12 Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Supaya Engagement Naik

3 min read

12 Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Untuk Meningkatkan Follower

Saat ini media sosial sudah menjadi bagian utama dari bisnis makanan dan minuman. Melalui media sosial, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menjangkau banyak calon konsumen. Dan dari sekian banyak media sosial, Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. 

Tentu akan rugi bukan kalau kamu bisnis makanan dan minumanmu tidak hadir di Instagram? Jadi, ide konten Instagram bisnis makanan akan sangat diperlukan untuk perkembangan bisnismu. 

Ide Konten Instagram Bisnis Makanan yang Bisa Kamu Coba

Setelah memiliki akun bisnis di Instagram, jangan lupa untuk selalu perbarui konten ya. Yuk, simak 12 ide konten Instagram bisnis makanan yang bisa  menjadi inspirasi mu.

1. Pajang Foto Signature Dish

Ide konten Instagram bisnis makanan yang pertama adalah foto signature dish dari bisnis makananmu. Signature dish akan menarik konsumen baru yang sebelumnya belum pernah tahu tentang bisnis makanan atau restoranmu. Mereka akan punya alasan untuk mencoba datang ke tempatmu.

Ambil foto signature dish mu dari berbagai sudut dan pastikan kamu mengunggah foto yang menggugah selera makan. Apabila perlu, kamu bisa memperkerjakan fotografer profesional untuk mengambil foto makanan dari restoran atau outlet bisnis makananmu. Jika bisnismu belum memiliki signature dish, kamu bisa mengunggah foto menu terlaris. Hal terpenting adalah membuat calon konsumenmu penasaran.

2. Selalu Upload Jika Ada Foto Menu Baru

Tentu saja kamu harus selalu memberi tahu pengikut akun Instagram bisnis mu jika ada menu baru. Beberapa hari sebelum mengunggah foto menu baru, kamu juga bisa memberi tahu terlebih dahulu tanggal launching nya. 

Baca Juga:  Tips Menghasilkan Foto Produk Makanan Eye Catching dari HP

Buat mereka menebak kira-kira seperti apa menu baru tersebut. Kamu juga bisa sekaligus mengadakan pengumuman diskon untuk menu baru atau promo menarik lainnya untuk launching menu baru.

3. Tunjukkan Proses Memasak di Dapur

Proses memasak di dapur bisa menjadi ide konten Instagram bisnis makanan yang menarik. Kamu bisa mengunggah beberapa foto mu atau karyawanmu sedang memasak. Tunjukkan bahwa kamu memiliki dapur yang bersih dan proses memasak yang higienis. Konsumenmu tentu akan tertarik dengan bagaimana makanan yang mereka makan diproses. Bagikan konten seperti ini baik pada feed maupun story.

4. Unggah Meme atau Konten Komedi

Ide konten Instagram bisnis makanan tidak harus selalu foto makanan, tapi juga bisa konten komedi. Sesekali buatlah meme untuk konten Instagram bisnis mu. Tips nya adalah buatlah meme yang sesuai dengan target market. Pastikan humor yang kamu buat adalah humor ringan yang dekat dengan situasi mereka sehari-hari. 

Jangan lupa berikan caption yang menarik. Pengikutmu di Instagram kemungkinan akan memenuhi kolom komentar dengan tanggapan lucu, usahakan untuk membalas komentar mereka. Balasan pada kolom komentar membuat mereka merasa dekat dengan bisnismu.

Baca Juga: Manfaat Digital Marketing Bagi Perkembangan Bisnis F&B

5. Adakan Giveaway (GA)

Tidak ada salahnya jika sesekali kamu mengadakan GA untuk para pengikut di Instagram. Minta mereka untuk membagikan informasi terkait GA tersebut pada feed atau story Instagram mereka sebagai syarat mengikuti giveaway

Dengan demikian, semakin banyak yang tahu tentang bisnis makananmu dan semakin banyak yang mengikuti GA yang kamu adakan. Pastikan kamu mengumumkan pemenangnya tepat waktu ya!

6. Ikut Sertakan Profil Karyawan

Membagikan cerita tentang karyawan merupakan ide konten Instagram bisnis makanan yang harus kamu terapkan. Konten seperti ini akan membuat pengikut akun Instagram mu semakin mengenal tentang bisnismu. 

Baca Juga:  15 Ide Nama Unik dan Kekinian untuk Usaha Makanan Pedas

Misalnya kamu bisa meminta chef di restoranmu untuk berbagi cerita singkat mengenai pekerjaannya, seperti berapa lama ia sudah bekerja di restoran mu, cerita tak terlupakan saat di dapur, hidangan favoritnya di restoranmu, dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

7. Merayakan Hari Raya Tertentu

Pada hari raya tertentu, seperti hari raya keagamaan, hari kemerdekaan, dan hari nasional lainnya, buatlah poster ucapan dan unggah pada akun Instagram bisnis mu. Ide konten Instagram bisnis makanan ini akan membuat pengikutmu yang sedang merayakan hari besar tersebut dihargai. Buatlah caption nya dengan ucapan yang tulus.

8. Konten dari Influencer

Bekerjasama dengan influencer merupakan salah satu strategi pemasaran di media sosial. Apakah kamu sudah menerapkannya? Setelah bekerjasama dengan influencer, konten kerjasamanya bisa kamu posting ulang atau repost. 

Tambahkan sedikit caption yang menarik. Konten tersebut akan semakin meyakinkan calon konsumen bahwa makanan mu layak untuk mereka coba.

9. Foto dari Konsumen

Mengambil foto makanan dan mengunggahnya di media sosial sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hashtag terkait makanan seperti #yummy #foodporn, dan #instafood bahkan menjadi hashtag paling populer di Instagram

Sebagai pebisnis makanan, tentu kamu bisa memanfaatkan ini. Posting ulang konten mereka pada akun Instagram bisnismu untuk menunjukkan bahwa banyak orang menikmati masakanmu. Bagikan pada instastory dan simpan sebagai highlight.

10. Bagikan Kutipan Penyemangat

Jika kamu sudah kehabisan ide konten Instagram bisnis makanan, konten kutipan dapat menjadi solusinya. Bagikan kutipan penyemangat atau kutipan yang terasa dekat dengan target market mu. Kutipan yang menarik bisa membuat pengikutmu di Instagram melakukan posting ulang sehingga semakin banyak orang tahu tentang keberadaan bisnis mu di Instagram.

11. Tunjukkan Testimoni

Calon konsumen akan mempertimbangkan testimoni sebelum akhirnya menjadi konsumen. Oleh karenanya, pastikan setiap konsumenmu merasakan pengalaman yang menyenangkan ketika makan di restoran atau bisnis makananmu. 

Baca Juga:  Cara Mempromosikan Produk Makanan dan Minuman Secara Online

Tidak hanya mengenai makanan yang lezat namun juga pelayanan yang baik dari pelayan. Setelahnya, kamu bisa meminta izin dari konsumen tersebut untuk memberi testimoni dan mengunggahnya ke akun Instagram bisnis mu.

12. Buat Konten Kuis, QnA, atau Polling di Instastory

Tahukah kamu, pada tahun 2019 lalu, Instagram melaporkan bahwa sebanyak 500 juta pengguna Instagram aktif menggunakan Instastory? Sehingga, memanfaatkan Instastory adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan. 

Menariknya, banyak fitur pada instastory yang dapat meningkatkan engagement mu dengan pengikut, seperti polling, Question and Answer (QnA), dan beberapa lainnya.

Memanfaatkan berbagai fitur ini dengan baik. Misanya, kamu meminta pendapat pengikut di Instagram tentang menu mu atau meminta pertimbangan mengenai menu baru. 

Pengikut akun Instagram mu akan merasa senang bisa terlibat pada proses pembuatan menu baru dari bisnis makananmu. Dengan berbagai fitur tersebut, kamu juga bisa menanyakan pertanyaan ringan seperti “apa kabar hari ini?”

Manakah Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Pilihanmu?

Itulah 12 ide konten Instagram bisnis makanan yang bisa kamu terapkan pada akun Instagram mu. Unggahlah konten sesering mungkin pada akun Instagram agar pengikutmu selalu tahu kabar terbaru mengenai bisnis makananmu. 

Mungkin saja mereka sedang mempertimbangkan tempat makan siang dan tempat mu menjadi pilihannya setelah melihat postingan terbaru mu.

Dari 12 ide konten tersebut, mana yang menurutmu paling menarik? Ketika membuat konten, pastikan konten mu sesuai dengan target marketmu. Ingat juga untuk rajin membalas komentar pada setiap postingan untuk meningkatkan engagement rate akun. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, yuk share ke teman-teman mu!


Temukan berbagai strategi pemasaran bisnis F&B yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.