Ide Bisnis Minuman di Bulan Ramadhan, Apa Saja yang Menguntungkan?

4 min read

Ide Bisnis Minuman di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang membawa banyak keberkahan untuk banyak orang. Termasuk salah satunya untuk pelaku bisnis. Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan, bisnis minuman di bulan Ramadhan merupakan salah satu yang bisa menjadi pilihan.

Faktanya, ada banyak ide bisnis minuman Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Tentu saja minuman segar merupakan salah satu hal yang paling banyak dicari ketika bulan Ramadhan. Produk ini akan laku, terutama menjelang waktu berbuka.

Rekomendasi Bisnis Minuman di Bulan Ramadhan

Seperti sudah dijelaskan, ada banyak ide bisnis minuman Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh hampir semua orang, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Kebanyakan bisnis minuman di bulan Ramadhan ini berkaitan dengan minuman segar. Alasannya karena banyak orang yang mencari minuman ini, terutama untuk berbuka puasa. Bisnis minuman ini juga cukup menjamur ketika bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa contoh dan juga ide bisnis minuman di bulan Ramadhan:

1. Sop Buah

bisnis minuman bulan ramadhan - sop buah

Ide bisnis minuman Ramadhan yang pertama adalah Sop Buah. Perpaduan antara berbagai jenis buah segar, es, sirup, dan juga kental manis, merupakan salah satu primadona yang banyak orang cari, terutama untuk berbuka puasa.

Dari komposisi bahannya saja sudah terlihat seperti kesegaran yang akan didapatkan. Terlebih ketika disajikan dingin, Rasa manis dari kental manis dan juga kesegaran dari buah merupakan perpaduan yang sangat pas.

Bisnis merupakan salah satu bisnis yang akan sangat mudah untuk ditemukan ketika bulan Ramadhan sudah tiba. Semakin dekat waktu berbuka, maka kamu akan mendapatkan banyak orang yang berjualan minuman ini. Hal ini juga membuktikan jika bisnis ini cukup laris.

2. Es Campur

es campur

Masih seputar perpaduan antara es dan berbagai jenis buah. Kini, ide bisnis minuman di bulan Ramadhan lainnya yang bisa kamu coba adalah berjualan es campur. Jika dilihat segi komposisi, hampir tidak ada bedanya dengan sop buah.

Namun biasanya di dalam es campur ini juga terdapat beberapa bahan lain seperti manisan. Biasanya, es campur ini akan berisi blewah, biji mutiara, agar-agar, tape singkong, alpukat, kolang-kaling, dan lainnya. Penyajiannya tentu saja akan ditambahkan dengan es serut.

Baca Juga:  Strategi Bisnis F&B yang Bisa Dicoba, Cocok untuk Pebisnis!

Minuman ini juga termasuk yang banyak dicari orang ketika sedang berpuasa. Es campur seringkali dijadikan menu berbuka puasa. Kesegeraan dari es campur biasanya menjadi pilihan dari beberapa orang ketik adzan magrib.

3. Es Teler

es teler segar

Kombinasi antara es dan beberapa potong buah segar memang bisa memberi kesegaran tersendiri. Jika sebelumnya es campur merupakan ide bisnis minuman Ramadhan yang menarik. Yang satu ini juga tidak kalah menarik, yaitu es teler.

Banyak yang bilang es teler merupakan inovasi dari es campur. Es teler sendiri biasanya berisi serutan alpukat, kelapa muda, dan nangka yang dicampur dengan kental manis, sirup, dan santan. Semua komposisi tersebut tentu saja ditambah dengan es serut.

Dengan rasa manis yang dipadukan dengan kesegaran, tidak salah jika banyak orang yang menginginkan minuman ini saat berbuka. Hal ini juga yang membuat potensi bisnis minuman di bulan Ramadhan ini menjadi sangat menarik.

4. Es Dawet Ayu

es dawet ayu

Pilihan lainnya yang juga bisa kamu gunakan sebagai ide bisnis ketika bulan Ramadhan adalah dengan berjualan Es Dawet Ayu. Yang unik dari minuman khas Banjarnegara ini adalah bisa diminum dalam kondisi panas atau dingin.

Minuman yang terbuat dari tepung beras ini memang menawarkan kesegaran ketika diminum. Selain itu, dengan tekstur yang lembut juga menjadi alasan lain mengapa banyak orang yang menyukai minuman ini.

Sebagai minuman tradisional, banyak orang juga yang ingin buka puasa dengan minuman ini karena memori masa kecil. Es Dawet Ayu memang menjadi salah satu favorit bagi banyak orang sebagai menu berbuka puasa.

5. Es Kelapa Muda

es kelapa muda merupakan bisnis minuman bulan ramadhan

Bisnis Minuman di bulan Ramadhan lainnya yang hampir selalu laris adalah es kelapa muda. Kesegaran dari minuman ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kombinasi dari daging dan air kelapa memang menawarkan rasa nikmat tersendiri.

Di sisi lain minuman ini juga banyak kombinasi dan pilihannya. Dari yang original dengan hanya dicampur dengan kental manis, dicampur air jeruk, sampai yang dicampur dan dikombinasikan dengan makanan lain.

Selain segar, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat dan baik bagi kesehatan Manfaat yang terbesarnya tentu saja bisa membersihkan racun dalam tubuh. Untuk orang yang berpuasa, air kelapa bisa menjadi pengganti cairan tubuh.

Baca Juga:  Resep Minuman Khas Indonesia yang Gampang Dibuat

6. Es Kolak Pisang

es kolak pisang

Bicara masalah bulan Ramadhan, tentu akan banyak makanan dan minuman khas yang selalu muncul. Salah satunya adalah kolak pisang. Ini merupakan menu takjil yang hampir selalu ada. Namun, selain dalam kondisi hangat, kamu juga bisa mencobanya dalam kondisi dingin.

Dengan statusnya yang mungkin jadi takjil paling favorit, tentu saja membuat es kolak pisang menjadi salah satu ide bisnis minuman Ramadhan yang cukup menjanjikan. Dengan tekstur pisang yang lembut dan rasa manis, minuman satu ini memang memiliki keunikan sendiri. Tentunya, ada banyak resep kolak pisang yang enak dan dapat kamu coba sendiri.

7. Es Selendang Mayang

es selendang mayang

Untuk kamu yang lama tinggal di Jakarta ataupun orang Betawi asli, mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini, yaitu es selendang mayang. Jika dilihat, minuman ini sendiri seperti menggabungkan antara minuman dan kue tradisional,

Keunikan lainnya dari minuman ini juga warnanya yang cukup warna-warni, dan tentu saja membuat orang semakin penasaran. Meskipun termasuk minuman tradisional tetapi peminat dari minuman yang satu ini cukup banyak. 

Kamu juga bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk menjadikan es selendang mayang sebagai bisnis minuman di bulan Ramadhan yang cukup menjanjikan. Minuman ini juga termasuk yang banyak orang cari untuk berbuka puasa.

8. Es Kacang Hijau

ide bisnis minuman di bulan ramadhan - es kacang hijau

Menu lainnya yang juga banyak orang cari untuk berbuka puasa adalah es kacang hijau. Minuman ini juga termasuk yang cukup laris pada saat bulan Ramadhan. Hampir di setiap titip kamu akan menemukan orang yang berjualan minuman ini.

Meski demikian, peluang bisnis minuman di bulan Ramadhan ini masih cukup menjanjikan. Jumlah peminat dari makanan yang satu ini tidak pernah sepi. Terutama ketika semakin dekat dengan waktu berbuka.

Selain bisa meredakan dahaga, es kacang hijau juga menyegarkan. Es kacang hijau juga cukup mengenyangkan. Selain itu, dari segi kesehatan, maka es kacang hijau ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

9. Es Kopi Susu

es kopi susu

JIka kamu ingin mencoba bisnis minuman di bulan Ramadhan yang cukup kekinian, maka kamu bisa mencoba untuk berjualan es kopi susu. Tren dari kopi susu memang sedang naik akhir-akhir ini.

Bahkan saat ini mulai banyak orang yang menjual es kopi susu ini dengan nama yang unik. Es kopi susu kekinian juga menawarkan berbagai macam rasa yang bisa kamu sajikan. Satu yang sedang naik daun belakangan ini adalah penggunaan gula aren.

Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Minuman dan Cara Membuatnya

Es kopi susu juga menjadi salah satu minuman yang banyak orang cari ketika akan berbuka puasa. Ide bisnis ini juga bisa menjadi salah satu peluang yang layak kamu coba, mengingat modal yang kamu butuhkan juga tidak terlalu besar.

10. Es Susu

es susu

Jika sebelumnya ide bisnis yang cukup menjanjikan adalah es kopi susu, minuman lainnya yang juga banyak orang cari untuk berbuka adalah es susu. Minum susu tentu memiliki banyak sekali manfaat.

Minuman ini juga cocok untuk sajian saat buka puasa. Ini merupakan salah satu hal yang banyak orang inginkan. Ide bisnis minuman Ramadhan ini juga bisa menjadi salah satu bisnis yang kamu coba.

Untuk menjadi pembeda, kamu juga menjual es susu ini dalam berbagai macam rasa. Kamu bisa mencoba menjual es susu original, es susu dengan rasa coklat, strawberry, atau aneka buah.

Mana Ide Bisnis yang  Paling Cocok?

Dari sekian banyaknya ide bisnis minuman Ramadhan tersebut, beberapa hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Yang terpenting adalah kamu bisa melihat peluang yang ada dan juga mencari minuman apa yang belum banyak penjualnya.

Dengan melakukan hal tersebut, maka bisnis minuman di bulan Ramadhan yang kamu punya akan berbeda dengan yang lain. Dan tentunya akan banyak konsumen yang tertarik dengan apa yang kamu jual.

Dapatkan informasi maupun tips seputar ide bisnis makanan maupun minuman Indonesia, resep, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.