Jenis-Jenis Bolu Khas Nusantara untuk Inspirasi Usaha Kamu!

4 min read

jenis jenis bolu

Berbagai jenis-jenis bolu sudah lama terkenal dan berkembang di berbagai penjuru tanah air dengan berbagai varian, cita rasa yang khas, tekstur, cara pembuatan, dan penyajiannya yang berbeda-beda. 

Biasanya, kue ini dihidangkan sebagai sajian saat ada acara-acara rumahan, perkumpulan, hingga perayaan hari besar keagamaan maupun adat. Kue ini saking larisnya bisa banget kamu jadikan ide usaha yang menguntungkan. Apa saja varian kue bolu yang bisa kamu jadikan ide usaha? Simah di bawah ini!

Jenis-Jenis Bolu Khas Indonesia yang Cocok untuk Usaha

Inilah jenis bolu Nusantara yang laris manis di pasaran cocok untuk kamu yang ingin membuka usaha kue.

Simak bersama, ya!

1. Kue Lapis Legit

Jenis kue bolu ini biasanya ada saat perayaan Lebaran, Imlek, sampai perayaan Natal. Nama lain dari kue ini adalah kue spekuk atau spiku yang asalnya dari Bahasa Belanda, Spekkoek. 

Kue ini mempunyai cita rasa khas rempah-rempah Indonesia, karena cara membuatnya juga menggunakan perpaduan rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan pala. Selain itu, teksturnya yang padat dan berlapis-lapis inilah yang membuat kue ini terkenal sebagai kue khas Indonesia. 

Harga kue ini bisa sangat fantastis, yakni bisa mencapai angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu loyang ukuran 20×20 cm. Harga mahal dari kue ini karena harga bahannya yang juga mahal. Misalnya saja, cara membuat kue ini menggunakan puluhan kuning telur yang setara dengan 1 kilogram kuning telur. 

Telur untuk membuat kue ini tidak hanya menggunakan telur yang beredar di pasaran saja, tapi juga kuning telur merah yang berkualitas premium dan tentunya harganya sangat mahal. Selain telur, butter untuk kue ini juga menggunakan butter yang premium, agar rasanya enak dan gurih. 

Proses pembuatannya pun juga cukup sulit, karena lapisan dari kue ini bisa mencapai 18 hingga 24 lapisan dalam satu loyang. Faktor-faktor itulah yang membuat kue ini menjadi mahal dan terkenal sebagai kue terenak nasional versi CNN Indonesia. 

Baca Juga:  5 Resep Ayam Bakar Teflon, Mantap dan Istimewa!

2. Bolu Lapis Khas Surabaya

Lapis Surabaya adalah bolu yang sudah terkenal hingga penjuru tanah air. Kue legendaris ini mempunyai tekstur yang lembut, gurih, manis, dan mempunyai tiga lapisan berwarna kuning, coklat, dan kuning lagi dalam setiap porsinya.

Kue ini dari jenis kue sponge cake yang cara membuatnya adalah dengan memanggang adonan terigu, mentega, dan telur dalam tiga loyang yang berbeda. 

Ketiga lapisan bolu dari tiga loyang tersebut nantinya akan kamu rekatkan dengan selai buah, mocca maupun cokelat. Harga satu loyang kue ini biasanya sekitar Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00. 

3. Bolu Corak Macan Khas Bangka

Jenis-jenis bolu selanjutnya adalah bolu macan khas Bangka. Bolu ini mempunyai corak yang cantik seperti loreng-loreng pada tubuh macan atau harimau. Karena itulah, kue ini bernama bolu macan yang terkenal di daerah Bangka Belitung. Bolu ini mirip dengan bolu marmer yang mempunyai tekstur yang lembut dan manis.

4. Bolu Klemben

Bolu klemben sangat mudah kamu temui pada acara-acara rumahan atau warung-warung pinggir jalan. Jajanan khas Banyuwangi ini mempunyai cita rasa dan tekstur berbeda dengan lainnya. 

Bolu ini berbentuk seperti cangkang kerang dengan tekstur atasnya garing dan tekstur dalamnya yang lembut dan manis. Jika kamu gigit kue ini luarnya akan terasa crunchy dan nikmat. 

Nah, karena bentuknya yang seperti kerang, oleh orang Jawa Barat nama bolu ini menjadi bolu kijing, sebab bentuknya yang mirip kerang kijing.

5. Kue Bolu Pandan

Tidak hanya lapis legit yang terkenal sebagai kue paling lezat, kue bolu pandan juga menjadi kue terlezat. Konon kue ini bukan asli dari Indonesia, tapi berasal dari Singapura. Namun, kue ini sudah banyak beredar di Indonesia.

Kue ini termasuk jenis sponge cake dan chiffon yang memiliki aroma pandan yang kuat serta warna hijau yang menggoda. 

Kue ini sering menjadi hidangan ketika ada acara rumahan, acara-acara besar seperti Lebaran atau bisa juga sebagai hantaran ketika berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga. Harga kue ini, satu loyangnya sekitar Rp50.000,00 sampai Rp130.000,00.

6. Kue Bolu Kukus 

Jenis-jenis bolu lainnya adalah bolu kukus. Bolu ini sangat mudah kamu temui saat ada acara-acara syukuran, tahlilan, arisan, atau sebagai hidangan rumahan ketika menyambut tamu.

Bolu ini termasuk jajanan pasar yang mempunyai bentuk unik dan cantik. Bentuk atasnya mirip seperti bunga yang merekah indah. Ketika kamu makan, bolu ini terasa manis dan sangat lembut. 

Baca Juga:  7 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah yang Nikmat

Varian bolu ini bisa bermacam-macam, ada yang berwarna coklat, gula merah, pandan, dan lain sebagainya.

7. Kue Bolu Suri

Kue ini jika kamu lihat bentuk dan teksturnya mirip dengan Bika Ambon jajanan khas Medan, karena tekstur dalamnya terdapat rongga-rongga. Kue ini berasal dari Palembang yang mempunyai cita rasa khas manis dan legit.

Kamu bisa membuat sendiri dengan menyiapkan ragi instan 3 sendok teh, tepung terigu segitiga biru 130 gram, dan air hangat 200 ml. Kemudian, siapkan juga telur sebanyak 6 butir, gula pasir 220 gram, susu kental manis 60 ml, vanili bubuk ½ sendok teh, dan margarin cair 90 gram.

Cara membuatnya, campurkan ragi instan, terigu, dan air hangat menjadi satu dalam mangkuk. Lalu, aduk hingga rata dan tutup. Tunggu selama 20 menit.

Ambil mixer, kocok telur dan gula sebentar sampai gula larut rata. Masukkan adonan campuran ragi dan terigu tadi, mixer lagi hingga rata. Masukkan susu kental manis dan vanili, mixer lagi, lalu masukkan margarin cair. Setelah itu, aduk memakai spatula dan saring. 

Tutup adonan dan diamkan 1,5 jam sampai naik dan mengeluarkan busa. Siapkan loyang, olesi loyang tulban dengan margarin, lalu olesi dengan terigu sampai semua tertutup. Aduk adonan, lalu tuang ke loyang, kemudian panaskan oven suhu 180 derajat celcius selama 10 menit lamanya. 

Masukkan loyang ke oven, panggang dengan api selama 45 menit, ubah ke api atas dan panggang selama 15 menit sampai kecoklatan. Keluarkan loyang dari oven, biarkan dingin, lalu sajikan.

8.  Bolu Kemojo Khas Riau

Suku Melayu Riau mempunyai sajian khas kue bolu yang namanya bolu kemojo. Kemojo adalah satu dari jenis-jenis bolu yang berbentuk seperti bunga kamboja merekah dan karena itulah orang menyebutnya sebagai bolu kemojo yang artinya kamboja. 

Bolu ini mempunyai tekstur berbeda dengan bolu lainnya, tekstur kemojo seperti kue basah yang cenderung lebih padat. Warna kuenya pun juga hijau cantik yang berasal dari campuran air daun pandan dan daun suji. Varian rasanya beragam, ada rasa durian, jagung, buah naga, pisang, dan lain sebagainya.

Kue kemojo bisa kamu temui saat ada perayaan adat daerah, hari raya besar seperti Natal dan Lebaran, pesta pernikahan, atau acara lainnya. Kamu bisa menemukan sajian kue ini tidak hanya di daerah Riau, namun kue ini juga dapat kamu temui di Palembang, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga:  Rekomendasi Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan untuk Katering

9. Kue Bhoi Khas Aceh

Sekilas tampilan kue ini mirip dengan bolu klemben khas Banyuwangi. Bedanya, jika bolu klemben mempunyai bentuk seperti cangkang kerang, bentuk bolu bhoi ada yang seperti ikan, bunga, bulat, dan sebagainya.

Teksturnya pun tak jauh beda dengan klemben, crunchy bagian luar dan bagian dalamnya sangat lembut. 

Kalau kamu sedang berkunjung ke Aceh, kamu bisa dengan mudah menemukan kue ini pada perayaan adat masyarakat Aceh atau bisa juga kamu jumpai pada pasar-pasar tradisional. Kue ini biasanya juga untuk seserahan pernikahan terhadap mempelai perempuan. 

10. Kue Peca Khas Bugis

Jenis-jenis bolu nusantara yang terakhir adalah kue peca yang berasal dari suku Bugis, Makassar. Kue ini berbentuk agak bantet dan mempunyai tekstur sangat lembut serta rasanya yang legit dan manis.

Bolu ini termasuk bolu yang unik, karena cara memakannya dengan menyiramkan kuah yang terbuat dari gula merah pada bagian atas kue. Kue yang sudah legit ini akan terasa lebih legit karena siraman kuah gula merah tersebut.

Jenis Bolu Nusantara Manakah yang Akan Kamu Jadikan Ide Usaha?

Jenis-jenis bolu tersebut sangat cocok dan laris manis jika kamu jadikan ide usaha.

Karena kue tradisional sangat banyak peminatnya untuk acara-acara adat, acara keagamaan, hingga hantaran ketika berkunjung ke rumah kerabat.

Yuk, coba rekomendasinya!


Temukan inspirasi lainnya septura bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.