5 Minuman Khas Maluku yang Wajib Dicoba

5 min read

Minuman khas Maluku sejujurnya mempunyai banyak daya tarik tersendiri dari segi rasa. Apa minuman tradisional masih bisa ditemukan? Layaknya jamu, minuman-minuman khas dari Maluku juga masih bisa ditemukan, terlebih lagi di kepulauan Maluku itu sendiri. 

Terletak di perbatasan dengan Laut Seram di bagian utara, Samudera Hindia dan Arafura di bagian Selatan, Maluku menawarkan segala macam keindahan alam yang mempesona. 

Pemandangan laut lepas menarik perhatian semua orang, dari dalam Indonesia hingga masyarakat luar. Keindahan ini sungguh jarang di dapatkan dimanapun. Indonesia sangat beruntung mempunyai provinsi seperti kepulauan Maluku ini. 

Namun, keindahan salah satu pulau mutiara di Indonesia ini sering menutupi keunikan lainnya, termasuk keanekaragaman dan keunikan dari minuman-minuman khas daerah Maluku ini. 

Selain itu, minuman khas daerah lain lebih sering ditemui di kota-kota besar dibandingkan yang ada dari Maluku. Hal ini mungkin disebabkan karena distribusi yang masih sulit dan terhalang. Pulau Maluku pun jarang mendapatkan perhatian lebih.. 

Mungkin ini disebabkan Maluku terletak di sebelah timur Indonesia dan cukup jauh dari pusat perhatian di ibu kota Jakarta. Meskipun demikian, kamu tidak akan menyesal dengan keberagaman dan kelezatan minuman khas Maluku.

5 Minuman Khas Maluku yang Enak dan Perlu Dicoba!

Minuman tradisional setiap daerah memang mulai dimakan oleh zaman. Budaya luar mulai masuk dan merajalela di Indonesia. Kalangan muda pun jarang yang mempunyai pengetahuan tentang minuman daerah-daerah tertentu. Maluku pun mengalami akibat dari situasi ini.

Meskipun begitu, lima minuman khas Maluku ini masih menempati tempat spesial di hati masyarakat, khususnya masyarakat Maluku. 

Inilah beberapa minuman khas Maluku yang wajib untuk dicoba.

1. Air Guraka

air guraka

Sumber: YouTube

Pernahkah kamu mendambakan minuman hangat menemani di saat suasana sekitar sedang dingin? Minuman hangat mampu menenangkan hati dan jiwa hingga kamu lupa akan hujan deras di luar rumah?

Air guraka adalah salah satu minuman khas Maluku yang tepat untuk suasana dingin. Apa itu guraka? Guraka adalah jahe dalam bahasa Maluku. Tentu minuman dengan jahe sungguh tepat untuk diminum di kala dingin. Namun, jahe terkadang terlalu pedas untuk beberapa orang. 

Kamu tidak perlu takut! Minuman Guraka tidak hanya menggunakan jahe, tapi minuman ini juga menambahkan gula merah dan daun pandan. Jadi, guraka akan terasa hangat, pedas sedikit, dan manis. 

Bagaimanakah proses pembuatan minuman ini? Pembuatannya tidak rumit! Kamu hanya memerlukan jahe yang ditumbuk. Tumbuklah jahe hingga halus untuk memudahkan ke proses selanjutnya. Kemudian, tumbukkan jahe ini ditambahkan air yang sudah di campur dengan gula aren atau merah. 

Baca Juga:  10 Minuman Khas Nusa Tenggara yang Wajib Dicoba

Setelah itu, rebuslah campuran air itu hingga mendidih sebelum ditambahkan dengan daun pandan. Pandan akan meresap ke dalam rebusan air. Dan kamu akan mencium aroma wangi khas daun pandan. 

Untuk menambah cita rasa gurih, kamu juga bisa menambahkan kacang kenari. Namun, ini bersifat opsional. Sehabis air mendidih, minuman khas Maluku ini siap untuk dihidang dan disantap di kala hujan, atau jika kamu sedang terkena batuk pilek. 

Kandungan jahe di dalam minuman ini akan menghangatkan tenggorokan dan bisa membuat hidung tidak tersumbat lagi. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba air guraka ini? 

2. Sopi

sophia

Sumber: Kompas

Pernahkah kamu membayangkan diri kamu minum minuman mengandung alkohol di Indonesia? Bahkan dengan santai tanpa harus merasa resah dan takut berhadapan dengan hukum?

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup keras dalam penanganan masalah penyalahgunaan alkohol. Namun, minuman khas Maluku ini mengandung alkohol yang cukup tinggi. Masyarakat Maluku menyediakan sopi dalam acara dan upacara adat yang penting. 

Oleh sebab itu, pemerintah di daerah Maluku seringkali dilema dalam menertibkan masyarakat dalam penggunaan minuman khas ini. Meskipun begitu, masakan adat ini masih dan selalu terkenal di kalangan masyarakat Maluku. 

Minuman sopi terbuat dari pohon lontar. Langkah pembuatan pertama adalah dengan mengambil air dari pohon aren. Air ini kemudian ditambahkan bubuk akar husor. Bubuk ini akan membantu mengurangi rasa manis dan mencegah air pohon aren untuk menjadi gula merah.

Setelah itu, kamu perlu memasak campuran air ini di dalam tungku kedap udara sampai uap menjadi carian. Tungku ini cukup tradisional. Mungkin kamu akan kesulitan untuk mencari tungku semacam ini di tempat-tempat umum selain dari kepulauan Maluku.

Kemudian, cairan ini akan mengalir melalui batang bambu dimana kamu bisa langsung hidangkan di dalam botol.

Produksi sopi tersebar di daerah Ambon dan di hutan dalam. Kamu pasti akan sulit membuatnya sendiri. Mungkin kamu bisa mengunjungi salah satu tempat itu, tapi harus berhati-hati karena minuman ini mengandung alkohol hingga 30 persen. 

3. Jus Buah Pala

jus buah pala

Sumber: YouTube

Pernahkah kamu merasakan dahaga yang tidak kunjung hilang? Kamu pasti membutuhkan minuman penangkal dahaga sesegera mungkin. Minuman khas Maluku yang ketiga bernama jus buah pala. Minuman ini merupakan minuman segar dari buah pala. 

Pada awalnya, masyarakat setempat dan para petani di Maluku merasa daging buah pala menjadi sia-sia. Daging buah ini tidak pernah terpakai dan hanya terbuang sia-sia. Hal ini menyebabkan daging buah pala tidak memiliki harga tinggi di pasar. 

Dengan adanya situasi ini, masyarakat Maluku dan para petani, tepatnya di desa Morella, mengembangkan resep minuman segar jus buah pala ini. Bagaimana cara membuat jus buah pala?

Baca Juga:  Tips Sukses Endorse Produk Makanan dan Minuman dalam Bisnis

Minuman ini hanya memerlukan daging buah pala segar, asam sitrat, air, gula, dan pewarna alam alami. Sebelum disajikan, kamu bisa menambahkan beberapa es batu untuk menikmati minuman ini dalam keadaan dingin.

Kombinasi ini menghasilkan rasa minuman yang menyegarkan dan manis yang langsung memulihkan kebutuhan gula di dalam tubuhmu. 

Kamu tidak berniat dan malas untuk membuatnya, tapi kamu penasaran dan ingin mencoba? Tenang. Kamu tidak perlu menahan keinginan kamu.

Kamu bisa menemukan minuman ini dijual di toko-toko di Maluku. Jus buah pala sudah dikemas rapi di dalam botol, sehingga sungguh nyaman dan mudah dibawa-bawa. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Maluku untuk merasakan kesegaran dari jus buah pala ini. 

Namun, kamu mungkin sulit menemukan jus buah pala bagi kamu yang berasa di luar Maluku. Mungkin kamu bisa mencoba ketika kamu mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Maluku. 

4. Kopi Sibu Sibu

minuman khas maluku kopi sibu sibu

Sumber 4: YouTube

Apakah kamu sering menikmati kopi yang menggunakan biji kopi robusta? Biji kopi robusta adalah salah satu kopi terkenal. Kaum muda seringkali menikmati kopi mereka yang menggunakan biji kopi jenis ini. 

Ciri khas kopi jenis ini memiliki rasa yang lembut dan manis. Jenis ini juga salah satu yang dipilih untuk membuat kopi racikan atau kopi yang menggunakan susu. 

Minuman khas Maluku keempat yang perlu kamu coba adalah kopi sibu sibu. Para penggemar kopi pasti penasaran tentang cita rasa apa yang minuman ini berikan. Kopi sibu-sibu ini adalah olahan unik dari biji kopi jenis robusta. 

Apakah kamu penasaran jika memang ada kebun kopi di Maluku? Kenapa bisa ada minuman olahan kopi sebagai minuman khas Maluku? Memang Maluku tidak mempunyai satu pun kebun kopi. Namun, masyarakat yang membuatnya sungguh apik dalam mengolah kopi sibu sibu ini. 

Yang kamu perlu lakukan pertama dalam membuat kopi ini adalah dengan menyeduh kopi robusta. Jangan lupa untuk menghaluskan biji-biji robusta terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menambahkan biji ketapang ke dalam seduhan kopi. 

Mungkin sampai proses ini, kamu masih belum bisa melihat keunikkan minuman ini. Namun, minuman ini perlu kamu tambahkan bubuk cengkeh untuk memperkuat cita rasa dan juga aroma kopi.

Tambahan bahan-bahan inilah yang membuat kopi sibu sibu unik daripada yang lain. Bayangkan kamu menikmati hari ditemani dengan angin sepoi dan hangatnya kopi sibu sibu.

Kamu juga bisa menyajikan beberapa cemilan manis, atau jajanan Maluku untuk menguatkan pengalaman dalam merasakan minuman khas Maluku yang satu ini. 

5. Kopi Rarobang

kopi rarobang

Sumber: YouTube

Apakah kamu pecinta rasa kopi yang kuat dan pahit? Kopi arabika terkenal dengan kecenderungan cita rasanya yang kuat dan rasa pahit yang unik. 

Minuman khas Maluku yang terakhir adalah kopi Rarobang. Apa perbedaan kopi ini dengan kopi sibu-sibu? Perbedaannya adalah pada biji kopi. Kopi sibu sibu menggunakan kopi robusta untuk mengolah minuman sibu sibu. Sedangkan kopi rarobang menggunakan biji kopi arabika. 

Baca Juga:  13 Minuman Segar Saat Bulan Puasa yang sering Ditemui

Kamu mungkin bingung kenapa Maluku mempunyai minuman olahan kopi. Inilah keunikkan dari kepulauan Maluku ini. Lalu, apa keunikkan dari rasa kopi rarobang ini?

Minuman ini cukup istimewa dan terkenal di kalangan penggemar kopi. Kopi rarobang sungguh berbeda dengan kopi hitam biasa. Rempah-rempah pilihan akan menambah cita rasa dan kandungan nutrisi pada kopi ini. 

Masyarakat setempat umumnya menambahkan jahe, kayu manis, gula, serai, kacang kenari, dan cengkeh. Seluruh bahan ini tentu menguatkan rasa dan aroma dari kopi rarobang. 

Bagaimana cara membuatnya? Prosesnya cukup sederhana. Kamu bisa menyiapkan semua bahan sendiri. Yang pertama perlu dilakukan adalah merebus kopi arabika bersamaan dengan rempah-rempah pilihan. 

Setelah mendidih, kamu perlu mematikan api dan menyaring sisa ampas yang ada. Hasil yang telah disaring kemudian bisa kamu sajikan dengan tumbukkan kacang kenari. 

Jika kopi terasa pedas atau terlalu pahit untuk lidahmu, kamu bisa menambahkan susu kental manis ke dalam kopi sesuai dengan selera. 

Minuman Khas Maluku Mana yang Ingin Kamu Coba Sekarang? 

Minuman kopi untuk sekedar menikmati atau kebutuhan untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Maluku mempunyai kopi sebagai minuman ciri khas.Mungkin kamu  bisa memberikan minuman kopi khas 

Maluku sebagai pengganti kopi yang biasa dikonsumsi. DItambah lagi, minuman kopi Maluku juga menggunakan jenis biji kopi yang terkenal dan umum. Hanya saja, kamu perlu menambahkan beberapa rempah-rempah untuk mempertahankan ciri khas. 

Minuman tradisional tidak terlalu buruk dan ketinggalan zaman. Jika kamu penasaran, kamu bisa langsung mencoba membuat minuman-minumannya. Namun, kamu juga bisa mengunjungi kepulauan Maluku jika ingin merasakan pengalaman yang lebih daripada biasanya. 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, makanan ataupun minuman indonesia, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.