasuk dalam kategori rimpang (akar), yakni tanaman obat yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia.

Kandungan Gizi Jamu Beras Kencur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jamu ini merupakan campuran dari beras, kencur, dan bahan alami lainnya. Jadi, minuman herbal ini setidaknya mengandung nutrisi dari bahan pembuatnya terutama beras dan kencur. Berikut adalah daftar kandungan gizi beras kencur dalam takaran 100 ml:

  • 205 kalori
  • 1,6 mg natrium
  • 45 g total karbohidrat
  • Kaempferol (sejenis flavonoid)
  • 0,1 gr gula pasir
  • 0,4 gram lemak total
  • 1,8% DV besi
  • 0 mg kolesterol
  • 4,3 gram protein
  • 55 mg kalium
  • 0,6 g serat makanan
  • 1,2% DV kalsium
  • Sineol (senyawa terpenoid)
  • Borneol (senyawa penciri minyak dan kristal kapur)
  • Asam P-metoksi sinamat
Baca Juga:  Cara Membuat Jus Bayam untuk Jualan dengan Rasa Enak

Manfaat Jamu Beras Kencur

Semua kandungan gizi tersebut tidak hanya membuat rasa jamu herbal ini unik, tetapi juga bisa meningkatkan khasiatnya.

Berikut beberapa khasiatnya.

1. Menambah Nafsu Makan

Berkat kandungan nutrisinya yang sarat akan kencur, jamu ini dapat membantu merangsang nafsu makan secara efektif. Khusus untuk anak kecil, jamu ini biasanya dijadikan perangsang nafsu makan andalan para orang tua karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Jadi, jika anak kamu memiliki nafsu makan yang buruk, kamu bisa memberinya segelas beras kencur hangat atau dingin. Minuman ini juga konon bisa menyembuhkan beberapa keluhan seperti pegal-pegal, masuk angin, kolik, dan demam.

2. Melindungi Dinding Perut

Jika meminumnya setiap hari, jamu ini dapat membantu menebalkan dinding lambung. Jadi, jamu beras kencur sangat bermanfaat bagi penderita maag yang mengalami kerusakan dinding lambung.

3. Menghilangkan Penat dan Pegal Linu

Khasiat besar lainnya dari jamu beras kencur adalah membantu meredakan pegal linu dan rasa penat. Sudah banyak orang yang mengonsumsi jamu beras kencur untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal-pegal di tubuh. 

Tak heran jika jamu ini menjadi favorit bagi beberapa profesi, seperti pekerja konstruksi, pekerja kantoran, atlet, tentara, dan lain-lain. Pasalnya, dengan rutin mengonsumsi jamu beras kencur setiap hari, maka dapat membantu memulihkan stamina lebih cepat setelah melakukan aktivitas berat dan melelahkan. 

4. Meningkatkan Vitalitas pada Pria

Bagi pria, khasiat jamu beras kencur dapat berguna untuk meningkatkan vitalitas dan memulihkan stamina. Jadi, para pria tidak akan mudah merasa lelah setelah melakukan hubungan intens dengan istri. Apalagi jika mengonsumsinya secara rutin sebelum tidur, dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar.

5. Menyuburkan Rahim

Selain menambah vitalitas pada pria, manfaat lain dari jamu beras kencur adalah meningkatkan kesuburan wanita. Terlebih lagi, bagi para wanita yang memiliki riwayat keguguran, mengonsumsi jamu ini sangat direkomendasikan. 

Baca Juga:  Peluang Bisnis Juice Buah Segar dan Tips Suksesnya!

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beras kencur dengan bawang putih dan daun sirih yang kamu rebus dan ambil airnya. Konsumsi ramuan ini secara rutin setiap pagi atau saat menstruasi. Biar rasanya lebih nikmat dan berkhasiat, kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu.

6. Membantu Penyembuhan Luka Setelah Melahirkan

Ramuan jamu ini mengandung senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel-sel rusak. Maka tak heran jika konsumsi jamu beras kencur juga dapat mengurangi nyeri otot pada tubuh akibat mengejan saat persalinan.

7. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Tak hanya berkhasiat untuk orang dewasa, beras kencur juga memberikan banyak manfaat untuk anak-anak. Selain membantu meningkatkan nafsu makan, jamu ini bisa jadi alternatif minuman sehat bagi anak-anak untuk menambah energi. 

Di usia pertumbuhan, si kecil pasti sangat aktif dan suka bermain. Untuk itu, orang tua perlu memastikan si kecil memiliki energi yang cukup untuk aktivitas sehari-harinya.

Nah, minum jamu beras kencur adalah salah satu solusi untuk menaikkan energi tersebut. Minuman tradisional ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan memulihkan energi yang sudah habis terkuras. Tak hanya itu, jamu beras kencur juga bisa mengatasi badan anak yang lelah setelah seharian bermain dan belajar.

Ajak si kecil minum jamu beras kencur setiap malam sebelum tidur. Keesokan paginya, ia akan merasakan tubuhnya lebih segar dan energik.

8. Menjaga Kadar Gula Darah

Khasiat lain dari jamu beras kencur adalah membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Bagi penderita diabetes, minum beras kencur secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Seperti poin sebelumnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya karena penelitian selama ini hanya dilakukan dalam skala kecil. Jadi, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji manfaat dan keamanannya.

9. Mengatasi Masuk Angin 

Saat masuk angin sebaiknya mengonsumsi minuman dan makanan hangat, salah satunya bisa mencoba jamu beras kencur. Konsumsi minuman herbal ini sebanyak dua kali sehari akan lebih baik daripada bergantung pada obat-obatan kimia untuk menyembuhkan masuk angin.

10. Meredakan Flu

Tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi masuk angin, jamu beras kencur juga sangat bermanfaat dalam menangkal flu. Kandungan kencur pada minuman ini dapat memberikan efek hangat yang menenangkan, terutama hidung tersumbat akibat flu.

Baca Juga:  Sudah Coba Deretan Minuman Segar Khas Jawa Tengah ini?

Gejala flu seperti mual dan demam juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi jamu beras kencur. Jika saat ini kamu menderita flu, cobalah konsumsi jamu beras kencur hangat dengan meminumnya 2-3 kali sehari, lalu rasakan khasiatnya.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Membuat beras kencur sendiri di rumah ternyata tidak sulit, loh. Bahan-bahannya juga gampang ditemukan. Jika tertarik ingin mengonsumsi dan merasakan khasiatnya, coba ikuti langkah-langkah praktis berikut ini:

  • Siapkan bahan-bahan seperti 200 gram beras yang sudah dicuci bersih dan ditumbuk, 500 gram kencur, 100 gram gula merah, serta 2 butir cengkeh dan kayu manis.
  • Kupas kulit kencur.
  • Rebus 1,5 liter air panas bersama semua bahan.
  • Aduk selama 20 menit.
  • Saring airnya dan tuangkan ke dalam gelas. 
  • Jamu beras kencur sudah siap dikonsumsi.

Yuk, Rasakan Sendiri Manfaat Jamu Beras Kencur!

Meski penelitian terkait manfaat jamu beras kencur masih terbatas hingga saat ini, tapi sudah banyak kasus yang membuktikan khasiatnya.

Secara keseluruhan, jika kamu lebih suka membeli beras kencur siap minum, pastikan dulu komposisi bahan di dalamnya, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman Indonesia, minuman sehat dan resep minuman hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.