17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

7 min read

Jenis Soto Asli Indonesia yang Wajib Kamu Tahu (1)

Indonesia sebagai sebuah negeri dengan banyak suku bangsa memiliki keanekaragaman budaya, terutama kulinernya. Ada banyak makanan khas yang Indonesia yang sangat nikmat. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bahkan merilis 5 makanan nasional, salah satunya adalah soto. Kuliner ini menjadi salah satu yang memang orang Indonesia favoritkan. Ada begitu banyak jenis soto di Indonesia.

Kamu pastinya juga suka dengan makanan yang satu ini. Akan tetapi, pernahkah kamu mengetahui macam dari soto-soto yang ada di Indonesia? 

Artikel ini hadir untuk memberikan kamu referensi dari macam-macam kuliner yang satu ini lengkap dengan karakteristik yang ada di dalamnya. Jangan sampai melewatkan penjelasan-penjelasan di bawah ini.

Jenis Jenis Soto di Indonesia

Meskipun namanya hanya soto, ada begitu banyak macam varian dari kuliner yang satu ini. setiap kota memiliki varian dari hidangan ini dengan ciri khasnya masing-masing. Memang unik sekali dan inilah beberapa jenis soto yang perlu kamu ketahui informasinya.

1. Soto Khas Lamongan

jenis soto lamongan

Sumber: https://www.instagram.com/p/CTySniblFUD/?utm_medium=copy_link

Jenis soto yang pertama adalah yang berasal dari kota lamongan yaitu soto lamongan. Jenis ini memang berasal dari kota Lamongan, Jawa Timur. Kamu pastinya sering sekali menemukan penjual yang menjajakannya di warung-warung atau berkeliling menggunakan gerobak dorong.

Jenis ini menjadi spesial karena ada bumbu tabur koyanya saat penyajiannya.  Koya adalah sebuah bumbu yang perbuatannya menggunakan kerupuk udang halus. Rasa yang dominan dari varian Lamongan yang satu ini adalah gurih dan mantap. Kalau kamu menemukan warung dengan penyajian sotonya atasnya ada koya maka itulah soto Lamongan.

2. Varian Khas Banjar

soto banjar

Sumber: https://www.instagram.com/p/CVWlO7uBvDd/?utm_medium=copy_link

Dari Lamongan, Jawa Timur mari terbang ke Kalimantan. Ada apa di sana? Ya, di Kalimantan juga terdapat jenis hidangan ini yang tentu saja sangat nikmat, yaitu soto banjar namanya.

Jenis ini merupakan olahan yang tidak memanfaatkan kunyit sebagai rempah bumbunya. Soto banjar biasa orang nikmati dalam keadaan masih hangat dengan tambahan potongan lontong. Tidak hanya lontong, para penjualnya juga memakai beberapa komponen tambahan lainnya seperti potongan daun bawang, perkedel, telur, dan juga pastinya untuk menambah rasa pedas menambahkan sambal banjar. Memakan soto banjar paling nikmat kalau juga sambil menambah pendampingnya yaitu sate banjar.

3. Soto Betawi

soto betawi

 

Sumber: https://www.instagram.com/p/CX8jYQnrs-6/?utm_medium=copy_link

Tidak hanya Lamongan dan Banjar, ibukota juga punya kuliner soto khasnya sendiri. Namanya adalah soto betawi. Sesuai namanya, varian yang satu ini memang berasal dari suku Betawi yang asli dari Jakarta. Bukan hanya gedung pencakar langit dan kemacetannya yang tersohor, varian kuliner yang satu ini juga cukup melegenda di Jakarta.

Isian di dalamnya adalah perpaduan antara potongan daging sama dengan jeroan sapi yang membuat para penikmatnya bisa merasakan berbagai tekstur ketika menikmatinya. Awalnya untuk kuah soto betawi memakai santan untuk menambah gurihnya, tetapi kini telah banyak variannya yang tidak memakai santan. 

Namun, rasanya tetap enak dan gurih yang lebih tipis serta lebih sehat untuk semua kalangan. Para penjualnya biasa menyajikannya dengan tambahan perasan jeruk nipis, emping, minyak samin, acar dan sambal.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil Wajib Coba!

4. Soto Kerbau Khas Kudus

jenis soto di indonesia yang unik - soto kerbau khas kudus

Sumber: https://www.instagram.com/p/CZixhnYhqo1/?utm_medium=copy_link

Ingin mencoba sebuah varian yang memakai isian yang unik dan jarang bisa kamu temui dari soto-soto lainnya? maka sangat pas kiranya untuk kamu coba mencicipi soto Kudus. Jenis soto yang satu ini cukup mirip rasanya seperti yang berasal dari Lamongan. Yang membedakannya adalah adanya potongan daging kerbau sebagai daging-dagingnya.

Mengapa tidak sapi seperti yang lainnya? menurut masyarakat sekitar, penggunaan kerbau sebagai topping soto Kudus adalah karena merupakan simbol dari toleransi kepada umat Hindu yang dulunya mensucikan hewan seperti sapi. Banyak orang yang berkunjung ke kota Kudus untuk berziarah ataupun sekedar transit pasti mampir ke warung untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

5. Jenis Soto Madura

makanan madura

Sumber: https://www.instagram.com/p/CVKKUjnrsco/?utm_medium=copy_link

Apa yang kamu pikirkan kalau mendengar kata Madura? Karapan sapi? Jembatan Suramadu yang panjang? Atau Sate Madura yang penjualnya memakai kaos bergaris merah putih?

Memang ketika membicarakan Madura akan banyak orang yang terbayang tentang Sate Madura. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu paling orang cari karena kelezatannya. Akan tetapi, Madura juga punya sebuah varian hidangan berkuah yang namanya soto Madura.

Varian yang satu ini memiliki isian antara lain adalah daging sapi dengan paduan beberapa komponen lainnya seperti kecambah dan kentang goreng. Biasanya para penjual akan menambahkan rempeyek sebagai camilan saat memakannya. Tentu saja, hidangan ini pastinya tidak kalah sedap dari sate Madura.

Baca Juga: Bisnis Soto Ayam – Modal, Keuntungan, dan Tips Suksesnya

6. Soto Medan

makanan khas medan

Sumber: https://www.instagram.com/p/B2qvXr7lA2y/?utm_medium=copy_link

Salah satu kota di Indonesia yang juga memiliki jenis soto adalah Medan. Soto Medan merupakan hidangan yang sepertinya mirip dengan varian yang lainnya. Kuahnya tidak memakai campuran susu ataupun margarin sebagai penambah gurih citarasanya.  

Varian yang ini katanya sedikit mirip dengan soto Betawi. Ada sentuhan kebudayaan India yang ada di dalamnya. Kuahnya berwarna kuning cerah. Ketika kamu menciumnya menyebarkan aroma dari kapulaga serta rempah-rempah yang kaya. Rasanya pasti tidak akan mengecewakan lidah kamu.

7. Coto Makassar

coto makassar

Sumber: https://www.instagram.com/p/CBUeD7DhhrJ/?utm_medium=copy_link

Dalam masyarakat Makassar, coto tidak lain adalah soto. Soto atau coto Makassar. Kuliner yang berasal dari Makassar yang satu ini merupakan sebuah kuliner yang memadukan sekitar empat puluh rempah-rempah sebagai bumbu kuahnya. Orang Makassar menyebutnya dengan rampah rampah patang pulo.

Selain berisi paduan rempah ampah patang pulo, kuah dari coto Makassar ini adalah kaldu dari rebusan daging sapi bercampur dengan jeroannya. Makanan yang satu ini sangatlah cocok jika kamu nikmati bersama burasa yang merupakan sejenis ketupat sebagai pengganti nasi khas dari Makassar.

Kamu tidak perlu datang ke kotanya jika ingin mencicipi kuliner berkuah yang satu ini. Pasalnya, kini banyak restoran atau warung-warung makan yang menjadikannya menu untuk para pelanggan nikmati. Biasanya seporsi coto Makassar harganya kisaran dari mulai Rp20.000 hingga Rp50.000 tergantung juga dengan tambahan pendampingnya saat kamu memakannya di tempat-tempat tersebut.

8.Soto Mie Bogor

soto mie bogor

Sumber: https://www.instagram.com/p/B67ARfEFT5G/?utm_medium=copy_link

Kamu sedang berada di kota Bogor dan mencari kuliner khas yang bisa memanjakan lidah kamu? Maka tidak ada salahnya untuk mencoba cicipi kuliner bernama Soto Mie Bogor. Tidak seperti jenis soto lainnya yang memakai bihun atau mie putih sebagai komponennya, dalam soto mie Bogor memakai mie. Mie yang ada di dalamnya adalah mie telur kuning.

Saat varian ini tersaji di mangkok, kamu akan melihat kuah yang berwarna merah menggugah selera. Warna kemerahan tersebut adalah hasil perpaduan dari cabe merah yang ada di bumbunya. Jika belum juga puas, saat memakannya kamu bisa menambahkan sejumlah sambal.

Baca Juga:  13 Makanan Olahan Kelapa Khas Indonesia, Wajib Coba!

Komponen yang ada di dalamnya biasanya potongan daging atau jeroan sapi. Penjualnya juga memasukan cakwe sebagai tambahannya dan tentu saja mie kuning telur. Kuliner ini sangatlah cocok untuk kamu nikmati saat dingin-dinginnya.

9. Tauto dari Pekalongan

jenis tauto

Sumber: https://www.instagram.com/p/CZk_zOlhEL_/?utm_medium=copy_link

Bukan hanya orang kenal sebagai kota batik, Pekalongan juga menjadi rumah dari banyak makanan khas yang rasanya nikmat. Salah satunya adalah tauco. Tauto adalah makanan yang termasuk dalam varian jenis soto di Indonesia yang sama enaknya dengan yang lainnya.

Varian yang satu ini memiliki perbedaan yang tidak ada dalam jenis yang lainnya yaitu dengan adanya bumbu sambal goreng tauco. Tauco adalah olahan fermentasi. Adanya tauco dalam hidangan ini membuat warna dari tauto itu sendiri merah pekat. Jika kamu melihatnya pasti akan tergugah seleranya dan ingin segera menyantapnya.

10. Soto Kota Kembang Bandung

soto bandung segar

Sumber: https://www.instagram.com/p/CS767rqh8Fx/?utm_medium=copy_link

Cuaca yang dingin atau sejuk di kota kembang, Bandung, memang sangat pas dinikmati menyantap makanan yang hangat-hangat dan berkuah. Makan seblak Dago sudah biasa. Ada rekomendasi makanan lainnya?

Kamu wajib sekali mencoba merasakan nikmatnya soto khas Bandung. varian yang satu ini sangat berbeda dari soto khas Indonesia lainnya. Mengapa bisa berbeda? Kalau pada varian lain bumbunya halus, kalau varian justru sebaliknya. Bumbu untuk menambah cita rasa justru bentuknya irisan tipis-tipis. Meskipun sepertinya sederhana, rasanya tetap nendang.

Kuliner khas Bandung yang satu ini tersaji dengan kuah beningnya. Ada potongan lobak serta taburan kacang kedelai gorengnya. Ada pula potongan daging yang terpotong dadu. Kalau kamu sedang berkunjung ke Bandung wajib mencobanya.

11.Soto Lenthok Khas Kota Istimewa Yogyakarta

soto lenthok

Sumber: https://www.instagram.com/p/BauycXrF9L6/?utm_medium=copy_link

Kota Yogyakarta memang istimewa. Selain menjadi salah satu kota pusat kebudayaan bangsa Jawa, Yogyakarta merupakan salah satu tempat kunjungan wisata yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Keramahan masyarakatnya membuat kota ini selalu menjadi tempat yang dirindukan setiap orang yang pernah berkunjung.

Pernahkah kamu berkunjung ke Yogyakarta dan mencicipi kuliner bernama soto lenthok? Secara tampilan jenis yang ini hampir sama dengan yang lainnya yaitu menyajikan kuah dan suwiran ayam.

Yang berbeda adalah pada topping tambahan di dalamnya yaitu lenthok. Lenthok adalah semacam perkedel yang bahan dasarnya adalah dari singkong. Singkong ini nanti dibentuk bulat kecil-kecil lalu langsung memasaknya dengan cara goreng. Seporsi soto lenthok pasti sudah bisa membuat lidah kamu bergoyang dan perut kenyang.

12. Jenis Soto Kwali Solo

jenis soto kwali soto

Sumber: https://www.instagram.com/p/CUg-KAtre24/?utm_medium=copy_link

Berpindah ke kota saudaranya Yogyakarta, yaitu Solo ada varian hidangan unik bernama soto kwali. Varian ini tidak kalah nikmat dengan kuliner Solo lainnya seperti nasi liwet yang khas kota ini.

Isi dalam soto kwali hampir sama dengan varian lain seperti beberapa daerah lainnya. Di dalamnya ada daging sapi, potongan daun seledri, dan tauge.

Yang membedakan adalah wadah yang penjual gunakan untuk menyajikannya. Kalau varian lainnya memakai mangkok cap jago yang khas untuk makanan berkuah Indonesia, varian ini memakai tempurung kelapa yang sangat estetik dan menambah kesan sederhana namun tetap nikmat saat kamu makan.

13. Soto Sokaraja

varian khas sokaraja

Sumber: https://www.instagram.com/p/CWadv2RpHK0/?utm_medium=copy_link

Kuah “buket” atau kental adalah kekhasan dari soto sokaraja yang berasal dari kota Banyumas, Jawa Tengah. Kuliner ini menjadi ikon dari kota Banyumas dan banyak sekali orang-orang yang kebetulan sedang berada di sana pastinya akan mencarinya.

Kuah kental yang menjadi dasar dari rasa soto yang satu ini adalah berasal dari bumbu dan juga sambal kacangnya yang sangat menggugah selera. Kamu bisa menikmatinya dengan tambahan kupat sebagai pengganti nasi. Oya, salah satu khas dari varian yang satu ini adalah adanya remahan kerupuk warna warni dan juga kerupuk mie kuning yang menambah cita rasa hidangannya.

Baca Juga:  15 Topping Utama Pada Ramen yang Menambah Cita Rasa

14. Soto Padang

soto padang

Sumber: https://www.instagram.com/p/CE3ZIQwhy_n/?utm_medium=copy_link

Kamu ingin mencicipi kuliner khas Padang tapi sudah biasa kalau makan nasi Padang? Maka patut mencoba kuliner yang satu ini, yaitu soto Padang. Hidangan yang satu ini tentu tidak kalah enaknya dengan nasi Padang yang sering kamu makan.

Soto Padang berisikan daging sapi dengan kuah kaldu sapi yang rasanya pasti mantap. Meskipun secara tampilan sedikit mirip dengan yang khas Medan, tapi varian yang satu ini memiliki kuah yang sedikit lebih bening.

15. Soto Kored Ayam Kampung Kebumen

jenis kored ayam

Sumber: https://www.instagram.com/p/BuK-O9VAOwG/?utm_medium=copy_link

Ora ngapak, ora penak! Ya, kita berpindah salah satu kota kecil di jalur Pantai Selatan Jawa, tepatnya kota Kebumen. Kota yang satu ini biasanya menjadi tempat transit bagi para wisatawan asal Ibukota dan daerah Jawa bagian barat ketika ingin ke Yogyakarta lewat jalur selatan.

Di kota Kebumen yang satu ini ternyata ada satu jenis soto yang unik, lho. Kamu wajib tahu karena rasanya cukup nikmat. Salah satu warung yang cukup terkenang adalah warung bernama soto Kored. Lokasinya ada di daerah Petanahan. Di dalamnya terdiri dari tauge, potongan ketupat dan daging. Kamu bisa memilih juga untuk memakai ayam kampung atau soto ayam sayur.

Kalau kamu sempat lewat atau malah berkunjung ke Kebumen, maka jangan hanya bermain ke Pantai Menganti di daerah Ayah. Akan tetapi coba juga berkunjung ke daerah Petanahan mencicipi kuliner yang satu ini.

16. Soto Pacitan

coto pacitan

Sumber: https://www.instagram.com/p/B3UXsaaBAoq/?utm_medium=copy_link

Sebagai salah satu kabupaten yang memiliki gugusan pantai yang cantik dan menawan, kini Pacitan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai orang datangi. Selain karena adanya pantai-pantai yang indah tersebut, ternyata berwisata kuliner ke Pacitan juga wajib kamu lakukan ketika sedang berkunjung ke sana.

Salah satu yang wajib kamu coba cicipi adalah soto khas Pacitan. Varian yang khas dari Pacitan ini memiliki kuah yang bening karena tidak memakai santan sebagai daya tarik rasanya. Di dalamnya ada kuah, suwiran ayam, kacang goreng, seledri, bawang rebus, telur rebus, dan juga yang unik adalah kecambah Jawa. Pastinya sangat nikmat ketika kamu sedang asik menikmati panorama pantai pasir putih yang bagus ditemani bersama hidangan yang satu ini.

17. Varian Asal Surabaya

varian khas surabaya

Sumber: https://www.instagram.com/p/BhwF7qXBEMk/?utm_medium=copy_link

Rawon adalah makanan khas dari Surabaya yang sering orang cari, tetapi salah satu kota besar di Indonesia yang satu ini memiliki jenis soto yang sama nikmatnya dengan daerah-daerah lainnya, yaitu soto Surabaya.

Di dalam varian ini ada irisan ayam suwir dengan beberapa komponen tambahan lainnya seperti seledri. Hidangan asal Surabaya yang satu ini mirip dengan yang berasal dari Lamongan. Ada taburan kota di atasnya saat tersaji dalam mangkok yang menambah gurih rasanya.

Kamu Mau Coba Jenis Soto yang Mana?

Pastinya sekarang sudah bertambah referensi jenis jenis soto yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke kota-kota di Indonesia. Hidangan yang satu ini cukup terjangkau harganya karena itu jangan lewatkan kesempatan untuk mencobanya! Selamat mencicipi keanekaragaman kuliner Indonesia yang ada pada ulasan di atas.

Dapatkan berbagai tips maupun informasi seputar bisnis kuliner, makanan Indonesia, franchise, dan banyak lagi hanya di fnbpreneur.id.