Sejarah Mie Gacoan, Mulai dari Malang Hingga Seluruh Indonesia!

3 min read

sejarah mie gacoan

Mie Gacoan yang terkenal tak pernah sepi pelanggan ternyata memiliki sejarah yang menarik.

Mulai dari kota Malang, saat ini restoran ini mampu membuka cabang hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Yuk, simak awal mula berdiri dan kunci suksesnya di sini!

Fakta Tentang Mie Gacoan

Tahukah kamu, sampai saat ini Mie Gacoan sudah memiliki banyak cabang di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali.

Berikut perjalanan lengkap awal mula restoran ini berdiri hingga sukses seperti sekarang.

1. Awal Mula Berdiri Tahun 2016

Sejarah Mie Gacoan bermula di tahun 2016 lalu, restoran ini pertama kali membuka bisnisnya di Kota Malang. Melansir dari lama resmi Mie Gacoan, restoran ini menjadi anak perusahaan dari PT. Pesta Pora Abadi. 

Pada awalnya, restoran mie fenomenal ini hanya memiliki cabang di Jawa Timur sebagai lokasi awalnya. Sekarang, cabang restoran ini tidak hanya di Jawa Timur saja, sudah meluas hingga ke Bandung dan Bali.

2. Harris Kristanto Sebagai Pelopor Mie Gacoan

Pada awal mula berdirinya, Harris Kristanto disebut-sebut menjadi pelopor mie yang sangat hits di kalangan anak muda ini. Beliau memiliki gelar S.E dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya tahun 2010.

Di bisnis ini, Harris Kristanto bekerja sebagai Human Resources Director. Dengan berbagai inovasi dari Harris, bisnis Mie Gacoan dapat berkembang pesat. Perkembangan itu berhasil dibuktikan dengan meningkatnya keuntungan perusahaan hingga 50 persen.

Baca Juga:  Ide Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, Cocok untuk Camilan!

Tidak hanya dari segi keuntungan saja, inovasi dari Harris juga membuahkan hasil hingga mampu menghasilkan lebih dari 20 cabang di Indonesia. Dengan meluasnya cabang Mie Gacoan, bisnis kuliner ini mampu mempekerjakan hingga lebih dari 3.000 pekerja.

Tahun ini Mie Gacoan menargetkan jumlah cabang sebanyak 100 restoran dan jumlah karyawan 5.000 orang. Sungguh menarik bukan?

Tidak hanya mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, Mie Gacoan juga mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan layanan ojek online untuk pelanggan. Sehingga, kamu bisa memesan Mie Gacoan melalui berbagai macam layanan pesan antar makanan online.

3. Mempunyai Lebih dari 20 Cabang di Indonesia

Setelah berhasil merintis bisnis hingga sukses seperti sekarang, Mie Gacoan saat ini memiliki cabang lebih dari 20 restoran di Indonesia. Bahkan, di satu kota bisa terdapat beberapa restoran, karena laris oleh pembeli.

Pada tahun 2021, jumlah cabang Mie Gacoan sudah mencapai 54 cabang. Kamu bisa menikmati Mie Gacoan di kota Malang, Surabaya, Tulungagung, Madiun, Kediri, Jombang, Blitar, Ngawi, Ponorogo, Pasuruan, Bali, Bekasi, Bandung, Solo, Cirebon, Semarang, dan Jakarta.

Arti Nama Mie Gacoan

Mengutip dari laman resmi milik pelopor mie pedas di Indonesia ini, nama Gacoan berasal dari kata ‘Gaco’. Dalam bahasa Jawa, ‘Gaco’ berarti jagoan. Hal ini juga dikonfirmasi oleh juru bicara dari PT Pesta Pora yang membenarkan jika arti Gacoan adalah jagoan.

Makna nama tersebut cukup relevan dengan kondisi bisnis Mie Gacoan saat ini, dimana Mie Gacoan cukup menjadi pemimpin inovasi kuliner mie pedas yang disukai banyak orang.

Rekomendasi Menu Mie Gacoan yang Wajib Coba

Tidak hanya menelisik sejarah Mie Gacoan saja, kamu juga perlu mengetahui keunggulan dari kuliner anak muda ini. Mie Gacoan sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang, karena memiliki menu-menu yang unik dan bervariasi, seperti berikut ini:

Baca Juga:  11 Ide Desain Cafe Minimalis yang Unik dan Instagramable

Menu Mie Gacoan

Mie Gacoan memiliki tiga menu mie goreng dengan harga yang terhitung murah.

Satu porsi Mie Gacoan dibanderol seharga Rp9.500,00 apabila kamu datang langsung ke restoran. Jika kamu membeli melalui ojek online, kamu cukup membayar Rp14.002,00 hingga Rp15.003,00 per porsi.

Berikut rekomendasinya.

1. Mie Angel

Mie Gacoan yang pertama adalah Mie Angel. Rasa mie ini gurih dan tidak pedas. Karena tidak pedas atau tidak menggunakan sambal, Mie Angel tidak memiliki tingkatan level pedas. Mie ini cocok untuk kamu yang tidak dapat makan sambal atau aman untuk anak-anak.

2. Mie Setan

Menu kedua yang bisa kamu pesan adalah Mie Setan. Jika kamu menyukai rasa gurih dan pedas tanpa kecap, mie ini cocok untukmu. Kamu bisa memilih level pedasnya sesuai seleramu.

Harga Mie Setan untuk level 1-4 sebesar Rp9.500,00 jika dine-in di restoran dan Rp14.002,00 apabila membeli melalui ojol. Sedangkan untuk level 5-8 harganya adalah Rp10.500,00 dan Rp15.003,00 jika pesan melalui aplikasi online.

3. Mie Iblis

Mie iblis cukup menjadi menu favorit Mie Gacoan. Menu ini memiliki rasa pedas manis, karena menggunakan kecap. 

Harga untuk level 1-4 sebesar Rp9.500,00 jika kamu memesan di restoran dan Rp14.002,00 apabila membeli melalui layanan ojek online. Sementara untuk level 5-8 dibanderol sebesar Rp10.500,00 jika memesan secara langsung dan Rp15.003,00 jika pesan melalui aplikasi online.

Menu Dimsum

Tidak hanya mienya saja yang menjadi favorit para pengunjung restoran Mie Gacoan, menu dimsum juga cukup dicari oleh para pelanggan.

Di restoran ini kamu bisa memesan berbagai macam menu yaitu, Pangsit Goreng, Siomay, Udang Keju, Udang Rambutan, Ceker dan Lumpia Udang.

Baca Juga:  Resep Tempe Kemul Khas Wonosobo Yang Mudah Dicoba

Rekomendasi menu dimsum yang menjadi favorit di Mie Gacoan adalah Siomay dan Udang Keju.

Kedua menu tersebut wajib kamu coba!

Minuman Mie Gacoan

Tidak hanya makanan saja, kamu juga wajib memesan minuman Mie Gacoan yang unik.

Namanya menggunakan nama-nama setan dan memiliki isi buah-buahan yang bervariasi.

Diantaranya, Genderuwo Rp 9.100, Es Tuyul Rp 5.900, Pocong Rp 9.100, dan Sundel Bolong Rp 5.900.

Dari semua minuman di atas, minuman yang wajib kamu coba adalah es genderuwo. Minuman menyegarkan ini terbuat dari cincau lembut dan susu kental manis dengan tambahan buah-buahan sehingga cocok untuk menemani makan mie pedas gacoan.

Suksesnya Mie Gacoan Hingga ke Seluruh Indonesia

Nah, itulah sejarah Mie Gacoan mulai dari awal mula berdirinya hingga sukses seperti sekarang ini.

Salah satu kunci bisnis kesuksesannya adalah dengan menawarkan makanan yang memiliki rasa lezat dan harga yang sangat terjangkau.

Sehingga, Mie Gacoan menjadi fenomenal di kalangan masyarakat. Semoga informasinya bermanfaat!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.