9 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional, Banyak Peminat!

5 min read

peluang usaha makanan internasional

Peluang usaha di bidang kuliner semakin hari semakin menjanjikan. Pada saat ini, banyak orang yang tertarik untuk mencoba berbagai panganan baru, selain untuk menambah perpustakaan dalam lidah mereka juga sebagai ajang trend. Tidak heran jika peluang usaha makanan dan minuman internasional semakin marak.

Karena, makanan internasional tidak setiap hari dikonsumsi masyarakat Indonesia, sehingga menimbulkan rasa penasaran yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk memulai usaha makanan skala internasional.

9 Peluang Usaha Makanan Internasional

Banyak sekali pilihan makanan internasional dari berbagai negara yang dapat dijadikan ide bisnis. Mulai dari makanan Amerika, Eropa, Asia hingga Timur Tengah. Berikut adalah ide dan peluang usaha makanan internasional yang lagi ngetrend sekarang ini:

1. Croissant

Makanan pertama yang dapat kamu kembangkan untuk memulai bisnis adalah croissant. Makanan khas Italia ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung tinggi protein dengan ciri khas lapisan lapisan rongga yang kaya dengan mentega di bagian dalamnya. 

Sekarang ini, croissant sedang sangat banyak peminatnya dan menjadi paduan makanan croffle atau croissant waffle. Croffle merupakan adonan croissant yang di panggang di atas panci waffle, sehingga berbentuk kotak-kotak. 

Pada umumnya, cara memasak croissant adalah dengan cara memanggangnya di dalam oven, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun, dengan adanya terobosan croffle ini, kamu bisa memasak croissant hanya dalam 10 hingga 15 menit.

Cita rasanya yang tidak terlalu manis, membuat croissant cocok kamu padukan dengan berbagai isian dan topping. Biasanya banyak yang menjual croissant plain tanpa isian juga topping, croissant manis dengan isian serta topping cokelat, keju, saus matcha, dan lain sebagainya. 

Ada juga yang memadukan croissant dengan topping gurih seperti bolognese, keju mozarella, sosis blackpaper, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyediakan topping dan isian sesuai selera target pasar bisnis kulinermu. Agar tepat sasaran.

2. Sushi

Sushi adalah jenis makanan khas Jepang yang hampir tak lekang oleh waktu. Sejak dahulu, sushi merupakan makanan internasional yang selalu ada dan menjadi pilihan warga Indonesia. 

Variasinya pun cukup banyak dan tidak sulit kamu buat. Karena kamu hanya perlu memainkan bentuk dan isian untuk menciptakan varian sushi baru.

Sushi terbuat dari nasi dengan isian berbagai jenis ikan segar dan sayuran, kemudian menggunakan nori sebagai pembungkusnya dan kamu potong hingga berbentuk lingkaran. 

Baca Juga:  All You Can Eat: Keuntungan yang Bisa Didapat bagi Pemilik Bisnis

Cara pembuatan sushi cukup mudah, tidak perlu banyak bumbu dan pengolahan, sehingga makanan ini sangat cocok untuk kamu jadikan peluang bisnis.

Namun, kekurangan sushi adalah terkadang cita rasa segar ikan mentah di dalamnya tidak cocok bagi lidah orang Indonesia. Tetapi, jangan khawatir, hal ini bisa kamu siasati dengan mengganti ikan segar menggunakan berbagai makanan khas Indonesia. Agar cita rasanya lebih bersahabat dengan lidah orang Indonesia.

3. Toppoki dan Kimchi

Demam Korea tak henti-hentinya melanda masyarakat tanah air. Mulai dengan trend K-Pop hingga deretan drama Korea yang banyak digandrungi berbagai kalangan. 

Sehingga, membuat masyarakat penasaran dengan makanan-makanan khas negara tersebut, khususnya toppoki dan kimchi yang sangat sering ditayangkan pada sebuah drama.

Toppoki merupakan olahan kue beras kenyal yang proses memasaknya menggunakan saus gochujang dan campuran bawang daun serta sayuran lainnya. 

Toppoki adalah ikon street food Korea yang sangat digandrungi. Sedangkan kimchi merupakan sawi fermentasi dengan paduan bumbu, gochujang, bubuk cabe, dan campuran berbagai sayuran lainnya. Sehingga, membuat kimchi memiliki cita rasa asam pedas yang khas.

Kepopuleran kimchi dan toppoki membuat para penggiat bisnis berlomba-lomba membuat produk toppoki dan kimchi yang dapat dipasarkan di Indonesia. 

Cara pembuatan toppoki ini sebenarnya butuh ketelatenan untuk menghasilkan tekstur kenyal. Sedangkan untuk kimchi, perlu kesabaran agar kimchi terfermentasi dengan sempurna.

4. Gelato

Kembali dengan makanan khas Italia, kali ini ide usaha makanan berasal dari golongan dessert atau makanan penutup. Ya! Gelato atau es krim khas Italia saat ini sedang marak dan banyak orang sukai. 

Berbagai kedai dan kios gelato mulai bermunculan, bahkan ada yang sampai mendatangkan chef dari Italia langsung untuk mengembangkan gelato.

Gelato pada dasarnya adalah es krim, namun memiliki tekstur yang lebih elastis karena banyaknya komposisi gelatin di dalamnya. Gelato biasanya di display di freezer kaca dan kita tinggal menunjuk untuk membelinya. 

Salah satu keunikan dari gelato adalah varian rasanya yang sangat banyak dan beragam. Mulai dari rasa buah, susu, snack hingga rasa unik seperti rasa coklat pedas.

Bagi kamu yang sedang mencari peluang usaha makanan internasional, gelato cukup baik untuk kamu jadikan prospek bisnis. Selain penyimpanannya yang mudah, kamu tidak perlu memasak setiap saat. Cukup buat gelato dalam jumlah banyak, kemudian simpan dalam freezer dan hidangkan apabila ada pembeli.

5. Pizza

Masih dengan makanan khas Italia, yaitu Pizza. Pizza merupakan makanan berbahan dasar tepung gandum yang diolah menjadi roti tipis, kemudian diberi topping gurih. Mulai dari jamur, keju, paprika, sosis, saus, mayonaise dan lain sebagainya. 

Baca Juga:  7 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah yang Nikmat

Pizza menjadi salah satu makanan Internasional yang dapat dinikmati lidah orang-orang Indonesia, walaupun tidak ada modifikasi rasa. Meskipun begitu, pizza yang penuh kreasi tetap menarik perhatian pembeli. Jadi, kamu perlu melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat lebih banyak pelanggan.

Pizza merupakan makanan yang tidak lekang oleh waktu. Sama dengan sushi, pizza ada dan masih digemari sejak dahulu hingga saat ini. Banyak restoran-restoran pizza yang menawarkan sensasi makan pizza otentik. Namun, terkadang harga pizza otentik kurang ramah bagi kantong.

Hal ini dapat menjadi peluang bisnis bagi kamu dengan memodifikasi pizza yang lebih ramah di kantong. Modifikasi dapat kamu lakukan dengan mengganti adonan roti, topping, ataupun dengan mengurangi ukuran. Percayalah, tidak ada yang tidak suka pizza.

6. Dimsum

Berpindah kembali ke makanan khas Asia Timur, yaitu dimsum. Dimsum merupakan olahan daging yang terbungkus dengan kulit pangsit, kemudian kamu kukus untuk mematangkannya. Sekarang ini, kedai dimsum pinggir jalan di Indonesia sangat menjamur dan ramai pembelinya.

Cita rasa seafood yang khas dengan harga yang ramah di kantong membuat dimsum menjadi makanan Internasional yang saat ini paling digemari. Biasanya, dimsum dimakan bersama dengan saus bangkok yang bercita rasa asam manis, atau bisa juga dengan saus sambal dan mayonaise.

Tidak perlu bingung apabila kamu ingin memulai bisnis dimsum. Kamu bisa membuatnya sendiri, tapi ada juga berbagai olahan dimsum frozen buatan pabrik dengan harga terjangkau di pasaran. Kamu tidak perlu memasak, cukup sediakan pengukus dan aneka saus cocolan, Kamu sudah bisa memulai bisnis.

7. Nasi Briyani

Beralih ke daerah Timur Tengah, peluang bisnis makanan khas Timur Tengah adalah nasi briyani atau nasi kebuli. Nasi briyani adalah olahan nasi dari beras long grain yang proses memasaknya menggunakan berbagai macam rempah-rempah.

Kamu bisa menghidangkannya bersama dengan daging kambing panggang dan berbagai macam sayuran di atas nampan lebar dengan alumunium foil. Namun, kamu juga bisa mengganti lauknya dengan daging ayam supaya bisa memasang harga jual yang lebih terjangkau dan proses pengolahan yang lebih mudah.

Nasi briyani merupakan salah satu makanan khas timur tengah yang rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia. Sekarang ini, bisnis makanan Timur Tengah semakin marak. 

Tidak hanya dijual dalam bentuk jadi, nasi briyani juga dijual dalam bentuk mentah dimana dalam satu box terdapat beras dan rempah-rempah. Sehingga, kamu bisa langsung memasaknya menggunakan rice cooker biasa. 

Salah satu tantangan berbisnis nasi briyani adalah mengolah daging kambing sebagai lauk dengan baik, agar tidak menyebabkan bau amis khas kambing. Jika ingin mengolah daging kambing dengan tepat, kamu dapat mencarinya di situs-situs tips memasak yang ada di website ataupun YouTube.

Baca Juga:  10 Minuman Khas Portugal yang Populer, Wajib Kamu Coba!

8. Kebab 

Kebab merupakan hidangan khas Turki yang popularitasnya tak lekang oleh waktu. Terbuat dari tortilla dengan isian daging sapi asap, sayuran, dan aneka macam saus. Keberadaan brand-brand kebab di Indonesia semakin menjamur, mulai dari brand franchise, frozen kebab, hingga pengusaha kebab rumahan.

Kebab sangat mudah untuk kamu buat. Kamu tidak perlu susah-susah membuat kulit tortilla. Karena kamu dapat membelinya di pasaran dengan harga terjangkau. Cukup sediakan berbagai isian dan saus, kemudian kebab kamu goreng dalam minyak sedikit, hingga kulit tortilla berubah menjadi kecoklatan.

Sekarang ini, kebab tidak hanya berisi daging sapi. Banyak inovasi-inovasi kebab lainnya, seperti kebab keju mozarella, kebab pisang coklat, kebab ayam dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengkreasikan kebab sesuai dengan kreatifitasmu dan selera target pasar bisnis kamu.

9. Tokkebi 

Tokkebi merupakan salah satu jajanan khas Korea. Lagi-lagi popularitas Tokkebi melejit karena maraknya K-Pop dan K-Drama. Tokkebi merupakan olahan sosis dan mozarella yang terbalut dengan adonan tepung. Cara memasaknya adalah dengan menggoreng dan menambahkan topping gula serta saus pada permukaannya.

Sebenarnya, Tokkebi ini merupakan olahan makanan sederhana dan tidak perlu bumbu yang banyak. Satu hal yang kamu perlu pelajari adalah membuat adonan pelapisnya. Selebihnya, semua bahan seperti sosis, keju, dan saus dapat kamu beli di pasaran.

Sekarang ini, Tokkebi pun tidak hanya berisikan sosis dan keju saja. Sudah banyak variasi Tokkebi yang berisikan cokelat, kentang dan lain sebagainya. Kamu dapat mengkreasikan Tokkebi sesuai dengan kreatifitasmu. 

Selain itu, kamu juga dapat menggorengnya setengah matang dan kamu simpan dalam keadaan beku atau frozen. Tokkebi dapat kamu jual hangat-hangat ataupun dalam keadaan frozen sekalipun, agar pembeli dapat menggorengnya sendiri di rumah. 

Peluang Usaha Makanan Internasional Mana yang Kamu Pilih?

Seperti itulah penjelasan tentang beberapa ide dan peluang usaha makanan internasional yang bisa kamu pilih dan kembangkan sebelum memulai bisnis kuliner. Tidak harus otentik, kamu bisa mengkombinasikannya dengan berbagai makanan khas Indonesia. 

Cara ini biasa kamu kenal sebagai fusion food, agar produk kamu dapat menarik minat dan masuk di lidah para customer. Tidak hanya makanan-makanan di atas, masih ada banyak lagi makanan internasional yang bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis. Kamu dapat mencarinya di buku resep ataupun di website.


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis makanan, bisnis minuman, tips, dan resep hanya di fnbpreneur.id