Cara Memulai Bisnis F&B dan Tips Suksesnya untuk Pemula

4 min read

cara memulai bisnis f&b

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang seiring perkembangan zaman semakin diminati banyak orang dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara jitu dalam memulai bisnis F&B.

Karena, semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk membuka bisnis F&B dengan segala inovasi dan kreativitasnya. Namun, tidak semua orang bisa bertahan dan sukses dalam menggeluti bidang bisnis ini. 

Selain memiliki banyak peminat, bisnis food and beverage juga memberi peluang untuk menghasilkan keuntungan besar. Karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama manusia, sehingga akan tetap dibutuhkan dimanapun dan kapanpun. 

Apa itu Bisnis F&B?

Bisnis F&B (Food and Beverages) adalah bisnis khusus jualan berbagai jenis makanan dan minuman yang sudah tidak asing lagi di berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari mahasiswa hingga pebisnis kelas atas tertarik untuk menggelutinya.

Cara Memulai Bisnis F&B

Jika kamu berhasil membuat bisnis f&b lebih menarik dan unik, tentunya akan banyak konsumen yang penasaran untuk mencobanya. Berikut ini ada beberapa cara memulai bisnis F&B yang bisa kamu lakukan sebagai pemula :

1. Mulai dari Hal Kecil, Lalu Kembangkan

Sangat penting untuk memulai bisnis dari hal kecil terlebih dahulu, sehingga kamu bisa belajar secara perlahan-lahan hingga berhasil mengelolanya dengan baik. Namun, kamu tetap harus mengatur strategi bisnis agar mengalami peningkatan penjualan. 

Kemudian, jika bisnis berhasil berkembang, cobalah untuk menjangkau partner bisnis lain untuk menjadi bagian dari bisnis kamu. Kamu mungkin perlu mencari co-packer untuk memproduksi kemasan bisnis F&B. 

Karena co-packer dapat menurunkan kebutuhan modal dan kamu bisa lebih fokus dengan waktu maupun sumber daya untuk mengembangkan bisnis. Seiring berjalannya pertumbuhan bisnis, kamu juga perlu mencari distributor bahan kebutuhan bisnis. Maka, sangat penting untuk memilih distributor yang sesuai dengan visi usaha kamu.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Makanan Eropa yang Terkenal di Indonesia

2. Membentuk Tim Bisnis yang Solid

Cara memulai bisnis F&B yang tidak kalah penting, yaitu membentuk tim yang solid dan berkualitas. Carilah individu yang saat kamu wawancarai bisa menunjukkan antusiasme dan dedikasi yang tinggi. 

Setelah berhasil membentuk tim yang tepat, ciptakan budaya positif dalam tim tersebut. Misalnya, dengan mengadakan pelatihan pengembangan diri untuk memajukan bisnis.

3. Miliki Rencana Eksekusi

Jika kamu sudah mempunyai tim yang berkualitas, tetapi tidak ada rencana eksekusi yang terorganisir dengan baik, maka bisnis makanan dan minuman bisa saja mengalami kegagalan. 

Oleh sebab itu, kamu perlu rutin menyusun rencana pengembangan dan perubahan bisnis sesuai dengan target pasar, sehingga memang wajib memahami pesaing dan target audiens. 

Salah satu hal penting yang perlu kamu susun adalah desain interior toko yang menjual produk makanan dan minuman kamu. Kamu harus memiliki rencana terstruktur dengan berkonsultasi bersama desainer untuk membantu mendesain ruangan menjadi lebih nyaman dan menarik perhatian. 

Namun, desain ruangan juga harus tetap menyesuaikan jenis makanan atau minuman yang kamu jual. Agar tampak serasi dan mempermudah kamu dalam upaya branding.

4. Desain Kemasan yang Bagus

Tampilan sebuah produk adalah kunci untuk mengenali identitasnya. Cara memulai bisnis F&B selanjutnya, yaitu dengan meluangkan waktu untuk merancang produk berkualitas agar lebih menarik dan terlihat enak. 

Kamu bisa melihat tips tentang tren dari kemasan yang sedang banyak diminati. Selain itu, pikirkan juga tentang tempat untuk meletakkan produk kamu, misalnya dalam rak atau pajangan supaya bentuknya lebih terlihat rapi.

5. Membuat Iklan

Langkah selanjutnya dalam strategi bisnis adalah kamu perlu membuat iklan sebagai promosi produk. Bedakan iklan produk makanan dan minuman kamu dengan kompetitor. Temukan kelemahan kompetitor untuk kamu jadikan sebagai kekuatan bisnismu. 

Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Buatlah konten semenarik mungkin agar lebih banyak konsumen yang berminat membeli produkmu.

6. Konsisten untuk Mengembangkan Bisnis

Bisnis makanan dan minuman selalu berkembang dan menjawab minat dari konsumen. Kamu sebagai pebisnis juga harus terus mengembangkan peluang bisnis dengan menyesuaikan dan meningkatkan kualitas produk dari waktu ke waktu. 

Baca Juga:  Bisnis Frozen Food: Tips Agar Sukses dan Laris Manis

Mintalah feedback dari pelanggan yang akan kamu gunakan untuk mengambil langkah selanjutnya dalam strategi bisnismu.

Tips Sukses Memulai Bisnis F&B

Agar kamu bisa bertahan dan mengalami peningkatan dalam bisnis makanan dan minuman, berikut ini ada beberapa tips bisnis F&B yang bisa kamu jalankan, antara lain:

1. Memahami Target Pasar

Target pasar adalah salah satu hal terpenting untuk mengetahui apakah produk kamu akan laku saat dijual. Beberapa target pasar yang perlu kamu kelompokkan, misalnya dari pendapatan, umur, pekerjaan, gaya hidup, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, saat kamu berencana membuka usaha makanan dan minuman di sekitar kampus, maka makanan harus kamu jual dengan harga terjangkau. Selain itu, tentukan tempat yang nyaman untuk mahasiswa. 

Misalnya, cafe yang menyediakan fasilitas jaringan internet untuk mengerjakan tugas atau warung nasi sederhana dengan harga murah sesuai dompet mahasiswa. 

Jika kamu memahami target pasar, maka kamu akan lebih mudah menentukan produk apa yang menarik untuk dijual. Kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mempromosikan dan menjual produk kuliner.

2. Selalu Berinovasi

Ketatnya persaingan bisnis kuliner yang semakin meningkat, membuat kamu harus benar-benar mengetahui tips dan cara memulai bisnis F&B dengan baik agar tidak mengalami kerugian. Inovasi adalah hal penting agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk kuliner yang terlalu monoton.

Inovasi bisa meliputi tampilan, bentuk, rasa, cara penyajian, maupun kreasi lain yang menarik minat pembeli. Sebelum berinovasi, kamu perlu melakukan riset terhadap target pasar agar hasilnya lebih tepat. 

Misalnya, jika target pasar bisnismu adalah anak sekolah, maka produk yang kamu jual jangan sampai membosankan dan harus memiliki tampilan menarik. Berikan variasi baru pada setiap produk makanan atau minumanmu.

3. Mencari Supplier Terbaik

Bahan dasar untuk membuat makanan atau minuman sudah pasti sangat mempengaruhi rasa. Sehingga, kamu harus mencari bahan dasar yang cocok untuk produk bisnismu dengan bantuan dari pihak penjual. 

Hal itu perlu dilakukan agar kualitas bahan dasar lebih terjamin. Namun, untuk mencari supplier perlu berhati-hati, pastikan cari yang bisa kamu percaya untuk menjaga kualitas makananmu.

Baca Juga:  Makanan Khas Korea Selatan Wajib Coba, Favorit Wisatawan!

4. Memperkaya Pengetahuan dan Keahlian

Jika kamu berminat menjadi pengusaha bidang kuliner, maka harus memperkaya pengetahuan dan keahlian yang cukup dalam bidang makanan atau minuman. Hal itu menjadi keharusan untuk menunjang bisnismu dengan cara mengembangkan ide dan inovasi baru. 

Sehingga, kamu mampu menciptakan menu makanan dan minuman yang berbeda dari kompetitor yang menjadi daya tarik pelanggan.

5. Menjaga Reputasi dengan Baik

Pada umumnya banyak usaha kuliner yang tidak sanggup bertahan lama karena reputasinya yang buruk. Oleh karena itu, cara memulai bisnis F&B agar sukses, yaitu dengan kamu menjaga reputasi positif di mata konsumen. 

Misalnya, dengan mulai menjaga kebersihan tempat atau makanan, kenyamanan tempat, rasa makanan, dan pelayanan yang baik. 

6. Mengatur Keuangan dengan Tepat dan Sesuai

Di dalam dunia bisnis, salah satu hal terpenting yang harus kamu susun adalah laporan penjualan dan pembelian. Karena keduanya berhubungan dengan bisa bertahan atau tidaknya sebuah bisnis. 

Aturlah pembukuan dengan benar bersama tim bagian keuangan agar tidak terjadi kesalahan dalam menghitung modal maupun keuntungan yang didapat.

Jika kamu sudah memiliki budget lebih, maka sebaiknya gunakan pembukuan akuntansi berupa software akuntansi. Agar lebih memudahkan kamu dalam mengelola dan memantau keuangan bisnis secara otomatis.

7. Sabar di Awal Usaha

Ketika menjalani usaha, khususnya dalam bidang kuliner, kamu membutuhkan kesabaran untuk tahap pengenalan konsumen terhadap produk. Sebagai pebisnis memang harus memiliki jiwa pantang menyerah, terutama saat bisnis masih baru dan belum memiliki banyak pelanggan.

Namun, jika menu masakan produk sudah cocok menurut lidah konsumen, tentu akan semakin populer bisnis kamu pada kalangan konsumen lain. Setelah berhasil mendapatkan banyak pelanggan, mintalah feedback dari mereka untuk mengembangkan bisnis.

Sudahkah Paham Cara Memulai Bisnis F&B?

Setelah membaca ulasan pada artikel ini, mungkin kamu bisa langsung saja memulai tahap awal bisnismu dengan mengikuti cara memulai bisnis F&B di atas. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli dalam dunia bisnis.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi tentang bisnis makanan, bisnis minuman dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id