Tips Memulai Tempat Makan Outdoor dengan Budget Minim

5 min read

tempat makan outdoor

Tempat makan outdoor menjadi pilihan banyak orang saat ini, karena bisa menciptakan suasana nyaman dan tentram. Ini menjadi peluang bisnis yang cukup bagus untuk dijalankan.

Nah jika kamu juga tertarik, tips memulai tempat makan outdoor ini wajib kamu ketahui.

Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Tips Memulai Tempat Makan Outdoor

Memulai dan menjalankan bisnis tempat makan semacam cafe atau restoran tidak asal jalan saja. Kamu persiapan yang matang serta tips-tips penting agar segalanya bisa lebih tertata.

Berikut adalah tips untuk memulainya.

1. Menentukan Tujuan

Tips memulai tempat makan outdoor yang pertama yaitu menentukan tujuan. Dalam bisnis, tujuan adalah hal yang penting karena tujuan bisa membuat bisnis kamu lebih terarah sehingga bisa mendapatkan kesuksesan.

Tidak hanya itu, menentukan tujuan konsep bisnis juga bisa membantu kamu dalam membangun desain bisnis outdoor seperti apa yang akan kamu buat. Nantinya, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konsep desainnya sesuai dengan keinginan pelanggan atau tidak.

Apapun itu, sebaiknya desain bisnis yang kamu buat mengarah pada satu konsep bisnis ya, sehingga bisa lebih terarah, cantik, dan menarik. 

2. Sewa Tempat dengan Biaya Tepat

Dalam memulai bisnis, salah satu hal terpenting adalah tempat untuk menjalankan bisnis. Begitu juga dengan bisnis tempat makan outdoor, sebaiknya kamu sewa tempat dengan budget yang tepat.

Apalagi jika kamu adalah pengusaha pemula yang biasanya memiliki modal yang minim. Maka sebaiknya kamu memperhatikan budget untuk sewa tempat. 

Usahakan jangan sampai sewa tempat melebihi dari budget modal bisnis kamu, ya. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu memulai bisnis dengan menggunakan rumah sendiri, jadi tidak ada budget sewa.

Tapi jika benar-benar tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan rumah partner bisnis, atau halaman rumah orang lain sebagai tempat bisnis sementara. Hal ini karena biasanya biaya sewanya tidak akan semahal menyewa ruko. Tertarik mencoba?

3. Gunakan Desainer

Tips bisnis cafe atau restoran outdoor selanjutnya yaitu dengan menggunakan desainer untuk mendesain tempat usaha kamu. Mengapa ini penting?

Dalam sebuah tempat makan, desain tempat sangat penting karena bisa menyangkut kenyamanan para pelanggan. Jadi menggunakan desainer yang sudah ahli dalam bidang ini perlu untuk kamu pertimbangkan. 

Nantinya, mereka akan bisa membantu kamu dalam menyusun bagaimana konsep terbaik untuk tempat makan outdoor milikmu, sehingga bisa membuat pelanggan nyaman saat berada di tempat makanmu.

Baca Juga:  Resep Tempe Kemul Khas Wonosobo Yang Mudah Dicoba

Pelanggan yang nyaman biasanya memiliki kemungkinan untuk datang lagi ke tempat makan kamu. Jadi sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan cara ini, ya.

Mengeluarkan uang lebih untuk desainer tidak akan membuatmu merugi. Apalagi jika kamu menggunakan desainer yang sudah ahli di bidangnya, maka kemungkinan bisnismu akan memiliki banyak pelanggan juga semakin besar.

Atau, jika memang kamu memiliki budget minim, kamu bisa menggunakan jasa desainer dari teman atau kenalan jika ada. Apalagi jika kamu memiliki keahlian desain, maka akan semakin bagus.

4. Gunakan Pegawai Part-Time

Tips memulai tempat makan outdoor selanjutnya yaitu dengan mempekerjakan pegawai part-time. Mengapa demikian?

Hal ini karena menggunakan pegawai part-time bisa menekan pengeluaran. Hal ini karena pegawai part-time biasanya memiliki gaji yang rendah, karena adanya sistem pemberian gaji per jam.

Kamu bisa menangani pekerjaan cafe sebisanya, kemudian memberikan sisa jam kerja kepada pegawai part-time untuk mengurangi kekurangan tersebut. Tips ini biasanya akan sangat bermanfaat untuk menghindari kerugian yang lebih besar saat terjadinya penurunan hasil penjualan.

5. Membeli Bahan Baku secara Grosir

Tips memulai tempat makan outdoor selanjutnya yaitu dengan membeli bahan baku dari supplier grosir. Ini sangat ampuh untuk menghemat pengeluaran kamu dari menu yang akan kamu sajikan. 

Kamu bisa membeli bahan baku makanan atau minuman dari beberapa pedagang grosir yang sudah ada. Biasanya bahan baku dari grosir harganya lebih murah daripada bahan baku di pengecer. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini ya agar bisa mengurangi biaya pengeluaran.

Namun biasanya untuk mendapatkan harga murah di pedagang grosir, kamu harus membeli barang dalam jumlah banyak. Untuk menghindari kerugian, kamu bisa mengatur jumlah stok barang di tempat kamu secara berkala. 

Untuk stok bahan makanan, kamu bisa menyimpannya di freezer terlebih dahulu, ya. Sehingga bahan baku kamu lebih awet dan pengeluaran pun tetap bisa kamu minimalisir.

6. Terapkan Strategi Marketing yang Tepat

Dalam bisnis, strategi marketing itu sangat lah penting, begitu juga dengan bisnis tempat makan outdoor ini. Untuk membuat bisnis dengan budget yang minim, kamu juga harus menerapkan strategi marketing yang hemat biaya.

Dalam menerapkan strategi marketing, tidak jarang menemukan banyak pengusaha yang terjebak dalam pemborosan biaya promosi. 

Misalnya dalam hal membuat video promosi, banyak pengusaha yang akan membayar ratusan ribu hingga berjuta-juta untuk satu video promosi yang menarik. Padahal semua itu bisa mereka lakukan sendiri, mungkin melalui pembuatan konten TikTok oleh para karyawan.

Menggunakan strategi pemasaran yang tepat dalam bisnis ini sangatlah perlu untuk meminimalisir pengeluaran dan meningkatkan keuntungan. Bahkan bila perlu, kamu bisa menggunakan promosi dengan modal nol budget

Contohnya yaitu kamu bisa mencoba menarik pelanggan untuk memberikan ulasan pada cafe atau tempat makan kamu dengan cara memberikan diskon bagi pelanggan tersebut. Ulasan yang baik akan sangat bermanfaat untuk menarik pelanggan lainnya berkunjung ke cafe kamu. 

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Tips dalam bisnis outdoor selanjutnya adalah memberikan pelayan terbaik. Mengapa demikian?

Baca Juga:  10 Inspirasi Olahan Dada Ayam untuk Menu Katering Sehat

Pelayanan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi sebuah tempat makan. Pelanggan biasanya tidak akan mengunjungi tempat makanan yang memiliki riwayat pelayanan yang buruk.

Dengan memberikan pelayanan terbaik yaitu pelayanan yang ramah dan profesional, tentunya akan membuat pelanggan nyaman di tempat kamu. Tidak hanya itu, sebuah pelayanan yang baik juga tidak akan mengeluarkan biaya, jadi kamu tidak akan rugi jika menerapkannya. 

Menariknya lagi, sebuah tempat makan yang memiliki pelayanan yang baik biasanya akan pelanggan rekomendasikan kepada teman-teman atau orang terdekat. Secara tidak langsung hal ini pastinya akan membuat tempat makan kamu lebih ramai lagi dan kesuksesan bisnis dengan budget minim pun dapat tercapai. 

8. Menggunakan Material Desain yang Tepat

Material dalam desain tempat makan konsep outdoor juga penting untuk kamu perhatikan. Hal ini karena material menentukan kenyamanan dan nilai estetik dari tempat makan.

Contohnya yaitu kursi sebagai tempat duduk para pengunjung. Alih-alih menggunakan besi yang akan berkarat saat musuh hujan, akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan kursi berbahan dasar kayu.

Tidak hanya itu, harga untuk kursi berbahan dasar kayu juga lebih murah jika dibandingkan berbahan dasar besi. Kamu tentunya bisa menghemat biaya pengeluaran dalam aspek ini. 

Apalagi jika kamu menggunakan konsep outdoor dengan adanya beberapa taman bunga, maka konsep kursi dengan material kayu perlu kamu pertimbangkan. 

9. Menggunakan Variasi Kursi yang Berbeda

Tips dalam bisnis restoran atau cafe outdoor selanjutnya adalah menggunakan variasi kursi yang berbeda. Apa maksudnya?

Kamu bisa mengatur kursi dengan beberapa ukuran dan bentuk berbeda. Tujuannya adalah untuk membuat konsep tempat makan yang lebih menarik. 

Kursi dengan bentuk yang begitu-gitu saja bisa membuat orang yang melihatnya akan bosan, begitu juga dengan pelanggan. Untuk itulah, dengan konsep kursi berbagai ukuran ini bisa membuat pelanggan kamu tidak akan pernah bosan untuk berkunjung ke cafe-mu. 

Jika pelanggan tidak bosan berkunjung ke cafe kamu, maka kemungkinan cafe kamu akan terus berkembang juga semakin besar. Konsep ini sudah banyak diterapkan dan terbukti bisa membuat pelanggan lebih nyaman saat berapa di cafe tersebut. 

Hal ini karena pelanggan bisa memilih untuk duduk dengan kursi model apa. Apalagi, untuk pelanggan dari kalangan remaja yang kebanyakan lebih suka hal-hal baru, maka konsep ini sangat cocok untuk menarik minat mereka berkunjung ke cafe atau tempat makanmu.

10. Memberikan Ruang dan Menambahkan Tanaman

Dalam membangun bisnis tempat makan outdoor, penting untuk kamu memberikan ruang untuk tempat makananmu. Hal ini karena cafe yang terlalu penuh dengan kursi akan membuat sesak dan sulit membuat pelanggan merasa nyaman.

Tidak hanya itu, adanya ruang atau space yang cukup pada cafe juga akan sangat bermanfaat untuk memudahkan para pelayan dan pelanggan untuk bergerak. 

Tak lupa, kenyamanan mata juga menjadi pertimbangan penting dalam memberikan ruang pada tempat makan kamu. Kamu juga bisa menambahkan tanaman di sekitar tempat makan. Tanaman ini bisa menciptakan suasana segar pada cafe kamu, sehingga para pelanggan nyaman dan betah.

Baca Juga:  15 Tips Memilih Lokasi untuk Bisnis Kuliner yang Tepat

Kamu bisa mulai dengan menanam tanaman yang mudah tumbuh. Seperti tanaman kecil namun bisa menciptakan suasana hijau dan menyegarkan untuk cafe kamu. 

Jika kamu kesulitan mendapatkan tanaman karena harganya yang terkadang mahal, kamu bisa meminta beberapa potong tanaman ke kerabat terdekat untuk kemudian kamu tanam di cafe kamu.

Bila tidak memungkinkan, kamu bisa membeli tanaman-tanaman yang memiliki harga murah. Yang terpenting adalah tanaman tersebut bisa hidup dan bisa menciptakan suasana hijau di cafe kamu. 

11. Menambahkan Foto atau Gambar

Tips memulai tempat makan outdoor dengan budget minim selanjutnya yaitu dengan menggunakan foto atau gambar pada desain cafe kamu. Jika kamu tidak memiliki cukup budget untuk membeli hiasan cafe, kamu bisa menggunakan foto atau gambar yang kamu punya. 

Dengan foto atau gambar yang kamu pajang biasanya akan membuat tempat makan kamu lebih unik dan menarik. Sehingga para pelanggan lebih mengenal dan mengingat cafe kamu.

Jika tidak memungkinkan, alternatif lainnya kamu bisa membuat hiasan gambar sendiri. Tidak hanya menghemat biaya, ini juga akan meningkatkan keunikan cafe kamu.

Kamu bisa mulai mencari kayu kemudian memberikan ukiran seperti kata-kata motivasi. Kemudian menggantung atau menempelkannya pada cafe kamu. 

Tidak hanya unik, cafe kamu akan terlihat lebih cantik dan menarik. Hal ini karena tidak jarang pelanggan juga akan memperhatikan desain sebuah cafe jika berkunjung pada suatu tempat. 

Terapkan Tips Memulai Bisnis Tempat Makan Outdoor!

Nah setelah kamu mengetahui tips bisnis cafe atau restoran outdoor tersebut, selanjutnya kamu bisa menerapkannya untuk memulai bisnis kamu, ya. 

Alih-alih membuat tempat makan mewah yang malah akan meningkatkan pengeluaran, kamu bisa menghemat budget dengan menerapkan beberapa tips tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis, bisnis makanan, bisnis minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.