Makanan Pendamping Ramen Wajib Ada, Menambah Selera!

3 min read

makanan pendamping ramen

Ramen adalah salah satu makanan asal Negeri Sakura yang memiliki penggemar dari berbagai belahan dunia.

Ketika menyantapnya, ada sederet makanan pendamping ramen yang berjodoh dan melengkapi rasanya.

Makanan Pendamping Ramen Wajib Ada, Apa saja?

Agar semakin nikmat, yuk santap ramen dengan makanan berikut ini!

1. Gyoza

Gyoza sangatlah cocok untuk kamu santap dengan ramen. Perpaduan rasa gurih antara kuah ramen dan padatnya tekstur dari makanan tersebut, sungguh lezat dan wajib kamu coba. Apalagi saat kamu menyantapnya dalam keadaan masih hangat.

Makanan pendamping ramen ini berisi bawang putih, daun bawang, kubis, dan daging. Selain itu, gyoza juga dapat disajikan secara rebus, bakar, kukus, dan goreng.

Karena penyajiannya yang beragam tersebut, membuat kuliner ini menjadi makanan pendamping kesukaan banyak orang. Dengan kata lain, kamu bisa menyesuaikan penyajian gyoza tergantung seleramu.

2. Tamagoyaki

Tamagoyaki merupakan hidangan telur khas Jepang yang sangat terkenal. Kuliner satu ini bisa kamu jadikan sebagai makanan pendamping ramen. Tamagoyaki merupakan gulungan telur ayam dadar yang biasanya berbentuk kotak. 

Tamagoyaki memiliki cita rasa yang gurih, asin, dan manis, di mana rasa ini berasal dari gula dan garam. 

Cara pembuatan tamagoyaki juga terbilang sulit. Hal ini karena telurnya tidak hanya didadar saja. Namun, kamu juga harus menggulungnya agar menjadi gulungan telur yang tebal. Agar gulungan tercipta dengan sempurna, kamu harus menuang telur sedikit demi sedikit ke dalam wajan yang berisi minyak. 

Baca Juga:  24 Makanan Khas Betawi yang Terkenal dan Favorit

Ketika menikmati ramen dengan tamagoyaki, sudah pasti kamu akan ketagihan untuk menyantapnya berulang kali.

3. Tempura

Tempura sendiri terbagi menjadi berbagai jenis, antara lain tempura udang dan sayur-sayuran.

Ragam jenis tempura tersebut bisa kamu jadikan makanan pendamping ramen yang lezat.

Cobalah untuk makan ramen bersama tempura, pasti jadi ketagihan!

4. Chicken Katsu

Secara umum, chicken katsu biasanya lebih sering tersaji bersama nasi. Namun, kamu juga bisa memadukannya dengan ramen, lho! Keduanya sama-sama nikmat untuk kamu makan secara bersamaan. Jadi mana pilihanmu? Menggunakan nasi atau ramen?

Chicken katsu memiliki tekstur yang renyah di luar, namun terasa lembut di dalam. Inilah yang membuatnya terasa lezat untuk kamu nikmati. 

Sebenarnya, katsu memiliki dua jenis, yakni chicken katsu dan beef katsu. Namun, chicken katsu cocok untuk disantap oleh para penggemar ayam. 

5. Nori

Ketika menyantap ramen, tidak sedikit orang yang memilih membungkus atau menggulung nori dengan mi ramen. Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang memilih mencampurkannya langsung ke dalam kuah ramen. 

Selain itu, ada juga yang memakannya secara terpisah. Ini bertujuan agar nori tetap dalam keadaan renyah. 

Nah, kamu tipe orang yang mana?

Memakan secara terpisah, langsung ke kuah, atau menggulungnya dengan ramen?

6. Ajitsuke Tamago

Ajitsuke tamago adalah sajian telur rebus yang sangat populer di kalangan penyuka hidangan berkuah panas, terutama mi ramen. 

Pada dasarnya, proses pembuatan ajitsuke tamago itu tanpa menggunakan atau tambahan bumbu lainnya. Akan tetapi, ada cara yang lebih nikmat untuk memakan telur rebus ini. 

Agar cita rasa semakin nikmat, kamu bisa menambahkan kecap khas Jepang. Setelah itu, sajikan telur rebus di atas ramen. Pastikan kamu telah membelahnya menjadi dua bagian.

Untuk menambah kelezatan, kamu juga bisa merebus ajitsuke tamago setengah matang. Jika ingin rasa yang sesuai seleramu, maka jangan lupa menambahkan bumbu khusus. Ketika kuah ramen berhasil tercampur dengan telur rebus, tentunya rasanya sangatlah  nikmat.

Baca Juga:  5 Aneka Resep Olahan Pisang, Lezat jadi Camilan!

7. Negi

Tidak sedikit ramen yang akan menambahkan topping berupa sayuran. Ini bertujuan untuk memberikan dan melengkapi kebutuhan serat orang-orang yang memakan ramen tersebut. Jadi, tidak heran jika negi menjadi salah satu makanan pendamping ramen.

Negi adalah daun bawang yang kerap menjadi bahan pendamping ramen. Daun bawang satu ini mampu menciptakan cita rasa yang begitu nikmat ketika sudah bercampur dengan kuah ramen.

Agar memudahkanmu dalam mengonsumsinya, maka kamu bisa mengiris daun bawang mentah secara tipis. Selain mampu memberikan gizi pelengkap, negi juga memiliki aroma yang sangat kuat. Dengan begitu, ramen akan semakin enak saat kamu makan.

8. Char Siu

Jika kamu berkunjung ke restoran Jepang atau China, pastinya kamu akan mudah menemukan char siu. Kuliner yang satu ini terbuat dari daging babi yang dipanggang. Perpaduan antara empuknya char siu dengan kuah ramen akan menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat.

Ketika proses pemanggangan berlangsung, biasanya terdapat penambahan bumbu khusus di dalamnya untuk membuatnya semakin lezat. Selain itu, proses perebusan juga perlu menambahkan bumbu ramen. Biasanya proses tersebut akan berlangsung selama beberapa jam.

Char siu adalah makanan yang memiliki cita rasa antara perpaduan asin dan manis. Jika berpadu dengan kuah ramen, rasanya akan lebih enak. Selain itu, jenis char siu ini juga bisa kamu ganti menggunakan daging ayam atau sapi. Tentu saja cara pengolahannya tetap sama.

9. Edamame

Edamame menjadi makanan pendamping ramen yang tidak kalah digemari. Bagi kamu yang belum tahu tentang sayuran satu ini, edamame adalah sejenis kacang kedelai muda. Kacang kedelai ini sudah terbukti memiliki banyak manfaat.

Selain itu, rasa edamame juga terbilang lezat, sehingga tidak heran jika banyak kalangan yang menjadikan sayuran ini sebagai makanan favorit, khususnya di masakan Asia.

Baca Juga:  Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung

Rasa dari edamame sendiri sudah nikmat, sehingga kamu tidak perlu menambahkan bumbu lagi. Pada restoran ramen, edamame adalah sajian yang atasnya ada taburan garam, bubuk cabai, jeruk nipis, dan bubuk bawah putih.

10. Salad Mentimun

Salad mentimun adalah sajian acar mentimun yang tercampur dengan bumbu khusus. Secara umum, acar mentimun akan memiliki cita rasa sedikit asam yang berasal dari cuka.

Biasanya, salad mentimun memiliki ukuran yang tipis seperti pita. Setelah diiris, kamu bisa menambahkan cuka anggur putih ke bagian mentimun. Lalu, kamu bisa mendiamkan mentimun sebentar hingga cuka meresap. Kemudian, taburi salad mentimun dengan potongan bubuk cabe merah dan biji wijen. 

Mana Makanan Pendamping Ramen Pilihanmu?

Itu dia beberapa rekomendasi makanan pendamping ramen lengkap dengan minumannya.

Agar ramen semakin terasa lezat, pastikan kamu mencoba makanan atau minuman pendamping ramen sebagaimana penjelasan di atas.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang makanan Asia, makanan Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.