11 Makanan Khas Sumatera yang Enak dan Melegenda!

5 min read

Makanan Khas Sumatera

Indonesia adalah sebuah Negara yang tercatat memiliki banyak sekali pulau, itulah mengapa Negara Indonesia dulunya mempunyai nama Nusantara, yang artinya “banyak pulau”. Nah, menjadi sebuah Negara yang memiliki banyak pulau membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali keberagaman suku dan adat. Keberagaman ini mulai dari pakaian adat, ritual dan makanan khas. Pada artikel kali ini, kamu akan melihat apa-apa saja makanan khas Sumatera.


Makanan Khas Sumatera yang Wajib Kamu Coba

Pulau Sumatera adalah pulau yang terletak paling kiri jika kamu lihat pada peta Indonesia. Pulau yang berbentuk panjang lonjong ini tentunya berisi dari 8 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Binjai, Aceh, Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat dan Jambi. 

Delapan provinsi tersebut sama-sama memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa kamu coba. Berikut inilah makanan khas asal Sumatera yang sudah terkenal dan menjadi makanan favorit banyak orang.

1.   Mie Aceh dari Aceh

Mie Aceh dari Aceh

Makanan pertama yang ada pada daftar makanan khas Sumatera adalah mie aceh. Mendengar namanya, kamu tentunya tahu bahwa mie tersebut adalah makanan khas dari Aceh. 

Mie ini adalah sebuah mie yang memiliki rasa pedas yang gurih yang dapat mengenyangkanmu serta menggelitik lidah. Biasanya hidangan ini sering tersaji dengan berbagai tambahan daging seperti seafood, daging sapi, udah, kerupuk, kacang-kacangan, dan kerupuk tergantung selera.

Selain itu, mie aceh juga mempunyai 2 jenis yaitu mie aceh goreng dan mie aceh kuah. Untuk kamu yang lebih menyukai mie yang kering kamu dapat memesan mie aceh goreng dan pesanlah mie aceh kuah jika kamu suka untuk menyeruput kuah setelah selesai menghabiskan mie. 

Namun, jika kamu menyukai keduanya, kamu dapat memesan mie aceh becek. Mie aceh versi ini memiliki kuah yang tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu kering. Rasa yang ada pada mie aceh becek ini juga lebih pedas dan lebih berasa ke lidah.

2. Bika Ambon dari Sumatera Utara

Bika Ambon dari Sumatera Utara

Makanan khas Sumatera selanjutnya adalah bika ambon. Bika ambon ini tepatnya adalah makanan khas dari Sumatera Utara dan sering menjadi oleh-oleh bagi para pendatang jika ingin pulang ke kampung halamannya. Bika ambon ini akan banyak kamu temukan jika kamu sedang berlibur ke Medan.

Tekstur bika ambon yang berongga dan basah membuat kamu yang mencoba hidangan ini akan cepat kenyang karena rasanya yang manis walaupun tidak terlalu manis. 

Baca Juga:  17 Makanan Terenak di Indonesia yang Menggoda, Wajib Coba

Namun, walaupun teksturnya yang basah, bika ambon termasuk makanan yang cukup tahan lama jadi kamu tidak usah khawatir jika ingin membawanya ke kampung halaman. Ada banyak sekali varian rasa yang bika ambon miliki. Seperti original, durian atau yang sedang populer sekarang ini adalah bika ambon keju dan coklat.

3. Mie Gomak dari Sumatera Utara

Mie Gomak dari Sumatera Utara

Mie Gomak ini adalah mie yang berasal dari Sumatera Utara khususnya makanan yang terkenal dari daerah batak toba. Karena daerah batak toba yang termasuk dingin akibat berada pada perbukitan, mie gomak biasanya sering tersaji untuk melawan rasa dingin tersebut. 

Selain itu, mie gomak ini mempunyai berbagai macam versi. Sama seperti mie aceh, mie gomak juga memiliki pilihan untuk kuah. Kamu dapat memesan mie gomak kering atau mie gomak kuah tergantung selera.

Sama juga dengan mie aceh, mie gomak juga memiliki pilihan mie becek yaitu kuah yang kental dan tidak terlalu banyak seperti mie gomak kuah. Mie yang sering juga memiliki julukan spaghetti batak ini juga termasuk mie yang halal karena tidak mengandung babi. Namun, untuk semakin memastikan mie ini halal, kamu dapat menanyakan kepada penjualnya.

4. Gulai Gajeboh dari Sumatera Barat

Gulai Gajeboh dari Suamtera Utara

Selanjutnya, kita beralih ke daerah selanjutnya yaitu Sumatera Barat. Seperti yang kita ketahui, sudah banyak makanan khas sumatera barat mendunia karena rasanya yang gurih dan tidak pernah gagal. Salah satu makanan khas yang sering dibandingkan dengan rending adalah gulai gajeboh. 

Sama seperti rending, gulai gajeboh adalah makanan yang mempunyai bahan utama yaitu berasal dari daging sapi. Namun, jika masakan lain memakai daging pada sapi, masakan ini lebih memilih lemak tebal yang biasanya berada pada punuk sapi.

Semakin tebak lemak tersebut, maka semakin nikmat pula rasanya. Teksturnya yang kenyal akan menyerap kuah dari gulai gajeboh ini sehingga jika kamu menggigitnya, kamu akan merasakan kuahnya yang meledak-ledak dalam mulutmu.

5. Nasi Gemuk dari Jambi

Nasi Gemuk dari Jambi

Makanan khas sumatera selanjutnya berasal dari Jambi yaitu Nasi gemuk. Namanya yang lucu dan langka menjadi salah satu alasan mengapa nasi gemuk ini viral dan banyak menjadi makanan favorit dari orang baik itu mancanegara dan luar negri. Resep dan cara memasak nasi gemuk hampir sama dengan cara memasak nasi gurih.

Nasi yang bercampur dengan santan kelapa ini akan terasa wangi dan gurih ketika kamu memakannya. Namun selain santan kelapa, memasak nasi gemuk juga memakai daun pandan. Nah, karena hal itu, nasi gemuk ini akan semakin wangi, bukan?

Nasi gemuk juga sering tersaji dengan berbagai pelengkap seperti lauk pauk, daging, ikan teri, telur atau kacang dan bawang.

6. Bagar Hiu dari Bengkulu

Bagar Hiu dari Bengkulu

Setelah dari Jambi, kita beralih ke daerah Bengkulu. Daerah Bengkulu mempunyai salah satu hidangan khusus yang bernama bangar hiu. Ya, dari namanya kamu pasti sudah mengetahui apa daging utama dari makanan ini. 

Baca Juga:  Nama Usaha Makanan Islami Beserta Artinya, Cocok Untuk Bisnis!

Makanan khas sumatera satu ini adalah masakah yang menggunakan daging hiu sebagai daging utamanya. Dalam sejarah, banyak tersebut bahwa bagar hiu adalah makanan favorit presiden pertama Indonesia, yaitu Presiden Soekarno.

Bapak presiden senang memesan dan memakan bangar hiu saat kunjungannya ke Bengkulu. Dengan bumbu-bumbu yang gurih dan sedap, bagar hiu menjadi makanan andalan kota Bengkulu untuk melebarkan sayapnya dalam menggiring para pengunjung.

Namun, makanan yang enak dan melegenda ini sudah jarang ada dan cukup langka. Hal ini karena bahan bakunya, yaitu hiu, adalah ikan yang cukup sulit untuk ditemukan. Namun, kamu dapat menemukan bagar hiu jika kamu berkunjung ke Bengkulu pada hari-hari besar dan hari-hari tertentu.

7. Otak-otak dari Riau

Otak-otak dari Riau

Makanan khas sumatera selanjutnya adalah makanan khas dari daerah Riau. Makanan ini pasti sering kamu dengar dan jumpai jika kamu datang ke Riau. Nama mkanannya adalah otak-otak. 

Banyak alasan mengapa nama makanan ini otak-otak, salah satunya adalah karena tekstur dan warnanya sama seperti bagian otak. Namun, tidak usah khawatir, bahan baku dari otak-otak bukanlah dari otak, namun dari daging ikan.

Ikan yang terpakai untuk nantinya akan diolah menjadi otak-otak adalah ikan tenggiri. Ikan ini nantinya akan terhaluskan dan diambil duri dan tulangnya. Selanjutnya, daging ikan tenggiri tersebut akan terbungkus dengan daun pisang dan terpanggang dengan sempurna. 

Otak-otak ini sering tersaji dengan kuah asam pedas dan nasi. Aromanya yang gurih akibat terbungkus dengan daun pisang pastinya akan mengunggah seleramu.

8.  Mie Bangka dari Bangka Belitung

Mie Bangka dari Bangka Belitung

Makanan selanjutnya adalah makanan dari daerah Bangka Belitung. Mie Bangka ini menggunakan mie kuning atau mie keriting sebagai bahan bakunya. Hampir sama dengan bakmi lain, mie Bangka khas Belitung ini mempunyai keistimewaan seperti bumbu-bumbu rahasia khas orang Hakka. 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat mie ini istimewa dan berbeda yaitu makanan pendamping atau topping yang ada pada setiap sajian satu mangkok mie.

Selain itu, kuah mie Bangka biasanya terbuat dari campuran beberapa ikan, namun campuran yang paling favorite adalah ikan tenggiri.

9.  Mie Sop Ayam Baruna dari Binjai

MIe Sop Ayam Baruna dari Binjai

Makanan dari daerah selanjutnya adalah makanan khas dari binjai. Baruna adalah nama dari restoran mie sop ayam yang sangat terkenal di Binjai. Sangkin terkenalnya, mie ayam sop baruna ini masuk ke dalam daftar masakan khas sumatera dari binjai. 

Sebenarnya ada banyak menu yang ada pada restoran baruna, namun yang paling favorite dan sampai menjadi trademark adalah menu mie ayamnya. Sekilas jika kamu pikirkan, apa yang spesial dari mie ayam baruna ini. Namun, mie ayam baruna memiliki kuah yang segar dengan mie yang berbeda dengan mie lainnya.

Selain itu, mie ayam baruna ini sudah berdiri bertahun-tahun dan tetap menciptakan kualitas yang super nikmat. Untuk kamu yang baru pertama kali ke Binjai, pastikan untuk tidak melewatkan mie ayam baruna ini.

Baca Juga:  Peluang Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya untuk Kamu!

10.  Gulai Taboh dari Lampung

Gulai Taboh dari Lampung

Makanan khas Sumatera ke-10 adalah makanan khas lampung yang bernama Gulai Taboh. Gulai taboh adalah makanan berkuah yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia saat sedang berkunjung ke Lampung. 

Taboh mempunyai arti santan, jadi Gulai Taboh ini adalah Gulai yang berbahan dasar santan. Seperti yang kamu ketahui, semua makanan yang mempunyai kandungan santan sudah tidak perlu lagi kamu Tanya rasanya. 

Kuah santan yang ada pada Gulai taboh ini menimbulkan rasa yang wangi dan gurih ketika kamu baru saja menyuapkannya ke mulutmu. Lauk yang ada pada Gulai taboh ini juga sangat nikmat yaitu ikan yang sudah menjalani proses pengasapan sebelumnya.

11.  Pempek dari Sumatera Selatan

Pempek dari Sumatera Selatan

Makanan yang masuk ke daftar makanan khas Sumatera terakhir adalah makanan dari daerah Sumatera Selatan. Makanan khas satu ini tentunya pernah kamu dengar, yaitu pempek. 

Saking fenomenal dan terkenalnya makanan pempek ini, kamu dapat menemukan pempek bukan hanya ketika kamu sedang berkunjung ke Sumatera Selatan, namun sekarang seluruh daerah Indonesia sudah menjual makanan berbahan dasar ikan ini.

Pempek atau empek-empek ini adalah sebuah makanan gurih yang tercampur pada kuah yang khas dan enak. Bahan utamanya, yaitu ikan akan melalui proses giling terlebih dahulu dan tercampur dengan tepung kanji. 

Hal ini akan menciptakan tekstur yang kenyal namun tetap kaya akan rasa ikan yang gurih. Ciri khasnya yang tercampur pada kuah cuko yang pedas ini sangat gampang kamu ingat dan ingin memakannya lagi.


Manakah Makanan Khas Sumatera yang Ingin Kamu Coba?

Itulah 11 makanan khas Sumatera yang bisa kamu coba dan rasakan saat kamu berkunjung ke Sumatera. Ada banyak lagi makanan lain yang belum kami masukkan ke dalam daftar. Namun, ketika kamu berlibur, kamu pasti akan mudah menemukannya. Semoga artikel ini dapat membantumu!


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.