Bisnis Minuman Sehat Kekinian: Rekomendasi dan Tips Sukses

4 min read

Rekomendasi Bisnis Minuman Sehat Kekinian dan tips sukses

Minuman sehat kekinian merupakan salah satu ide usaha dengan potensi besar untuk kamu kembangkan sekarang ini. Mengingat meningkatnya ketertarikan konsumen akan gaya hidup sehat belakangan ini.

Memberikan manfaat untuk banyak orang dengan bisnis minuman sehat tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Salah satunya adalah untuk terus berinovasi supaya minuman sehat dapat terus dikonsumsi oleh semua orang.


Rekomendasi Bisnis Minuman Sehat Kekinian

Berikut ini ada beberapa rekomendasi bisnis minuman sehat yang sedang trend dan bisa kamu pertimbangkan untuk memilihnya:  

1. Teh Hijau

 

Teh Hijau
Sumber : Unsplash

Minuman teh hijau cukup populer sekarang ini, karena mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga, sangat cocok untuk mendukung program diet dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bisnis ini tidak memerlukan modal besar. Hal yang paling penting, yaitu memilih teh hijau berkualitas terbaik dan benar-benar bagus. Selai itu, kamu juga harus membuat brand yang berbeda dari kompetitor sebelumnya. Jangan lupa untuk mendesain kemasan yang kekinian, supaya menarik minat target pasar bisnis kamu.

Selama ini cukup banyak penjual teh yang memberikan tambahan gula pada produk tehnya. Inovasi terbaru untuk minuman sehat yang dapat kamu kembangkan berdasarkan kondisi tersebut, yaitu membuat bisnis serupa tetapi memasukkan label sehat ke dalamnya.

Hal ini dapat kamu lakukan dengan tidak menambahkan gula saat mengolah produk minuman sehat kekinian milikmu. Jika kamu memerlukan pemanis tambahan, maka gunakanlah gula stevia, madu murni, atau bahan pemanis rendah gula lainnya.

Cara ini pastinya akan menjadi daya tarik untuk pelanggan bisnis kamu. Supaya dapat berbeda dengan bisnis minuman lainnya, maka kamu membutuhkan kemasan dan branding yang menarik.

2. Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda
Sumber : Unsplash

Buah kelapa sudah terkenal dengan beragam manfaatnya. Salah satu bagian yang sering dimanfaatkan adalah airnya. Karena sangat sehat untuk kamu konsumsi dan juga menyegarkan.

Baca Juga:  10 Minuman Khas Nusa Tenggara yang Wajib Dicoba

Adanya kandungan ion dan elektrolit berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh agar lebih fit. Peminat air kelapa muda di Indonesia juga sangat banyak, sehingga peluang kamu untuk mengembangkan bisnis ini cukup besar.

Berhubungan dengan cara pengemasannya dapat kamu pikirkan dengan matang supaya menghasilkan sesuatu yang dapat menarik minat pembeli. Selain itu, saat memilih bisnis minuman sehat air kelapa, kamu harus menemukan pemasok kelapa yang berkualitas terbaik. Agar bisnis ini dapat berlangsung lama dan berkembang lebih luas.

3. Minuman Rempah

Minuman Rempah
Sumber : Pixabay

Beda halnya dengan minuman jamu, usaha minuman rempah juga dapat kamu oleh dengan cara berbeda. Rebusan rempah-rempah khusus bisa kamu masukkan ke dalam air putih dengan kondisi rempah yang masih utuh.

Sedangkan untuk cita rasanya dapat kamu coba terlebih dahulu agar mendapatkan racikan yang pas. Pemilihan bahan rempah juga harus kamu perhatikan supaya memberikan hasil yang optimal bagi kesehatan.

4. Minuman Selasih

Minuman Selasih
Sumber : Biem.co

Selasih memilih manfaat yang cukup banyak, salah satunya adalah menghilangkan panas dalam. Sehingga, sangat potensial untuk kamu jadikan ide bisnis pada masa sekarang ini.

Supaya menemukan cita rasa yang tepat, selasih dapat kamu kombinasikan bersama buah atau sirup. Sehingga, memberikan tampilan yang menarik dan kekinian, namun tetap menjadi minuman yang sehat.

Contohnya, kamu bisa mencampurkan selasih bersama lemon yang dapat memberikan efek untuk orang yang mengkonsumsinya. Selain itu, selasih juga bisa meningkatkan imunitas tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Supaya bisa menarik minat target pasar, kamu harus memberikan keunikan dan brand atau label kemasan yang menarik.

5. Susu Sapi

Susu Sapi
Sumber : Unsplash

Apakah kamu mengenal produk susu pasteurisasi? Bisnis susu ini tidak memiliki bahan pengawet tambahan. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan produk susu harus habis setelah kamu membuatnya. Karena jika tidak, maka produk ini akan basi dan terbuang sia-sia.

Kunci kesuksesan untuk bisnis ini adalah menggunakan mekanisme pre-order. Supaya kamu tidak repot untuk menyimpan dan stok produk. Kamu bisa menawarkannya melalui platform marketplace online atau kepada orang-orang terdekatmu.

6. Teh Rosella

Teh Rosella
Sumber : Kompas.com

Membuat teh rosella bisa menjadi ide bisnis minuman sehat yang potensial bagi kamu. Cita rasa dari minuman ini adalah asam dan manis. Beberapa manfaat dari minuman ini untuk kesehatan seperti menangani kolesterol tinggi, memperlancar peredaran darah, dan menahan penyakit jantung akibat obesitas.

Baca Juga:  Resep Minuman Khas Indonesia yang Gampang Dibuat

Biasanya teh rosella dikemas pada botol atau cup berukuran kecil. Produk teh rosella ini umumnya dijual dengan harga Rp 10.000 per botol. Minuman ini sangat cocok untuk mendukung proses penurunan berat badan. Jangan lupa untuk mengemasnya dengan menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk minuman kamu.

7. Jahe Merah

Jahe Merah
Sumber : KlikDokter

Minuman jahe merah dengan tambahan susu, belakangan ini telah menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Karena memberikan khasiat untuk meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh peminumnya. Oleh karena itu, ide bisnis minuman ini pastinya akan memberikan kamu keuntungan yang besar.

Produk minuman ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk dengan kemasan sachet. Namun, jika kamu membuka stand minuman, menyajikannya dalam bentuk sudah jadi pastinya akan lebih praktis bagi pembeli.

8. Press Juice

Press Juice
Sumber : Unsplash

Minuman sehat kekinian yang satu ini belum begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Keunikan dari produk minuman ini, yaitu tidak memakai es batu dan gula seperti minuman jus pada umumnya.

Press juice adalah jus perasan murni yang terbuat dari bahan buah dan sayur tanpa tambahan bahan lainnya. Semenjak menjadi tren di kelompok generasi milenial, permintaan press juice saat ini mengalami peningkatan.

Minuman ini menjadi konsumsi rutin bagi masyarakat kelas menengah dan anak-anak milenial saat ini. Target pasar untuk bisnis ini adalah masyarakat wilayah perkotaan.

Tetapi, kamu harus memilih bahan-bahan yang mempunyai tingkat keasaman atau pH yang tinggi. Supaya jus buah bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat basi. Oleh sebab itu, kamu harus bisa meracik buah dan sayur menurut tingkat keasamannya. Karena tidak memakai bahan pemanis, kamu juga perlu melatih kemampuan kamu dalam meracik jus agar menemukan rasa yang enak di lidah.

9. Jamu

Jamu
Sumber : Halodoc

Indonesia sangat kaya dengan rempah-rempah, sehingga cocok bagi kamu untuk mengembangkan bisnis minuman sehat berupa jamu. Penggemar minuman jamu juga masih relatif tinggi di Indonesia, sehingga potensi kamu untuk meraih keuntungan cukup besar.

Baca Juga:  10 Resep Minuman Khas Indonesia yang Mudah Dicoba

Kemasan jamu juga harus kamu buat semenarik mungkin, agar setiap kalangan yang melihatnya tertarik untuk membeli. Jangan lupa untuk melakukan riset mengenai komposisi jamu yang akan kamu buat. Usahakan membuat produk yang enak dan diterima oleh banyak orang. Kamu juga bisa membuat tester terlebih dahulu untuk orang-orang terdekat sebelum menjualnya ke orang lain.

10. Lemon Tea

Lemon Tea
Sumber : Unsplash

Kombinasi lemon dan teh cukup ampuh dalam usaha meningkatkan imunitas tubuh. Selain menyegarkan, minuman ini juga sehat untuk kamu konsumsi. Saat memulai bisnis lemon tea, komposisi dan cita rasa yang pas harus kamu dapatkan.

Supaya konsumen dapat tertarik dan kembali lagi untuk membelinya. Selai itu, kamu juga perlu memperhatikan kualitas teh dan lemon. Agar menciptakan produk minuman yang berkualitas baik dan enak.


Tips Sukses Bisnis Minuman Sehat Kekinian

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis minuman sehat seperti berikut ini:

  • Ciptakan produk minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Buatlah kemasan produk yang unik.
  • Membuat logo, label, atau brand yang menarik dan sesuai dengan produk.
  • Lakukan promosi dengan tepat.
  • Siapkan menggunakan konsep bisnis secara mendetail.
  • Lakukan analisis pasar.
  • Mempertahankan konsistensi dalam menjalankan bisnis.
  • Lakukan evaluasi bisnis secara berkala.
  • Pakailah bahan-bahan berkualitas baik.
  • Sajikan berbagai variasi menu dan jangan takut untuk berinovasi.
  • Pilih lokasi jualan yang strategis.
  • Sesuaikan bisnis dengan modal yang kamu miliki.
  • Pakailah peralatan yang sesuai dengan standar kesehatan.
  • Jaga kebersihan tempat dan produk bisnis kamu.

Siapkah Kamu untuk Memulai Bisnis Minuman Sehat Kekinian?

Itulah tadi 10 rekomendasi ide bisnis minuman sehat kekinian yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulainya. Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips suksesnya! 

Supaya bisnis kamu bisa berkembang pesat dan panjang umur serta meraih keuntungan yang besar. Kira-kira ide bisnis minuman manakah yang lebih menarik minat kamu untuk segera membukanya dalam waktu dekat?


Temukan berbagai tips menarik dan inspirasi ide bisnis minuman sehat lainnya hanya di fnbprenereur.id