10 Olahan Roti Tawar untuk Dicoba, Hemat dan Nikmat!

4 min read

olahan roti tawar

Roti tawar biasanya dinikmati hanya dengan mengoleskan selai atau mentega dan sedikit taburan meses atau keju.

Kalau kamu bosan dengan hidangan yang itu-itu saja, kamu bisa bereksperimen dengan resep olahan roti tawar berikut ini.

Aneka Olahan Roti Tawar Enak dan Hemat

Mengkreasikan aneka olahan roti tawar bukan suatu hal yang sulit.

Inilah deretan kreasi roti tawar yang bisa kamu buat dengan mudah.

Tentunya dengan bahan yang mudah didapatkan.

1.  Olahan Roti Tawar Goreng Cheetos

Mengolah roti tawar menjadi roti goreng adalah sesuatu yang mudah. Selain mudah, roti goreng mempunyai cita rasa yang nikmat dan bikin nagih. 

Tidak sampai di situ, snack Cheetos akan menambahkan sentuhan unik. 

Nah, untuk membuat menu ini kamu perlu menyiapkan bahan-bahan yakni roti tawar sebanyak 8 lembar (bisa sesuai keinginanmu), kornet sapi 150 gram. Siapkan juga bawang bombay (cincang) 1 buah, bawang putih cincang 2 siung, telur ayam 2 butir, lada, garam, margarin, dan remahan Cheetos 2 bungkus. 

Cara membuatnya, tumis bawang putih dan bombay menggunakan margarin hingga wangi, lalu masukkan kornet. Sambil aduk-aduk, beri garam dan lada secukupnya, kemudian aduk lagi sampai matang.

Selanjutnya, ambil roti tawar lalu gilas menggunakan rolling pin. Isi roti dengan 1 sendok makan tumisan kornet, lalu lipat bentuk segitiga. Setelah itu, rekatkan ujungnya  dengan cara tekan menggunakan garpu. 

Selanjutnya, masukkan lipatan roti ke kocokan telur dan beri lumuran remahan snack Cheetos. Siapkan wajan yang sudah berisi minyak, goreng roti Cheetos hingga kecoklatan. Kalau sudah matang, tiriskan.

2. Olahan Roti Tawar Cinnamon

Roti tawar cinnamon cocok untuk kamu yang suka olahan roti tawar kekinian dengan rasa manis. Bahannya, roti tawar yang sudah dipotong memanjang, gula, bubuk kayu manis, dan mentega. 

Caranya, lelehkan mentega hingga mencair, ambil roti tawar, lalu oleskan roti tersebut dengan mentega cair, kemudian taburkan gula dan bubuk kayu manis. Siapkan air fryer, masak roti dengan suhu 180 derajat celcius selama 5-6 menit.

Kamu bisa menggunakan teflon atau oven jika tidak ada air fryer. Setelah garing dan matang, angkat lalu sajikan. 

Baca Juga:  Aneka Resep Mi Ayam Khas Indonesia, Semua Pasti Suka!

3. Pizza Roti Tawar

Saat ingin makan pizza tapi tanggal tua, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan roti tawar. Olahan roti tawar ini terbilang nikmat dan tidak kalah dengan rasa pizza aslinya.

Bahannya adalah roti tawar secukupnya, bolognese sauce, keju leleh (quick melt), bawang bombay, sosis, dan margarin. 

Caranya, ambil roti tawar lalu olesi dengan bolognese sauce. Pada bagian bawah roti beri margarin secukupnya. Taburi sosis, bawang bombay, dan keju. Setelah siap, panggang dalam oven, tunggu hingga matang dan keju mulai leleh. 

4. Roti Tawar Isi Keju Sosis

Makanan olahan roti tawar ini mudah sekali cara membuatnya. Siapkan roti tawar, keju lembaran, telur, tepung roti, dan terigu. Giling roti tawar hingga bentuknya sedikit tipis, pisahkan kulit rotinya. Kemudian ambil sosis, belah menjadi 2 bagian.

Siapkan tiga macam wadah. Wadah pertama untuk kocokan telur, wadah kedua untuk tepung terigu, dan terakhir untuk tepung roti. Gulung roti tawar lalu isi dengan keju slice dan sosis. Balurkan ke telur kocok, lalu ke tepung roti. 

Siapkan oven dengan suhu 180 derajat dan panggang selama 15 menit lamanya. Setelah matang, angkat dari oven dan sajikan. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan saus sambal agar terasa nikmat.

5. Sandwich Ala Korea

Olahan roti tawar kekinian ini bisa menjadi sarapan nikmat jika kamu malas makan nasi. Kamu bisa membuat sendiri sandwich ala Korea dengan rasa yang tak kalah nikmat dengan menu di restoran.

Bahannya adalah roti tawar tanpa kulit 4-5 lembar, irisan buncis 2 sendok makan, 2 sendok makan irisan wortel, 1 sendok makan irisan daun bawang. Siapkan juga telur 2 butir, garam ½ sendok teh, ¼ sendok teh lada, 2 lembar smoked beef, 2 lembar keju, margarin, saus tomat, dan mayonaise.

Aduk telur dan campurkan dengan buncis, daun bawang, serta wortel. Beri garam dan lada secukupnya. Siapkan teflon, beri margarin secukupnya, masak adonan telur tadi sampai matang.

Selanjutnya, panggang smoked beef, beri sedikit margarin. Panggang roti tawar dengan teflon hingga berwarna coklat. Setelah matang, olesi roti panggang dengan mayonaise dan saus. Tambahkan keju, smoked beef panggang, dan telur tadi. Tumpuk semua bahan pada roti, dan sajikan.

6. Roti Bawang

Roti bawang menjadi makanan aneka olahan roti tawar kekinian yang enak, apalagi bila kamu santap saat weekend. Bahannya mudah, kamu cukup menyiapkan roti tawar, margarin, bawang putih parut, dan cincangan seledri.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

Cara membuatnya, potong roti tawar menjadi bentuk persegi panjang, lalu campurkan semua bahan sampai merata. Olesi roti dengan bahan-bahan tersebut. Setelah semua teroles rata, panggang roti pakai teflon. Setelah matang, angkat lalu sajikan roti bawang. 

7. Roti Bawang Keju tanpa Oven

Kamu bisa banget membuat aneka olahan roti tawar kekinian tanpa menggunakan oven sama sekali. Roti bawang keju atau garlic cheese bread bisa dengan mudah kamu buat sendiri. 

Bahan-bahannya adalah 6 lembar roti tawar, smoked beef 2 lembar (potong-potong), butter 50 gram, bawang putih cincang 1 siung, telur 1 butir, kental manis 2 sendok makan. Untuk bumbunya yakni kaldu jamur, merica, garam, daun parsley kering, serta aneka keju (mozarella, quick melt, cheddar, dan sebagainya).

Cara membuatnya, lelehkan butter dalam wajan dan tumis bawang putih sebentar saja. Lalu masukkan beef, tumis sebentar. Setelah matang, sisihkan. 

Potong roti tawar dan susun pada wajan yang tadi. Kocok telur, campurkan dengan kental manis, susu cair, merica, garam, kaldu jamur, tumisan bawang, dan beef tadi.

Tuang kocokan telur tersebut secara merata di atas roti. Beri keju cheddar, keju quick melt, terakhir beri keju mozarella. Setelah tertuang rata, beri parsley kering lalu masak dengan api kecil. Jangan lupa tutup wajannya dan tunggu hingga matang. Setelah matang, segera sajikan selagi hangat.

8. Setup

Setup menjadi makanan olahan roti tawar kekinian yang banyak penggemarnya. Cukup siapkan roti 5-6 lembar dan keju parut 100 gram. Bahan vla, 100 ml santan, 400 susu cair, 50 gram gula, ¼ sendok teh garam, larutan maizena 2 sendok makan, dan 1 lembar daun pandan.

Cara membuatnya, ambil santan, campurkan dengan susu, gula, garam serta ikatan daun pandan. Masak semuanya sambil aduk-aduk hingga mendidih. 

Masukkan maizena, masak hingga semua mengental dan meletup. Setelah itu, tata lembaran roti tawar dalam wadah, lalu siram dengan vla dan beri toping keju parut. 

Setelah selesai, tutup bagian atas menggunakan roti tawar dan siram lagi dengan vla. Ulangi step tersebut hingga memenuhi wadah. Jika selesai, simpan dalam kulkas supaya rasanya lebih nikmat.

9. Puding Roti Tawar

Jika kamu punya anak kecil yang suka sekali makan roti, kamu bisa mencoba salah satu aneka olahan roti tawar yakni puding roti tawar. 

Bahannya adalah roti tawar suwir 5 lembar, susu cair 250 ml, margarin leleh 3 sendok makan, gula pasir 5 sendok makan (lelehkan). Siapkan juga telur ayam 2 butir, toping kismis, keju, dan kacang almond secukupnya (opsional).

Baca Juga:  Es Cendol Dawet: Resep dan Cara Membuatnya Untuk Berbisnis

Ambil margarin lalu campurkan dengan susu, gula, dan telur, lalu aduk. Tata roti tawar pada loyang, tuang campuran susu, tambahkan toping (kismis, almond, dan keju). Siapkan kukusan dan masak sampai matang. Jangan lupa tutup kukusan dengan kain.

10. Popcorn Roti Tawar

Selain jagung, kamu bisa membuat popcorn dengan bahan roti tawar. Bahannya adalah 3 lembar roti tawar tanpa kulit, gula pasir 3 sendok makan, butter 1 sendok makan, dan susu cair 3 sendok makan. 

Potong roti tawar berbentuk kotak, panaskan teflon, masak roti hingga crispy. Setelah roti siap, panaskan teflon, tambahkan gula dan air sedikit (jangan aduk). Masak hingga mendidih dan keemasan. Lalu tambah butter dan susu. Aduk hingga kental menjadi karamel. 

Masukkan roti ke dalam adonan karamel, aduk hingga merata. Jika sudah, angkat dan sajikan. Roti akan lengket, untuk itu pisahkan roti satu per satu dan biarkan mendingin. 

Olahan roti tawar ini akan nikmat untuk menemanimu nonton film sebagai pengganti popcorn jagung.

Mudah Bukan Membuat Aneka Olahan Roti Tawar?

Itu dia beberapa rekomendasi olahan roti tawar untuk kamu coba.

Budget yang kamu keluarkan untuk resep ini pun tidak perlu banyak, jadi kamu bisa menghemat sekaligus makan enak.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan resep ini untuk ide jualan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.