Resep Kolak Pisang Mudah dan Lezat Untuk Sajian Khas Temani Puasa

2 min read

Resep Kolak Pisang Enak

Umat Islam menyambut datangnya bulan ramadhan dengan penuh sukacita. Kamu dapat berkumpul bersama dengan keluarga besar saat bulan puasa tiba. Momen berbuka puasa bersama adalah salah satu euforia ramadhan. Oleh karena itu, kamu dapat membuat hidangan khas ramadhan seperti kolak pisang. Bingung bagaimana membuatnya? Maka tak usah risau, kamu dapat mengikuti resep kolak pisang dalam ulasan artikel ini.


Resep Kolak Pisang

Kolak pisang merupakan salah satu hidangan manis yang wajib hadir saat bulan ramadhan tiba. Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi takjil buka puasa maka sajian ini dapat menjadi andalan. Jika dahulu kolak pisang hanya memiliki isian dari pisang kepok saja, namun saat ini hadir variasi resep kolak pisang enak dengan ubi. 

Sebelum memulai untuk menyajikan kolak pisang, hal yang perlu kamu persiapkan adalah alat dan bahan. Untuk itu, bagi kamu yang sedang mencari resep kolak pisang sederhana untuk ditiru maka simak penjelasan berikut ini ya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah kamu memutuskan untuk membuat kolak pisang yang enak untuk disajikan, maka kamu membutuhkan alat dan bahan. Hal ini dapat kamu temukan dengan mudah dari peralatan dan bahan yang telah tersedia di rumah. Resep kolak pisang kali ini sederhana dan mudah untuk diikuti, jadi tak perlu khawatir.

Baca Juga:  Apa Itu Croissant? Begini Cara Membuatnya, Simpel Banget!

Berikut adalah alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kolak pisang yang enak sebagai takjil berbuka puasa:

Alat yang Dibutuhkan

  1. Pisau
  2. Talenan
  3. Panci
  4. Sendok 
  5. Piring dan Mangkok
  6. Kompor
  7. Gas Elpiji

Peralatan tersebut ada di dapur kamu bukan? Setelah alat, kini saatnya untuk mempersiapkan bahan untuk membuat resep kolak pisang dengan sederhana ya.

Bahan Resep Kolak Pisang

  1. Pisang (Jenis Uli atau Kepok)
  2. Ubi
  3. Gula Pasir
  4. Vanili
  5. Santan siap pakai
  6. Daun pandan
  7. Gula merah dan gula pasir
  8. Garam
  9. Air Minum 1 Liter

Apakah kamu sudah siap untuk menuju ke bagaimana cara membuat kolak pisang ini? Jika belum, maka kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu ya. Sembari mempersiapkan, kamu dapat mencatat langkah-langkah membuatnya juga kok. 

Selain itu, bagi kamu yang telah memiliki kelengkapan alat dan bahan, mari kita lanjutkan untuk bagian cara membuat hidangan ini!


Cara Membuat Kolak Pisang dengan Mudah

Setelah kamu mempersiapkan alat dan bahan, maka ini saatnya untuk mempraktikkan cara membuat kolak pisang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka jangan lupa untuk memperhatikan urutan dan detail tiap langkahnya ya!

1. Memotong Buah Pisang dan Ubi

memotong buah pisang dan ubi

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat sajian kolak pisang adalah memotong buah dan ubi yang akan dijadikan isian kolak. Untuk porsi yang diperlukan maka kamu dapat melakukan takaran sesuai dengan berapa sajian yang ingin dihidangkan. 

Pastikan bahwa pisau dan piring yang digunakan dalam keadaan bersih, selain itu kupas terlebih dahulu kulit pisang dan ubi.

2. Memasak Air

memasak air

Selanjutnya, kamu dapat merebus air sebanyak 1 liter dengan panci dan kamu bisa menggunakan air minum atau yang dapat kamu konsumsi. Setelah kamu menuang satu liter air kedalam panci, maka kamu dapat menutup panci tersebut dan tunggu sampai mendidih.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

3. Mulai Memasukkan Isian Kolak Secara Bertahap

memasukkan isian kolak

Kemudian setelah air mendidih, kamu dapat memasukkan ubi ke rebusan air dan tutup kembali panci tersebut. Tunggu hingga 10 menit dan perhatikan kondisi ubi yang sedang direbus.

memasukkan daun pandan dan gula

Sesudah itu, kamu dapat memasukkan daun pandan, gula merah, vanili, garam, dan gula pasir kedalam rebusan ubi. Kamu dapat mengaduk secara searah dan perlahan agar tercampur rata. 

memasukkan santan sekali pakai

Kemudian, kamu dapat berhenti mengaduk ketika merasa bahwa bahan tersebut sudah tercampur. Langkah selanjutnya adalah memasukkan potongan pisang yang menjadi isian utama hidangan ini dan juga santan siap pakai. Setelah memasukkan santan, maka tugas kamu adalah mengaduk hingga santan tercampur secara rata.

4. Mencicipi dan Melakukan Pemantapan Rasa

cicip untuk mengetahui kualitas rasa

Sembari memeriksa santan agar tercampur rata, kamu dapat melakukan percobaan rasa terhadap hidangan kolak pisang enak tersebut. Jika dirasa masih kurang lezat, maka kamu dapat menambah bumbu sesuai selera masing-masing. 

Ketika santan telah tercampur, rasa sudah pas dan kolak mendidih maka kamu bisa mematikan kompor. Sembari menunggu hidangan siap, kamu dapat mempersiapkan mangkok untuk menyajikan hasil resep kolak pisang enak namun dengan cara yang sederhana.


Kolak Pisang Siap Dihidangkan Untuk Takjil Buka Puasa!

Itulah resep untuk membuat kolak pisang enak yang bisa kamu coba di rumah saat bulan ramadhan nanti. Jangan lupa untuk membuatnya dengan penuh sukacita, dan tirukan sesuai langkah-langkahnya. Karena kolak pisang merupakan salah satu hidangan yang dinanti untuk takjil berbuka puasa. Tunggu apalagi, pergi ke dapur dan coba resep kolak pisang enak dengan mudah segera ya!


Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis kuliner, resep makanan maupun minuman, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

Baca Juga:  Cara Membuat Katsu Ala Restoran Jepang dengan Mudah