15 Menu Makanan untuk Buka Puasa yang Sehat dan Nikmat

5 min read

15 Menu Makanan untuk Buka Puasa yang Sehat

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan suci umat Islam yang diakhiri oleh Idul Fitri. Selama bulan tersebut, masyarakat yang beragama Islam berpuasa sehari penuh dan diakhiri dengan buka puasa pada waktu maghrib. Biasanya, menu makanan buka puasa terdiri dari takjil hingga makanan berat untuk mengisi perut yang kosong.

Apakah kamu terkadang kebingungan memilih menu makanan buka puasa? Simak artikel berikut untuk mendapatkan rekomendasi menu makanan berbuka puasa.

15 Inspirasi Menu Makanan untuk Buka Puasa

Berikut adalah daftar inspirasi menu takjil yang mudah kamu buat atau temukan, sehat, dan pastinya rasanya yang nikmat.

1. Agar-Agar Jeli Manis

agar agar jeli manis menu untuk buka puasa

Inspirasi makanan buka puasa yang pertama adalah agar-agar manis. Banyak sekali produk yang bisa kamu gunakan untuk membuat agar secara instan, misalnya Swallow dan Nutrijell. Kamu bisa mengolahnya dengan mudah dengan bahan tambahan seperti air, wadah, dan gula saja. Topping lain seperti biji selasih atau buah-buahan juga bisa kamu gunakan.

Agar-agar mengandung serat tinggi dan zat besi yang baik untuk tubuh apalagi untuk kita makan setelah berpuasa seharian. Kandungan serat tinggi dapat melancarkan pencernaan, sedangkan kandungan zat besi dapat mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

2. Bakwan

bakwan

Bakwan adalah salah satu macam gorengan yang sangat populer di Indonesia. Seringkali menjadi pilihan menu buka puasa, bakwan sangat mudah untuk kamu buat atau temukan. Mengingat banyak sekali warung atau pedagang keliling yang sering menjajakan gorengan.

Meski begitu, rupanya bakwan atau gorengan sering menjadi perdebatan di antara masyarakat apakah baik atau justru berbahaya untuk dimakan saat buka puasa. Faktanya, kamu hanya perlu minum air putih terlebih dahulu agar tenggorokan tidak kering saat memakan bakwan. Bahkan, bakwan juga mengandung protein dan zat besi yang cukup.

3. Brownies

brownies makanan buka puasa

Brownies adalah jenis kue yang tidak memakai bahan pengembang sehingga bentuknya seperti bolu tanpa pori. Sejarah dari brownies sendiri sangat beragam, oleh karena itu tidak dapat dipastikan dengan jelas dari mana brownies ini berasal. Namun, banyak yang percaya bahwa awal mula brownies lahir dari koki yang memasak bolu tetapi lupa memasukkan bahan pengembang.

Salah satu jenis brownies yang seringkali dijadikan sebagai menu buka puasa adalah rasa cokelat atau kurma. Kurma menjadi salah satu topping yang seringkali ditambahkan dalam brownies sebab kurma adalah buah-buahan yang identik dengan bulan puasa. Apabila bosan memakan buah kurma setiap buka puasa, kamu bisa mengolahnya menjadi brownies.

Baca Juga:  5 Resep dan Cara Membuat Corndog yang Enak, Gurih dan Lezat

4. Bubur Kacang Hijau

bubur kacang ijo

Memakan bubur kacang hijau yang hangat saat buka puasa rasanya nikmat dan nyaman untuk perut yang kosong. Kamu bisa membuatnya dengan mudah, cukup dengan menyiapkan kacang hijau, jahe, kental manis, santan, gula merah, air, dan garam. Biasanya ditambahkan daun pandan agar memiliki aroma yang sedap.

Bubur kacang hijau memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti mineral, protein nabati, hingga vitamin B1. Dengan memilih bubur kacang hijau sebagai menu buka puasa, kamu dapat terhindar dari kolesterol dan gula darah. Meskipun sangat baik untuk kesehatan, hindari memakannya terlalu banyak.

5. Es Bubur Sagu Mutiara

bubur sagu mutiara untuk menu buka puasa (1)

Inspirasi makanan buka puasa selanjutnya adalah es bubur sagu mutiara. Bahan utamanya adalah butiran tepung sagu berwarna merah yang mudah sekali kamu temukan di pasar tradisional maupun swalayan. Teksturnya yang kenyal dipadukan dengan kuah santan yang manis dan gurih menghasilkan cita rasa yang manis.

Supaya rasanya lebih fresh, kamu bisa menyajikannya secara dingin dengan menambahkan es batu. Selain gula, kamu juga bisa menambahkan kental manis agar rasanya lebih manis dan enak. Pastikan untuk selalu kamu aduk saat membuat bubur sagu di dalam panci. Hal tersebut untuk menghindari butirannya lengket satu sama lain.

6. Es Campur

menu buka puasa - es campur enak

Selain es bubur sagu yang fresh untuk menjadi makanan buka puasa, kamu juga bisa memilih es campur. Bahan yang bisa kamu pakai dalam membuat es campur adalah beragam buah-buahan, agar-agar, sirup, air, dan kental manis. Semua bahan tersebut kamu campurkan dan tambahkan es batu agar dingin.

Banyak sekali penjual yang menjajakan es campur selama bulan Ramadhan sebab banyak masyarakat yang mencarinya untuk buka puasa. Minuman yang melepas dahaga sekaligus makanan pembuka yang manis sangat baik untuk mengisi perut yang kosong seharian. 

7. Es Goyobod

es goyobod

Sajian minuman asal jawa Barat ini memiliki bahan yang kurang lebih mirip seperti es campur. Biasanya, es goyobod terdiri dari potongan puding tepung hunkwe, tape singkong, roti tawar, dan biji pacar cina. Tak lupa es goyobod juga seringkali ditambahkan biji selasih di bagian atasnya agar mempercantik penampilan.

Sebenarnya, es goyobod hampir sama dengan es campur dari semua daerah lainnya. Ciri khas dari minuman yang menyegarkan ini adalah adanya puding dari tepung hunkwe. Tepung hunkwe sendiri berasal dari sari pati kacang hijau dan hasil adonannya kenyal seperti agar.

8. Es Timun Melon

es timun melon

Menu buka puasa selanjutnya yang sangat menyegarkan adalah es timun melon. Setelah minum air putih saat buka puasa, kamu bisa langsung menyantap hidangan menyegarkan untuk melepas dahaga setelah berpuasa seharian. Bahan yang kamu perlukan untuk membuatnya adalah timun, selasih, air putih, es batu, lemon, dan sirup melon.

Baca Juga:  20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Diminati Masyarakat 

Pertama-tama, parut timun terlebih dahulu sehingga bentuknya panjang dan tipis. Lalu, campurkan timun yang sudah terparut dengan biji selasih ke dalam air sirup melon. Tak lupa tambahkan es batu dan lemon untuk mempercantik tampilan. Sebagai bahan utama hidangan ini, timun memiliki manfaat untuk tubuh kita dalam mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan.

9. Jus Buah

jus buah segar

Selain es timun melon, jus buah juga sangat cocok untuk menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat dan nikmat. Jus buah dapat memenuhi kebutuhan serat kamu selama berpuasa. Terlebih, apabila kamu meminum campuran jus buah dan sayur yang sangat bernutrisi bagi tubuh. Jus buah juga sangat disarankan untuk dikonsumsi saat buka puasa.

10. Kebab

kebab

Melansir dari Fine Dining Lovers, kebab adalah salah satu makanan buka puasa yang cukup populer di dunia. Kebab adalah makanan khas daerah Timur Tengah. Bentuknya mirip seperti roti isi daging dan sayuran. Bagian terluarnya adalah roti pipih tanpa ragi sehingga bentuknya tipis, kemudian isinya berupa potongan daging beserta sayuran dengan saus mayones penambah cita rasa.

Kamu bisa menemukan kebab dengan mudah di Indonesia, baik di mal maupun pedagang keliling. Rasanya sendiri tentunya asin gurih yang sesuai untuk takjil bersama keluarga. Kebab memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mulai dari protein hewani hingga karbohidrat.

Baca Juga: Franchise Kebab Baba Rafi – Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

11. Kolak Pisang, Kolang Kaling, dan Labu Kuning

kolak pisang segar untuk makanan buka puasa

Makanan buka puasa nomor satu orang Indonesia adalah kolak. Mayoritas, kolak tersebut berisi pisang, kolang kaling, maupun labu kuning. Bahan dasar hidangan buka puasa ini adalah santan dan gula merah yang memiliki cita rasa manis gurih. Alangkah baiknya apabila kamu menyantapnya dalam keadaan masih hangat.

Manfaat kolak bagi tubuh kita adalah melancarkan pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, pisang mengandung vitamin B6 untuk mengembalikan stamina yang hilang setelah berpuasa seharian. Jadi, kolak adalah pilihan terbaik untuk buka puasa terutama kolak pisang.

Baca Juga: Resep Kolak Pisang yang Mudah Dilakukan

12. Martabak Telur

martabak telur (1)

Kudapan gurih yang bisa menjadi makanan buka puasa selanjutnya adalah martabak telur. Di luar bulan Ramadhan, biasanya penjual martabak telur muncul di malam hari. Kamu tak perlu khawatir, sebab di bulan Ramadhan banyak sekali penjual martabak telur yang sudah berjualan di sore hari.

Baca Juga:  Apa Itu Croissant? Begini Cara Membuatnya, Simpel Banget!

Membuat martabak telur memiliki cita rasa asin gurih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah lho. Kamu hanya perlu kulit lumpia, telur, daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam atau sapi. Masukkan semua isian kedalam kulit lumpia, lalu goreng sampai kuning keemasan. 

13. Nata de Coco

nata de coco

Inspirasi takjil selanjutnya adalah nata de coco. Nata de coco adalah hidangan berbentuk seperti jeli yang berwarna putih. Makanan yang satu ini adalah produk hasil fermentasi air kelapa. Manfaat nata de coco adalah kaya akan serat namun rendah kalori. Tak heran apabila nata de coco seringkali dijadikan camilan diet.

Di Indonesia sendiri banyak jenama yang menyediakan nata de coco berkualitas seperti Wong Coco, Inaco, hingga Kara. Produk nata de coco banyak tersedia dalam berbagai bentuk wadah. Mulai dari gelas, cup kecil, hingga ember kecil. Tak jarang masyarakat Indonesia mengolah nata de coco sebagai salah satu bahan untuk sop buah dan es campur.

14. Puding Susu

puding susu

Selain yang fresh, ada juga menu makanan buka puasa yang lebih creamy yaitu puding susu. Bahan yang kamu perlukan untuk membuat puding susu adalah bubuk agar-agar, susu cair, tepung maizena, dan gula pasir atau merah. Biasanya puding susu disajikan dengan vla ataupun kental manis untuk menambah cita rasa.

Puding susu memiliki kandungan yang kurang lebih sama seperti agar-agar, yaitu kaya akan serat. Kandungan kalsiumnya berasal dari susu cair. Sehingga, puding susu sangat baik untuk tubuh kamu yang sudah seharian berpuasa. Rasanya akan jauh lebih segar apabila kamu menyajikannya dalam keadaan dingin.

15. Salad Buah

rekomendasi makanan buka puasa - salad buah

Inspirasi makanan buka puasa selanjutnya adalah salad buah. Salad buah yang sering ditemukan di Indonesia adalah potongan kecil beragam buah yang kemudian diberikan yogurt dan keju parut di atasnya. Di luar negeri, tak jarang salad tersebut ditambahkan potongan sayuran sehingga rasanya lebih bernutrisi. 

Tentunya, salad buah kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Apalagi untuk kamu yang sedang diet sekaligus berpuasa, salad buah sangat cocok menjadi hidangan buka puasa. Pada dasarnya, salad buah adalah kumpulan buah-buahan yang tidak kamu olah, melainkan dimakan secara langsung.

Menu Makanan Buka Puasa Manakah Pilihanmu?

Nah itu dia 15 macam menu makanan buka puasa yang bisa menjadi inspirasi untukmu. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang nikmat dan juga kandungan yang baik untuk tubuh. Kunci utama saat berbuka puasa adalah minum air putih terlebih dahulu dan jangan makan makanan yang berlebihan untuk menghindari sakit perut atau mual. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar kuliner, makanan sehat, franchise, hingga strategi lainnya hanya di fnbpreneur.id.