Ide Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, Cocok untuk Camilan!

5 min read

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Kamu ingin mencoba memulai bisnis atau ingin berbisnis untuk penghasilan tambahan? Kamu bisa loh mulai dengan usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung

Karena ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu olah untuk dititipkan di warung, mulai dari olahan singkong hingga gorengan.

Jika ingin tahu informasi lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Keripik 

Keripik merupakan salah satu jajanan yang bisa kamu coba jual di warung. Bahan dasar yang umum untuk pengolahan keripik, yaitu singkong atau pisang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat kripik dengan bahan utama tahu, tempe, sukun, kentang ataupun bayam agar lebih variatif dan menarik. 

Ketika memulai usaha ini, kamu bisa mulai dengan membuat keripik dalam jumlah kecil sebagai langkah awal untuk mengetahui potensi pasar dari bisnis kamu. Sebaiknya, tambahkan beberapa cita rasa untuk keripik yang kamu buat. Agar keripik kamu lebih menarik dan lezat nantinya. 

2. Gorengan

Gorengan adalah cemilan yang cukup banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai gorengan sebagai cemilan mereka.

Jadi, kamu bisa banget memilih cemilan untuk kamu jual di warung. Tapi alangkah lebih baik jika kamu memberikan varian rasa yang menarik untuk gorengan kamu ya. 

3. Puding Rumahan

Jika kamu sedang memulai usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung dan tidak mempunya modal yang besar, kamu bisa mencoba menjual puding rumahan. Karena proses dalam membuat puding cukuplah mudah dan tidak memerlukan modal besar. 

Namun, walaupun dengan modal yang kecil, puding ternyata merupakan salah satu cemilan yang banyak disukai. Jadi, dengan menjual makanan ini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

4. Donat

Donat merupakan salah satu makanan manis yang cukup banyak peminatnya. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa menyukai cemilan ini. 

Kamu bisa menjadikan cemilan ini sebagai olahan makanan untuk kamu titipkan di warung. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan aneka topping pada donat untuk membuatnya lebih menarik. Pada saat memulai usaha ini, lebih baik jangan membuat dalam jumlah yang terlalu banyak ya.

5. Aneka Kue Basah

Ide usaha makanan yang bisa dititipkan di warung selanjutnya, yaitu kue basah. Kue basah tidak hanya enak tetapi juga memiliki banyak penggemar. 

Jadi, tentunya usaha ini memiliki potensi pasar yang cukup tinggi untuk kesuksesan bisnis kamu nantinya. Kamu bisa mulai membuat beberapa aneka kue basah untuk kamu titipkan di warung. 

Baca Juga:  25 Menu Lebaran Lengkap yang Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

Kamu bisa memulai dengan membuat kue dadar gulung atau kue lapis. Sedikit saja dulu sebagai langkah awal dalam memulai usaha.

6. Aneka Cemilan dari Kacang

Beberapa orang menyukai cemilan yang satu ini, tidak hanya karena enak tetapi juga cemilan ini gurih. Jadi, kamu bisa mencoba usaha makanan ringan yang satu ini karena bisa dititipkan di warung

Tidak hanya itu, proses pembuatan makanan ringan ini juga tidaklah sulit. Sehingga, sangat cocok untuk kamu yang sedang memulai usaha. 

Salah satu olahan kacang yang bisa kamu coba, yaitu kacang bawang. Proses pembuatan kacang bawang inipun cukuplah mudah dan bahkan tidak memerlukan keahlian khusus. 

Kamu cukup merendam kacang dan kupas kulitnya, selanjutnya berikan sedikit garam dan bawang yang sudah dihaluskan. Tunggu hingga 2 jam, kemudian kamu bisa menggorengnya dan kacang bawang pun jadi. 

7. Brownies

Usaha makanan yang bisa kamu titipkan di warung selanjutnya, yaitu brownies. Kue manis ini cukup banyak peminatnya, sehingga memiliki peluang pasar yang cukup bagus untuk usahamu. 

Kamu bisa memulai dengan membuat brownies ala rumahan dengan potongan kecil ya. Tawarkan harga yang murah, namun tetap tidak akan membuat kamu merugi agar bisa menarik banyak pembeli. 

8. Bakpao Aneka Isi

Kamu memiliki keahlian membuat bakpao? Kamu bisa mencoba makanan ini untuk kamu titipkan di warung. 

Supaya membuat bakpao kamu lebih menarik, alangkah lebih baik kamu menambahkan isian dengan berbagai rasa untuk bakpao yang kamu jual. Sehingga, bisa lebih menarik pembeli nantinya dan untuk kesuksesan usaha kamu kedepannya.

9. Roti Aneka Rasa

Usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung selanjutnya, yaitu roti dengan aneka rasa. Roti tidak hanya enak, tetapi juga cocok untuk mengganjal perut, sehingga banyak orang menyukainya. 

Kamu bisa memberikan inovasi berbagai rasa pada roti yang kamu jual untuk menarik banyak pelanggan. Mulai dari roti bercita rasa manis hingga pedas.

10. Aneka Kerupuk

Bagi beberapa orang di Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tidak makan tanpa kerupuk. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang pasar. 

Kamu bisa mencoba usaha makanan ini untuk dititipkan di warung. Ada banyak aneka kerupuk yang bisa kamu coba, yaitu kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk jengkol, atau kerupuk seblak. 

Ketika memulai, kamu bisa membungkusnya dengan kemasan plastik bening ukuran kecil maupun sedang. Kamu juga bisa menambahkan kreasi kerupuk dengan tambahan balado atau keju. 

11. Kembang Goyang

Salah satu makanan ringan yang bisa kamu coba untuk usaha, yaitu kembang goyang. Teksturnya yang kriuk dan renyah membuat makanan ini banyak disukai oleh masyarakat. 

Baca Juga:  14 Makanan Terenak di Dunia yang Perlu Kamu Coba

Apalagi cemilan ini memiliki rasa yang manis, tentu saja banyak orang yang menyukainya sehingga peluang pasarnya cukup menjanjikan. Namun, makanan ini lebih cocok untuk dijadikan oleh-oleh, jadi kamu bisa menitipkannya di pusat oleh-oleh ya. 

12. Tahu Crispy

Jika kamu ingin memulai usaha makanan yang tidak ribet, kamu bisa mencoba jajanan ini. Olahan tahu saat ini cukup ngetren di pasaran, jadi tentunya memiliki peluang pasar yang cukup bagus. 

Kamu bisa memulai usaha makanan ringan tahu crispy yang bisa dititipkan di warung. Namun, karena jajanan ini begitu ngetren, maka sudah banyak para pelaku bisnis yang menjualnya.

Jadi, kamu sebaiknya memberikan inovasi untuk makanan yang akan kamu jual. Kamu bisa menambahkan aneka cita rasa seperti pedas, manis, dan sebagainya. 

13. Mie Lidi

Salah satu inovasi makanan ringan yang bisa kamu coba, yaitu mie lidi. Tidak hanya murah, mie lidi juga enak dan ramah di kantong. 

Jadi tentunya tidak memerlukan modal besar untuk memulai usaha ini. Apalagi jika kamu berada di daerah yang dekat dengan sekolah, kamu bisa mencoba bisnis ini dengan peluang pasarnya cukup tinggi. 

14. Wingko

Jika kamu berasal dari lamongan dan tahu cara membuat wingko. Kamu bisa mencoba usaha makanan wingko ini. 

Bahan utamanya adalah kelapa muda dan ketan yang membuat makanan ini sangat gurih dan renyah. Apalagi dengan adanya tambahan gula, tentunya membuat makanan ini begitu manis sehingga banyak peminatnya. Ketika memulainya kamu bisa membuat wingko dalam jumlah kecil dulu ya.

15. Basreng

Ide usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung berikutnya, yaitu basreng. Basreng yang merupakan akronim dari bakso goreng adalah makanan ringan yang berasal dari olahan bakso. Makanan ini sudah cukup banyak dijual, oleh karena itu perlu adanya penambahan bumbu untuk membuatnya berbeda dari yang lain.

Kamu bisa menambahkan bumbu pedas, keju, balado atau saus manis pedas sebagai inovasi. Pada hal ini sebaiknya kamu membuat sedikit makanan saja terlebih dahulu ya sebagai contoh.

16. Stik Talas

Talas merupakan salah satu makanan ringan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat luas. Kamu bisa menggunakan bahan talas untuk memulai usaha kamu. Jika ingin berinovasi, kamu bisa menjual stik talas dengan berbagai rasa. Ini jarang dibuat, jadi pastinya akan memiliki potensi pasar yang bagus. 

17. Getuk

Getuk merupakan salah satu cemilan tradisional yang wajib kamu coba sebagai usaha makanan untuk dititip di warung. Makanan ini tidak hanya enak, tetapi juga berguna sebagai penunda lapar dan memiliki peluang pasar yang cukup besar. 

Getuk merupakan makanan khas Magelang. Jadi, jika kamu berasal dari Magelang atau tau cara membuat makanan ini, kamu bisa mencoba bisnis ini ya. Perihal pengemasan, kamu bisa menggunakan kemasan plastik mika untuk meminimalisir biaya produksi. 

Baca Juga:  5 Resep dan Cara Membuat Corndog yang Enak, Gurih dan Lezat

18. Ayam Crispy

Ayam crispy merupakan salah satu olahan makanan ringan yang bisa kamu pilih untuk usaha makanan yang dititipkan di warung. Potongan ayam fillet yang melalui proses penggorengan secara crispy, kemudian dengan penambahan aneka bumbu pedas, asin, dan manis bisa menarik banyak pembeli.

Makanan ini banyak diminati terutama dari kalangan anak-anak, jadi tentunya potensi pasarnya cukup tinggi.

19. Rujak Buah

Makanan yang bisa kamu coba untuk dititipkan pada warung selanjutnya, yaitu rujak buah. Rujak buah cukup banyak peminatnya terutama dari kalangan remaja. Namun, warung tempat kamu menitipkan makanan ini sebaiknya yang memiliki lemari pendingin. Agar rujak buah yang kamu jual dapat bertahan lama. 

20. Makaroni Pedas atau Asin

Tingginya jumlah penyuka pedas saat ini membuat jajanan makaroni pedas cukup pantas kamu coba. Tidak hanya itu, dalam proses pembuatannya makanan ini cukup sederhana sehingga pastinya sangat cocok untuk kamu para pemula. 

Kamu hanya perlu membeli cemilan makaroni yang siap makan. Kemudian menambahkan perasa pedas atau asin dan bungkus kecil-kecil. Nah, kemasan kecil inilah yang bisa kamu titipkan di warung-warung.

21. Rengginang

Usaha makanan ringan yang tidak kalah hits untuk kamu coba dititipkan di warung adalah rengginang. Memiliki tekstur renyah dan gurih membuat makanan ini banyak diburu terutama dari kalangan ibu-ibu. 

Proses pembuatannya pun cukuplah mudah, yaitu kamu tinggal menjemur beras ketan di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah kering beras ketan tersebut kamu goreng dan bungkus. Sangat mudah bukan?

Bila ingin memberikan inovasi, kamu bisa memberikan perasa seperti pedas, manis, maupun asin. Selanjutnya kamu bisa bungkus rengginang dengan kemasan yang unik dan menarik pembeli. 

Setelah kamu mengetahui 21 ide usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung di atas, selanjutnya kamu tinggal menentukan untuk memulai bisnis yang mana.

Semoga dapat menginspirasi dan selamat mencoba!


Temukan inspirasi tentang bisnis makanan, bisnis minuman dan tips lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.