Ragam Daun yang Bisa Dimakan Mentah, Cocok untuk Lalapan!

3 min read

daun yang bisa dimakan

Daun yang bisa dimakan mentah biasanya digunakan untuk lalapan pendamping lauk pauk. Lalapan sangat cocok bersanding dengan menu penyetan lele, ayam penyet, atau penyet tempe.

Lalapan mempunyai sensasi fresh dan nagih saat kamu gigit bersama dengan sesuap nasi penyetan.

Berikut jenis sayur lalapan tersebut!

Jenis Daun yang Bisa Dimakan Mentah

Daun-daun ini bisa langsung kamu makan tanpa harus kamu masak terlebih dahulu.

Berikut deretan daun mentah yang bisa kamu jadikan lalapan.

1. Kemangi

Sayur satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Saking terkenalnya, banyak orang yang menggunakan kemangi untuk pendamping lauk penyetan atau pecel lele dan ayam. 

Banyak juga orang memanfaatkan daun kemangi untuk pengharum masakan. Taburan kemangi pada masakan akan membuat aroma masakan semakin kuat, harum, dan menggoda. 

Rasa kemangi pun cenderung tidak begitu pahit, walaupun makannya mentah-mentah dan aroma kemangi yang khas membuat cita rasa makanan semakin lezat. Sehingga, sayur ini menjadi sayur favorit bagi semua kalangan.

Mengonsumsi kemangi ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh. Kemangi mempunyai kandungan Vitamin K dan kalsium serta mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Manfaat kemangi juga untuk menjaga tekanan darah dan kardiovaskular, kesehatan hati, serta mencegah penuaan dini.

Sebelum menikmati kemangi mentah-mentah, ada baiknya kamu harus mencucinya terlebih dahulu sampai bersih dan pastikan tidak ada ulat kecil yang menempel pada daunnya. 

2. Kol 

Daun daun apa yang bisa dimakan selanjutnya? Jawabannya adalah kol. Kol atau kubis biasanya menjadi bahan campuran masakan sup atau tumis. Namun, kali ini kamu bisa memanfaatkannya menjadi lalapan mentah bersama aneka masakan penyetan.

Kol atau kubis mempunyai tekstur yang segar dan renyah ketika kamu gigit bersama dengan lauk pauk. Sensasi renyah dan rasa yang manis (untuk kol segar) ini yang membuat kol menjadi lalapan favorit banyak orang. 

Baca Juga:  Kenali Berbagai Nama Makanan Tradisional Indonesia

Banyak manfaat dari sayuran ini buat kesehatan kamu. Misalnya, kol dapat membantu melancarkan pencernaanmu dengan kandungan serat dan air yang tinggi yang sangat baik untuk saluran pencernaan. 

Kol juga bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan, kesehatan jantung, kesehatan mata, dan mengurangi risiko kanker.

Penting kamu ketahui, jangan mengkonsumsi kol secara berlebihan, karena bisa menyebabkan perutmu mual dan terasa kembung. Konsumsilah sayuran ini secukupnya dan bersihkan dulu dengan air bersih sebelum mengkonsumsinya.

3. Daun Keningkir

Keningkir adalah sayuran lalapan yang terbilang kurang banyak peminatnya, karena rasanya yang sedikit pahit jika memakannya mentah-mentah. 

Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini tergolong daun majemuk dengan bentuk daun yang ujungnya runcing, bersilang berhadapan, warna hijau dengan bagian tepi yang rata, dan panjang sekitar 15-25 cm. Daun ini ketika kamu remas akan mengeluarkan aroma khas yang aromatis.

Kamu bisa menemukan daun ini pada daerah-daerah seperti pembatas sawah, tepi ladang, atau semak belukar. Meskipun berasal dari Amerika, tanaman ini tumbuh lebat di daerah tropis seperti Indonesia.

Keningkir mempunyai banyak kandungan gizi, seperti karbohidrat, serat, protein, Vitamin C & B, zat besi, kalium, fosfor, dan lain-lain. Dari banyak kandungan nutrisi inilah, daun ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Manfaat tersebut adalah mengobati dan mencegah penyakit gula, menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis pada tulang, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Selain kamu jadikan lalapan, daun ini bisa kamu konsumsi dengan cara menjadikan teh herbal dengan merebusnya. 

4. Selada

Selada adalah salah satu jenis daun yang bisa dimakan langsung sebagai lalapan atau sebagai tambahan bahan untuk membuat makanan cepat saji seperti burger. Daun ini paling terkenal di seluruh dunia daripada jenis sayuran yang lain, karena banyak sekali orang yang menggunakannya untuk hidangan.

Baca Juga:  Contoh Label Produk Minuman yang Menarik, Kamu Harus Tahu!

Sensasi makan selada yang fresh dan rasanya yang tidak kuat, membuat sayur ini menjadi favorit untuk campuran salad, lalapan, kebab, atau burger.

Mengkonsumsi selada tidak hanya membuat makanan semakin segar, tapi sayur ini mengandung banyak mineral penting yang sangat tubuh butuhkan. Mineral tersebut, antara lain zat besi, kalium, kalsium, dan asam folat. Selain itu, selada juga mengandung polifenol yang bersifat antitumor dan antioksidan.

5. Kelor

Tanaman ini sudah teruji ilmiah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai obat dengan meraciknya menjadi ramuan tradisional, makanan sehat, dan lalapan mentah.

Kelor mengandung banyak antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas, mencegah peradangan, dan melancarkan produksi ASI bagi Ibu menyusui.

6. Pegagan

Pegagan bisa kamu temui pada tempat-tempat seperti pinggir jalan atau perkebunan. Banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi asinan. 

Ketika akan mengkonsumsi pegagan, kamu harus membersihkannya terlebih dahulu dengan air bersih. Manfaat daun ini adalah untuk mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Kacang Panjang

Kacang panjang tidak hanya sebagai campuran bahan masakan sayur, namun kamu juga bisa menikmati kacang panjang secara mentah-mentah dengan menjadikannya sebagai lalapan. 

Daun yang bisa dimakan ini memiliki kalori yang rendah dan kandungan protein, vitamin, mineral, serta antioksidan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kacang panjang mempunyai banyak manfaat, seperti mencegah kegemukan, melancarkan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

8. Daun Pepaya

Daun pepaya mempunyai rasa yang pahit ketika kamu makan mentah-mentah. Meski begitu, rasa daun pepaya ketika kamu jadikan lalapan tetap enak.

Rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkoloid yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri yang baik bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan ini mengandung senyawa karpain yang berguna untuk memperlancar pencernaan. 

9. Semanggi

Tanaman cantik ini bisa tumbuh dimanapun, terlebih pada area pegunungan, banyak sekali tumbuh tanaman semanggi.

Baca Juga:  8 Kreasi Olahan Kulit Lumpia, Cocok untuk Ide Bisnis!

Daun berbentuk hati ini, selain bisa kamu buat lalapan, kamu juga bisa menggunakannya sebagai ramuan teh. Semanggi bermanfaat untuk menetralkan racun dalam tubuh, mengencerkan dahak, melancarkan haid, mengatasi gangguan buang air kecil, dan mampu menurunkan panas.

10. Poh-Pohan

Poh-pohan bentuknya mirip sekali dengan kemangi dan ini juga termasuk salah satu daun yang bisa dimakan. Tumbuhan ini sangat enak untuk kamu jadikan lalapan, karena rasanya gurih dan segar. 

Banyak orang percaya tanaman ini bisa mengurangi nyeri otot apabila langsung kamu konsumsi. Kadar antioksidan yang tinggi dalam tumbuhan ini mampu mencegah resiko kanker dan menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

Sudah Coba Daun yang Bisa Dimakan sebagai Lalapan?

Sepuluh daun yang bisa dimakan tersebut tentunya aman dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Sebelum kamu makan mentah-mentah, pastikan kondisi daun bersih dari binatang kecil atau kotoran dengan cara mencucinya menggunakan air bersih yang mengalir.

Jadi, manakah daun lalapan yang menjadi favoritmu? 


Temukan inspirasi lainnya seputar tips makanan, makanan Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.