Ketahui Jenis-jenis Jeruk dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

3 min read

jenis jenis jeruk

Bagi yang belum tahu, terdapat beberapa jenis-jenis jeruk yang bisa kamu konsumsi.

Setiap jenisnya pastinya memiliki manfaat yang berbeda.

Manfaat buah jeruk tersebut akan memberikan efek positif bagi tubuh.

Agar lebih paham, berikut penjelasan mengenai jenis jeruk dan manfaatnya bagi tubuh.

Jenis-jenis Jeruk untuk Dikonsumsi

Berikut ini adalah jenis buah jeruk yang sering dikonsumsi.

1. Jeruk Lemon

jeruk lemon

Pixabay

Jenis yang pertama, yaitu jeruk lemon (citrus limon) atau sitrun. Buah jeruk lemon ini, bagi yang belum tahu, berasal dari wilayah Asia Selatan dan sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. 

Tampilan jeruk lemon pada umumnya berwarna kuning sedikit orange. Kemudian, dari segi rasanya terasa asam, namun banyak yang suka. 

Dalam mengkonsumsi jeruk lemon, biasanya hanya sari-sari atau hasil perasannya yang kemudian diolah menjadi menjadi minuman segar. Selain bisa menjadi minuman, hasil perasan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan amis pada ikan dan mencegah oksidasi buah. 

Bagian jeruk lemon yang bisa kamu manfaatkan lainnya adalah kulitnya. Kulit lemon nantinya bisa kamu parut dan masukan ke masakan atau kue untuk memberikan aroma harum. Bahkan, kulitnya dapat kamu ubah menjadi pektin, marmalade, dan minyak.

2. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Pixabay

Salah satu yang termasuk dalam daftar jenis-jenis jeruk berikutnya, yaitu jeruk nipis. Dalam bahasa Inggris, jeruk nipis atau sebutan lainnya lime. Kata lime sendiri memiliki banyak jenis lainnya yang berhubungan dengan citrus

Untuk dua diantaranya, yakni Persian Lime (Citrus Latifolia) berasal dari Iran dan Key Lime (Citrus Aurantifolia) berasal dari Asia Tenggara. 

Tampilan fisik jeruk nipis umumnya bulat kecil berwarna hijau tua, tidak seperti jeruk lainnya berukuran sedang. Sama seperti jeruk lemon, jeruk satu ini dalam memanfaatkannya hanya mengambil hasil perasannya untuk kamu jadikan minuman, penyedap, dan penghilang bau amis. 

Baca Juga:  Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

Sering juga orang-orang menggunakan perasan jeruk nipis sebagai penambah kesegaran kuah soto atau sup. Jika kamu di wilayah Kuningan, Jawa Barat, akan menemukan minuman olahan jeruk nipis bernama jeniper atau jeruk nipis peras. 

3. Jeruk Purut

jeruk purut

Lifetsyle Kompas

Selanjutnya dari jenis-jenis jeruk, salah satunya yaitu jeruk purut atau Citrus Hystrix. Jeruk purut memiliki nama Inggris adalah kaffir lime atau makrut lime yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan. Kemudian, pemberian nama Citrus Hystrix yang memiliki arti jeruk landak, karena terdapat duri pada batangnya.

Untuk tampilan, jeruk ini memiliki kulit yang tebal dan tekstur keriput. Rasanya yang asam serta wangi, tidak jauh berbeda dengan jeruk lemon dan nipis. Banyak orang menggunakan jeruk purut sebagai cara menghilangkan bau amis ikan. 

Selain bagian jeruknya, daun jeruk purut juga bisa bermanfaat untuk membuat masakan lebih wangi. Lalu, irisan daun jeruk purut biasanya sering menjadi bumbu tambahan rempeyek atau bumbu pecel. 

4. Jeruk Limau

jeruk limau

LeFarm

Jeruk limau adalah salah satu dari jenis-jenis jeruk yang mungkin kamu pernah mengkonsumsinya. Jeruk ini memiliki nama latin, yaitu Citrus Amblycarpa

Untuk orang-orang di berbagai daerah, memiliki sebutan yang berbeda untuk jeruk satu ini. Daerah Betawi dan lainnya menyebutnya jeruk sambal, Jawa dan Sunda menyebutnya limo, sedangkan di Melayu menyebutnya limau. 

Karakteristik jeruk limau berbeda dengan jeruk nipis, namun hampir mirip jeruk purut. Persamaan dengan jeruk purut, yaitu pada kulitnya yang tebal dan berkerut dengan ukuran buah lebih kecil. Kemudian, orang-orang sering mengkonsumsinya dengan mencampurkannya ke sambal atau bumbu kacang. 

5. Jeruk Kalamansi

jeruk kalamansi

IDN Times

Jeruk kalamansi atau Citrus Microcarpa merupakan salah satu dari jenis-jenis jeruk yang tersebar di berbagai wilayah di dunia. Asal jeruk ini yaitu dari Filipina, namun banyak tersebar di Taiwan, Borneo, Tiongkok Selatan, Bengkulu, dan Sulawesi. 

Dari tampilannya, jeruk kalamansi kulitnya berwarna hijau dan sedikit orange serta tidak tebal. Kemudian, bentuknya kecil seperti jeruk nipis, namun buahnya berwarna orange dengan rasa asam. Orang Sulawesi Utara memanfaatkannya sebagai penyedap, sedangkan di Bengkulu akan menemukan olahannya menjadi sirup. 

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Riset Kompetitor dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

6. Jeruk Bali

jeruk bali

Pos Belitung

Jeruk Bali atau nama latinnya Pamelo merupakan buah jeruk dengan ukuran yang lumayan besar. Rata-rata ukuran jeruk ini bisa mencapai diameter 15-25 cm dengan kisaran berat 1 kg sampai 2 kg. Kemudian, jeruk Bali masih memiliki hubungan dengan grapefruit, namun rasanya manisnya lebih menonjol. 

Tampilan jeruk bali, yaitu berwarna kuning pucat dan isi daging buahnya berwarna putih kemerahan. Dengan ukuran yang besar dan daging buahnya yang juga besar tersebut, menjadikan ciri khas dari jenis-jenis jeruk lainnya. Kamu bisa menikmati jeruk satu ini hanya saat musim panen saja.

7. Jeruk Mandarin 

jeruk mandarin

Kompas

Bagi kebanyakan orang, mungkin cukup asing dengan nama jeruk mandarin ini. Jeruk mandarin ini berasal dari daratan Cina Tenggara. Dari tampilannya, jeruk mandarin lebih kecil dari jenis jeruk yang bisa dimakan buahnya. Biasanya, jeruk satu ini akan menjadi oleh-oleh atau suguhan ketika tahun baru Imlek. 

8. Jeruk Medan

jeruk medan

Ada Sayur

Jenis jeruk Medan tidak kalah eksisnya dengan jeruk-jeruk lainnya. Jeruk medan memiliki tampilan warna hijau kekuningan, berbeda dengan jeruk impor yang kulitnya orange cerah. Tampilan luarnya tidak mencerminkan bagian dalamnya, rasa jeruk ini manis dan aromanya segar. 

9. Jeruk Sunkist

jeruk sunkist

DokterSehat

Salah satu dari jenis-jenis jeruk yang sering orang konsumsi, yaitu jeruk sunkist. Pada dasarnya, jeruk ini bernama Navel, namun orang-orang Indonesia biasa menyebutnya sunkist. 

Kandungan vitamin C pada jeruk sunkist ini tinggi, serta ada juga  potasium, serat, dan rendah kalori. Jeruk sunkist ini berasal dari California Amerika. 

Baca juga: 15 Resep Jus Buah untuk Diet Enak dan Menyehatkan!

Manfaat Buah Jeruk untuk Tubuh

Adapun beberapa manfaat bagi tubuh manusia dari buah jeruk yang perlu kamu ketahui, yaitu :

1. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat pertama, yaitu akan menjaga tekanan darah. Mengkonsumsi buah jeruk bagi orang yang rawan darah tinggi sangatlah cocok. Sebab, bahaya dari tekanan darah tinggi tersebut nantinya akan berdampak pada kesehatan jantung. 

Baca Juga:  10 Makanan yang Cocok untuk Sahur Agar Kuat Puasa

2. Merawat Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan tentunya harus terjaga dengan baik. Maka dari itu, mengkonsumsi buah jeruk akan membantu sistem pencernaan jadi lebih baik. Karena, kandungan serat di dalam buah jeruk mencapai 14 gram akan mendorong penyerapan nutrisi di dalam pencernaan. 

3. Meningkatkan Antibodi

Semua jenis-jenis jeruk yang kamu konsumsi akan berperan dalam meningkatkan antibodi atau kekebalan tubuh. Adanya vitamin C yang sangat cukup di dalam buah jeruk akan membantu menstimulus sel-sel tubuh melawan berbagai penyakit. 

4. Mencegah Anemia

Kekurangan darah atau anemia menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Sehingga, perlu mencari cara agar tidak terjadi atau mengalami anemia. Jika rutin mengkonsumsi buah jeruk yang kaya akan zat besi, maka akan mendorong produksi sel darah merah jadi lebih banyak. 

5. Mengurangi Kolesterol

Manfaat buah jeruk, terutama kulitnya sangat berguna jika kamu ingin mengurangi kolesterol. Kandungan Polymethoxylated Flavones ini menstimulus penurunan kolesterol tanpa adanya efek samping. 

Sudah Paham Tentang Manfaat Jenis-jenis Jeruk untuk Tubuh?

Dengan demikian, buah jeruk ternyata memiliki beberapa jenis yang tumbuh dan tersebar di berbagai wilayah di dunia.

Setiap jenisnya pun memiliki karakteristik dan cara mengkonsumsinya yang berbeda.

Kemudian, dari semua jenis-jenis jeruk memiliki manfaat yang sama untuk menyehatkan tubuh.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.