Tips Menentukan Nama Produk Makanan dan Minuman dengan Mudah

3 min read

tips menentukan nama produk makanan dan minuman

Di dalam dunia bisnis, menentukan nama produk merupakan satu hal penting untuk kamu perhatikan. Karena nama produk akan menjadi identitas yang nantinya menempel di memori banyak orang. Oleh sebab itu, kamu memerlukan tips menentukan nama produk makanan dan minuman yang tepat.

Seberapa Penting Nama Produk Makanan dan Minuman?

Sebelum mengetahui tips menentukan nama produk makanan dan minuman, berikut adalah alasan tentang seberapa pentingnya nama produk makanan dan minuman yang unik:

1. Menarik Pelanggan

Penggunaan nama produk yang unik merupakan salah satu cara untuk bisa menarik pelanggan. Hal ini juga menentukan seberapa pentingnya penggunaan nama produk. Ketika nama produk sudah semakin terkenal, maka ini juga merupakan cara untuk bisa memperluas pasar.

Di dalam persaingan bisnis yang lebih luas, kamu pasti akan berlomba-lomba dengan kompetitor untuk menarik perhatian target pasar. Jika, kamu memiliki nama produk yang unik, maka akan membuat bisnis kamu menjadi lebih mudah untuk orang ingat.

Bahkan, dengan kekuatan nama produk itu sendiri sebagian konsumen bisa mengasosiasikan produk sejenis dengan nama produk yang kamu punya. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri untuk brand yang kamu punya.

2. Alat Komunikasi

Fungsi ini berlaku ketika bisnis baru mulai berjalan. Tentunya kamu akan membutuhkan brand awareness untuk bisa menaikan angka penjualan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Maka, nama produk adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan, selain penggunaan logo.

Baca Juga:  Cari Tahu Teknik Menggoreng yang Berguna untuk Bisnis Kuliner!

Nama produk ini akan menjadi semacam alat komunikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan bisnis yang kamu punya. Pada beberapa kasus, penggunaan nama produk makanan dan minuman juga bisa kamu gunakan untuk kebutuhan strategi marketing.

3. Menunjukan Pemikiran Bisnis yang Matang

Ketika memulai bisnis, selain memikirkan masalah produk, orang juga bisa melihat apakah kamu serius atau tidak hanya dengan melihat nama produk yang kamu buat. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang  yang mencari tips menentukan nama produk makanan dan minuman dengan tepat dan unik.

Karena sebagai pelaku bisnis, kamu tentu tidak ingin jika nama produk yang kamu gunakan terlihat main-main. Setidaknya, kamu perlu memikirkan alasan yang kuat mengapa menggunakan nama tersebut. Alangkah baiknya lagi jika nama tersebut memiliki arti dan latar belakang cerita yang mendasarinya.

Tips Menentukan Nama Produk Makanan dan Minuman 

Setelah memahami tentang seberapa penting penggunaan nama produk makanan dan minuman, mungkin kamu juga sudah terlintas beberapa nama produk yang unik. Berikut adalah beberapa tips menentukan nama produk makanan dan minuman dengan mudah dan tepat yang bisa kamu coba gunakan.

1. Belum Pernah Digunakan

Ini merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan, jangan pernah menggunakan nama produk yang sudah ada. Ketika menggunakan nama yang sudah ada, maka hal ini akan menimbulkan kebingungan untuk konsumen.

Selain itu, menggunakan nama yang sama juga berpotensi untuk menimbulkan masalah hak paten. Kecermatan dalam memilih nama produk akan ditentukan di sini. Ada beberapa tips menentukan nama produk makanan dan minuman untuk menghindari masalah ini.

Misalnya, kamu bisa mencari di search engine ataupun media sosial apakah nama tersebut sudah ada yang menggunakan atau belum. Di era seperti sekarang, hampir semua bisnis memiliki akun media sosial, maka cara ini akan semakin mudah untuk kamu lakukan.

Baca Juga:  8 Strategi Burjo yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

2. Unik dan Singkat

Tips menentukan nama produk makanan dan minuman lainnya adalah memilih nama unik dan singkat. Apabila kamu memilih nama yang unik dan singkat, maka akan membuat orang semakin mudah mengingat brand dan produk makanan serta minuman milik bisnis kamu.

Setidaknya, kamu bisa menggunakan nama yang tidak lebih dari dua atau tiga kata. Menggunakan hanya satu kata mungkin akan cukup sulit untuk menemukan kata yang unik. Tetapi, menggunakan terlalu banyak kata juga akan membuat orang kesulitan untuk mengingat.

Selain itu, pastikan juga nama yang kamu gunakan tidak memiliki konotasi yang negatif. Hal ini sebenarnya akan berkaitan dengan kesan yang akan kamu bangun. Menggunakan nama dengan konotasi negatif meskipun unik hanya akan membuat citra brand kamu menjadi jelek. Jadi, sebaiknya kamu hindari.

3. Mudah Didengar dan Diucapkan

Sudah dibahas sebelumnya jika ketika memilih nama produk makanan dan minuman maka pastikan nama tersebut mudah untuk diingat. Salah satu cara untuk membuat hal itu terjadi adalah dengan menggunakan nama yang mudah untuk didengar dan diucapkan.

Khusus untuk masalah pengucapan, hal ini juga untuk menghindari kesalahpahaman dan kekeliruan dengan brand lain. Pada dasarnya, ketika memilih nama produk, maka kamu juga perlu memperhatikan target pasar yang kamu punya.

Misalkan, jika target pasar kamu adalah orang lokal, maka sebaiknya jangan menggunakan nama produk yang menggunakan bahasa asing. Karena sebagian masyarakat lokal masih ada yang cukup kesulitan ketika mengucapkan kata-kata berbahasa asing.

Di era seperti sekarang, ketika semua bisnis mengandalkan media sosial, maka penggunaan nama yang sulit akan membuat orang sulit mencari nama produk kamu. Apalagi jika nama produk kamu menggunakan ejaan yang berbelit-belit. Mungkin tampak unik dan kreatif, tapi sangat tidak disarankan.

Baca Juga:  7 Merk Minyak Goreng Terbaik untuk Makanan Kamu

4. Sesuaikan dengan Citra Brand yang Ingin Dibangun

Mungkin kamu pernah melihat sebuah nama produk makanan dan minuman yang menggunakan kata-kata seperti ‘setan’, ‘meledak’, atau yang lainnya. Penggunaan nama ini tentunya untuk menjelaskan kepada konsumen produk seperti apa yang akan mereka dapatkan.

Pada kondisi ini, maka kamu juga perlu melihat apakah nama produk yang akan kamu gunakan sesuai dengan citra brand yang ingin kamu bangun atau tidak. Kamu tentu tidak akan menggunakan nama produk dengan kata ‘setan’ ketika menjual makanan atau minuman dengan rasa manis.

Sedikit tips untuk menentukan nama produk makanan dan minuman untuk masalah ini. Meskipun terkesan nyeleneh, namun penggunaan nama tersebut masih bisa ditolerir karena memang memiliki tujuan yang jelas. Kesan negatif yang muncul pun bisa hilang karena tujuannya jelas.

Oleh sebab itu, jika kamu juga ingin menggunakan nama seperti ini, maka pastikan hal tersebut sudah kamu pikirkan sebelumnya dan tujuannya pun jelas. Jangan sampai penggunaan nama ini justru meninggalkan masalah lain.

Sudah Menentukan Nama Produk yang Cocok?

Setelah mengetahui tips menentukan nama produk makanan dan minuman dan juga melihat seberapa pentingnya penggunaan nama ini. Apakah kamu sudah mulai terpikirkan nama-nama produk yang pas untuk usaha makanan atau minuman kamu?

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk menentukan nama produk. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan name generator untuk mencari nama produk yang cocok. Satu hal yang pasti, pastikan nama tersebut kamu yakini bisa membantu bisnis kamu untuk lebih berkembang ke depannya.


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman, dan tips lainnya hanya di fnbpreneur.id