12 Minuman Khas Inggris Populer, Wajib Kamu Coba!

4 min read

minuman khas inggris

Selain memiliki tempat wisata yang bikin kamu gagal move on, Inggris juga mempunyai ragam minuman khas nikmat dan menyegarkan. Jika kamu berkunjung ke sana, cobalah untuk mencicipi berbagai kuliner yang ada termasuk minuman.

Supaya tidak bingung menentukan minuman yang akan kamu nikmati, ada baiknya kamu mengetahui berbagai minuman yang populer. Mulai dari yang lebih nikmat ketika kamu minum dalam keadaan hangat atau minuman menyegarkan untuk cuaca panas.

Selain itu, Inggris memiliki berbagai minuman khas yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, tidak hanya rasanya saja yang nikmat, namun menyehatkan asal tidak berlebihan.

12 Minuman Khas Inggris

Berikut ini adalah beberapa minuman khas Inggris yang populer, mulai dari yang tradisional hingga modern. 

Simak bersama, ya!

1. Vesper

Vesper merupakan minuman yang cukup menarik perhatian, karena kemunculannya berasal dari novel Ian Fleming berjudul Casino Royale (1953). Di dalam cerita tersebut, Bond memesan koktail yang belum memiliki nama.

Dia hanya menyebutkan takaran koktail tersebut, seperti tiga takar gordon, satu setengah takar kina lillet, dan satu vodka. Kocok bahan-bahan tersebut sampai dingin. Setelah itu, tambahkan irisan kulit lemon. 

Kemudian koktail tersebut dinamai vesper. Namun, dewasa ini vesper sudah dibuat dengan sedikit penyesuain agar rasanya lebih nikmat. Sehingga, tak ada salahnya kamu mencoba minuman satu ini.

2. Cider

Minuman khas Inggris yang populer selanjutnya, yaitu cider. Meski banyak orang yang menganggap cider dan bir sama, keduanya memiliki perbedaan. Bir terbuat dari fermentasi anggur, sedangkan cider dari fermentasi buah apel hijau. 

Agar dapat menikmati cider, kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Inggris, karena produk ini banyak tersedia di Indonesia. Selain itu, cider diproduksi dengan rasa yang lebih manis, sehingga banyak disukai.

Karena terbuat dari fermentasi buah, cider memiliki citarasa sari buah yang menyegarkan, sehingga dapat meningkatkan kesegaran tubuhmu.

3. Pimm’s

Ketika menyebut kata Pimm’s, apakah kamu mengingatnya sebagai nama sebuah merek? Ya, Pimm’s adalah sebuah merek minuman beralkohol dan minuman rendah alkohol dari Inggris. 

Baca Juga:  Rekomendasi Kombinasi Jus Buah dan Sayur, Lezat Kaya Gizi!

Namun, pada zaman dahulu Pimm’s adalah minuman yang dibuat secara tradisional dan tanpa alkohol. Hingga kemudian, muncul Pimm’s dengan tambahan vodka versi Amerika. Secara umum, Pimm’s terbuat dari bahan dasar gin. Kemudian dalam menyajikannya, biasanya ditambahkan dengan lemon, air soda, atau mint segar.

Pimm’s juga digunakan sebagai bahan untuk membuat koktail yang menyegarkan di musim panas yang meliputi soda, borage, mint, sayuran cincang, dan buah-buahan. Sehingga, sangat cocok untuk melepas dahaga.

4. Bramble

Selanjutnya, ada minuman bernama bramble. Minuman ini menggambarkan koktail musim semi. Terbuat dari gin kering, jus lemon, sirup, gula, es, dan minuman keras blackberry. Richard Dck Bradsell menemukan koktail bramble di London pada tahun 1984..

Bramble mendapat tempat di hati para penikmatnya karena rasa koktail yang enak dengan rasa berry yang seimbang. Rasa lemon yang segar dan campuran minuman keras blackberry, membuat minuman ini dapat menjadi penyegar di musim panas.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa bramble merupakan satu dari sekian banyaknya campuran alkohol terfavorit di Inggris. Sehingga, tidak ada salahnya kamu mencoba minuman yang banyak penggemarnya ini.

5. Sloe Gin

Minuman khas Inggris berikutnya yang populer, yaitu sloe gin, sebuah minuman keras merah berasal dari Inggris yang terbuat dari gin dan sloe berry. Secara tradisional, cara membuatnya yaitu dengan memeras sloe dalam gin. Kemudian, ada tambahan gula, meski gula sebenarnya tidak wajib.

Minuman tersebut mampu menghasilkan rasa manis dengan sendirinya jika buah dibiarkan dalam alkohol dan matang. Sekarang ini, sloe gin memiliki warna merah delima yang pekat.

Selain itu, dalam pembuatan sloe gin menjadi bervariasi sesuai selera. Misalnya, penambahan beberapa kayu manis dan sedikit cengkeh.

6. Wassail

Wassail dapat disebut sebagai minuman tertua Inggris karena keberadaanya sudah ada sejak tahun 1400-an. Pada mulanya, minuman ini disajikan ketika upacara atau tradisi wassailing orang Inggris. Tradisi ini merupakan sebuah penyampaian doa atau harapan kepada keluarga atau teman.  

Mulled wine sering disebut mirip dengan wassail, karena terbuat dari rempah-rempah, buah, dan irisan lemon yang direbus dengan alkohol. Perihal rasa wassail, biasanya setiap daerah di Inggris berbeda. Kondisi itu terjadi karena setiap daerah menggunakan sari buah yang berbeda pula.

Wassail memiliki tekstur yang kental serta perpaduan rasa rempah dan sari buah yang menyegarkan. Umumnya di malam Natal, minuman ini sering tersaji.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Minuman Khas Belanda, Sudah Pernah Coba?

7. Earl Grey

Minuman khas Inggris yang ketujuh, yaitu earl grey. Minuman ini merupakan sejenis teh yang diolah secara tradisional menggunakan teh hitam yang kemudian dibumbui dengan minyak bergamot. Minyak ini berasal dari buah jeruk bergamot atau buah jeruk yang mirip jeruk nipis.

Namun, seiring berjalannya waktu tidak hanya teh hitam saja yang disebut earl grey, teh hijau atau teh lainnya dapat disebut earl grey asal diberi minyak bergamot. 

Selain rasanya yang unik, earl grey memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain dapat melawan radikal bebas, mencegah peradangan, mengurangi resiko jenis kanker tertentu (mulut, ovarium, kandung kemih), meredakan stres, dan mengatasi masalah pencernaan. 

8. Ginger Beer

Ginger beer merupakan minuman yang memiliki dua jenis. yaitu beralkohol dan non alkohol yang terbuat dari jahe, air, dan gula yang telah difermentasi. 

Minuman ini sangat cocok dinikmati pada musim dingin, karena dapat memberikan efek hangat dari rempah jahe. Minuman dengan rasa jahe tersebut biasanya berwarna bening atau pun keruh. 

9. Eggnog

Eggnog merupakan minuman khas Natal yang namanya berasal dari kata grog dan noggin, yaitu nama lain dari rum dan tempat kayu kecil. Tempat inilah yang menjadi bahan untuk menyajikan eggnog

Minuman ini terbuat dari kuning telur dengan campuran air, gula, dan susu. Sebagai tambahan, ada pala, kayu manis, atau vanili. Eggnog memiliki rasa yang manis dan merupakan minuman beralkohol dengan tambahan brendi, wiski, atau rum.

Eggnog sangat cocok menjadi minuman yang disajikan pada saat kumpul keluarga. Rasanya yang manis dapat membuat suasana menjadi lebih harmonis dan memunculkan keakraban.

10. Dandelion and Burdock

Berikutnya, kamu perlu mencoba minuman dandelion and burdock. Minuman ringan tanpa alkohol ini memiliki rasa herbal yang khas dan warna yang gelap. 

Dandelion and burdock terbuat dari tanaman dandelion dan akar burdock yang telah difermentasi. Minuman tersebut akan lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Selain itu, dandelion and burdock dipercaya dapat memberikan efek menguntungkan dan menenangkan untuk hati.

11. Teh Khas Inggris

Minuman khas Inggris yang tak kalah populer, yaitu teh. Tahukah kamu bahwa Inggris merupakan negara yang memiliki kebiasaan ngeteh? Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Inggris memiliki teh yang khas dan berbeda dengan teh lainnya. 

Baca Juga:  15 Jus Buah Untuk Diet Ini Wajib Dicoba

Di Inggris ada sebuah tradisi bernama afternoon tea. Sesuai namanya, tradisi ini merupakan kegiatan minum teh pada sore hari untuk menunggu waktu makan malam. Biasanya, sajian teh juga ditemani biskuit, kue, sandwich mini, dan sebagainya. 

Selain itu, Inggris juga memiliki cara tersendiri dalam minum teh, yaitu mencampurnya dengan susu. Beberapa teh yang populer di Inggris, misalnya Assam black tea dengan tambahan sedikit gula dan susu.

12. Gin Tonic

Minuman khas Inggris terakhir yang populer, yaitu gin tonic. Sebenarnya, gin merupakan minuman paling umum yang mudah ditemukan di Eropa. Namun, Inggris melakukan variasi, yaitu menambahkan tonic dalam gin, sehingga memiliki perbedaan.

Di dalam penyajiannya, gin tonic sering ditambahkan irisan atau potongan jeruk nipis, sehingga tampilannya menjadi cantik. Selain itu, kamu dapat menemukan minuman satu ini dengan mudah, yaitu di bar atau kafe. Karena kehadirannya cukup populer dan banyak penggemarnya.

Minuman Khas Inggris Mana yang Jadi Favoritmu?

Ada beberapa minuman khas Inggris yang dapat kamu coba untuk melepaskan dahaga mulai dari vesper hingga gin tonic.

Minuman tersebut memiliki ciri khas dan rasa yang beragam. Selain dapat menyegarkan, beberapa minuman di atas juga bisa memberikan manfaat baik untuk tubuhmu.

Kira-kira kamu lebih tertarik mencoba yang mana?


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, bisnis minuman, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.