Macam Macam Peralatan Dapur Beserta Fungsinya untuk Restoran

3 min read

macam macam peralatan dapur

Salah satu usaha yang terus menjamur saat ini adalah restoran. Untuk kamu yang juga ingin mencoba usaha ini maka kamu juga harus tahu tentang macam-macam peralatan dapur dan juga fungsinya yang akan sering digunakan dalam dunia restoran.

Peralatan dapur ini memang memiliki beragam jenis dan tentunya beragam fungsi. Dari yang memiliki fungsi dasar yang bisa untuk banyak hal sampai yang memiliki fungsi sangat spesifik. Selain macam-macam peralatan dapur, kamu juga harus paham beberapa peralatan lainnya seperti alat masak, makan, dan minum yang juga akan kamu gunakan.

Macam Macam Peralatan Dapur dan Fungsinya

Dalam dunia restoran, salah satu hal yang penting adalah peralatan dapur. Ini adalah senjata utama untuk menyajikan berbagai makanan dan minuman yang kamu sediakan. Untuk itu, kamu juga harus paham berbagai jenis dan fungsinya.

Peralatan Masak

Salah satu macam-macam peralatan dapur yang perlu kamu tahu adalah berbagai macam peralatan masak dan juga fungsinya. Berikut adalah beberapa contoh yang akan sering kamu lihat.

1. Kompor

kompor

Ini merupakan alat yang akan sangat penting dalam dunia restoran. Ini merupakan alat yang akan digunakan untuk memasak berbagai bahan makanan untuk akhirnya bisa disajikan.

2. Penggorengan

penggorengan sebagai macam-macam peralatan dapur

Macam-macam peralatan dapur lainnya yang juga akan sering kamu lihat adalah penggorengan. Alat yang memiliki bentuk permukaan cekung ini berfungsi untuk menggoreng bahan makanan.

3. Pemanggang

pemanggang

Alat dapur lainnya yang juga akan sering kamu lihat di restoran adalah pemanggang. Alat ini memiliki bentuk datar. Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk memanggang makanan.

4. Panci

panci

Ini juga merupakan alat dapur yang akan sering kamu lihat. Panci merupakan alat dapur yang berfungsi untuk merebus makanan. Panci sendiri memiliki berbagai ukuran dan umumnya memiliki berbeda fungsi dan penggunaanya.

Baca Juga:  Tips Memulai Usaha Makanan Ringan Bagi Pemula

5. Oven

macam macam peralatan dapur yaitu oven

Alat dapur lainnya yang juga akan kamu temukan di restoran biasanya oven. Terutama jika restoran tersebut menyajikan makanan seperti roti dan kue. Alat ini akan berfungsi untuk memanggang dan menghangatkan makanan.

6. Spatula

spatula

Macam-macam peralatan dapur lainnya yang juga termasuk alat masak adalah spatula. Ini merupakan alat yang berguna untuk mengaduk masakan yang sedang diolah. Secara bentuk dan ukuran, spatula juga terdiri berbagai macam. Yang mana setiap jenis tersebut memiliki peruntukan yang berbeda.

7. Pisau

pisau

Alat masak lainnya yang juga akan sering kamu lihat adalah pisau. Mungkin kamu sudah tahu bentuk dan juga fungsi dari alat ini. Ini merupakan alat masak yang akan kamu gunakan untuk memotong berbagai jenis bahan makanan. Sesuai fungsinya, pisau juga memiliki banyak bentuk dan ukuran.

8. Slicer

slicer

Ini merupakan alat dapur yang berfungsi untuk memotong bahan makanan. Sekilas fungsinya akan mirip dengan pisau. Namun biasanya penggunaan benda ini untuk bahan makanan dalam jumlah banyak sehingga proses pemotongan menjadi lebih cepat.

9. Grinder

grinder

Alat lainnya yang juga akan kamu lihat di dapur restoran adalah grinder. Ini merupakan alat yang penggunaanya adalah untuk menggiling atau menghancurkan daging. Biasanya alat ini akan sering digunakan terutama ketika akan membuat daging giling.

10. Freezer

freezer

Alat dapur lainnya yang akan sering kamu lihat adalah freezer. Ini merupakan alat dapur yang fungsinya untuk membekukan atau juga menjaga bahan makanan tetap beku. Dengan begitu, makanan yang ada di dalam freezer akan lebih terjaga keawetannya.

Peralatan Makan

Selain alat masak, macam-macam peralatan dapur yang juga biasa ada di restoran adalah alat makan. Alat makan ini juga memiliki beragam jenis dan juga fungsi. Beberapa diantaranya adalah seperti:

1. Piring

piring

Alat makan pertama yang akan kamu temukan adalah piring. Kamu pastinya sudah tidak asing dengan benda ini. alat makan ini berfungsi untuk menyajikan makanan. Piring sendiri memiliki berbagai jenis dan ukuran.

Baca Juga:  Apa itu Franchise? Pengertian, Tips, dan Keunggulannya (Lengkap)

Baca Juga: Apa itu F&B? Pengertian, Manfaat dan Tren F&B Saat Ini

Masing-masing jenis dan ukuran ini juga memiliki peruntukan yang berbeda. Ada piring untuk makanan utama, ada piring untuk roti, ada piring untuk makanan penutup, dan lainnya. Biasanya yang membedakan dari semua piring ini adalah bentuk dan ukuran.

2. Mangkuk

macam macam peralatan dapur ialah mangkok

Alat makan lainnya yang ada di restoran adalah mangkuk. Ini merupakan alat makan yang akan kamu gunakan untuk menyajikan makanan yang berkuah. Sama seperti piring, mangkuk juga memiliki beragam bentuk dan juga ukuran.

3. Sendok

sendok

Alat makan lainnya yang juga pasti sudah tidak asing lagi adalah sendok. Ini merupakan alat makan utama yang akan pasti kamu gunakan. Terutama jika makanan yang akan kamu santap adalah makanan berkuah. Sendok juga memiliki beragam jenis dan fungsinya. Ada sendok untuk makan, ada sendok untuk sup, ada sendok teh, dan lainnya.

4. Garpu

garpu

Selain sendok, macam-macam peralatan dapur lainnya yang akan kamu gunakan untuk makan adalah garpu. Fungsinya mirip dengan sendok. Yang membedakan hanya cara menggunakannya saja. Biasanya, garpu ini digunakan untuk memakan mie karena dirasa lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan sendok.

Peralatan Minum

Selain alat makan, alat minum juga termasuk ke macam-macam peralatan dapur yang ada di restoran. Beberapa contoh alat makan tersebut seperti:

1. Gelas

macam macam peralatan dapur adalah gelas

Alat minum yang akan sering kamu lihat adalah gelas. Ini merupakan alat minum dasar yang pasti sudah kamu ketahui fungsinya. Alat ini berguna untuk air minum yang nanti akan kamu minum. Pada penggunaanya juga gelas ini akan terbagi menjadi beberapa bentuk dan juga fungsi.

2. Cangkir

cangkir

Alat minum lainnya yang juga akan sering kamu lihat adalah cangkir. Ini merupakan tempat yang penggunaanya untuk minuman seperti kopi atau teh. Cangkir juga akan memiliki beberapa jenis bentuk dan juga ukuran.

Baca Juga:  12 Karakter yang Harus Dimiliki Karyawan dalam Bisnis Makanan

3. Saucer

saucer

Mungkin nama ini asing bagi kamu. Kamu akan lebih mengenal alat ini dengan nama tatakan. Fungsinya adalah sebagai alas untuk cangkir ataupun gelas. Alat ini akan berguna agar cairan yang ada di gelas atau cangkir tidak mengotori meja.

4. Pots

pots sebagai salah satu dari macam macam peralatan dapur

Alat minum lainnya yang juga akan sering kamu lihat adalah pots atau teko. Alat ini akan berguna sebagai tempat minuman dalam jumlah banyak sebelum kamu tuang ke gelas atau cangkir. nantinya kamu juga akan melihat berbagai jenis dan bentuk teko.

Sudah Tahu Macam Macam Peralatan Dapur?

Itulah macam-macam peralatan dapur yang akan sering kamu lihat di restoran. Beberapa alat tersebut mungkin juga terdapat di rumah kamu. Alat-alat tersebut memiliki fungsi dan juga kegunaan masing-masing yang berbeda. Terutama jika kamu berkunjung ke restoran kelas atas, maka kamu juga akan melihat bagaimana setiap alat memiliki fungsi dan peruntukan yang sangat spesifik.


Ingin tahu berbagai tips bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnismu? Yuk, simak artikel lainnya hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.