8 Minuman Khas Papua Nikmat dan Berkhasiat, Wajib Dicoba!

5 min read

Minuman Khas Papua

Papua adalah salah satu pulau di Indonesia dengan kekayaan berlimpah. Tidak hanya destinasi wisata dan sumber daya alamnya saja, Papua juga kaya akan minuman khas yang bercita rasa nikmat dan berkhasiat bagi kesehatan.

Kenikmatan minuman dari tanah Papua ini disukai oleh warga lokal, pendatang dari luar negeri, dan juga pendatang dalam negeri. Apakah kamu pernah mencicipi salah satu minuman dari Papua?  


8 Jenis Minuman Khas Papua yang Nikmat dan Berkhasiat

Berikut ini ada 8 jenis minuman khas Papua yang nikmat, segar, dan juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh: 

1. Sunset Papua

Sunset Papua

Minuman Sunset Papua terbuat dari campuran jus wortel dan jus jeruk. Sehingga, membuat tampilan minuman sehat ini tampak seperti sunset atau matahari terbenam. Itulah sebabnya minuman khas Papua ini memiliki nama Sunset Papua. Supaya tampilannya lebih menarik, biasanya Sunset Papua disajikan dengan tambahan biji selasih.

Cita rasa minuman Sunset Papua sangat nikmat dan segar. Penyajian minuman ini biasanya meletakkan jus jeruk pada bagian bawah gelas dan pada bagian atasnya menggunakan jus wortel.

Sunset Papua mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh dan kesehatan mata kamu. Supaya mendapatkan khasiat dan rasa alami dari minuman ini, sebaiknya kamu mengonsumsinya tanpa menambahkan gula. Perpaduan cita rasa segar dan asam dari minuman ini sangat cocok kamu nikmati ketika cuaca sedang terik.

Bagi kamu yang ingin mencoba minuman Sunset Papua, kamu bisa menemukannya di kafe, restoran, atau kedai makanan di daerah Papua. Harganya sangat ramah dikantong, hanya Rp 10.000,- saja per gelasnya.   

2. Teh Sari Sarang Semut

Teh Sari Sarang Semut
Source: Orami

Teh Sari Sarang Semut merupakan nama minuman khas Papua berikutnya yang terbuat dari sari sarang semut. Walaupun terdengar sedikit unik, namun teh ini memiliki cita rasa yang enak dan khas.

Teh ini merupakan salah satu obat herbal yang berkhasiat untuk mengatasi darah tinggi, mengatasi migrain, dan juga melancarkan haid. Selain diolah menjadi teh, sarang semut yang ada di Papua biasanya juga diolah sebagai bahan pembuatan kue tradisional khas Papua.

Terdapat kandungan polifenol dan flavonoid pada Teh Sari Sarang Semut yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Kamu dapat menemukan minuman herbal yang satu ini di warung-warung minuman sekitar daerah Papua.

Selain itu, Teh Sari Sarang Semut juga dijual di berbagai toko oleh-oleh atau marketplace online dalam bentuk instan. Sehingga, kamu bisa mencicipinya tanpa harus terbang jauh ke Papua. Harga 1 kotak Teh Sarang Semut mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 10.000 saja.  

Baca Juga:  Strategi Bisnis F&B yang Bisa Dicoba, Cocok untuk Pebisnis!

3. Swansrai Papua

Swansrai Papua
Source: GenPI.co

Bahan utama pembuatan minuman Swansrai Papua adalah hasil fermentasi air kelapa yang berasal dari buah kelapa tua. Terdapat kandungan 30% alkohol pada minuman segar ini, karena mengalami proses fermentasi yang cukup lama.

Kandungan alkohol pada minuman Swansrai Papua cukup tinggi jika kamu bandingkan dengan jenis minuman tradisional beralkohol lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, kalau kamu mau mencoba Swansrai Papua, sebaiknya jangan terlalu banyak.

Keunikan dari minuman khas Papua ini ada pada cara penyajiannya yang menggunakan batok kelapa bukan gelas. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi tradisional yang sangat kental.

Kamu bisa menemukan Swansrai Papua di gerai-gerai minuman atau kedai makanan di kawasan Papua. Soal harganya, kamu tidak perlu khawatir, karena masih relatif terjangkau. 

4. Es Matoa

Es Matoa
Source: FiberCreme

Minuman khas Papua selanjutnya, yaitu Es Matoa yang terbuat dari buah asli dari tanah Papua. Bentuknya daging buahnya menyerupai rambutan, namun kulit buahnya tidak berambut. Mempunyai cita rasa yang manis dengan beraneka ragam rasa buahan, menggugah selera, dan pastinya sangat lezat.

Umumnya penyajian Es Matoa menambahkan irisan jelly, kolang-kaling, dan juga buah-buahan lainnya. Oleh sebab itu, rasa dari Es Matoa ini manis, menyegarkan dahaga, dan bercita rasa khas. Kamu bisa mendapatkan minuman ini di restoran atau cafe di sekitar Papua dengan harga yang cukup terjangkau.    

5. Es Kelapa Muda Asam dan Manis

Es Kelapa Muda Asam dan Manis
Source: Detik Food – Detikcom

Tampilan minuman khas Papua yang satu ini tidak jauh berbeda dengan es kelapa biasa. Perbedaannya terletak pada penambahan air perasan jeruk lemon pada saat menyajikannya. Oleh karena itu, minuman ini memiliki cita rasa manis segar dan agak asam.

Es Kelapa Muda Asam dan Manis ini sangat cocok kamu konsumsi ketika siang hari, khususnya saat cuaca sedang terik-teriknya. Ketika berkunjung ke daerah Papua, kamu akan sangat mudah menemukan minuman ini di berbagai tempat makan ataupun di pinggiran jalan. Selain nikmat, menyegarkan, dan juga menyehatkan. Harga Es Kelapa Muda Asam dan Manis ini juga sangat ramah di kantong.  

6. Kopi Arabica Wamena

Kopi Arabica Wamena
Source: Pegipegi

Kopi Arabica Wamena menjadi minuman khas Papua berikutnya yang wajib kamu cicipi. Papua cukup terkenal sebagai daerah penghasil kopi paling besar di Indonesia, khususnya di Wamena.

Bagi kamu yang sangat suka mengonsumsi kopi, minuman Kopi Arabica Wamena ini tidak boleh kamu lewatkan. Karena kopi khas Papua ini mempunyai nuansa floral, beraroma kuat, dan bercita rasa lembut.

Sebagian besar barista tertarik menjadikan kopi ini sebagai campuran houseblend. Selain dapat menikmati kopi ini langsung dari daerah asalnya, kamu juga dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  Minuman Khas Thailand yang Lezat Dan Bikin Ketagihan

Karena Kopi Arabica Wamena juga tersedia dalam bentuk kemasan, sehingga kamu bisa menyeduhnya sendiri di rumah. Apabila kamu hendak membeli kopi khas Papua ini, kamu dapat berkunjung ke coffee shop di kawasan Papua atau berbelanja secara online melalui marketplace. Harga kopi ini per bungkusnya sekitar Rp 100.000. 

7. Kopi Senang

Kopi Senang
Source: Travel Tempo.co

Jenis kopi lainnya yang menjadi salah satu minuman khas Papua adalah Kopi Senang. Kopi Senang berasal dari Sorong yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari biji kopi pilihan yang berkualitas bagus dengan proses produksi yang sangat terjaga kesterilannya.

Tampilan Kopi Senang hampir mirip dengan kopi biasanya, tetapi cita rasanya mampu membuat kamu jatuh hati karena keunikannya. Cita rasa khas dari Kopi Senang adalah sedikit manis dan asam.

Ada 3 varian dari Kopi Senang, yakni Arabika, Special Blend, dan juga Robusta. Produksi kopi ini cukup terbatas jumlahnya, oleh sebab itu kamu wajib untuk mencobanya.

Apabila kamu hendak membeli Kopi Senang khas Sorong ini, kamu dapat langsung mengunjungi PT. Senang Abadi yang berlokasi di kota Sorong. Selain itu, kamu juga bisa memesan kopi ini secara online kepada penjual online di marketplace atau di coffee shop. Harga Kopi Senang cukup bervariasi, tergantung dari varian rasa dan kemasannya. 

8. Amungme

Amungme
Source: akwnulis

Jenis minuman khas Papua yang bercita rasa nikmat terakhir adalah kopi Amungme dari Timika yang juga cukup populer di Indonesia. Kopi Amungme mampu membuat kamu ketagihan, terutama untuk kamu sang pecinta kopi.

Bahan utama Kopi Amungme adalah kopi Arabica yang sangat nikmat ketika kamu minum dalam kondisi hangat. Kopi ini dapat kamu temukan di warung-warung kopi sekitar Papua dengan harga yang murah.

Selain itu, kamu juga dapat membelinya dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh khas Papua untuk diberikan kepada kerabat atau keluarga. Harga Kopi Amungme ini sekitar Rp 80.000 dan bisa kamu dapatkan di supermarket terdekat di daerah Timika.


Rekomendasi Cafe Modern di Papua 

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Papua dan mau nongkrong di kafe bergaya modern dengan menu minuman kopi khas Papua yang nikmat. Silahkan simak beberapa rekomendasi cafe modern Papua berikut ini:

1. Rumah Kopi Jayapura

Lokasi Rumah Kopi Jayapura berada di Jl. Perkutut, Wahno, Abepura, Jayapura. Cafe ini selain menyajikan seduhan kopi langsung dalam gelas juga menjual bubuk kopi Wamena kemasan. Cocok bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh setelah berlibur ke Papua. Tersedia juga fasilitas WiFi di cafe ini, sehingga kamu bisa nongkrong sambil browsing internet.

2. Pit’s Corner

Alamat cafe ini ada di Jl. Kasuari No. 2, Dok V atas, Mandala, Kec. Jayapura Utara. Selain menjual minuman kopi khas Papua, uniknya cafe ini juga menyediakan berbagai menu makanan tradisional dari beragam daerah di Indonesia. Misalnya kopi dari luar Papua dan soto Sunda.

Baca Juga:  15 Minuman Khas Amerika Latin yang Menyegarkan dan Nikmat 

Suasana cafe ini sangat cozy dengan desain yang bagus, sehingga membuat kamu betah untuk duduk lama di dalamnya. Harga minuman dan makanannya juga sangat ramah di kantong.

3. Phoenam Cafe Jayapura

Lokasi cafe ini terletak di Jl. Pasifik Permai, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara. Tersedia beragam jenis minuman dan makanan seperti kopi, roti, dan juga jus. Kafe ini memiliki 2 lantai dengan pemandangan tepi pantai. Sebaiknya kamu berkunjung ketika sore hari untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam sambil menyeruput segelas kopi.

4. Haven Beach Cafe

Beralamat di Hamadi, Kec. Jayapura Selatan yang letaknya agak menjorok ke dalam dan tidak tampak dari jalan utama. Namun, jika kamu sudah tiba disini, pasti kamu akan betah berlama-lama di kafe ini. Karena desain tempatnya sangat Instagramable. Cocok bagi kamu yang menyukai kafe pinggir pantai dan hobi berfoto sambil menikmati minuman khas Papua.

5. Dante Coffee

Cafe ini terletak di Jl. Pasifik Permai Blok H3-H5, Dok. II, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara. Lokasi kafe berdekatan dengan Swiss Bell Hotel. Kafe ini menyediakan berbagai jenis makanan dan kopi yang nikmat untuk mengobati rasa lapar kamu setelah berkeliling di sekitar Papua.

6. Teduh Coffee

Teduh Coffee menyajikan minuman kopi khas Papua yang nikmat dengan konsep tempat yang keren bertema outdoor. Cocok bagi kamu yang sedang berlibur bersama pasangan di Papua dan ingin beristirahat sebentar di cafe sambil menikmati sejuknya udara kota Papua.


Minuman Khas Papua Manakah yang Ingin Kamu Coba? 

Pasti kamu tidak menyangka sebelumnya bukan bahwa Papua memiliki beragam jenis minuman yang nikmat, segar, dan juga sehat. Kalau kamu sedang berkunjung ke daerah Papua, wajib banget untuk mencicipi salah satu dari 8 minuman khas Papua di atas. 

Kamu bisa menemukannya di kedai kopi, cafe, restoran, rumah makan, atau warung pinggir jalan di sekitar Papua. Kira-kira minuman manakah yang paling ingin kamu coba? 

Temukan lebih banyak informasi hindangan minuman Indonesia dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.