Inilah Minuman Khas Indonesia yang Mendunia, Nomor 8 Juaranya!

3 min read

minuman khas indonesia yang mendunia

Bicara tentang minuman khas Indonesia yang mendunia, kelezatan dan cita rasanya memang tidak ada matinya. Bahkan beberapa turis asing menyebutkan kuliner di Indonesia adalah definisi rasa next level

8 Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Bagi sebagian wisatawan asing, mencoba makanan atau minuman khas Indonesia adalah sebuah tantangan tersendiri. Seperti beberapa minuman yang punya cita rasa unik dan hanya ada di Indonesia berikut ini:

1. Kopi Joss (Charcoal Coffee)

kopi jos

Source: blog.duniamasak.com 

Minuman pertama ini termasuk salah satu kuliner ekstrim bagi para turis mancanegara, bukan karena rasa tapi penyajiannya. Minuman satu ini disajikan bersama dengan arang yang masih berkobar di dalam gelasnya, sehingga kamu harus berhati-hati saat meminumnya.

Meskipun terlihat ekstrim, minuman yang terkenal dan tersebar di daerah Yogyakarta ini memiliki banyak manfaat. Selain manfaat kopi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat detoksifikasi dari arang (charcoal). Nama joss sendiri tercetus saat bara arang bertemu dengan kopi yang memunculkan bunyi joss dari proses tersebut.

Selain banyaknya turis asing yang suka dengan rasa dan uniknya penyajian kopi joss, kuliner ini juga sudah sering mendapatkan ulasan dari YouTubers mancanegara. Tak heran minuman khas Indonesia yang mendunia ini layak bersaing dengan minuman kelas dunia lainnya.

2. Bandrek (Ginger With Palm Sugar)

bandrek

Source: akamaized.net

Jenis minuman berikutnya adalah salah satu olahan tradisional dari Jawa Barat yang memiliki banyak manfaat dan baik untuk kamu konsumsi. Karena olahan minuman satu ini memiliki bahan dasar jahe yang diolah bersama dengan gula merah. 

Baca Juga:  Menu Mie Gacoan yang Selalu Diminati Pembeli Setiap Tahun

Minuman satu ini sangat cocok untuk kamu konsumsi saat musim dingin maupun musim penghujan. Apalagi jika kamu seduh dan minum saat kondisi panas. Perpaduan jahe yang kuat dan sedikit pedas, akan bercampur dengan nikmatnya gula merah. Sehingga akan menimbulkan perpaduan rasa yang unik dan menarik. 

Namun, diluar rasa uniknya, minuman satu ini juga punya beragam manfaat untuk tubuh. Karena kandungan jahe sebagai antioksidan dapat mendukung perbaikan metabolisme tubuh. Walaupun memiliki rasa yang cukup kuat, namun banyak turis mancanegara yang suka dengan minuman tradisional satu ini. 

3. Wedang Uwuh (Herbal Drink)

wedang

Source: Orami.co

Minuman khas Indonesia yang mendunia berikutnya adalah minuman tradisional dari DIY Yogyakarta. Wedang yang berisi berbagai bahan ini sangat baik untuk tubuh. Sebut saja jahe, kayu secang, kayu manis, daun pala, cengkeh, gula batu, dan beberapa bahan bermanfaat lainnya ada di dalam minuman ini.

Walaupun memiliki berbagai versi, namun setiap versi memiliki cita rasa unik dan menyehatkan. Saat di seduh dengan air panas, kandungan kayu secang akan mendominasi. Sehingga membuat warna minuman tradisional yang sering disebut sebagai “wedang sampah” ini menjadi merah cukup pekat. 

Walaupun terlihat cukup rusuh karena punya banyak bahan, namun rasa yang muncul cukup ikonik. Beberapa penikmat wedang uwuh juga menambahkan jeruk nipis yang akan merubah warnanya menjadi bening dalam sekejap. Minuman ini terkenal sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya.

4. Bir Pletok (Non Alcoholic Beer) 

bir pletok

Source: pegipegi.com

Walaupun nama bir identik dengan minuman beralkohol yang memabukkan, namun minuman tradisional satu ini malah sebaliknya. Karena minuman khas Indonesia satu ini, malah sangat baik jika kamu konsumsi.

Bagaimana tidak, minuman ini memiliki berbagai bahan rempah yang berkhasiat untuk tubuh. Seperti jahe, kapulaga, sereh, biji pala, lada, dan kayu manis. Beberapa juga menambahkan gula batu maupun madu untuk menambah cita rasa dari minuman berkhasiat ini. 

Baca Juga:  15 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Sekali Kamu Coba Cicipi!

Minuman ini juga sama sekali tidak memabukkan, malah memiliki kandungan yang dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Bir pletok ini dapat kamu nikmati saat hangat maupun dingin, sehingga cocok untuk kamu nikmati dalam berbagai musim.

5. Es Dawet (Dawet Ice)

es dawet

Source: Freepik

Indonesia tak hanya memiliki minuman tradisional yang menyehatkan, namun juga memiliki banyak olahan minuman segar yang bisa memanjakan lidah. Salah satu contohnya adalah es dawet yang merupakan minuman khas Banjarnegara. 

Perpaduan nikmat dari gula merah, santan, dan dinginnya es, berpadu dengan bahan lain seperti cendol, nangka, kelapa muda memang sangat sayang untuk dilewatkan. Bahan dawet sendiri cukup beragam dan biasanya tergantung pada jenisnya. Mulai dari dawet ayu, dawet Jepara, dawet Semarangan dan lainnya. 

Minuman khas Indonesia yang mendunia ini cocok kamu konsumsi saat cuaca dingin maupun saat cuaca sedang terik. Manisnya dan segarnya minuman khas Indonesia satu ini, bisa segarkan tenggorokan sekaligus memanjakan lidah secara bersamaan.

6. Es Teler (Mix Fruit with Milk and Res Syrup)

es teler

Source: rinaresep.com

Belum lengkap jika ke Indonesia dan belum mencoba minum segar satu ini. Karena es teler menjadi salah satu minuman nikmat dari Jawa Tengah yang sudah menyebar di seluruh penjuru Indonesia. 

Olahan ini sangat cocok kamu nikmati saat dingin, apalagi saat cuaca sedang terik-teriknya. Perpaduan dari kelapa muda, nangka, alpukat, gula cair, sirup merah, dan es pastinya akan sangat memanjakan lidahmu.

Bahkan sudah banyak YouTubers mancanegara, yang mengulas minuman ini dan memberikan respon positif. Walaupun bagi beberapa negara, minuman satu ini bisa dibilang terlalu manis. Namun, cita rasanya yang nikmat tetap tak mudah kamu lupakan.

7. Teh Talua atau Teh Telur (Indonesia Eggnog Drink)

teh talua

Source: Kumparan.com

Minuman khas Indonesia yang mendunia berikutnya adalah minuman tradisional khas Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya minuman ini memadukan teh dan juga telur yang dipercaya dapat menambah stamina, menjaga kesehatan mata, hingga meningkatkan vitalitas.

Baca Juga:  17 Jenis Soto Asli Indonesia dengan Cita Rasa Khas

Teh Talua juga merupakan salah satu olahan minuman tertua yang telah ditemukan berpuluh-puluh tahun lalu. Walaupun bagi beberapa wisatawan asing minuman ini cukup memacu adrenalin, namun khasiat yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Apalagi dewasa ini, Teh Talua telah mengalami berbagai inovasi dengan adanya varian yang cukup beragam. Mulai dari cara penyajian hingga tambahan rasa kekinian bisa menjadi pilihan kamu.

8. Kopi Luwak (Weasel Coffee)

kopi luwak

Source: Freepik

Mungkin bagi beberapa orang minuman satu ini cukup ekstrim, namun tak bisa dipungkiri jika kopi satu ini pernah menjadi salah satu minuman terbaik dunia. Hal tersebut terjadi, karena bahan kopi ini didapatkan dari kotoran hewan Luwak.

Menurut beberapa ahli, luwak hanya mengonsumsi buah kopi dengan tingkat kematangan yang pas. Tak heran biji kopi yang keluar bersama kotorannya, menjadi salah satu kopi terbaik yang pernah ada.

Kopi ini sendiri pertama ditemukan di daerah Lampung yang juga terkenal menghasilkan salah satu biji kopi robusta terbaik. Bahkan rata-rata harga biji kopi luwak sudah cukup tinggi dan bisa mencapai harga minimum mulai dari Rp200.000,00 per kilogramnya.

Minuman Khas Indonesia Mana yang Menjadi Andalan Kamu?

Nah, itulah 8 minuman khas Indonesia yang mendunia. Selain memiliki rasa yang unik, beberapa minuman dari Indonesia memang terkenal dengan khasiatnya. Tak heran banyak dari minuman tersebut telah menjadi komoditas barang ekspor ke seluruh dunia yang sangat berharga.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.