Cara Membuat Karyawan Betah Bekerja, Ampuh dan Profesional

3 min read

cara membuat karyawan betah bekerja

Perusahaan atau tempat kerja yang baik tidak hanya mengenai pendapatan yang terus meningkat, tapi juga mengenai cara memperlakukan karyawannya. Jika kamu adalah seorang pemimpin dalam tempat kerjamu, artikel ini wajib kamu baca sampai habis. Dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara membuat karyawan betah bekerja.

Apa Pentingnya Menghargai Karyawan di Tempat Kerja?

Sebelum membahas mengenai cara membuat karyawan betah bekerja, kamu harus tahu terlebih dahulu pentingnya menghargai karyawan yang berujung pada betahnya mereka di tempat kerja. Pada akhirnya, semua kembali menjadi keuntungan perusahaan.

1. Meningkatkan Produktivitas

Hasil survey American Psychological Association (APA) menunjukkan bahwa karyawan yang merasa dihargai di tempat kerja merasa lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Kesehatan ini kemudian berbanding lurus dengan tingkat motivasi bekerja. Dengan kata lain, karyawan yang merasa dihargai akan merasa lebih semangat untuk menghadapi berbagai kesulitan dan kendala dalam pekerjaan mereka. Produktivitas pekerjaan meningkat.

2. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Jika perusahaanmu dikenal sebagai perusahaan yang menghargai karyawannya maka akan semakin banyak orang yang ingin bekerja pada perusahaanmu, termasuk mereka yang memiliki talenta dan pengalaman terbaik. Hal ini memungkinkan standar kualifikasi karyawan pada tempat kerjamu semakin meningkat.

Memperlakukan karyawan dengan buruk termasuk tidak menghargai juga sangat berbahaya bagi reputasi perusahaan. Tidak hanya banyak orang menghindari untuk bekerja di perusahaanmu, tapi juga banyak calon konsumen yang mungkin akan menghindari untuk membeli barang atau jasa yang perusahaanmu sediakan.

3. Dapat Mengurangi Turnover

Karyawan resign merupakan hal yang biasa. Namun jika angka turnover tinggi, kemungkinan besar ada yang salah pada perusahaan, terutama dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Salah satunya adalah karyawan tidak merasa dihargai oleh perusahaan.

Baca Juga:  Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Food and Beverage

Padahal tingkat turnover yang tinggi dapat berakibat buruk pada flow, efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja. Oleh karenanya, menghargai karyawan dapat meminimalisir turnover serta dampak buruknya pada perusahaan.

Cara Membuat Karyawan Betah Bekerja

Dari tiga alasan di atas, kamu sudah tahu bagaimana pentingnya menghargai karyawan di tempat kerja sehingga membuatnya betah bekerja. Selanjutnya, simak cara membuat karyawan betah bekerja berikut.

1. Memberikan Gaji dan Tunjangan yang Layak

Memberikan gaji dan tunjangan yang layak merupakan cara membuat karyawan betah bekerja yang pertama. Karyawan akan merasa perusahaan menghargai mereka. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bonus atau insentif atas setiap pencapaian karyawan. Apabila terpaksa lembur, berikan pula tambahan uang lembur dengan layak.

Hal-hal lain yang sudah diatur oleh pemerintah mengenai ketenagakerjaan sudah sewajibnya diterima oleh karyawan, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan untuk pensiun, dan lainnya. Kenaikan gaji dalam jangka waktu tertentu juga akan membuat karyawan akan berpikir ulang untuk pindah tempat kerja.

2. Terapkan Work-Life Balance

Akhir-akhir ini, semakin banyak orang di media sosial yang membahas mengenai pentingnya work-life balance atau keseimbangan antara kehidupan dan bekerja. Perusahaan harus sadar bahwa karyawan merupakan manusia yang juga memiliki kehidupan di luar pekerjaan.

Penerapannya dapat mengurangi tekanan bekerja dan berujung pada kesehatan serta produktivitas karyawan. Dengan penerapan work-life balance, perusahaan paling tidak harus menepati jam bekerja yang telah disepakati pada awal kontrak. Selain itu, kamu sebagai pemimpin di tempat kerja, dapat menawarkan kesempatan pada karyawan untuk bekerja remote dan jam kerja yang fleksibel jika memungkinkan.

3. Memberikan Penghargaan Pada Pencapaian

Cara membuat karyawan betah bekerja yang ketiga adalah memberikan penghargaan pada pencapaian. Penghargaan dapat berupa bonus namun juga bisa berupa perayaan kecil bersama tim seperti makan malam bersama setelah pulang bekerja, atau lainnya.

Penghargaan  akan membuat karyawan merasa usahanya dalam bekerja tidak sia-sia. Karyawan akan merasa bahwa perusahaan menganggap kerja kerasnya selama ini dan hal tersebut akan memotivasinya untuk terus bekerja keras kedepannya.

Baca Juga:  Meningkatkan Penjualan dengan Upselling, Lakukan 9 Tips Ini

4. Menawarkan Program Pengembangan Profesional

Memberikan program pengembangan profesional merupakan cara membuat karyawan betah bekerja yang selanjutnya. Misalnya, perusahaan mengadakan kelas-kelas khusus yang mengundang tutor profesional. Sudah banyak perusahaan menggunakan cara seperti ini.

Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan budget khusus untuk setiap karyawan atau setiap departemen. Budget tersebut dapat mereka gunakan untuk mengikuti kelas daring atau seminar pilihannya  yang dapat menunjang kemampuan dalam bekerja. Dengan cara ini, karyawan tidak hanya merasa dihargai oleh perusahaan, namun juga dapat meningkatkan kemampuan mereka yang berdampak langsung pada pekerjaan.

5. Memberikan Kenaikan Jabatan

Kenaikan jabatan atau promosi dapat menjadi cara membuat karyawan betah bekerja karena mereka berharap bisa membangun karirnya di perusahaanmu. Mungkin banyak orang di luar sana yang memiliki pengalaman luar biasa dan tepat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan kamu. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah, setiap kantor memilki kulturnya masing-masing.

Karyawan yang telah lebih dahulu masuk, paling tidak sudah memahami kultur dan cara kerja di perusahaanmu. Selain itu, proses rekrutmen dan transisi akan lebih mudah dan cepat. Alasan-alasan ini pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan. Terlebih, adanya kemungkinan promosi akan membuat karyawan yang sudah ada berusaha untuk bekerja lebih keras untuk menunjukkan performa terbaik mereka. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kenaikan jabatan untuk karyawan lama.

6. Menyediakan Waktu untuk Tim

Cara ini sepintas terlihat sepele, namun pada nyatanya ini adalah cara membuat karyawan betah bekerja yang ampuh. Jika kamu adalah manajer atau pemimpin tim di tempat kerja, maka luangkanlah waktu untuk tim mu. Seperti misalnya makan siang bersama dan minum kopi bersama saat pagi hari sebelum mulai bekerja.

Nantinya mereka juga akan lebih terbuka untuk membahas permasalahan yang mereka temukan ketika bekerja. Hal ini karena mereka merasa kamu adalah orang yang terbuka untuk diskusi. Sehingga ketika menemukan permasalahan yang berat, mereka memilih untuk diskusi terlebih dahulu denganmu sebagai pemimpin, alih-alih menyerah dan mengundurkan diri dari tempat kerja.

Baca Juga:  Cara Membuat Instagram untuk Bisnis Makanan dan Minuman

7. Menanyakan dan Menerima Pendapat

Cara membuat karyawan betah bekerja yang terakhir, namun tidak kalah penting adalah menanyakan dan menerima pendapat. Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing ketika melihat suatu hal. Oleh karenanya penting untuk mendengarkan pendapat setiap anggota tim karyawan ketika bekerja bersama.

Tanyakan pada mereka jika belum terlihat inisiatif untuk menyampaikannya terlebih dahulu. Tidak hanya mengenai pengembangan ide untuk kepentingan projek, namun menanyakan dan mendengarkan pendapat karyawan akan membuat mereka merasa dihargai dan betah bekerja.

Sudah Menerapkan Cara Membuat Karyawan Betah Bekerja?

Itu dia tujuh cara membuat karyawan betah bekerja. Hubungan antara perusahaan dan karyawan adalah hubungan timbal balik, tidak hanya karyawan yang membutuhkan perusahaan namun juga sebaliknya. Karyawan sendiri adalah komponen penting dalam kemajuan perusahaan, oleh karenanya memperlakukan mereka dengan baik adalah suatu keharusan.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya!


Temukan tips menarik untuk mengembangkan bisnis makanan dan minuman kamu hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.