Ini Dia 13 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!

3 min read

Blueberry merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan campuran dalam makanan manis atau minuman. Tidak hanya enak, buah blueberry juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah 13 manfaat buah blueberry untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui!


13 Manfaat Buah Blueberry yang Baik untuk Kesehatan

Blueberry merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi, karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, dalam 148 gram buah blueberry, terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, yaitu serat, vitamin K, vitamin C, karbohidrat, mangan, dan air. Berikut adalah 13 manfaat buah blueberry yang baik untuk kesehatan:

1. Bantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah blueberry yang pertama, yaitu dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Blueberry merupakan buah dengan kandungan gula yang rendah dan kaya akan serat. Oleh karena itu, buah blueberry memiliki Glycemic Index (GI) yang rendah.

Selain itu, buah blueberry juga kaya akan kandungan flavonoid. Hal inilah yang membuat buah blueberry dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes.

Sebuah studi dari The BMJ juga membuktikan, jika beberapa buah, salah satunya blueberry dapat membantu mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Dalam studi tersebut, sekitar 6,5% partisipan yang mengkonsumsi tiga porsi buah blueberry, apel, anggur, atau pir dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 7%.

Baca Juga:  Makanan Khas India yang Terkenal, Favorit Wisatawan!

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anthocyanidins yang terkandung dalam buah blueberry memiliki fungsi untuk mendukung sistem kardiovaskular. Selain itu, buah blueberry juga memiliki kandungan serat, antioksidan, mineral, dan vitamin yang baik untuk mencegah penumpukan lemak dan kerusakan pada pembuluh darah. 

Oleh karena itu, buah blueberry juga memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan pembuluh darah pada jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Anti Peradangan

Manfaat buah blueberry selanjutnya, yaitu berfungsi sebagai anti peradangan. Buah blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi ini akan membantu untuk melindungi tubuh dari peradangan.

Selain itu, buah blueberry juga memiliki kandungan fitokimia, seperti asam ellagic dan anthocyanidins. Kandungan ini akan membantu tubuh kamu kebal dari berbagai penyakit.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah blueberry juga bisa membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat dan mencegah penuaan dini.

4. Bantu Jaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah blueberry secara teratur akan meningkatkan kemampuan penglihatan kamu dan mencegah degenerasi makula, karena faktor usia. Hal ini karena buah blueberry akan membantu tubuh kamu untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke mata. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah blueberry juga dapat membantu kamu untuk mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat buah blueberry selanjutnya, yaitu dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena buah blueberry memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh kamu.

Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, kamu bisa mengkonsumsi buah blueberry secara rutin untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu.

6. Menjaga Fungsi Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penurunan fungsi otak. Untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan daya ingat, kamu bisa mengkonsumsi buah blueberry secara rutin. Buah blueberry memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. 

Baca Juga:  Tips Memulai Tempat Makan Outdoor dengan Budget Minim

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah blueberry juga baik untuk membangkitkan neuron atau sel-sel otak yang menua. Oleh karena itu, buah blueberry juga baik untuk para lansia, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif.

Beberapa studi juga menyebutkan, jika konsumsi buah blueberry secara rutin yang disertai dengan pola hidup sehat juga bisa menurunkan resiko penyakit gangguan otak, seperti demensia, parkinson, dan stroke.

7. Bantu Lawan Infeksi Saluran Kemih

Manfaat buah blueberry yang lain, yaitu dapat membantu melawan infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah blueberry memiliki kandungan senyawa yang sama dengan buah cranberry, yaitu dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Kedua buah tersebut memiliki kandungan senyawa antiadhesive yang membantu mencegah bakteri Escherichia Coli untuk menempel pada dinding kandung kemih.

8. Mengurangi Resiko Kerusakan Otot

Buah blueberry juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko kerusakan otot. Untuk memulihkan tubuh setelah melakukan pekerjaan atau olahraga yang berat, kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah blueberry. 

Hal ini karena buah blueberry juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko kerusakan otot yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan menurunkan fungsi otot.

9. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah blueberry selanjutnya, yaitu dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah blueberry memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk merangsang pembentukan kolagen pada kulit. 

Hal inilah yang membuat buah blueberry sangat baik untuk membantu mencegah timbulnya kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, buah blueberry juga bisa membantu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh polusi dan paparan sinar matahari.

10. Bantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah blueberry juga bisa merangsang pembentukan kolagen. Kolagen merupakan senyawa yang baik untuk mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan sinar matahari.

Baca Juga:  5 Resep Bakwan Jagung Renyah Favorit Semua Orang!

Dengan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin, maka kamu telah mencukupi kebutuhan asupan vitamin C harian untuk tubuh sekitar 24%.

11. Bantu Mencegah Resiko Obesitas

Buah blueberry memiliki kandungan kalori yang rendah. Oleh karena itu, buah blueberry juga sering dijadikan sebagai bahan makanan untuk menu diet. Selain itu, senyawa polyphenol yang ada pada buah blueberry ini juga mampu untuk membantu mempercepat penurunan berat badan.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah blueberry juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, zinc, vitamin K, dan magnesium yang baik untuk mendukung struktur dan kekuatan tulang.

Selain itu, buah blueberry juga memiliki khasiat untuk menjaga kekuatan dan kelenturan tulang dan persendian. Dengan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin, maka akan mengurangi resiko terjadinya keretakan pada tulang.

13. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Manfaat buah blueberry yang terakhir, yaitu dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Buah blueberry memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Beberapa kandungan tersebut, yaitu vitamin C dan antioksidan.

Vitamin C dan antioksidan akan membantu tubuh untuk memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker mulut, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker usus besar.


Sudah Tahu Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan?

Berbagai macam manfaat buah blueberry tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu rajin mengkonsumsi buah tersebut. Selain mengkonsumsi buah blueberry, pastikan juga kamu menjaga pola makan, rajin berolahraga, serta menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol.  Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.