Inspirasi Bisnis Kuliner yang Menjanjikan untuk Dijual Online

5 min read

bisnis kuliner yang menjanjikan

Menjadi pengusaha pada bidang bisnis kuliner adalah prospek yang menjanjikan. Jika belum menemukan inspirasi akan jenis usaha kuliner apa yang harus dipilih, di bawah ini beberapa ide bisnis kuliner kekinian yang dapat menjadi referensi untuk membuka usaha sendiri dan menjualnya secara online.

Simak ulasannya, yuk!

Inspirasi Bisnis Kuliner yang Menjanjikan untuk Dijual Online

1. Bakso

Bakso sudah lama menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Makanan berbahan dasar daging ini memiliki ciri khas unik dan kuah yang menyegarkan untuk dikonsumsi. 

Membuka usaha bakso jika dilakukan dengan benar akan memberikan keuntungan yang besar bagi kamu. Jangan lupa berikan ciri khas pada usaha kamu agar mudah dikenal oleh masyarakat! Bahkan, sekarang ini sudah ada inovasi jualan bakso frozen yang membuat kamu bisa menjual produk ke luar kota tanpa takut basi.

2. Seblak

Bisnis kuliner seblak bisa menjadi jenis usaha yang menjanjikan di masa sekarang. Makanan khas dari bumi Sunda ini dikenal dengan rasanya yang pedas dan aroma yang kuat. Bumbu rempah khasnya akan memikat para pecinta kuliner di Indonesia. 

Usaha seblak juga bisa dilakukan dengan online melalui bantuan ojek online atau bahkan membuat kemasan seblak siap saji atau frozen. Siapkan kemasan yang unik untuk membantu memberikan nilai khusus pada bisnis milikmu. 

3. Jus Buah-buahan

Bisnis kuliner lainnya yang bisa kamu coba, yaitu membuat usaha jus buah-buahan. Siapa sih yang tidak suka dengan kesegaran minuman berbahan dasar buah? Tentu banyak peminatnya.

Jika memanfaatkan kesempatan ini, kamu bisa meraup untung yang besar. 

Apalagi dengan cuaca di Indonesia yang cenderung sering panas, membuka usaha jus buah akan memberi profit pada usaha kamu. Berikan kualitas buah yang bagus, agar jus buah jadi lebih enak untuk dinikmati. 

4. Gorengan

Orang Indonesia tidak bisa lepas dari goreng-gorengan. Kamu bisa membuka bisnis kuliner kekinian, seperti gorengan di pinggir jalan ataupun secara online, dengan begitu keuntungan akan datang dalam waktu cepat. 

Bisnis kuliner yang menjanjikan ini akan jadi lebih untung ketika beberapa musim, seperti musim Ramadhan. Sebaiknya, kamu menyediakan berbagai pilihan gorengan agar pelanggan bisa memilih dengan bebas. Namun, jangan lupa untuk menjaga kualitas minyak goreng untuk mempertahankan kualitas produk. 

5. Makanan Korea

Tidak hanya musik dan budayanya, makanan Korea kini juga makin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan gaung ke-Koreaan ini dengan membuka usaha jajanan Korea. 

Baca Juga:  Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan Untuk Pemula

Sesuaikan resep makanan dengan lidah orang Indonesia agar bisa diterima dengan mudah dan dapat meraup untung lebih banyak. Kamu bisa membuka usaha makanan Korea, seperti tteokbokki, ramen, kimbab, hingga bibimbap yang banyak disukai masyarakat di dunia. 

6. Mie Ayam

Satu lagi makanan kesukaan masyarakat Indonesia, yaitu mie ayam. Menggunakan kuah dan daging ayam yang berbumbu khas, kuliner satu ini akan menggugah selera setiap lapisan masyarakat. 

Kamu bahkan bisa memodifikasinya dengan bahan yang lebih sehat untuk memberi keunikan pada bisnis. Seperti menggunakan mie berbahan dasar sayur organik atau membuat bumbu mie sama sekali tidak menggunakan MSG, sehingga bisa jadi lebih sehat, namun tetap enak. 

7. Cilok

Makanan kecil berbahan tepung aci yang dikukus ini biasa dinikmati sebagai camilan untuk orang dewasa hingga anak kecil. Bisnis kuliner kekinian satu ini bahkan sudah menjamah penjualan online di website perbelanjaan dan ojek online. 

Cilok bisa jadi inspirasi usaha untuk kamu yang ingin mencoba berbisnis. Apalagi pembuatan cilok dikenal sederhana dan dapat dimodifikasi dengan berbagai macam isian dan bahan yang lebih berkualitas. 

8.Cireng

Cireng adalah makanan ringan yang merupakan singkatan dari aci goreng. Bahan dasarnya dari tepung dan mudah dibuat sendiri oleh pemula sekalipun. Cireng bahkan bisa dijual dalam bentuk beku, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama. 

Jika ingin membuka bisnis kuliner yang menjanjikan, cireng bisa jadi pilihannya. Karena makanan ini digemari oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia. 

9. Baso Aci

Bakso aci adalah makanan kekinian yang masih disukai sampai sekarang. Bakso aci merupakan olahan bakso berbahan tepung aci bukan daging sapi beserta bahan pelengkap lainnya yang disiram dengan kuah khasnya yang hangat. 

Usaha bakso aci ini bisa kamu jual secara online dengan ojek atau pun pembelian bungkus melalui website perbelanjaan. Sehingga, usaha kuliner bakso aci kamu bisa merambah ke berbagai daerah dengan mudah. 

10. Keripik Pedas

Orang Indonesia sangat suka dengan makanan bercita rasa pedas. Sehingga, membuka bisnis kuliner dengan cita rasa pedas akan menjadi peluang yang besar. Salah satunya, yaitu membuka bisnis keripik pedas. 

Bisnis kuliner yang menjanjikan satu ini sudah digemari dari dulu dan masih terus bertahan sampai sekarang. Jika ingin lebih unik, berikan rasa yang berbeda pada menu buatan kamu. Jangan lupa berikan level kepedasan yang berbeda agar masyarakat bisa memilih level pedas kesukaan mereka sendiri. 

11. Makaroni Pedas

Selain keripik pedas, makanan ringan pedas lain yang bisa dipilih untuk kamu jadikan ide usaha kuliner, yaitu makaroni. Beberapa merek makaroni bahkan sudah membuka usahanya di berbagai daerah. 

Hal ini menunjukkan bahwa bisnis satu ini memang benar-benar menjanjikan. Jika ingin berbisnis makaroni pedas, berikan inovasi pada makanan tersebut agar tidak sama dengan merek yang sudah ada. 

Baca Juga:  Media Online Terbaik Untuk Mempromosikan Produk Kulinermu

12. Kue Kering

Walaupun kue kering sering diidentikkan dengan suasana lebaran, namun kue ini masih menjadi salah satu pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan. Kue kering seperti cookies bahkan sudah dijual online dan merambah ke berbagai kalangan. 

Jika ingin usaha kue kering ini jadi lebih sukses, berikan kemasan yang kekinian dan bagus agar menarik perhatian pembeli. Jangan lupa juga perhatikan rasa kue keringnya ya. 

13. Kebab

Makanan khas Turki ini sudah lama menjadi kegemaran masyarakat di Indonesia. Beberapa cabang usaha kuliner ini bahkan sudan bertahan hingga bertahun-tahun. 

Isian sayur juga daging berbumbu yang lezat menjadi daya tarik dari makanan ini. Kebab mini bahkan sudah tersedia di beberapa marketplace online sehingga pembeli bisa memakan makanan ini dimanapun mereka suka. 

Jika ingin membuka usaha kebab di daerahmu, berikan rasa yang lebih unik dan original. Sehingga pembeli bisa repeat order

14. Roti Bakar

\Bisnis roti bakar tak lekang dimakan oleh masa. Usaha kuliner ini sering sekali kamu jumpai di berbagai daerah. Mulai dari usaha di pinggir jalan, hingga restauran juga cafe-cafe.

Karena roti bakar adalah makanan yang lezat dan dapat dinikmati dengan berbagai pilihan topping atau isian. Bisnis ini tentu saja sangat menjanjikan untuk jadi inspirasi pengusaha lainnya. Lengkapi bisnis ini dengan menjual minuman, seperti kopi, susu atau minuman menyegarkan lainnya untuk memberi pelengkap di lidah pembeli. 

15. Dessert Box

Usaha dessert box adalah usaha kuliner kekinian yang banyak peminatnya di berbagai kalangan. Dessert dengan perpaduan cookies, pudding, tiramisu dan lain sebagainya terkemas dalam box yang menarik untuk dinikmati oleh pembeli. 

Berbagai rasa bisa jadi pilihannya, mulai dari coklat, vanila, hingga strawberry, biasa tersedia sebagai varian rasa kuliner ini. Jika ingin sukses, kamu bisa memulai membuka usaha dessert box milikmu sendiri dengan pengemasan dan rasa yang unik tentunya. 

16. Croffle

Croffle merupakan gabungan dari waffle dan croissant. Kuliner ini adalah jenis roti-rotian manis yang dimodifikasi sehingga menjadi dessert yang kekinian dan digemari. Croffle cocok kamu sajikan bersama kopi atau susu dingin. 

Membuka usaha croffle menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan dan bisa mengantarkan kamu meraup untung yang banyak. Jika memakai strategi yang pas, maka usaha ini bisa juga merambah di berbagai kalangan dengan harga yang terjangkau. 

17. Martabak

Martabak adalah makanan yang sudah lama menjadi kegemaran masyarakat. Rasanya yang gurih dan enak membuatnya menjadi pilihan makanan di malam-malam hari. 

Apalagi isian martabak bisa beragam sesuai dengan keinginan. Martabak manis atau gurih juga bisa menjadi pilihan para pembeli. 

Usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin mencoba menjadi pengusaha kuliner. Kamu bisa membuka gerai di pinggir jalan bahkan di restoran untuk mulai usaha kuliner ini.  Lengkapi dengan menu-menu yang beragam untuk menarik pembeli agar datang lagi. 

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

18. Keripik Usus

Keripik usus menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan berikutnya. Memanfaatkan sentimen orang Indonesia yang menyukai keripik, kamu bisa meraup untung dengan keripik unik seperti yang terbuat dari usus ayam ini. 

Berikan sentuhan berbeda dengan penambahan rasa pedas, balado, atau manis agar pembeli bisa jadi lebih tertarik lagi. Selain itu, usaha ini juga bisa merambah usaha online dengan pengemasan yang pas dan kedap udara. Sehingga bisa dikirim di berbagai daerah di Indonesia. 

19. Fried Chicken

Menu yang terbuat dari ayam memang selalu menjadi kegemaran di tiap wilayah. Apalagi menu ayam goreng atau fried chicken. Rasa gurih ayam dalam balutan tepung yang berbumbu akan membuat ngiler orang yang melihat. 

Bisnis kuliner yang menjanjikan ini juga bisa kamu lakukan di mana saja. Kamu bisa memulai usaha di depan rumah atau di tempat lain. Gunakan resep masakan yang enak dan pas, maka kamu akan mendapat banyak pelanggan setia untuk bisnis kulinermu. 

20. Nasi Goreng

Nasi goreng selalu jadi pilihan ketika bingung memilih menu makanan. Rasanya yang gurih dengan porsi besar akan memberikan rasa kenyang yang memuaskan. 

Bisnis nasi goreng ini bisa jadi bisnis kuliner yang menjanjikan untuk kamu yang ingin mencoba jadi pengusaha. Jika berhasil, kamu bahkan bisa membuka cabang di berbagai daerah dan mendapat untung yang banyak. 

Namun, pastikan bahwa rasa nasi goreng kamu lezat dan menggunakan bahan yang berkualitas. Sehingga orang-orang akan tertarik untuk menjadi pelanggan loyal bisnis kamu. 

Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Mana yang Kamu Pilih?

Itulah dia ide bisnis kuliner yang menjanjikan untuk kamu coba jika ingin coba untuk menjualnya secara online. Pilih jenis kuliner yang pas, lalu kembangkan dengan giat agar usaha bisa jadi sukses dan berkembang di masa depan.

Tentunya, karena kita tidak bisa sukses secara instan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman, tips dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.