Yuk, Coba Minuman Khas Riau yang Segar dan Bikin Nagih ini!

4 min read

minuman khas riau

Minuman khas Riau terkenal dengan nama-nama uniknya serta cita rasa lezat dan menyegarkan. Nah, jika kamu penasaran dengan daftar minumannya serta tertarik untuk mencoba, artikel ini akan membahas 10 minuman khas daerah Riau yang menarik untukmu.

10 Minuman Khas Riau

Daerah Riau memiliki minuman tradisional yang bahan dasarnya adalah buah-buahan. Oleh karena itu, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah dan berkreasi sesuai keinginan. Nah, berikut adalah daftar 10 minuman khas Riau yang dapat kamu coba.

1. Air Tebu Nostalgia

Minuman khas Riau ini memiliki nama Air Tebu Nostalgia. Berdasarkan namanya tersebut, kamu mungkin sudah mengetahui kalau minuman ini menggunakan bahan dasar dari air tebu. Selain itu, minuman air tebu nostalgia ini cocok untuk kamu yang menginginkan kesegaran dan rasa manis di cuaca panas dan terik.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kandungan gula dalam minuman tradisional ini. Mengapa demikian? Karena air tebu nostalgia terbuat dari air perasan tebu murni tanpa tambahan pemanis buatan atau gula pasir. 

Oleh karena itu, kesegaran dan rasa manis tersebut dapat kamu nikmati tanpa khawatir mengonsumsi gula secara berlebihan.

Tidak hanya itu, air tebu nostalgia juga memiliki keistimewaan lainnya karena kamu dapat menikmatinya dengan tambahan kelapa muda, jahe, dan kacang tanah. Oleh karena itu, minuman ini memiliki keunikan dalam perpaduan bahannya.

Perpaduan air tebu yang manis serta kombinasi jahe, kelapa muda, dan kacang tanah, akan membuat setiap penikmatnya merasakan cita rasa dan hal yang unik serta tak biasa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika minuman ini memiliki nama air tebu nostalgia.

Jika berkunjung ke Riau, kamu tidak akan sulit untuk menemukan minuman ini karena selain merupakan menu kesukaan masyarakat setempat, minuman ini juga relatif memiliki harga terjangkau.

2. Kopi Hawaii

Kopi Hawaii merupakan salah satu minuman khas Riau, terutama di Kabupaten Bintan. Nah, kopi ini memiliki cita rasa unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap wisatawan.

Baca Juga:  12 Menu Nasi Padang Sederhana dan Paling Enak yang Harus Dicoba

Tidak hanya itu, pembuatan kopi ini juga cukup khas karena mencampurkan kopi dengan air di wadah besar dan diaduk dengan sendok berbahan kayu. Selanjutnya, kopi umumnya disajikan dengan cangkir keramik putih yang telah direndam dalam air panas.

Selain itu, jika kamu ingin membeli kopi ini untuk dibawa pulang, maka penjual akan membungkus kopi dengan botol sirup atau kaleng bekas susu. Tujuannya adalah agar rasanya tetap terjaga.

Nah, nama Kopi Hawaii berasal dari camat setempat yang dulu pernah menjabat dan menamainya ketika daerah tersebut pertama kali membuka kedai kopi. Oleh karena itu, kopi ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan wilayah Hawaii di Amerika Serikat.

3. Es Samudera

Minuman khas Riau dengan nama Es Samudera ini juga memiliki rasa yang sangat unik. Ini karena minuman tersebut menggunakan berbagai jenis bahan seperti durian, rumput laut, santan, dan perpaduan garam, gula pasir, sirup serta disajikan dengan potongan roti tawar.

Apakah kamu penasaran dengan es yang memiliki perpaduan bahan yang unik ini? Nah, es samudera memang cocok menemani waktu santai terutama untuk buka puasa karena akan memberikan kesegaran dengan cita rasa yang penuh warna. 

Selain itu, kamu dapat menemukan menu ini di Riau dengan mudah seperti di kafe dan berbagai tempat makan.

4. Jus Telaga Tiga Warna

Minuman yang memiliki tampilan khas ini terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Nah, kamu dapat melihat warna-warna pada jus ini tersusun secara vertikal pada setiap lapisannya.

Awalnya, penamaan jus ini terinspirasi dari kisah rakyat, yaitu telaga 3 warna di Riau. Oleh karena itu, nama tersebut diambil sebagai salah satu sarana promosi daerah setempat yang memiliki banyak objek wisata seperti danau dan telaga.

5. Es Laksamana Mengamuk 

Apakah kamu tertarik dengan penamaan minuman khas Riau ini? Selain memiliki nama yang unik, minuman ini ternyata telah diakui kepopulerannya.

Nah, es laksamana mengamuk ini memiliki prestasi sampai tingkat nasional pada pagelaran Anugerah Pesona Indonesia 2017 oleh Kementerian Pariwisata RI. Jenis es ini berhasil meraih juara 1 dengan kategori minuman tradisional terpopuler.

Tidak mengherankan, karena minuman yang berasal dari Pekanbaru ini memiliki tampilan yang menarik perhatian dan menjadi sajian pelepas dahaga yang begitu menyegarkan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Bolu Khas Nusantara untuk Inspirasi Usaha Kamu!

Namun, apa bahan dasar dari es laksamana mengamuk ini? Minuman ini terdiri dari serutan es, kental manis, santan segar, dan sejenis mangga yang bernama kueni.

6. Es Air Mata Pengantin

Selanjutnya, minuman khas daerah Riau ini juga memiliki nama yang unik, yaitu es air mata pengantin. Nah, minuman ini dapat kamu pilih untuk melepaskan dahaga karena dibuat dengan berbagai bahan yang menyegarkan.

Kamu dapat membuat es air mata pengantin ini di rumah, karena memiliki bahan baku yang cukup sederhana dan mudah didapatkan. Nah, apa sajakah bahan dasarnya?

Untuk menghidangkan satu porsi es ini, bahan dasarnya adalah sirup, gula, agar-agar putih, biji selasih, dan tidak lupa serutan es.

Kalau begitu, dari manakah asal nama dari es air mata pengantin ini?

Awalnya, nama tersebut muncul karena minuman ini kerap menjadi hidangan untuk acara suka cita atau kebahagiaan, contohnya acara pernikahan. Oleh karena itu, masyarakat setempat melihat es air mata pengantin ini mewakili kebahagiaan atau simbol dari kebahagiaan air mata pengantin.

7. Es Sirup Mak Inang

Buah nanas merupakan salah satu hidangan yang begitu menyegarkan, terutama jika telah didinginkan di dalam lemari pendingin. Lalu, bayangkan jika buah nanas yang segar ini menjadi bahan utama dari salah satu minuman khas Riau, yaitu es sirup mak inang, tentu kesegarannya akan berkali-kali lipat.

Nah, dengan bahan utama menggunakan buah nanas, es ini memiliki penyajian yang cukup mudah, yaitu irisan buah nanas dimasak dengan air hingga mendidih. Selanjutnya, bahan dasar ini disajikan dengan tambahan agar-agar, apel, sirup jeruk, biji selasih, dan tentunya es batu.

Es sirup mak inang ini menjadi pelepas dahaga yang cocok ketika cuaca panas, karena akan memberikan kesegaran luar biasa. Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke kota Riau, maka es sirup ini mudah ditemukan di rumah-rumah makan setempat, serta dengan harga yang relatif terjangkau.

8. Es Lancang Kuning

Es lancang kuning terinspirasi dari lambang Provinsi Riau, yaitu lancang kuning. Nah, lancang merupakan sejenis perahu layar yang dahulu kala merupakan kendaraan pemimpin tradisional, yaitu raja dan datuk. Oleh karena itu, hidangan ini mengambil inspirasi dari simbol kegemilangan Riau, yaitu lancang kuning.

Baca Juga:  12 Jenis Keju Paling Enak di Seluruh Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Kalau begitu, apa bahan dasar dari es lancang kuning ini? Sesuai dengan namanya, hidangan ini tersaji dengan berbagai buah-buahan yang berwarna kuning, misalnya nanas, mangga, dan lemon. Selain memiliki nama yang unik, perpaduan aneka buah ini tentu memberikan cita rasa yang begitu khas.

9. Jus Melayu

Jus melayu memiliki susunan warna yang menarik mata, yaitu warna putih sebagai dasar, lalu merah, kuning, dan hijau. Selain itu, jus dengan perpaduan buah, yaitu mangga, alpukat, sirsak, dan terong belanda ini memiliki susunan warna yang tersaji secara vertikal.

Perpaduan buah-buahan dengan beragam warna ini tidak hanya menggoda mata, tetapi juga memiliki rasa yang khas, yaitu kombinasi asam dan manis.

10. Setup Tematu

Setup tematu merupakan salah satu sajian tradisional dari kota Bengkalis. Selain itu, hidangan ini berbahan dasar buah nipah. Nah, setup merupakan berbagai jenis buah yang disajikan dengan cara kukus atau rebus, serta dibubuhi gula. Sementara itu, tematu merupakan buah nipah dalam bahasa Bengkalis.

Yuk, Mencoba Minuman Khas Riau!

Berdasarkan daftar minuman di atas, kamu mungkin menyadari jika mayoritas bahan dasarnya merupakan buah-buahan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika hidangan-hidangan tersebut dapat menjadi pilihan pelepas dahaga yang menyegarkan.

Bahkan, mungkin menjadi inspirasimu untuk memulai usaha?

Semoga informasi ini dapat membuatmu semakin mengenal kearifan lokal di Indonesia, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar minuman Indonesia, makanan Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.