10 Minuman dan Makanan yang Dijual Saat Puasa

5 min read

Minuman dan Makanan yang dijual saat puasa

Memasuki bulan puasa atau Ramadhan, banyak orang mulai tertarik untuk mencoba peruntungan dengan membuka usaha sajian buka puasa. Ada yang menjual minuman segar, kudapan nikmat, makanan lezat, dan lain sebagainya. Kira-kira, apa saja sih jenis minuman dan makanan yang dijual saat puasa?

Tentunya, ada banyak ragam makanan dan minuman lezat yang sering penjual jajakan selama bulan puasa. Variasi menu jajanan tersebut bisa saja berbeda-beda tergantung lokasi, tingkat keramaian, dan jumlah penduduk di area tersebut.

Tertarik membuka usaha sajian buka puasa tapi bingung mau jualan apa? Artikel ini akan menjelaskan beberapa inspirasi makanan untuk jualan bulan puasa beserta menu minuman nikmat dan menyegarkan.


Inspirasi Menu Minuman dan Makanan yang Dijual Saat Puasa

Buka puasa merupakan momen membahagiakan dan paling dinanti saat menjalankan ibadah puasa. Untuk menghilangkan dahaga dan mengganjal rasa lapar, kebanyakan orang tentu akan memilih sajian buka puasa yang ringan, bercita rasa manis, dan yang pasti menyegarkan.

Sayangnya, tidak semua orang mampu mempersiapkan menu buka puasa tersebut oleh sebab beberapa alasan. Misalnya, ketidakmampuan seseorang dalam mengolah sajian tersebut, lelah setelah seharian bekerja, tidak punya cukup waktu untuk memasak, dan sebagainya.

Atas dasar alasan itulah, potensi bisnis makanan dan minuman bulan puasa akan sangat laris terutama di area ramai dan sibuk seperti perkotaan. Yang perlu kamu pikirkan adalah kemampuanmu dalam meracik sajian buka puasa yang enak dan banyak digemari oleh khalayak umum. 

Selanjutnya, berikut adalah inspirasi minuman dan makanan yang dijual saat puasa Ramadhan.

1. Es Buah Segar

es buah segar
Resepistimewa.com

Sajian es buah memang kerap mencuri perhatian orang-orang yang berpuasa saat menjelang waktu berbuka. Karakter es buah yang paling berhasil menggoda minat beli konsumen adalah warna dari ‘kuah’ dan varian buah-buahannya.

Semakin terang warna kuahnya, dan semakin beragam jenis buah-buahannya, maka akan semakin menggugah keinginan pelanggan untuk membelinya. Ditambah dengan efek suara gemeretak dari pecahan es batu, tentu membuat hasrat beli konsumen bisa semakin meninggi.

Untuk persiapan usahanya, bahan dan modal untuk menjual minuman bulan puasa ini tidak terlalu banyak, kok. Cukup dengan menyediakan sirup manis, kental manis, dan aneka buah-buahan segar. Agar makin nikmat, gunakan karakteristik buah yang beragam seperti buah bercita rasa manis, buah masam, buah berair, dan lain-lain.

Penjual perlu pandai memilih kombinasi komposisi es buah dengan tepat agar menghasilkan tampilan yang indah, appetizing, tapi tetap murah. Silakan cek resep dan pelajari referensi resep es buah segar di berbagai sumber.

Baca Juga:  Teks Prosedur Membuat Makanan: Penjelasan, Cara Membuat, dan Contoh

2. Kolak

kolak
Reseppedia.com

Pada dasarnya, kolak adalah sajian makanan semi minuman gurih yang identik sebagai menu takjil atau buka puasa. Rasa-rasanya, bulan puasa jadi terasa kurang lengkap jika belum ada kolak di atas meja makan.

Kolak merupakan sajian manis khas Indonesia dengan bahan dasar pisang, ubi, labu, hingga kolang-kaling. Salah satu atau beberapa bahan tersebut dimasak bersama kuah manis legit yang terbuat dari air, gula merah, dan santan kelapa. 

Cara penyajian kolak pun juga beragam mulai dari kolak hangat, kolak dingin, kolak kental, dan lain-lain.

Hal ini lah yang membuat menu minuman atau makanan yang dijual saat puasa ini terbilang sangat efektif untuk meredakan sedikit dahaga, menghangatkan perut, atau mengganjal rasa lapar. 

Jika kamu tertarik membuka usaha sajian buka puasa, kolak bisa jadi menu pilihan andalan dan berpotensi laris di pasaran. Apalagi, penjual memiliki variasi olahan dan cara penyajian yang beragam sehingga pembeli jadi punya banyak pilihan dan tidak mudah bosan. 

3. Olahan Kurma

olahan kurma
Pexels.com

Sejak dulu, kurma telah menjadi buah yang sangat identik dengan momen buka puasa. Setidaknya, umat muslim yang berpuasa perlu memakan satu buah kurma untuk memulihkan energi dan tenaga setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Oleh sebab itulah, banyak orang akan mencari buah kurma biasa ataupun produk olahan lain berbahan kurma untuk membatalkan puasa mereka saat adzan maghrib berkumandang.

Jika masih bingung mencari inspirasi makanan untuk jualan bulan puasa, kamu bisa membuat olahan buah kurma menjadi produk makanan atau minuman yang lezat. Misalnya kue topping kurma, susu kurma, cokelat isi kurma, pai susu buah kurma, dan masih banyak kreasi sajian unik dan lezat lainnya.

Berhubung buah kurma menjadi kebutuhan wajib selama bulan puasa, sudah tentu prospek usaha olahan kurma akan sangat menguntungkan dan menghadirkan dapat menghadirkan banyak berkah. 

4. Puding Buah

puding buah
Pexels.com

Salah satu tantangan dalam membuka bisnis makanan yang dijual saat puasa Ramadhan adalah penyediaan lahan untuk kedai atau lapak. Namun, kamu juga bisa tetap menjajakan sajian buka puasa menggunakan lapak online seperti media sosial.

Jika masih bingung dengan produk olahan yang akan kamu jual, coba jajakan puding buah dengan berbagai rasa dan ukuran. 

Secara umum, pembuatan puding buah terbilang jauh lebih praktis dan tidak memerlukan modal besar. Di samping itu, pihak penjual juga bisa membuat puding buah dari rumah menggunakan bahan baku dan alat-alat sederhana. 

Puding buah hanya memerlukan proses pembuatan yang relatif singkat. Terlebih lagi, produk ini juga lebih mudah dikemas, disimpan, dan didistribusikan ke para pemesan tanpa khawatir tumpah. 

Baca Juga:  Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner di TikTok dengan Mudah

Dengan demikian, ide bisnis ini sangat pas untuk kamu yang memiliki keterbatasan tempat dan waktu tapi tetap ingin berjualan menu jajanan buka puasa. Selebihnya, kamu bebas mengkreasikan puding buah sekreatif mungkin asalkan tetap enak dan menarik. 

5. Es Pisang Ijo

es pisang ijo
Cookpad.com

Es pisang ijo bisa menjadi inspirasi makanan yang dijual saat puasa selanjutnya. Keunikan rasa yang ada dalam tiap suapan sajian ini akan memadukan cita rasa manis, legit, gurih,  dan menyegarkan. 

Sebagai hidangan takjil, satu porsi es pisang ijo sudah cukup mengisi beberapa bagian perut yang kosong dan mampu memberikan sensasi rasa kenyang.

Jajanan nikmat satu ini umumnya terbuat dari kukusan pisang berbalut adonan tepung hijau. Kemudian, pisang balut tersebut disajikan bersama bubur sumsum, siraman sirup manis merah, dan parutan es batu. 

Dari deskripsinya saja sudah kelihatan lezat dan menggugah selera. Apalagi rasanya. Wajarlah jika jajanan khas Makassar ini telah menjadi menu takjil andalan bagi banyak orang.

6. Cilok

cilok
Fimela.com

Siapa sih di sini yang tidak suka dengan jajanan kenyal bernama cilok? Meski kelihatannya seperti jajanan ala anak sekolahan, nyatanya cilok telah berhasil mengambil hati masyarakat umum baik dari kalangan muda hingga yang sudah tua. 

Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal, bersama cocolan saus yang cihuy selalu berhasil membuat lidah para penikmat untuk tidak berhenti melahapnya. Maka tak keran jika jajanan ini selalu laris oleh banyak pembeli baik saat hari-hari biasa maupun saat bulan puasa.

Ya, cilok juga bisa menjadi inspirasi makanan untuk jualan bulan puasa dengan pangsa pasar menjanjikan. Selain itu, modal usahanya terbilang sangat ringan tanpa memberatkan pihak penjual.

Kamu hanya memerlukan tepung terigu dan tapioka sebagai bahan bahan baku utamanya bersama bumbu pelengkap lainnya. Bumbu-bumbu pelengkap tersebut seperti merica, garam, saus kacang, saus sambal, dan kecap manis. Mudah dan murah, bukan!

7. Kue-Kue Basah

kue basah
Liputan6.com

Inspirasi menu makanan yang dijual saat puasa lainnya adalah kue-kue basah yang biasa ada di pasar-pasar. Entah mengapa, sajian kue ala jajanan pasar ini hampir tidak pernah sepi oleh pembeli baik di hari-hari biasa maupun bulan puasa.

Mungkin karena rasa kuenya enak, tampilannya menarik, banyak variannya, dan juga harga jualnya yang amat sangat terjangkau. 

Kalau seperti itu, maka tak heran jika kue-kue basah seperti kue lapis, wajik, klepon, onde-onde, gethuk, serabi, dan lain-lain telah menempati ruang tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Setelah mengetahui fakta tersebut, tak ada alasan bagimu untuk enggan membuat kue-kue basah untuk ide usaha camilan buka puasa. 

8. Aneka Lauk Pauk

lauk pauk
Resepkoki.com

Seringnya, orang-orang cenderung lebih suka berbuka puasa di rumah bersama keluarga tercinta. Tak jarang pula, mereka lebih memilih memasak nasi sendiri agar lebih hemat dan higienis.

Baca Juga:  9 Merk Alat Masak yang Bagus dan Aman Bagi Kesehatan

Meski mampu memasak nasi, kebanyakan orang justru tak sempat menghidangkan menu lauk nikmat lantaran terlalu sibuk, terlalu lelah, atau sedang malas bergumul dengan bumbu-bumbu dapur. 

Maka dari itu, sering kita jumpai orang-orang membeli aneka lauk dan olahan sayur pada saat sore hari menjelang waktu buka puasa. Dari sini, kita bisa menilai bahwa aneka sajian lauk juga bisa jadi ide makanan yang dijual saat puasa Ramadhan.

Buat kamu yang pandai mengolah bahan makanan dan mau menambah nominal penghasilan untuk persiapan lebaran, jangan lupa pertimbangan jenis usaha ini ya!

9. Es Dawet 

es dawet
Kompas.com

Mau buka usaha minuman bulan puasa yang segar dan banyak penggemarnya? Jualan es dawet atau saja. Mengapa? Salah satu alasannya adalah modal usaha jualan es dawet terbilang sangat ringan karena kamu hanya memerlukan sedikit macam bahan-bahan dengan harga terjangkau.

Setidaknya, bahan-bahan utama yang harus ada dalam sajian es dawet yakni tepung beras, santan, dan gula kelapa. Selain itu, proses pembuatan semua komposisi es dawet juga sangat sederhana tanpa memakan waktu yang lama.

Jika penjual mampu meraciknya dengan benar dan takarannya pas, maka akan menghasilkan seporsi es dawet fenomenal favorit para pelanggan. Kalau pelanggan sudah suka, keuntungan sudah pasti mengalir dengan sendirinya.

10. Martabak

martabak
Selerasa.com

Di sini, siapa sih yang tak suka dengan martabak? Kepamoran street food yang satu ini sudah terkenal tidak hanya di kalangan penduduk lokal tapi juga di kalangan warga manca negara.

Sebagai salah satu jenis camilan favorit masyarakat Indonesia, martabak manis maupun martabak telur kerap menjadi menu buka puasa nikmat dan cukup mengenyangkan. Kalau sudah tahu pangsa pasarnya sebagus ini, kamu boleh menjadikan martabak sebagai ide makanan yang dijual saat puasa Ramadhan.

Kalau sudah tergiur dengan besarnya omzet dan keuntungan penjualan martabak, kamu sangat boleh melanjutkan bisnis usaha tersebut sampai seterusnya. 

Dari segi modal, usaha martabak ini memang memerlukan dana awal yang cukup besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan jadi besar mengingat banyaknya masyarakat yang gemar jajan martabak.


Penutup

Itu dia 10 inspirasi minuman dan makanan untuk jualan bulan puasa. Kalau kamu benar-benar tertarik membuka bisnis sajian buka puasa, kamu bakal pilih menu yang mana nih?

Apapun pilihannya, pertimbangkan persiapan bisnis dengan matang dan sesuaikan kemampuan finansial masing-masing. Kalau sekiranya belum mampu memberikan modal usaha yang besar, kamu tetap bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan asalkan konsepnya tertata dengan matang.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.