Cara Mudah Membuat Kimchi Korea yang Enak dan Anti Gagal

3 min read

cara membuat kimchi

Kesuksesan Korea Selatan dalam memperkenalkan budayanya di kancah global terbilang sukses. Melalui keviralan drama lokal, Korea Selatan berhasil menarik perhatian masyarakat global dengan makanan tradisionalnya, terutama Kimchi. Sehingga, membuat orang-orang mencari tutorial cara membuat Kimchi Korea ini.

Makanan adalah bentuk komunikasi nonverbal yang digunakan dengan cara yang mirip dengan bahasa. Makanan sangat visual dan tidak hanya sekedar memanjakan penglihatan mata penonton saja tetapi juga merangsang semua panca indera, sehingga tidak heran jika makanan tradisional Korea Selatan yang satu ini menjadi populer.

Cara Membuat Kimchi Versi Orang Korea Selatan

Buat kamu yang tertarik mencicipi dan ingin mencoba membuat Kimchi, kamu wajib menyimak resep kimchi versi orang Korea Selatan asli dari Food 52 berikut ini.

Bahan-Bahan

Kimchi adalah makanan sejenis acar yang menggunakan berbagai macam campuran sayur dan pasta cabai. Terlihat biasa saja, namun untuk membuat Kimchi yang enak dan memiliki cita rasa yang unik, kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sawi putih
  • 1 lobak kecil
  • 5 daun bawang yang dipotong sebesar 1 inci
  • 1 kentang (untuk menggantikan pasta tepung beras)
  • 6-7 siung bawang putih
  • ¼ bawang bombay
  • 1 potong jahe berukuran 1 inci
  • ¼ pir Asia (opsional)
  • ¼ cangkir kecap ikan atau saus ikan teri
  • ½ cangkir gochugaru (bubuk lada merah khas Korea Selatan)
  • ¼ cangkir udang asin
  • Secukupnya garam dan gula
  • Secukupnya tomat (Opsional)

Langkah-langkah Membuat Kimchi

Sekarang saatnya untuk mengolah.

Yuk, simak tutorial lengkap membuat Kimchi berikut ini!

Baca Juga:  Olahan Telur yang Mudah dan Tidak Membosankan, Intip Resepnya!

1. Rendam Kubis dengan Air Garam

Langkah pertama dalam membuat Kimchi adalah memotong sawi putih menjadi dua atau empat memanjang dari ujung akar hingga setengah bagian sawi yang lebih hijau. Potongan sawi ini akan membuat kematangan Kimchi lebih lambat, namun tekstur Kimchi yang akan kalian dapatkan jauh lebih renyah dan lebih enak. 

Setelah itu, rendam irisan sawi putih tersebut dengan garam laut. Pastikan seluruh sayuran sudah tercampur secara merata dengan garam dan air. 

Jika kamu memotong sawi dengan ukuran kecil-kecil, maka kamu hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk merendamnya. Namun, jika kamu memotong sawi dengan ukuran besar, maka proses rendamannya adalah 6-8 jam.

Setelah selesai, tiriskan sayuran tersebut, lalu diamkan dan masuk ke proses pembuatan saus.

Perlu kamu ketahui, langkah pertama ini sangat krusial, karena dapat membunuh bakteri berbahaya yang ada di sayuran. Kemudian, memberi ruang bagi bakteri baik (Lactobacillus) untuk tumbuh selama proses fermentasi laktosa. Selain itu, juga mengurangi kadar air dalam kubis, supaya pasta cabai akan meresap lebih baik.

2. Cara Membuat Pasta Kimchi

Berikutnya adalah tahapan pembuatan pasta. Orang Korea Selatan zaman dulu biasanya membuat pasta ini menggunakan tepung ketan. Namun, sekarang kamu bisa membuat pasta dengan menggunakan kentang saja.

Pertama, kupas kentang, lalu parut kentang tersebut dan masukkan ke dalam wadah air mendidih hingga tekstur kentang terasa kental. Setelah itu, masukkan bawang putih, jahe, bawang merah, pir, kecap ikan, udang asin, gochugaru, garam dan gula (secukupnya) ke dalam food processor dan haluskan.

Jangan khawatir jika kamu membuat porsi pasta ini berlebih. Kamu bisa menyimpannya di freezer dan bisa kamu gunakan lagi sebagai topping di makanan lainnya, seperti nasi goreng, mie, dan lain-lain.

Baca Juga:  Makanan Khas Thailand Halal dan Bisa Kamu Coba

3. Campurkan Semua Bahan

Setelah pasta sudah jadi, sekarang saatnya untuk mencampurkan sayuran sawi dan pasta yang sudah kamu buat.

Pastikan semua sayur sudah tercampur dengan pasta dengan sempurna.

4. Penyesuaian Rasa

Setelah sudah jadi, sekarang adalah waktunya untuk menyesuaikan rasa yang sesuai dengan seleramu. Pisahkan dua porsi di dua wadah yang berbeda, cicipi setiap porsi dan bandingkan sesuai seleramu. Kamu bisa tambahkan garam atau gula untuk menyeimbangkan rasa Kimchi yang sudah kamu buat.

Ketika mencampur sayuran dengan pasta, pastikan tangan kamu sudah bersih, ya. Jika kamu tidak ingin menggunakan tangan kosong, kamu bisa gunakan sarung tangan khusus masak.

5. Simpan Kimchi di dalam Toples

Langkah berikutnya adalah menyimpan Kimchi di dalam toples besar atau kecil. Biasanya, orang Korea Selatan kerap menyisihkan sebagian porsi yang tidak difermentasi untuk mereka nikmati sepanjang minggu.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan rasa yang lebih kuat, kamu bisa simpan Kimchi di dalam ruangan selama 24 jam, lalu masukkan ke dalam freezer selama 1 minggu.

Perlu kamu ketahui, rentang waktu penyimpanan Kimchi yang berbeda akan menghasilkan cita rasa yang berbeda juga. Biasanya, masyarakat Korea Selatan memiliki dua buah lemari es. Satu khusus untuk menyimpan Kimchi dalam waktu lama dan satu lemari es lagi untuk menyimpan Kimchi yang bisa dinikmati kapan saja.

Jadi, jika kamu ingin menikmati Kimchi dengan rasa sepenuhnya, kamu bisa simpan di dalam lemari es selama berhari-hari. 

Resep Kimchi Halal

Setelah mengetahui resep Kimchi versi Korea Selatan, sekarang kami akan membagikan resep membuat Kimchi halal yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Cara pembuatannya kurang lebih sama, namun bahan-bahan yang digunakan dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional ataupun supermarket, seperti berikut ini:

  • 3 batang bawang perai atau daun bawang
  • 2 kg sawi putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 sdm garam
  • 200 g bubuk cabai
  • 100 ml kecap ikan
  • 10 siung bawang putih
  • 4 sdm gula
  • ½ ruas jahe
  • secukupnya wijen
Baca Juga:  15 Topping Utama Pada Ramen yang Menambah Cita Rasa

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat Kimchi halal:

  • Pertama, cuci bersih sawi putih dan iris-iris kecil.
  • Lalu, taburi garam dan remas hingga seluruh bagian sawi sudah terbumbui dengan merata.
  • Diamkan sawi selama 1 jam supaya tidak layu. Aduk kembali sawi setiap 30 menit.
  • Setelah 1 jam, buang air campuran tersebut dan cuci bersih. Tiriskan hingga benar-benar kering.
  • Selanjutnya, campur semua bumbu dan aduk hingga merata. Iris tipis daun bawang dan bawang bombay, kemudiam campurkan dengan sawi. Bumbui semua bahan yang ada.
  • Sesuaikan rasa. Jika kamu rasa masih kurang pas, kamu bisa tambahkan garam, kecap ikan, atau gula. Jika rasanya sudah sesuai selera, taburi dengan wijen.

Sudah Siap Membuat Kimchi Korea Sendiri di Rumah?

Seperti itulah 2 cara mudah membuat Kimchi ala Korea yang bisa langsung kamu praktikkan sendiri di rumah. Selain memiliki rasa yang enak dan unik, Kimchi memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, karena bahan utama makanan ini mengandung banyak vitamin, seperti Vitamin A dan Vitamin C.

Selain itu, proses fermentasi laktosa dapat mengembangkan bakteri lactobacillus yang dapat memecah gula menjadi asam laktat. Maka, saat mengkonsumsi makanan ini, bakteri baik ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mengobati demam dan jenis diare tertentu. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi seputar resep makanan, makanan Asia dan lain-lain hanya di fnbpreneur